5 Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Umroh


Paket Umroh & Haji XL

Belum padam dan tak akan pernah padam, sebuah impian ini masih terus saya rawat hingga kini, impian yang sedari saya masih kecil telah tertanam begitu kuat di jiwa saya, impian yang terus saya rajut dalam doa-doa panjang dengan penuh harap, agar bisa segara dikabulkan oleh Allah SWT.

Ya, sedari kecil saya sangat mendambakan pada suatu hari kelak saya bisa berkunjung ke Tanah Suci Mekkah, entah itu dalam rangkaian menunaikan ibadah haji atau pun umroh. Keinginan itu lahir, lantaran dulu guru ngaji saya selalu bercerita, tentang betapa menyenangkannya berkunjung ke Tanah Suci Mekkah itu.

Dan beliau pun selalu bilang, bahwa sungguh sangat beruntung orang-orang yang bisa berkunjung ke Tanah Suci Mekkah, sebab di sana itu sebaik-baiknya tanah yang ada di muka bumi ini, dan tempat tersebut sangat dicintai oleh Allah.

Mendengar cerita itu, maka saya selalu berangan untuk bisa segera ke Tanah Suci Mekkah, terlebih katanya, segala harap dan doa yang dilantunkan langsung di Tanah Haram itu sangat cepat dikabulkan oleh Allah SWT.

Umroh Dulu, Haji Kemudian

Untuk itu, saya selalu berusaha menabung sedikit demi sedikit menyisihkan uang yang saya miliki agar bisa secepatnya bertandang ke Baitullah itu. Ya, saya sangat ingin menunaikan rukun Islam yang kelima, yaitu menunaikan Ibadah Haji.

Sebab perintah untuk menunaikan ibadah haji bagi kaum muslimin juga sudah sangat jelas diperintahkan oleh Allah dalam Al-Quran, yaitu tertuang dalam Surat Ali Imran, ayat 97 yang menjelaskan bahwa menunaikan ibadah haji adalah wajib bagi orang-orang yang mampu.

“Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah; Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam”. (QS. Ali Imran: 97).

Namun harapan saya untuk bisa segera menunaikan ibadah haji sepertinya masih sangat lama, hal ini disebabkan karena antrian keberangkatan jamaah haji di negeri ini yang masih begitu panjang, hingga puluhan tahun ke depan.

Bahkan saya pernah baca di beberapa berita online baru-baru ini, bahwa waktu tunggu naik haji paling pendek berkisar 11 tahun. Jangka waktu ini terdapat di Gorontalo, Sulawesi Utara, dan Maluku. Sementara waktu dengan durasi paling lama adalah 39 tahun, yaitu di Sulawesi Selatan. 

Sedangkan untuk DKI Jakarta sendiri ternyata harus menunggu sekitar 19 tahun lamanya baru bisa berangkat haji. Sungguh waktu antrian yang sangat lama. Dan itu membuat saya sejujurnya sangat cemas memikirkan hal tersebut.
Paket Umroh & Haji XL

Untuk itu, rencananya saya ingin menunaikan ibadah umroh saja dulu, karena bila menunggu antrian untuk ibadah haji rasanya masih begitu lama. Dan jujur saya juga takut bila umur saya tidak sampai di titik itu, sebab seungguhnya umur adalah misteri yang hanya Allah saja yang tahu.

Makanya menunaikan ibadah umroh saya rasa menjadi pilihan paling tepat saat ini agar bisa segera berkunjung ke Tahan Suci Mekkah. Dan pilihan ini juga banyak ditempuh oleh saudara-saudara saya yang lain karena berangkat umroh bisa dilakukan kapan saja kita bisa, karena tidak ada sistem antrian seperti ibadah haji.

Untuk itu, kini saya sudah memantapkan hati saya untuk segera menunaikan ibadah umroh terlebih dahulu, dan jika memang ada rezeki dan juga umur panjang maka kelak saya pun sangat ingin bisa menunaikan ibadah haji juga ke Tanah Suci Mekkah.

