5 Kreasi Menu Berbuka Puasa Dari Buah-Buahan



Setelah menjalankan ibadah puasa seharian, tentu tubuh kita akan merasa sangat haus dan lapar. Makanya, suara adzan Maghrib menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu, agar kita bisa segera berbuka puasa, menyantap makanan dan minuman yang lezat dan sehat supaya tubuh kita kembali bertenaga dan bugar lagi.

Tapi terkadang, untuk menyajikan menu berbuka puasa yang lezat dan sehat tidaklah semudah yang kita bayangkan, apalagi setelah kita kelelahan akibat banyak aktivitas yang kita lakukan selama seharian. Alhasil, kita pun akhirnya berbuka puasa dengan menu seadanya.

Tentu hal ini tidak boleh dibiarkan, karena tubuh kita harus diberikan asupan makanan yang bukan hanya mengenyangkan saja, namun juga harus memiliki nilai gizi agar tubuh kita tetap sehat dan juga kuat untuk menjalankan ibadah selama sebulan puasa penuh.

Maka dari itu, meskipun sesibuk apapun kita, menyiapkan menu berbuka puasa yang enak dan sehat tetap harus menjadi prioritas utama. Apalagi untuk membuat aneka menu berbuka puasa kini tidak terlalu sulit, karena kita bisa mencari idenya dengan mudah secara online.

Dan saya pribadi pun, berkat adanya WiFi rumah kini berhasil belajar memasak secara online. Saya bisa dengan mudah menemukan beragam ide untuk menu berbuka puasa yang sederhana dan praktis, sehingga kini saya sudah memiliki beberapa pilihan menu andalan untuk berbuka puasa setiap harinya.

Namun kali ini, saya ingin membagikan beberapa resep menu berbuka puasa yang sederhana dan praktis dengan bahan dasar dari buah-buahan, karena mengkonsumsi buah-buahan sangat disarankan setiap hari, terutama di bulan puasa seperti saat ini.

Dengan rutin mengkonsumsi buah-buahan maka tubuh kita akan menjadi semakin sehat, karena buah-buahan merupakan sumber nutrisi alami terbaik untuk mendapatkan vitamin, mineral, serat, dan berbagai zat gizi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi resep menu berbuka puasa menggunakan buah-buahan yang bisa dibuat di rumah, namun memiliki citarasa yang nikmat dan juga sehat, yaitu sebagai berikut:

1. Es Kurma Susu Madu
Es Kurma Susu segar untuk berbuka puasa - (Doc. Resepkoki)

Kurma selain bisa dimakan secara langsung untuk berbuka puasa, dibuat menjadi minuman Es Kurma Susu juga rasanya sangat segar dan nikmat. Bahan untuk membuatnya pun sangat mudah, terdiri dari 5 buah kurma tanpa biji, 2 sendok makan madu, Susu Cair UHT 500ml, dan es batu secukupnya.

Semua bahan disatukan dan blender sekaligus sampai semua bahan hancur dan tercampur merata. Dan jika ingin lebih enak, bisa juga ditambahkan serutan cincau atau jelly. Setelah itu minuman Es Kurma Susu Madu sudah siap dihidangkan sebagai menu berbuka puasa yang segar, nikmat dan juga sehat.


2. Salad Aneka Buah
Menikmati salad buah untuk buka puasa juga sangat enak - (Doc. Freepik)

Berbuka puasa dengan yang segar dan sehat pasti sangat menyenangkan. Untuk itu, menikmati salad buah bisa menjadi pilihan, karena di dalamnya terdapat banyak vitamin yang baik bagi tubuh kita, sekaligus bisa membantu menghilangkan rasa haus dan dehidrasi serta bisa membantu mengembalikan energi untuk tubuh yang hilang selama berpuasa. 

Nah, untuk membuat salad buah ini bahannya sangat mudah, kita bisa memilih beberapa macam buah segar sesuai keinginan kita, seperti mangga, melon, apel merah, kiwi, stroberi, anggur, buah naga dan lain sebagainya.

Selanjutnya kupas dan potong semua buah-buahan tersebut sesuai selera, tapi dinginkan buah-buahan tersebut sebelum diiris untuk rasa yang lebih segar, kemudian campurkan dengan madu dan juga yogurt. Lalu salad buah tersebut sudah bisa langsung dinikmati, rasanya segar dan pastinya juga sangat menyehatkan.


3. Jus Buah Segar
Jus buah sangat segar untuk berbuka puasa - (Doc. Freepik)

Selain dibuat salad seperti di atas, kita juga bisa membuat menu buka puasa yang praktis dan juga sehat dari buah dengan cara menjadikannya jus buah, karena jenis minuman yang satu ini bisa cepat membantu menghilangkan rasa haus dengan cita rasanya yang segar dan kaya akan vitamin juga.

