YBM PLN Tebar Berkah Daging di Kampung Cahaya


Pada hakikatnya, kita manusia tidak bisa hidup sendiri, karena kita adalah mahkluk sosial, saling bergantung satu sama lainnya. Untuk itu, sudah sewajarnya kita saling membantu, terutama terhadap saudara-saudara kita yang memang benar-benar membutuhkan.

Bahkan dalam agama yang saya anut, Islam sangat menganjurkan setiap muslim untuk saling membantu meringankan beban sesamanya. Sebab, dengan kita saling membantu, bukan hanya bisa meringankan beban yang ada, namun juga bisa menimbulkan rasa cinta dan persaudaraan bagi sesama.

Hal ini juga tertuang jelas dalam Surat Al Maidah Ayat 2 yang memiliki arti “Saling menolonglah kamu dalam melakukan kebajikan dan taqwa. Dan jangan saling tolong menolong pada perbuatan yang dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah SWT, sebenarnya siksaan Allah SWT sangatlah pedih.”

Dari kutipan ayat di atas sudah sangat jelas, bahwa kita haruslah saling bantu sesama, terutama bagi mereka yang benar-benar membutuhkan. Apalagi kita tahu, di sekitar kita tinggal mungkin masih banyak orang yang hidup dalam kondisi yang kurang layak, maka membantu mereka adalah sebuah keharusan yang sebaiknya kita jalani.

Dan kita semua mungkin percaya, bahwa tidak ada yang lebih membahagiakan selain bisa bermanfaat bagi orang lain. Maka, selama kita bisa membantu dan memberi manfaat bagi banyak orang, tentu sebaiknya kita upayakan, karena bukan hanya kebahagiaan yang bisa kita raih, namun Allah pun akan memberikan ganjaran pahala yang luar biasa nantinya.

Bahkan Rasulullah SAW bersabda yang artinya “Tidaklah beriman kepadaku seseorang yang bermalam dalam keadaan kenyang, padahal tetangga yang di sampingnya dalam keadaan lapar, padahal ia mengetahuinya.” (HR. at-Thabrani)

Maka dari itu, bila kita memiliki kemampuan untuk membantu sesama, tidak ada alasan untuk tidak melakukannya. Hal itu jugalah yang mengilhami Yayasan Baitul Maal Perusahaan Listrik Negara (YBM PLN) untuk bergerak melakukan berbagai upaya untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan di seluruh Indonesia melalui berbagai program yang diusungnya, salah satunya Program Tebar Berkah Daging.


YBM PLN Hadirkan Program Tebar Berkah Daging Hingga Ke Pelosok Negeri

Yayasan Baitul Maal Perusahaan Listrik Negara (YBM PLN) merupakan sebuah lembaga amil zakat nasional yang berdiri sudah cukup lama, sekitar tahun 2009 yang lalu, namun baru dikukuhkan oleh Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan No. AHU.679.AH.01.04. Tahun 2010 pada 24 Februari 2010 silam.

Kehadiran YBM ini bertujuan untuk menghimpun dana zakat, infak, shodaqoh, dan wakaf (ZISWAF) dari yang diterima baik dari pegawai PLN maupun masyarakat umum. Dimana pendayagunaan hasil pengumpulan ZISWAF ini akan disalurkan berdasarkan skala prioritas mustahik dan dapat dimanfaatkannya untuk usaha yang produktif.

Dan hingga saat ini, YBM memiliki beragam program yang dijalankan untuk masyarakat luas dalam berbagai kategori, seperti untuk bidang ekonomi, sosial kemanusiaan, kesehatan, pendidikan, dan juga dakwah yang tentunya sangat berguna bagi masyarakat.

Dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga amil zakat di lingkungan BUMN, maka YBM PLN selalu mengedepankan prinsip profesionalisme dan transparansi serta sesuai dengan ketentuan syariah untuk menebar manfaat sebanyak-banyaknya untuk para mustahik di berbagai daerah Indonesia, sehingga mereka mampu berdaya dan merasakan hidup yang layak secara berkesinambungan.

Dan salah satu program yang kerap dilakukan oleh YBM PLN ini adalah Program Tebar Berkah Daging yang merupakan sebuah program berbagi daging yang diberikan untuk para dhuafa yang jarang atau bahkan belum pernah merasakan lezatnya menikmati daging.

Nah, dalam hal ini, YBM PLN menjalankan program Tebar Berkah Daging ini hingga ke seluruh pelosok negeri, terutama disalurkan untuk masyarakat yang berada di daerah 3T (tertinggal, terluar, terdepan) dan juga wilayah padat kumuh miskin serta rawan pendangkalan akidah.

YBM PLN menyerahkan sapi dan juga kambing dalam program Tebar Berkah Daging hingga ke seluruh pelosok negeri

Dimana kehadiran program Tebar Berkah Daging ini diharapkan bisa membantu masyarakat, sekaligus memberikan kebahagiaan kepada mereka yang belum pernah atau jarang makan daging, sehingga mereka bisa juga merasakan nikmat dan lezatnya makan daging yang mungkin selama ini belum pernah mereka rasakan.