5 Hal yang Harus Dipersiapkan saat Umroh

Nah, sekarang saya sudah mulai proses pendaftaran umroh melalui sebuah biro perjalanan ibadah umroh dan haji yang memang kerap digunakan oleh keluarga besar saya untuk mengurus perjalanan umroh dan haji selama ini.

Dan saya berharap semua perlengkapan terkait segala hal yang menyangkut proses pendaftaran yang menunjang kelancaran perjalanan umroh saya ini bisa segera rampung semuanya, supaya saya juga bisa segera berangkat ke Tanah Suci Mekkah dalam waktu dekat ini.

5 hal yang harus dipersiapkan saat umroh

Sembari menunggu semua proses pengurusan perjalanan umroh siap, maka dari hasil ngobrol-ngobrol dengan beberapa saudara dan teman-teman yang sudah pernah pergi umroh, maka secara garis besar, ada beberapa hal yang harus saya persiapkan ketika akan menunaikan ibadah umroh ini, yaitu:

1.       Siapkan Fisik dan Mental
Perjalanan umroh memerlukan kekuatan fisik dan juga mental yang prima, agar bisa tetap lancar menjalankan segala rangkaian ibadah umroh. Untuk itu, sebaiknya sebelum berangkat umroh kita mempersiapkan kondisi fisik dengan rutin melakukan olahraga pagi selama 30 menit setidaknya 2 minggu sebelum keberangkatan.

Selain itu, kita juga sebaiknya selalu menjaga kesehatan kita dengan selalu mengkonsumsi multivitamin agar daya tahan tubuh kita terjaga. Dan kita pun wajib untuk suntik vaksin Meningitis sebelum berangkat karena hal tersebut merupakan syarat wajib untuk berangkat umroh.

Sedangkan persiapan secara mental adalah kita harus kuatkan niat kita di dalam hati bahwa kita pergi umroh bertujuan untuk beribadah semata hanya untuk Allah. Dan jika selama menjalankan Ibadah kita menemukan hal-hal yang kurang menyenangkan maka kita sebaiknya tetap sabar dan memasrahkan semuanya pada Allah semata.

2.       Siapkan Dokumen Penting
Perjalanan umroh adalah sebuah perjalanan ibadah yang membuat kita bertandang ke negara lain, maka sudah pasti kita pun harus mempersiapkan dan membawa berbagai dokumen penting berupa KTP, Visa, paspor, catatan vaksinasi, buku nikah, uang, tiket pesawat, tanda terima pemesanan hotel, dan segala kelengkapan administratif lainnya yang diberikan oleh biro perjalanan umroh wajib untuk kita bawa.

Dan sebaiknya, kita menyimpan semua dokumen penting tersebut (kecuali kartu Identitas) dalam sebuah map khusus, dan sebaiknya semua dokumen tersebut ditata dengan rapi, sehingga ketika kita membutuhkannya, maka kita bisa mencarinya dengan mudah.

3.       Siapkan segala Perlengkapan Pribadi
Nah, supaya perjalan umroh kita bisa berjalan lancar, maka segala perlengkapan pribadi kita tentu harus kita persiapkan dengan baik, seperti pakaian-pakaian yang nyaman, perlengkapan mandi, perawatan wajah dan kulit, obat-obatan dan vitamin, serta berbagai perlengkapan pribadi lainnya.

Namun, berbagai perlengkapan pribadi ini, sebaiknya dibawa dalam jumlah yang sewajarnya saja, jangan terlalu berlebihan, disesuaikan saja dengan lamanya kita menjalankan ibadah umroh tersebut, agar jumlah bawaan kita tidak membebani perjalanan kita nantinya.

