Bikin Konten Jadi Cuan Dari Rumah


“Aneh! Bukannya cari kerja lagi, malah tetap santai jadi pengangguran di rumah saja.” Kalimat seperti ini pernah dilontarkan seseorang kepada saya, lantaran beberapa tahun belakangan ini saya lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja sejak resign dari pekerjaan kantoran beberapa tahun yang lalu.

Meskipun sudah saya jelaskan, bahwa di era digital seperti sekarang ini, bekerja tidak harus dari kantor saja, tapi bisa dilakukan di mana saja, termasuk dari rumah, namun tetap masih ada saja orang yang tidak percaya dan tetap melabeli saya dengan “pengangguran” atau “pemalas” karena hal tersebut.

Jujur saya malas meladeni tudingan semacam itu, makanya saya hanya tersenyum bila ada ucapan sinis atau pandangan negatif orang lain terhadap keseharian saya seperti itu, saya mencoba memakluminya, karena saya sadar, tidak semua orang bisa mengerti apa yang tengah saya kerjakan saat ini, karena selama ini, mungkin mereka tahunya bahwa bekerja itu identik harus ke luar rumah, bekerja di kantor dan semacamnya.

Padahal di era sekarang, ada segudang pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah untuk tetap menghasilkan uang, seperti menjadi youtuber, blogger, content writer, gamers, penjual online, affiliate marketer, online survey taker, influencer di media sosial, freelancer (desainer, fotografer, videographer, programmer, penulis, dll), membuka kursus online (membuat kue, senam, yoga, make-up, dll) serta masih banyak lagi jenis pekerjaan yang lainnya.

Sejatinya, dengan hadirnya dukungan internet yang semakin lancar saat ini, hampir sebagian besar bidang pekerjaan bisa dilakukan dari mana saja, termasuk dari rumah. Hal tersebut pun terlihat jelas pada saat terjadi pandemi kemarin.

Dimana banyak perusahaan atau perkantoran yang terpaksa tutup ataupun membatasi jumlah karyawannya untuk datang ke kantor secara langsung agar meminimalisir penyebaran virus COVID-19 dan meminta para karyawannya untuk tetap melakukan semua pekerjaan secara online dari rumah saja.

Hal serupa juga terjadi pada kegiatan belajar mengajar di berbagai sekolah dan juga kampus-kampus, proses belajar mengajar semua berlangsung secara daring tanpa perlu bertatap muka secara langsung dan hanya mengandalkan gadget dan juga sinyal internet yang lancar.

Bahkan di tengah pandemi kemarin, tidak sedikit para pelaku UMKM yang langsung beralih dari metode berjualan offline ke metode penjualan online dengan menggunakan e-commerce ataupun memanfaatkan berbagai sosial media yang ada, agar produk tersebut tetap bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Kejadian tersebut secara tidak langsung telah membuka mata dan pikiran orang-orang di luar sana, khususnya orang-orang yang selama ini tidak percaya, bahwa ada berbagai pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah itu nyata adanya.

Begitulah kekuatan dari kemajuan teknologi dan meluasnya jaringan internet yang cepat dan stabil, telah membuka semakin banyak kesempatan kita untuk bisa bekerja dan juga belajar dengan mudah dari mana saja dan kapan saja, termasuk bagi saya yang kini senang bekerja dari rumah dengan membuat konten.


Bekerja dari Rumah dengan Membuat Konten

Dulu, tidak pernah terbesit dalam benak saya sedikit pun untuk terjun menjadi konten kreator, apalagi menjadikan bidang ini sebagai lahan mata pencaharian untuk kehidupan saya. Kesenangan saya menulis blog dan bermain sosial media dulunya hanya sebuah kegiatan untuk mengisi waktu luang semata, tidak lebih.