Untuk itu, YBM PLN pada tahun 2022 ini kembali menggelorakan semangat Tebar Berkah Daging 2022 “Manfaatnya sampai ke Pelosok Negeri” dengan menyalurkan sapi dan kambing ke berbagai daerah di seluruh Indonesia yang sekaligus bertepatan dengan suasana hari raya Idul Adha 1443 H.

Dan pada tahun 2022 ini, YBM PLN berhasil menyalurkan sebanyak 157 ekor sapi dengan penerima manfaat sebanyak 23.550 Kepala keluarga, dan ada juga sebanyak 114 ekor kambing dengan penerima manfaat sebanyak 3420 Kepala Keluarga yang tersebar di seluruh Indonesia.

Namun perlu diingat, bahwa sapi dan kambing yang disebarkan ini bukanlah hasil Kurban, namun ini merupakan diambil dari dana zakat yang dihimpun dari karyawan PLN yang berada di seluruh Indonesia, namun hanya memanfaatkan momentum Idul Adha untuk turut menyebarkan daging bagi masyarakat yang kurang mampu yang dilakukan serentak di cabang PLN seluruh Indonesia.

Dengan begitu banyak sapi dan kambing yang disalurkan YBM PLN pada tahun ini, semoga melalui upaya ini, maka masyarakat yang selama ini jarang atau belum pernah makan daging akhirnya bisa juga menikmati daging sapi atau kambing secara gratis ya.

Dan ternyata, program Tebar Berkah Kurban 2022 ini bukan hanya berlangsung di daerah pelosok nan jauh saja, namun juga berlangsung di daerah Jakarta - kota metropolitan ini, tepatnya di sebuah kawasan yang disebut Kampung Cahaya.


Mengenal Kampung Cahaya Penerima Program Tebar Berkah Daging 2022

Meskipun Jakarta ini merupakan ibu kota negara Indonesia dengan segala gemerlapnya, dipenuhi oleh banyak bangunan megah dan tinggi, namun pada kenyataannya, masih banyak masyarakatnya yang hidup dengan kondisi yang memprihatinkan dan dalam keadaan serba kekurangan.

Salah satunya adalah masyarakat yang tinggal di Kampung Gasong atau yang kini terkenal dengan nama Kampung Cahaya – Menteng Atas, Jakarta Selatan. Letak Kampung Cahaya ini tidak jauh dari Mall Kota Kasablanka, namun mirisnya, kondisi masyarakat yang hidup di sini seperti tersembunyi di balik megahnya gedung-gedung tinggi yang ada.

Potret Kampung Cahaya yang tersembunyi di balik megahnya gedung-gedung tinggi

Meskipun saya kerap kali melewati daerah Kasablanka ini, namun baru kemarin saya tahu ada Kampung Cahaya ini, karena memang letaknya agak masuk ke dalam, dan kita pun harus melewati jalanan di tengah-tengah kuburan cina untuk bisa sampai di sini.

Jujur awalnya saya kira nyasar, bahkan Abang Ojol sudah hendak memutar balik hingga akhirnya kami bertanya pada warga yang lewat tentang lokasi Kampung Cahaya ini. Ternyata benar adanya, lokasinya cukup tersembunyi, dan pemandangan yang pertama kali dilihat adalah gundukan barang-barang bekas, lantaran masyarakat yang tinggal di lingkungan ini ternyata mayoritas pemulung, dan mereka rata-rata hidup dalam rumah-rumah sederhana yang dibangun seadanya.

Kampung ini sebelumnya bernama Kampung Gasong yaitu kampung yang dulu terkenal lusuh dan kotor, bahkan dikucilkan oleh warga sekitar karena kondisi tersebut. Namun kini sudah perlahan berubah, kampung ini mulai berbenah diri sejak hadirnya YBM PLN di lingkungan mereka.

Kehadiran YBM PLN seperti membawa cahaya yang merubah keadaan mereka yang sebelumnya gelap kini menjadi lebih terang. Hal itu jugalah yang menginspirasi warga untuk mengubah nama kampungnya menjadi Kampung Cahaya seperti sekarang ini.

Tapi sebenarnya, nama Cahaya sendiri memiliki makna yang lebih luas, karena Cahaya merupakan singkatan dari Cakap, Agamais, Sehat dan Berdaya. Sehingga diharapkan, Kampung Cahaya ini pun kelak bisa mempresentasikan dirinya sebagai kampung yang cakep dengan masyarakatnya yang agamais dan sehat, serta terus tumbuh dan berdaya bagi sesama.

Dan tahun ini, YBM PLN hadir di Kampung Cahaya memasuki tahun keempat, bermula dari hadirnya YBM PLN dalam melakukan kegiatan sosial dengan membagikan sembako dan mengadakan pengobatan gratis, kemudian berlanjut dengan berbagai kegiatan lain, termasuk pemberian pendidikan kepada anak-anak, mengajar mengaji dan nilai-nilai keagamaan, serta memberikan dukungan biaya bagi siswa berprestasi, bahkan kini sudah ada bisa masuk ke jenjang kuliah.

