5 Tips Memilih Asuransi yang Tepat di Tengah Pandemi COVID-19


Kehadiran virus corona yang menyebar dengan begitu cepat ke seantero dunia, termasuk di Indonesia, membuat semua orang menjadi begitu panik dibuatnya, termasuk saya pribadi, lantaran virus ini bisa menyerang siapa saja tanpa pilih kasih.

Dan jumlah korban dari virus corona ini dari hari ke hari terus meningkat, sehingga membuat kita semua sangat khawatir dibuatnya. Maka untuk menghindari hal tersebut, maka tak sedikit dari masyarakat kita yang terpaksa harus bekerja dari rumah selama pandemi ini berlangsung.

Kini sudah tiga bulan lebih kita di rumah aja, sehingga ruang gerak kita pun semakin terbatas, dan hal ini menimbulkan dampak lain yang benar-benar luar biasa, karena mampu menghantam berbagai sendi kehidupan kita menjadi kacau.

Selain sektor kesehatan, sektor perekonomian pun yang menjadi sangat terganggu. Dan hal ini tentu meningkatkan kekhawatiran yang tinggi bagi sebagian besar masyarakat. Sebab tak bisa dipingkiri, risiko keuangan menjadi memburuk terutama jika masyarakat belum sempat menyiapkan berbagai perlindungan dalam menghadapi situasi di tengah wabah pandemi ini.

Untuk itu, kita harus benar-benar bijak mengatur keuangan yang kita miliki di saat pandemi virus corona ini, yaitu dengan benar-benar mendahulukan segala kebutuhan dasar dan sebaiknya mengurangi pengeluaran untuk belanja barang konsumtif yang tidak terlalu kita butuhkan.

Selain itu, kita pun harus tetap punya persiapan dana darurat, dan juga harus memiliki perlindungan berupa asuransi sejak dini. Sebab, memiliki perlindungan asuransi sejak dini merupakan upaya awal yang tepat untuk memberikan perlindungan pada kita sendiri dan keluarga, terutama dalam menghadapi risiko keuangan di tengah pandemi seperti saat ini.

Namun, dalam memilih asuransi, tentu saja kita harus memilih asuransi yang tepat agar bisa memberikan perlindungan yang baik bagi kehidupan kita, terutama selama wabah korona ini. Hal ini perlu kita lakukan supaya bisa membantu kita mengatur kondisi keuangan dengan bijak tanpa panik dan khawatir akan berbagai risiko finansial nantinya.
Cara memilih Asuransi yang tepat di Tengah Pandemi COVID-19
Nah, berikut ini beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam persiapan memilih perlindungan asuransi cover COVID-19 yang tepat di tengah situasi pandemi saat ini, yaitu:

1.       Pilih asuransi yang memberikan manfaat COVID-19
Dengan merebaknya COVID-19 di seluruh dunia, termasuk di Indonesia saat ini, maka pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk memberikan perlindungan bagi seluruh lapisan masyarakat yang berdampak dari virus corona ini sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan, bahwa para pasien positif COVID-19 akan mendapatkan akses kesehatan gratis mulai dari rawat inap hingga obat-obatan.

Akan tetapi, kita pun sebaiknya tetap harus memiliki asuransi yang bisa memberikan perlindungan lebih terhadap virus corona ini, yaitu yang bisa memberikan banyak manfaat dan menciptakan rasa aman khususnya bagi pasien yang terinfeksi dan juga keluarganya. Namun perlu diingat, tidak semua asuransi memberikan perlindungan terhadap virus corona ini sehingga kita harus mengecek kembali polis yang kita miliki dengan seksama.

Dan salah satu perusahaan asuransi yang memberikan manfaat khusus COVID-19 ini adalah FWD Life dengan memberikan perlindungan tambahan untuk nasabah yang didiagnosis positif dan terinfeksi oleh Virus COVID-19 ini.

2.       Pilih asuransi yang memberikan kemudahan akses
Di saat pandemi seperti saat ini, dengan adanya keterbatasan ruang interaksi, maka memilih asuransi yang memberikan akses yang mudah tentu akan menjadi kebutuhan bagi kita semua sehingga kita dapat mengakses asuransi tanpa ribet, yaitu yang dapat melayani secara cepat dimana pun dan kapanpun saat kita membutuhkannya.

Selain itu, yang perlu juga untuk kita perhatikan adalah pentingnya asuransi yang dapat diakses secara online, sehingga dapat mendukung upaya kita dalam mengurangi risiko penyebaran virus korona karena dapat dibeli meskipun kita di rumah saja.