Namun sejak saya resign dari kantor pada akhir tahun 2017 silam, perlahan saya fokus di bidang konten kreator ini, meskipun niatan untuk terjun menjadi full time blogger atau juga konten kreator belum ada, karena awalnya saya hanya ingin sejenak rehat dari dunia pekerjaan kantor yang membuat saya merasa sangat jenuh saat itu.

Maka sembari mencari peluang untuk bekerja kantoran lagi, saya pun terus menekuni hobi saya menulis di blog dan juga membuat konten di sosial media yang saya miliki. Tak disangka, dunia yang awalnya hanya sebatas hobi ini kemudian mampu membuat saya mendulang rupiah yang tak kalah dengan saat saya bekerja kantoran.

Nah, cara saya mendapatkan cuan (uang) dari blog dan juga sosial media yang saya miliki adalah dengan menjalin kerjasama dengan berbagai brand, kemudian mengulas tentang produk atau jasa yang mereka miliki di blog, youtube, dan juga media sosial yang saya miliki.

Perlahan saya pun merasa semakin nyaman dengan pekerjaan ini, selain memang sesuai dengan kesukaan saya, pekerjaan ini tak membatasi ruang gerak saya, karena menjadi konten kreator ini bisa saya lakukan di mana pun yang saya mau, termasuk sambil bersantai dari rumah.

Ada beragam manfaat yang bisa kita dapatkan dari menjadi konten kreator

Menariknya, pekerjaan menjadi pembuat konten ini bukan hanya mampu menghasilkan uang saja, namun banyak hal seru yang bisa saya rasakan dari pekerjaan ini. Dan jika saya pikir lagi, pekerjaan ini sungguh ajaib, membuka begitu banyak pintu yang mampu membawa saya terbang untuk melihat dan merasakan banyak hal luar biasa yang selama ini tidak pernah saya rasakan.

Iya, selain bisa mendapatkan cuan, menjadi blogger ataupun konten kreator ini memberikan banyak manfaat yang menarik menurut saya, seperti:
  • Kita bisa menentukan waktu kerja sesuai dengan keinginan kita sendiri, yaitu kapan kita ingin mengambil pekerjaan ataupun mengambil libur, semua kendali ada pada kita seutuhnya. 
  • Kita bisa mendapatkan berbagai barang ataupun layanan jasa dari brand yang berkerjasama dengan kita.
  • Kita memiliki peluang bisa bertemu dengan orang-orang hebat, seperti pengusaha sukses, artis, pejabat, atlet, dan sosok-sosok hebat lainnya.
  • Kita juga berkesempatan untuk jalan-jalan gratis mengunjungi berbagai tempat yang menarik, termasuk bisa menikmati makanan enak di restoran mewah, hingga tidur di hotel berbintang.
  • Kita kerap kali menjadi "orang pertama" yang mendapatkan informasi hingga kesempatan menikmati berbagai produk atau layanan sebelum diluncurkan di pasaran.
Meskipun begitu, di sisi yang lain, menjadi blogger atau konten kreator ini juga menuntut kita untuk menjadi pribadi yang kreatif dan serba bisa, karena kita harus merangkap banyak pekerjaan sekaligus, jadi penulis, fotografer, videografer, model foto/video, stylish/gaya, editor naskah, editing video/foto, voice over, dan sederet pekerjaan lainnya.

Selain itu, kita juga dituntut harus jago mengatur keuangan, karena penghasilan menjadi blogger atau konten kreator tidak selamanya mulus, pendapatan ada naik dan turunnya, sehingga manajemen keuangan sangat penting supaya arus keuangan tetap stabil setiap saat.     

Namun yang tak kalah penting, kita juga dituntut untuk profesional dan punya manajemen waktu yang bagus, sehingga semua pekerjaan bisa dilakukan sesuai dengan permintaan client tanpa melewati deadline yang sudah ditentukan, sebab ini bagian dari attitude yang bisa membuat client mau bekerja lagi dengan kita atau tidak. 