4.       Membawa Segala perlengkapan Ibadah
Ya, namanya juga kita akan pergi ibadah, maka sudah pasti kita harus memastikan dengan baik bahwa segala perlengkapan untuk menunjang perjalanan ibadah umroh kita ini sudah dipersiapkan dengan baik sehingga tidak ada yang ketinggalan nantinya.

Nah, untuk perlengkapan ibadah pria yang wajib saya bawa terdiri dari kain ihram (kain tanpa jahitan), dan disarankan sebaiknya dibawa lebih dari satu supaya bisa dipakai bergantian (cadangan). Selain itu, kita juga harus membawa baju yang nyaman untuk digunakan setelah melepas ihram, dan juga siapkan tas kecil, sebaiknya yang bisa dilingkarkan di pinggang agar lebih simpel untuk dibawa-bawa.

5.       Jangan lupa Membawa Smartphone
Dan yang juga tak boleh ketinggalan yaitu membawa smartphone, powerbank, dan chargernya, supaya selama di Tanah Suci nanti, kita tetap bisa menjalin komunikasi dengan sanak saudara dan keluarga tercinta di tanah air.

Nah, supaya biaya komunikasi dengan keluarga di tanah air tetap hemat dan tidak menguras isi dompet, maka kita pun harus benar-benar memilih jaringan operator yang menawarkan paket umroh yang murah namun berkualitas.

Maka dengan berbagai persiapan di atas, saya berharap nantinya perjalanan ibadah umroh yang akan saya tunaikan ini bisa berjalan dengan lancar, lebih khusuk dan tentunya sangat berharap bisa mendapatkan pahala di sisi Allah SWT.

Jaga Komunikasi Tetap Lancar Saat Umroh

Meskipun terpisah jarak dengan keluarga saat kita menjalankan umroh, namun menjaga komunikasi sebaiknya tetap terus terjalin dengan baik, yaitu dengan kita tetap rutin memberi kabar agar keluarga tetap tahu kondisi kita selama di Tanah Suci, sehingga membuat mereka di tanah air tetap tenang.

Dan dari obrolan dengan saudara dan teman-teman yang pernah umroh, maka saya direkomendasikan menggunakan Paket Umroh & Haji XL karena paket yang satu ini bisa memberikan kemudahan menelpon, SMS, dan akses internet sepuasnya saat melaksanakan ibadah umroh di Saudi Arabia.

Paket Umroh & Haji XL

Dimana Paket Umroh & Haji XL ini menghadirkan paket kuota data yang lebih besar dengan harga terjangkau, serta memberikan dukungan jaringan yang lebih luas di Arab Saudi sehingga kita jadi bisa berkomunikasi dengan lancar bersama keluarga di tanah air.

Menariknya lagi, ternyata menggunakan Paket Umroh & Haji XL ini harganya cukup terjangkau, yaitu mulai dari harga Rp. 149 Ribu rupiah saja, dan bisa kita beli secara online melalui berbagai online store seperti: Traveloka Apps, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, Kaskus, JD.ID, Sepulsa, dan juga Ayopop Apps.

Dan cara mengaktifkan Peket Umroh & Haji XL ini pun sangat mudah, dimana sebelum berangkat ke Arab Saudi maka kita bisa mengaktifkan Paket Umroh & Haji XL ini dengan menekan *123*747# atau bisa juga dengan membuka aplikasi myXL di handphhone kita, kemudian pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Kemudian nanti saat sampai di Saudi Arabia, maka kita cukup memastikan layanan data roaming di handphone kita sudah dalam keadaan aktif. Dan kita pun bisa menekan *123*747# atau buka aplikasi myXL di handphone kita untuk mendapatkan informasi terkait penggunaan data roaming selama kita di Arab Suadi.

Jadi dengan menggunakan Paket Umroh & Haji XL ini, maka segala kebutuhan komunikasi kita selama umroh akan tetap terjalin baik dengan keluarga yang ada di tanah air, karena XL, semua #JADIBISA ibadah dan komunikasi lancar di mana pun dan kapan pun.

No comments:

Post a Comment