Selain itu, untuk para Ibu juga diberikan modal usaha dan pelatihan keterampilan, termasuk bagaimana mengatur keuangan, sehingga para Ibu di kampung ini bisa membangun usaha, sekaligus juga bisa mengatur keuangan, agar ke depan kehidupan mereka bisa terus berkembang ke arah yang lebih baik lagi.

Beberapa contoh produk makanan buatan ibu-ibu di Kampung Cahaya

Dalam membantu warga ini, YBM PLN memiliki konsep dengan tiga tahapan, yaitu tahapan penumbuhan, penguatan dan kemandirian. Dimana setiap tahapan diberikan berbagai edukasi dan pelatihan serta dukungan, sehingga masyarakat bisa tumbuh mandiri dan kelak bisa keluar dari garis kemiskinan yang ada.

Hal ini pun yang terlihat di Kampung Cahaya, kehadiran YBM PLN pelan-pelan telah membawa perubahan yang lebih baik, melalui pendampingan, pelatihan, edukasi dan juga pemberian modal usaha, sehingga kini warga perlahan mulai bisa mandiri dalam mengembangkan berbagai usaha, seperti membuat aneka kripik, kue, dan berbagai masakan yang kini dipasarkan kepada masyarakat luas.

Bukan hanya itu, YBM PLN juga membangun berbagai fasilitas, seperti tempat bermain anak-anak, dan juga dibangun aula serbaguna bagi warga setempat, sehingga masyarakat bisa menggunakannya sebagai tempat beribadah, belajar, pertemuan warga, pengajian dan berbagai kegiatan lainnya.


YBM PLN Hadirkan Kebahagian di Kampung Cahaya Dengan Program Tebar Berkah Daging

Kehadiran YBM PLN di Kampung Cahaya benar-benar telah membawa cahaya bagi masyarakat di sana, karena perubahan hidup berangsur meningkat ke arah yang lebih baik, melalui berbagai program pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial dan lain sebagainya.

Dan YBM PLN juga selalu melibatkan Kampung Cahaya sebagai penerima Tebar Berkah Daging hingga tahun 2022 ini, yaitu bertepatan dengan perayaan hari raya Idul Adha pada tanggal 10 Juli 2022 kemarin, YBM PLN juga menyerahkan satu ekor sapi kepada warga di Kampung Cahaya.

Tampak hadir dalam acara Tebar Berkah Daging 2022 ini ada Bapak Iskandar selaku Ketua Umum YBM PLN, Bapak Salman Al Farisi selaku Deputi Direktur YBM PLN, dan juga para pengurus YBM PLN lainnya, serta para tokoh masyarakat di Kampung Cahaya ini.

Prosesi penyerahan seekor sapi dari YBM PLN kepada Kampung Cahaya

Sapi yang diserahkan oleh YBM PLN ini bukanlah bagian dari program pemotongan hewan kurban, namun ini merupakan program pemberian daging kepada masyarakat yang membutuhkan dengan menggunakan dana zakat dari karyawan PLN untuk menambah rasa sukacita dan kebahagiaan bagi warga di hari raya Idul Adha ini.

Dalam acara ini, sebenarnya YBM PLN memberikan daging segar dan juga makanan matang olahan daging siap santap kepada 150 Kepala Keluarga yang ada di Kampung Cahaya ini. Dimana makanan olahan daging ini langsung dimasak oleh chef di atas food truck YBM PLN yang sudah standby di lokasi tersebut.

Jadi, dalam rangkaian Tebar Berkah Daging 2022 di Kampung Cahaya - Menteng Atas ini mendapatkan kesempatan special, karena setiap kepala keluarga di kampung ini terpilih untuk mendapatkan 2 paket gading sekaligus, yaitu mendapatkan 1 paket daging fresh dan 1 paket makanan matang olahan daging siap santap, sedangkan di tempat lain, warga hanya mendapatkan daging fresh saja.

YBM PLN hadirkan food truck untuk membuat olahan daging siap santap untuk warga di Kampung Cahaya

Saya pun sungguh ikut merasa bahagia dengan adanya program ini, karena bisa melihat langsung raut kegembiraan dan sukacita warga di Kampung Cahaya yang mendapatkan daging sapi dalam rangkaian Tebar Berkah Daging 2022 yang diadakan oleh YBM PLN tahun ini.

Untuk itu, saya berharap semoga program Tebar Berkah Daging dan semua program-program sosial lain yang dilakukan oleh YBM PLN ini bisa terus berlanjut, sehingga semakin banyak juga masyarakat yang bisa terus merasakan manfaat yang begitu luar biasa dari program yang diadakan oleh YBM PLN ini. Aamiin...



No comments:

Post a Comment