Meskipun begitu banyak suka dan dukanya, kini saya akhirnya menjadi fulltime blogger atau konten kreator yang kesehariannya banyak membuat berbagai konten, seperti artikel, foto dan juga video, baik yang akan dipublish di blog, youtube dan sosial media pribadi ataupun di website atau sosial media milik client.

Dan saya mengerjakan hampir semua konten tersebut hanya dari rumah saja, meskipun tak jarang saya juga perlu keluar rumah untuk mengambil bahan yang akan diolah menjadi konten dengan menghadiri event atau meeting dengan client, serta mengambil foto ataupun video di berbagai tempat sesuai dengan kebutuhan konten yang akan saya buat.

Makanya kini bisa dibilang, bahwa fungsi rumah tak lagi hanya sebatas tempat bernaung saja, tapi juga menjadi “kantor” tempat saya berkreasi, mengasah ide, merangkai kreatifitas, hingga melahirkan beragam konten meskipun dengan segala keterbatasan yang saya miliki.

Tak ada yang instan, semua butuh proses dan belajar, termasuk konten kreator

Dan tidak bisa dipungkiri, bahwa menekuni pekerjaan menjadi pembuat konten sama juga dengan pekerjaan yang lainnya, ada saja hambatan dan juga tantangannya. Dan bukan berarti pekerjaan ini mudah dilakukan begitu saja, tentunya ada proses dan butuh waktu yang panjang juga untuk belajarnya, sebab tidak ada yang benar-benar instan di dunia ini.

Untuk menggeluti pekerjaan yang bergerak di bidang teknologi seperti ini membuat kita harus banyak belajar, karena perkembangannya begitu cepat, sehingga jika kita ingin tetap bertahan di ranah seperti ini, maka tidak ada kata usai untuk terus belajar, karena akan selalu ada hal-hal baru yang terus bermunculan setiap saatnya.

Selain memiliki semangat belajar, kita pun harus memiliki sikap pantang menyerah. Sebab, tak selamanya konten yang kita buat akan berhasil, bahkan tak jarang kita harus merasakan banyak kekecewaan. Untuk itu, kita harus melakoni semua ini secara konsisten dan sungguh-sungguh, supaya bisa mendulang sukses seperti yang kita impikan. 

Dan untuk menjadi konten kreator ataupun blogger, selain butuh kemampuan menulis, memotret, hingga membuat video, pekerjaan ini juga membutuhkan berbagai peralatan untuk mendukung kita semakin maksimal dalam membuat konten, minimal memiliki smartphone atau kamera, dan juga laptop.

Namun yang juga tidak kalah penting dari semua itu, dukungan internet yang cepat dan stabil pun mempunyai peranan yang begitu besar, agar berbagai konten yang kita buat tersebut bisa dipublish blog, youtube, dan disebarkan di berbagai media sosial yang ada.


Internet Berperan Penting Bagi Konten Kreator

Dulu saat awal-awal saya senang menulis artikel di blog sekitar tahun 2009, keberadaan internet belum semudah sekarang ini, bahkan saya harus mengantri dan rebutan meja di warnet (warung internet) bila ingin mengakses internet untuk meng-upload tulisan di blog saya kala itu.

Dan yang saya rasakan, keberadaan internet saat itu begitu terbatas dan hanya bisa dinikmati secara leluasa oleh orang-orang yang cukup berada saja, karena biaya berlangganan internet pada saat itu juga terbilang cukup mahal bagi orang seperti saya pada masa itu.

Makanya, warnet menjadi pilihan paling praktis bila ingin memanfaatkan internet, karena harganya cukup terjangkau, meskipun harus mengantri dan jauh dari nyaman karena banyak juga pengunjung lain yang bermain dan berisik di warnet tersebut.

Namun kini semua telah berubah, kondisinya saat ini jauh lebih baik, makanya saya pun merasa sangat bersyukur banget, karena perkembangan internet di Indonesia kini semakin luar biasa, salah satunya dengan hadirnya IndiHome yang merupakan internetnya Indonesia yang memiliki sinyal kuat untuk mendukung berbagai aktivitas online dari rumah.