3.       Pilih asuransi yang memberikan sistem pembayaran cashless
Saat pandemi sekarang ini, tak dipungkiri, berbagai test harus dijalani oleh para ODP ataupun bagi kita yang ingin memastikan diri kita aman dari virus corona yang ada saat ini. Tetapi tak sedikit orang yang terbentur oleh permasalahan yang mengharuskan mereka membayar cash, atau bayar dulu baru kemudian mengajukan klaim ke perusahaan asuransinya.

Jujur hal ini sangat meribetkan menurut saya, apalagi dana klaim kita baru akan turun paling cepat dua minggu dari waktu kita mengajukan klaim. Makanya, sangat penting bagi kita untuk memilih asuransi yang sudah menggunakan sistem pembayaran cashless karena sangat mudah digunakan, yaitu kita hanya perlu memberikan kartu kepesertaan asuransi kita kepada pihak rumah sakit, maka semua jenis perawatan yang kita butuhkan bisa segera kita dapatkan. Ya, akses yang mudah bikin hati senang pastinya.

4.       Pertimbangkan premi sesuai dengan keadaan
Seperti yang sudah disinggung di awal, bahwa kehadiran pandemi ini membuat keadaan ekonomi masyarakat begitu sangat tidak menentu, sehingga kita benar-benar harus mengatur keuangan kita dengan baik, begitu juga dalam memilih premi asuransi.

Ya, saat memilih premi asuransi tentu kita harus memilih yang sesuai dengan pendapatan kita, sehingga tidak menganggu anggaran pengeluaran untuk kebutuhan utama. Selain itu, kita juga sebaiknya memastikan premi yang dibayarkan tersebut sesuai dengan kebutuhan manfaat yang akan kita terima nantinya.

5.       Pertimbangkan manfaat yang akan didapatkan oleh keluarga
Dalam memilih asuransi, tentu saja kita harus memilih polis asuransi individu dengan rencana yang lengkap agar bisa memberikanmu rasa aman dan tenang. Dan kita pun sebaiknya mempertimbangkan bahwa rencana polis yang kita ambil tersebut sudah menyertakan keluarga sebagai bagian dari polis tersebut.

Hal ini perlu kita lakukan agar keluarga kita bisa tetap aman dan terjamin juga terutama di saat pandemi seperti sekarang ini. Nah, salah satu asuransi yang bisa memberikan rasa aman dan jaminan bagi keluarga saat adanya pandemi COVID-19 adalah FWD Life yang memiliki Asuransi Bebas Handal sebagai salah satu asuransi yang tetap melindungi nasabah yang dapat dibeli secara online dalam situsi seperti saat ini.

Menariknya, Produk Asuransi Bebas Handal ini menawarkan banyak manfaat, seperti manfaat rawat inap termasuk biaya kamar, biaya dokter, obat-obatan, perawatan setelah rawat inap dan biaya tindakan bedah, dengan pilihan kontribusi mulai dari Rp75 ribu dan pilihan manfaat tahunan hingga Rp100 juta.
Asuransi FWD Life memberikan banyak manfaat terutama saat pandemi COVID-19 ini
Selain itu, FWD Life juga menawarkan asuransi Asuransi Bebas Rencana untuk memastikan masa depan keluarga kita terjamin. Dimana produk Asuransi Bebas Rencana ini bisa memberikan manfaat meninggal dunia sampai dengan Rp1 miliar.

Oh iya, ada info menarik juga nih, ternyata FWD Life sampai dengan 29 Juni 2020 nanti akan memberikan tambahan Manfaat Khusus COVID-19 diluar dari setiap produk Asuransi Individu jika nasabah didiagnosis positif terinfeksi Virus COVID-19, tanpa biaya tambahan. Dimana manfaat khusus COVID-19 terdiri dari Manfaat uang tunai, manfaat karantina, dan manfaat meninggal dunia ambahan dengan total manfaat hingga Rp100 juta.

Nah, itu dia beberapa hal yan perlu kita perhatikan dalam memilih produk asuransi yang tepat di tengah pandemi COVID-19 saat ini. Diharapkan dengan adanya perlindungan asuransi yang tepat, maka nantinya kita pun bisa terhindarkan dari berbagai risiko keuangan yang meribetkan kehidupan kita.

Namun yang paling penting juga adalah, kita tetap harus selalu menerapkan gaya hidup sehat, dengan selalu mengkonsumsi makananan/minuman yang bergizi, tidur yang cukup, dan juga tidak lupa banyak melakukan aktivitas fisik secara rutin, sehingga tubuh kita selalu bugar dan tidak mudah terpapar virus yang ada. So Guys, Stay safe and healthy. Have a nice day!


No comments:

Post a Comment