Untuk membuat jus buah segar ini sangat mudah, kita bisa pilih jenis buah sesuai dengan yang kita suka, seperti Jeruk, Mangga, Melon, Buah Naga, Sirsak, Apel, Alpukat dan lain sebagainya. Buah tersebut dikupas dan dipotong-potong, lalu diblender bersama es batu secukupnya dan juga madu atau gula pasir sesuai selera hingga halus.

Selain itu, untuk membuat kreasi lainnya, kita juga bisa membuat jus buah dicampur dengan sayuran, seperti brokoli, bayam dan juga mentimun biar jus buahnya semakin bervariasi dan semakin bernutrisi, sehingga kita juga tidak mudah bosan jadinya.


4. Es Timun Melon
Es Timun Melon nikmat banget untuk buka puasa - (Doc. Kabaminangnews)

Timun sejatinya bukan hanya enak untuk dijadikan lalapan saja, namun timun juga bisa dikreasikan menjadi minuman Es Timun Melon yang segar sehingga sangat cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa.

Dan untuk membuat minuman yang satu ini bahannya terbilang simpel yaitu terdiri dari Timun 1 buah, Jeruk nipis (ambil airnya) 1-2 buah, Biji selasih 1 sdm (rendam air hangat terlebih dahulu), Sirup melon, Air matang dan Es batu secukupnya.

Untuk cara membuat Es Timun Melon cukup mudah, kita hanya perlu mencampur timun yang sudah diparut dengan selasih ke dalam sebuah wadah. Kemudian, tambahkan sirup melon dan air jeruk nipis, serta tambahkan juga air matang dan es batu secukupnya. Lalu minuman Es Timun Melon sudah siap dihidangkan.


5. Kolak Pisang
Kolak pisang selalu menjadi favorit saat buka puasa - (Doc. Resepkoki)

Tidak bisa dipungkiri, kolak pisang merupakan salah satu menu buka puasa yang sangat populer di Indonesia. Bahkan, kolak pisang telah menjadi salah satu hidangan yang selalu dinanti-nantikan ketika waktu berbuka puasa tiba.

Selain bisa mengenyangkan, rasanya yang manis dan gurih dari kolak pisang ini juga bisa membuat tubuh kembali bertenaga setelah seharian berpuasa. Dan untuk membuatnya pun sangat mudah, kita hanya memerlukan beberapa bahan seperti, pisang kepok matang 5 buah, gula merah 100 gram, garam ½ setengah sendok teh, daun pandan 1 lembar, air 200 ml, dan santan kelapa 500 ml.

Cara membuatnya pertama-tama kita masukkan air, gula merah dan daun pandan ke dalam panci lalu masak hingga gula merahnya larut. Kemudian masukan pisang yang sudah dipotong-potong lalu masak hingga setengah matang. Setelah itu tambahkan santan dan juga garam. Selanjutnya masak semua bahan dengan terus diaduk perlahan agar santan tidak pecah sampai pisang dan santan matang sempurna. Setelah itu, kolak pisang sudah siap disajikan untuk berbuka puasa.

***

Nah itu dia beberapa rekomendasi resep menu buka puasa menggunakan buah-buahan yang sangat mudah dibuat di rumah, meskipun dibuat dari bahan-bahan yang sederhana namun rasanya tetap enak dan juga sehat, sehingga sangat cocok untuk dijadikan pilihan menu berbuka puasa bersama keluarga.

Akan tetapi, jika teman-teman merasa masih membutuhkan referensi lain untuk mencari ide menu berbuka puasa yang lainnya, maka kalian bisa juga memanfaatkan WiFi rumah yang kalian miliki untuk berselancar di internet agar bisa menemukan kreasi menu berbuka puasa yang semakin beragam lagi.

Saya pribadi pun begitu, saat ini masih terus juga mencari ide menu berbuka puasa yang lainnya secara online, baik melalui website, youtube juga berbagai sosial media, agar semakin banyak kreasi yang bisa dibuat nantinya, sehingga menu berbuka puasa yang disajikan bisa semakin beragam dan tidak monoton setiap harinya.

Dan untungnya, kini kegiatan saya belajar memasak online semakin mudah sejak memasang WiFi rumah dengan kualitas internet yang kencang. Dan IndiHome menjadi pilihan saya karena merupakan provider penyedia jasa WiFi rumah dari Telkom Indonesia yang memiliki beragam pilihan paket internet yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Selain itu, jaringan WiFi rumah dari IndiHome juga sudah menggunakan jaringan fiber optik dengan akses internet broadband cepat hingga 300 Mbps, sehingga mampu menghasilkan kualitas internet yang cepat, lebih stabil dan tahan terhadap cuaca apapun.