Bekerja membuat konten bisa dilakukan dengan mudah di rumah berkat adanya internet

Dan IndiHome ini merupakan layanan komunikasi dan internet yang diluncurkan oleh Telkom Indonesia sejak tahun 2015 untuk memberikan akses internet berkecepatan tinggi bagi masyarakat Indonesia, baik untuk penggunaan rumah tinggal, apartemen, kantor ataupun untuk keperluan bisnis lainya.

Kini, jumlah pengguna IndiHome terus bertambah setiap tahunnya, bahkan hingga pada Q3 2022 yang lalu jumlah pelanggannya berada di kisaran 9 juta pelanggan dengan cakupan jangkauan yang semakin meluas. Dimana hingga penghujung tahun 2022, IndiHome telah menjangkau 499 dari 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia, sehingga dengan hal ini penetrasi layanan IndiHome secara nasional telah mencapai 97 persen.

Saya pribadi tidak heran IndiHome bisa terus berkembang pesat seperti sekarang ini, selain kerena kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat akan internet yang cepat, IndiHome ini juga merupakan produk yang istimewa, karena memiliki konsep 3-in-1 yaitu memiliki tiga layanan dalam satu paket, selain memiliki layanan internet, pelanggan juga mendapatkan tayangan TV berbayar dan saluran telepon.

Maka dengan hadirnya IndiHome ini, kebutuhan masyarakat akan internet semakin mudah didapatkan, sehingga memungkinkan berbagai aktivitas di ranah online bisa berjalan lancar, termasuk pekerjaan saya sebagai konten kreator yang berkecimpung di dunia maya ini bisa berlangsung sukses hingga saat ini.

Keberadaan internet punya peran yang sangat penting bagi konten kreator

Dengan pesatnya perkembangan teknologi dan internet seperti ini, maka berbagai peluang untuk mendapatkan cuan (uang) di ranah online pun terasa semakin mudah, selain menjadi blogger atau konten kreator, ada banyak pekerjaan lain yang bisa juga kita tekuni sesuai dengan keinginan kita, seperti menjadi youtuber, influencer sosial media, penulis artikel, penjual foto dan video, mengisi kuisioner/survey, serta berbagai pekerjaan online lainnya.

Bahkan bisa dibilang, bahwa apapun hobi dan kesukaan kita semua bisa menjadi konten yang menarik di zaman sekarang ini. Makanya, bagi kita yang hobi menyanyi, hobi masak, hobi makan, hobi dandan, hobi make-up, hobi main game, hobi jalan-jalan, habi buat kue, hobi menggambar, dan berbagai hobi lainnya, semua bisa dibuat menjadi konten yang seru di ranah online dan menghasilkan cuan.

Makanya, dengan adanya layanan internet dari IndiHome ini sangat membantu kita beraktivitas tanpa batas dalam berkarya membuat konten dari rumah, sehingga konten-konten yang kita buat bisa didistribusikan dengan mudah dan cepat di berbagai platform media online yang ada, baik itu blog, youtube, dan berbagai sosial media yang lainnya. 


Keunggulan Layanan Internet dari IndiHome

Kini keberadaan internet bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi banyak orang dalam kesehariannya, termasuk saya pribadi, agar memudahkan pekerjaan saya yang setiap harinya berkecimpung dalam pembuatan konten di dunia online.

Dan hadirnya layanan internet provider dari IndiHome ini telah mampu menjangkau begitu luas hingga ke berbagai pelosok negeri, sehingga hal ini sangat memudahkan kita yang memang kesehariannya tidak lepas dari internet, baik untuk urusan pekerjaan, belajar hingga menikmati hiburan.

