Rehat Boleh, Menyerah Jangan!



Banyak yang bilang awal tahun baru semacam ini kita harus semangat, tidak salah memang, karena sudah sepatutnya demikian. Namun pada kenyataanya, tidak sedikit dari kita yang terpaksa mengawali tahun baru ini dengan keadaan yang tidak baik-baik saja.

Ada banyak impian yang tak sesuai dengan harapan, banyak kecewa yang menghimpit dada, banyak air mata yang menabur luka, banyak kegagalan yang merobek waras, bahkan ada tikaman duka yang membuat banyak dari kita ingin menyerah dan mengakhiri hidup.

Tapi begitulah dunia berjalan, tidak selalu menyenangkan, bahkan mungkin kita kerap kali lebih banyak berhadapan dengan kesakitan yang datang bertandang, menampar kita dengan kenyataan yang tak sejalan dengan apa yang kita mau, sehingga tidak sedikit menikamkan nyeri yang melumpuhkan kali untuk terus melangkah.

Sudah jadi rumus kehidupan, bahwa jalan yang kita tapaki tidak akan selalu mulus, akan ada banyak kerikil hingga batu besar bahkan badai yang akan menerpa hidup kita. Namun menyerah tentu bukanlah pilihan bijak, karena sehabis hujan pasti akan ada pelangi yang indah bukan?

Dan bila saat ini ada yang memaksa kita untuk terus berlari, maka jangan berlari jika kita memang tak sanggup. Begitupun bila ada yang memaksa kita untuk terus berjalan, maka jangan lakukan jika mamang kita sudah tidak sanggup lagi untuk melangkah, tapi rehatlah sejenak.

Jika memang lelah, maka tidak ada yang salah untuk sejenak rehat, tapi bukan menyerah.

Menyerah tidak akan mengubah apapun, tapi apapun bisa kau raih, selama kau tak berhenti berjuang.

Berjuang bukan hanya tentang usaha yang keras, tapi bagaimana cara yang cerdas untuk mendulang impian yang kau dambakan.

Tak apa pelan-pelan, tak apa terlambat, tak ada yang salah, yang fatal adalah diam, hanya berani mengutuk keadaan tanpa berbuat sesuatu untuk mengubahnya.

Ingatlah... tak ada yang bisa mengubah keadaanmu menjadi lebih baik, kecuali dirimu dan atas izin Tuhanmu.

So, berusahalah yang teguh dan berdoalah secara sungguh-sungguh.
Ya, jika memang kita sudah sangat dilanda kelehan, maka sebaiknya menepi dan rehat, karena jika dipaksakan pun akan percuma saja. Dan yang terpenting, serahkan semuanya pada Tuhan, karena Dia selalu punya jalan terbaik, dari yang tidak pernah kita duga.

Selamat Tahun Baru 2023, semoga segalanya tahun ini jauh lebih baik dari tahun kemarin. Aamiin...

No comments:

Post a Comment