Makanya, WiFi rumah yang dihadirkan oleh IndiHome ini menjadi andalan saya untuk berbagai kegiatan online sehari-hari, sehingga tidak ada lagi cerita kebingungan mau membuat menu apa untuk berbuka puasa setiap harinya, karena semua kumpulan resep menu berbuka puasa bisa dicari dengan mudah di internet.

19 comments:

  1. Makasih ide menu buka puasanya ya Mas. Bisa masuk ke family project kami menyiapkan makanan buat berbuka dg keluarga.

    ReplyDelete
  2. Alamaaaak, puasa-puasa begini liat yang seger-seger pula, hahaaa.
    Btw itu kurma kalo dimakan gitu aja di rumah saya ngga ada yang doyan. Tapi kalo udah diolah jadi makanan auto habis.
    Di rumah masih ada stok kurma, akan segera dieksekusi seperti menu 1.
    Terimakasih ide nya, kak...

    ReplyDelete
  3. Seger-seger semua nih kalau dimasukkan lebih dulu ke dalam kulkas.
    Apalagi disantapnya buat berbuka puasa maupun pas lagi terik lepas Ramadhan ya

    ReplyDelete
  4. Aku belum pernah nyobain kurma ama susu. Katanya bagus ya buat kesehatan. Aku seringnya buka pake kurma ya langsung dimakan aja campur madu. Hehe.. jadi pingin nyoba kurma campur susu. Rasanya gimana ya

    ReplyDelete
  5. Jus buah dan kolak yang selalu ada pada setiap kami berbuka. Segar dan pastinya tidak bosan ya karena dibuat penuh dengan rasa cinta, cie...

    ReplyDelete
  6. duh, es mentimunnya bikin ngeces.
    Besok bikin ah
    Beruntung sekarang ada internet cepat dari IndiHome ya?
    Kita bisa mendapat informasi dengan cepat
    sehingga menu berbuka puasa lebih berwarna

    ReplyDelete
  7. Aku penggemar segala jenis buah-buahan. Diolah apa saja enak deh Mawan. Apalagi saat udara panas, saat berbuka seger banget . Es Timun Melonnya menggiurkan ya, apalagi pakai selasih

    ReplyDelete
  8. Ngebantu banget emang beekat adanya wifi di rumah ya mas mau info apapun mudah kita dptkan menunjang juga kerjaan di rumah, btw aku suka es ketimun melonya

    ReplyDelete
  9. Buah-buahan segar memang paling enak buat buka puasa. Aku biasa bikin es buah pakai buah senemunya di warung sayur. Hehe .... Biasanya timun suri harus ada, soalnya kalau di luar bulan Ramadhan susah nemu buah satu ini.

    ReplyDelete
  10. aku paling suka salaaadddd
    aakk auto mupeng
    mau cari resep salad maknyuss buat buka nanti ahhh

    ReplyDelete
  11. Ramadan ini kami buka puasa pakai salad buah sih. Badan lebih seger dan di perut engga eneg. Sesekali ya kolak juga sih. Kolak tuh nganenin sih...hehe...

    ReplyDelete
  12. Nah inspiratif banget nih. Setidaknya bisa mengimbangi asupan gorengan yang kayaknya gak bisa full terhindarkan saya puasa. Kalo di rumah saya, selain juice juga menyiapkan tablet vitamin C untuk dikonsumsi selama sahur dan buka.

    ReplyDelete
  13. Es kurma susu madu ini andalan banget
    Nggak hanya enak dan segar, tapi juga punya banyak manfaat untuk kesehatan

    ReplyDelete
  14. paling sering dibikin es kurma susu rasanya enak dan anak-anak suka dibandingkan makan kurma gitu aja, resep lainnya aku mo coba juga ah

    ReplyDelete
  15. Segala ide menu berbuka paling gampang dicari di internet saat ini ya. Dari semua menu yang dibuat, paling khas di rumahku itu Kolak Pisang. Kayaknya kalau sudah masuk Ramadan, mendadak yang namanya bikin kolak itu persis kewajiban deh.

    ReplyDelete
  16. MashaAllah~
    Sluurrp banget melihat resep menu buka puasa menggunakan buah-buahan Rasanya memang kalau berbuka menggunakan yang segarsegar tuh langsung balikin energi yang hilang setelah seharian puasa.

    ReplyDelete
  17. Kolak pisang dan salad buah, ini yang paling sering tersedia di rumah saat berbuka puasa.
    Ternyata ada banyak lagi ya menu berbuka puasa berbahan dasar buah, asal rajin aja cari idenya berbekal koneksi internet saat ini

    ReplyDelete
  18. Favorit kami es timun melon ditambah nata de coco.. mantap banget. Tapi kadang kalau lagi bosen langsung seaching di intenet. Syukur di rumah pake IndiHome jadi makin lancar buat cari ideny.

    ReplyDelete
  19. biasanya kami buka puasa dengan es kelapa muda yang dicamppur gula merah. di daerah kami namanya damere

    ReplyDelete