IndiHome memberikan banyak keunggulan bagi penggunanya

Maka dari itu, kehadiran layanan internet dari IndiHome ini telah menjadi pilihan yang tepat bagi banyak orang, karena internet provider dari Telkom Indonesia ini mampu menawarkan banyak keunggulan yang menarik, seperti berikut ini:

1. Tersedia beragam pilihan paket
Meskipun keberadaan internet sudah menjadi kebutuhan pokok di era sekarang ini, namun kebutuhan internet setiap orang tentu berbeda-beda. Nah, untuk memudahkan masyarakat mendapatkan layanan internet sesuai dengan kebutuhannya, maka IndiHome hadir dengan menawarkan beragam jenis pilihan paket yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dengan harga yang bisa juga disesuaikan dengan kemampuan kita masing-masing.

Bahkan menariknya, IndiHome juga sering kali memberikan promo menarik untuk berbagai paket internet dengan penawaran harga yang terjangkau, sehingga membuat kita bisa mengakses internet yang lancar setiap saat namun dengan pengeluaran yang semakin hemat.

2. Proses pemasangannya mudah
Dan yang menarik juga dari IndiHome ini karena menawarkan layanan instalasi yang mudah dan cepat, karena pemasangan jaringan fiber optik tidak memerlukan banyak waktu, sehingga kita bisa langsung dapat menikmati koneksi internet dengan sangat praktis.

Namun selain memiliki koneksi internet, IndiHome juga menyediakan layanan telepon dan televisi berlangganan yang dapat diakses melalui satu kabel. Maka dengan menggunakan IndiHome, kita pun dapat menikmati berbagai saluran televisi dan menikmati layanan telepon yang berkualitas.

3. Memiliki kecepatan yang stabil di segala cuaca
Sebagai pengguna internet setiap harinya, tentu kita tidak ingin jaringan internet kita bermasalah karena itu akan menghambat aktivitas online kita, terlebih bila terjadi hujan dan petir biasanya sinyal internet akan menjadi lemah ataupun lelet.

Tapi berbeda dengan IndiHome, internet provider dari Telkom Indonesia ini akan tetap mampu menyajikan kualitas internet yang canggih dengan kecepatan yang lancar, karena IndiHome menggunakan jaringan fiber optik dengan akses internet broadband cepat hingga 300 Mbps, sehingga mampu menghasilkan kualitas internet yang cepat, lebih stabil, dan tahan terhadap cuaca apapun.

Dengan kualitas jaringan internet yang kencang dan stabil ini, maka IndiHome sangat cocok untuk mendukung berbagai aktivitas multitasking seperti bermain sosial media, mengakses blog dan youtube, nonton TV interaktif, belajar online, webinar, hingga bermain game online akan tetap berjalan lancar.

4. Memberikan perlindungan dari ancaman ekstra
Tidak dipungkiri, kecanggihan teknologi dan meningkatnya kualitas jaringan internet yang terus berkembang pesat saat ini juga berjalan beriringan dengan berbagai ancaman yang mengintai kita sebagai penggunanya.

Dimana setiap saat, berbagai jenis virus, phising, dan sejenisnya bisa menyerang kita dengan tiba-tiba, dan hal tersebut sangat mungkin terjadi dalam sebuah akses telekomunikasi dan penggunaan internet yang begitu aktif setiap harinya.

Namun bila kita menggunakan layanan internet dari IndiHome maka kita tidak perlu khawatir, karena IndiHome memiliki perlindungan ekstra yang sudah lengkap dengan sistem pengamanannya, berupa Trend Micro Security System sehingga membantu memberikan proteksi pada jaringan internet dan data pribadi kita, agar terhindar dari risiko ancaman virus yang berbahaya.

5. Memberikan kemudahan dalam proses pembayaran
Dengan kita menggunakan layanan dari IndiHome ini, maka kita pun akan merasakan kemudahan dalam membayar tagihannya, karena IndiHome memiliki metode pembayaran yang mudah dan fleksibel karena cara pembayarannya bisa dilakukan secara online maupun offline.

Ya, pembayaran tagihan IndiHome bisa kita bayar melalui berbagai cara seperti lewat mobile banking, transfer ATM, berbagai e-wallet (LinkAja, Gopay, OVO, DANA, dll), internet banking, dan sebagainya. Bahkan kita juga bisa membayar langsung di Alfamart, Indomaret, dan juga Kantor Pos. Dengan banyaknya pilihan cara pembayaran seperti ini tentu sangat memudahkan dan juga nyaman untuk kita gunakan sesuai keinginan kita masing-masing.

6. Memberikan layanan pelanggan dengan cepat
Salah satu hal yang penting dalam sebuah penjualan barang dan jasa adalah pelayanan yang baik. Dan IndiHome menjadi salah satu provider internet yang memberikan pelayanan pada pelanggan dengan cepat tanggap ketika menerima keluhan dan masalah.

Salah satu contohnya, bila terjadi masalah pada instalasi dan sejenisnya pada layanan IndiHome, maka biasanya pihak IndiHome akan secepatnya untuk mengirimkan teknisinya agar membantu mengatasi masalah tersebut supaya cepat beres.

Dan bila memang sedang terjadi gangguan pada layanannya, IndiHome juga biasanya akan memberikan informasi tersebut kepada pelanggannya dan berusaha secepatnya untuk mengatasi masalah yang ada supaya layanan bisa dinikmati kembali oleh pelanggannya.

Dengan dukungan sinyal kuat dan stabil dari IndiHome memungkinkan kita bisa melakukan berbagai aktivitas tanpa batas

Tak hanya itu, IndiHome juga memiliki aplikasi MyIndiHome yang semakin memberikan kemudahan bagi pelanggannya dalam mendapatkan berbagai informasi terbaru, termasuk promo, informasi harga paket terbaru, cek jaringan, berlangganan fitur tambahan, lapor gangguan, cek dan bayar tagihan, cek poin, info pemakaian, serta berbagai layanan menarik lainnya.

Nah, dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya tersebut, maka tidak heran bila IndiHome menjadi internet provider pilihan yang disukai banyak orang, karena mampu menyediakan akses internet terbaik di rumah, sehingga kita bisa melakukan berbagai aktivitas tanpa batas dengan semakin lancar.

Dan pastinya, hadirnya dukungan internet yang istimewa dari IndiHome ini, tentu saja membuat kita menjadi semakin produktif dalam berkarya membuat konten-konten yang kita inginkan, sehingga dengan begitu, penghasilan kita dari ranah online ini pun semakin lancar.

Makanya, kini bisa dibilang, dengan adanya internet yang cepat dan stabil dari IndiHome, sangat memungkinkan kita bisa melakukan berbagai aktivitas tanpa batas, termasuk bisa membuat berbagai konten menjadi cuan hanya dari rumah saja. :)



15 comments:

  1. Hehe.. Ternyata masih ada aja ya orang yang berpikiran bekerja harus dari kantor. Padahal kerjaan bisa dilakukan di mana saja, termasuk dari rumah. Yes, zaman sekarang cari cuan gak harus keluar rumah

    ReplyDelete
  2. Hehehe orang yang gak tau, kita dapat uang dari babi ngepet ya?
    Sejak saya pindah ke kampung, lingkungan saya juga bingung
    Kok saya gak mau ngerumpi bareng mereka
    Saya di rumah terus dengan alasan kerja :D
    Padahal selama ada internet cepat dari IndiHome, kita bisa kerja di mana pun ya?

    ReplyDelete
  3. Yang dulunya hobi, sekarang jadi profesi, bener banget itu. Dan bisa dilihat mana yg cuma ikut-ikutan, mana yang emang passionnya di sana. Banyak yg buming sesaat, setelah itu jadi broken link ternyata gak dupdate lagi. Hehehe... Semoga setelah benar jadi profesi semakin bermanfaat dan membawa berkah ya

    ReplyDelete
  4. Setuju, internet adalah nyawanya konten creator. Untung banget ada layanan internet IndiHome yang dapat memenuhinya. Terlihat di rumah saja tapi cuan tetap mengalir ke rekening. Mantul.

    ReplyDelete
  5. Udah biasaaaa....dianggap pengangguran nggak guna karena keliatannya cuma online dan mantengin hape terus. Wehehe... Aku pribadi bersyukur banget dengan akses intenet yang makin mudah sekarang ini. Jadinya yang nggak punya kantor sepertiku bisa tetap berkarya dan mendapat penghasilan.

    ReplyDelete
  6. Jaman udah semakin maju sayangnya tidak dibarengi dengan pemikiran yang maju ya akan teknologi makin berkembang. Padahal kerja itu bisa dari mana aja yang penting ada perangkatnya dan internet andalan ini

    ReplyDelete
  7. Bener kak, Dalam era digital saat ini, terdapat banyak cara untuk mencari uang dari rumah dengan menggunakan koneksi internet. Apalagi koneksi internetnya pakai Indihome ya...

    ReplyDelete
  8. IndiHome sebagai sebuah layanan dalam bidang teknologi memiliki banyak keunggulan yang menjadikan kita makin mantab memilih layanan internet cepatnya

    ReplyDelete
  9. Susah memang kalau kita kerap memikirkan pendapat orang lain. Kalo buat saya sih yang penting apa yang kita lakukan bermanfaat dan dapat dipertanggungjawabkan dunia akhiratnya. Dengan jaman yang sudah maju dan digitalisasi seperti saat ini, banyak pekerjaan yang bisa kita lakukan di rumah. Dan buktinya menghasilkan juga kok. Tinggal kegigihan dan konsistensi kita aja.

    ReplyDelete
  10. Keberadaan layanan internet sangat memudahkan semua orang dalam menjalankan aktivitas, termasuk menambah pundi-pundi dala keseharian.

    ReplyDelete
  11. Emang deh, kadang masih saja ada orang yang sangsi dengan apa yang kita lakukan di rumah saja. Ada yang sudah paham kalau menjadi kreator bisa hasilkan cuan, ada pula yang yaaa mikirnya kalau nggak keluar rumah ya nggak kerja. Hihihi ... padahal internet buka banyak peluang ya.

    ReplyDelete
  12. Bener banget ya..jadi konten kreator selain harus banyak belajar juga harus banyak melihat apa yang disukai viewer sehingga bisa semakin meningkatkan kualitas konten yang dihasilkan.
    Adanya internet cepat memang jadi ngebantu banget untuk meningkatkan kualitas konten yang dihasilkan.

    ReplyDelete
  13. Setuju banget. Internet yang cepat kayak IndiHome ini memang bisa diandalkan untuk bisa cuan dari rumah ya. Kalo Awan sih udah gak diragukan lagi. Konten-kontennya bagus dan berprestasi. Anak-anak muda kudu banyak belajar nih dari Awan. Aku juga. Semoga bisa memaksimalkan manfaat internet cepat dari Indihome ini untuk bisa makin cuan.

    ReplyDelete
  14. Setuju banget. Internet yang cepat kayak IndiHome ini memang bisa diandalkan untuk bisa cuan dari rumah ya. Kalo Awan sih udah gak diragukan lagi. Konten-kontennya bagus dan berprestasi. Anak-anak muda kudu banyak belajar nih dari Awan. Aku juga. Semoga bisa memaksimalkan manfaat internet cepat dari Indihome ini untuk bisa makin cuan.

    ReplyDelete
  15. Bener, kadang sampai capek kak jelasin kalau kerja sekarang itu bisa digital. Setuju juga kalau bikin konten itu prosesnya panjang, enggak bim salabim jadi.

    ReplyDelete