PCR Test Dinilai Lebih Akurat untuk Deteksi Virus Covid-19

PCR Test Jakarta untuk test virus corona covid-19

Sejak pandemi Covid-19 hadir menyapa seluruh dunia, termasuk di Indonesia, tak terasa dalam rentang tiga bulan belakangan ini sudah begitu banyak korban jiwa yang berjatuhan karena keganasan virus ini. Bahkan hingga saat ini, jumlah masyarakat yang terpapar virus ini masih tergolong banyak.

Melihat penyebaran virus corona yang begitu cepat dan bisa menyerang siapa saja, maka membuat kita sebaiknya terus waspada dengan selalu menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat supaya virus ini tidak mudah menyerang kita.

Namun itu bukan jaminan, meskipun kita sudah berusaha untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat, namun tak jarang masih banyak di antara kita yang tetap terpapar oleh virus covid-19 ini. Maka dari itu, untuk menangani penyebaran virus corona supaya tidak terus meluas dan memastikan apakah benar kita terpapar oleh virus corona atau tidak, maka kita pun bisa melakukan pemeriksaan khusus, yaitu dengan PCR Test.

PCR Test Dinilai Lebih Akurat untuk pastikan terinveksi Covid-19 atau Tidak

PCR merupakan singkatan dari Polymerase Chain Reaction yang merupakan suatu metode pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus. Dan saat ini, PCR Test ini juga bisa digunakan untuk mendeteksi virus corona pada diri seseorang.

Dengan adanya PCR test ini, maka keberadaan material genetik dari beberapa jenis penyakit akibat infeksi bakteri atau virus akan bisa dideteksi dan akhirnya bisa membantu diagnosis untuk penyakit tersebut, di antaranya untuk mendeteksi: Infeksi human immunodeficiency virus (HIV), Hepatitis C, Infeksi cytomegalovirus, Infeksi human papillomavirus (HPV), Gonore, Klamidia, Penyakit Lyme, atau Pertusis (batuk rejan).

Begitu pun dalam menangani virus covid-19 ini, PCR test dinilai sebagai metode pemeriksaan yang dianggap paling akurat untuk memastikan apakah seseorang menderita COVID-19 atau tidak, karena PCR Test mendeteksi bahan genetik spesifik di dalam virus tersebut.
PCR Test Jakarta untuk deteksi virus corona covid-19
PCR Test dinilai lebih akurat untuk mendeteksi virus covid-19 - Foto: Darco Stojanovic
Dimana prosedur PCR test dilakukan dengan mengambil sampel dahak, lendir, atau cairan dari belakang tenggorokan. Dimana petugas kesehatan akan memasukkan alat usap melalui hidung, lalu menyeka bagian belakang tenggorokan untuk mengambil sampel tersebut. Dan proses ini hanya membutuhkan waktu sekitar 15 detik dan tidak menimbulkan sakit.

Setelah itu, sampel tersebut akan diteliti di laboratorium oleh para peneliti yang kemudian akan mengesktrak asam nukleat yang ada di dalam sampel tersebut. Sebab, asam nukleat tersebut mengandung genom virus yang dapat menentukan adanya infeksi atau tidak dalam tubuh seseorang.


Nah, untuk proses pemeriksaan dengan metode PCR test ini paling cepat membutuhkan waktu sekitar 20 hingga 30 menit, namun hasil pemeriksaannya baru keluar dan sampai di tangan pasien tergantung juga dari banyaknya antrian pemeriksaan sample yang ada di laboratorium tersebut. Jika sedikit antrian, maka hasil pemeriksaannya cepat keluar dan sebaliknya.

Tempat PCR Test di Jakarta

Nah, jadi buat kita yang ingin melakukan PCR Test ini, ternyata tidak semua rumah sakit bisa melayani PCR Test loh, karena untuk menjalani PCR Test ini hanya tersedia di rumah sakit tertentu saja, yaitu rumah sakit yang memang memiliki laboratorim dengan peralatan khusus untuk PCR Test ini.

Nah, mengingat hal itu, maka kemarin saya diminta oleh kerabat saya untuk mencarikan informasi tentang rumah sakit atau tempat mana saja yang ada PCR Test di Jakarta, karena kerabat saya ini ingin memastikan dirinya benar-benar terinveksi virus covid-19 atau tidak, karena beberapa hari belakangan ini mengalami demam, flu dan batuk serta sakit kepala serta gejala lain yang menjurus ke Covid-19.  
PCR Test Jakarta untuk test virus corona covid-19
PCR Test Jakarta ada di banyak tempat - Foto: Fernandozhiminaicela
Tak perlu lama bagi saya untuk mendapatkan informasi terkait daftar tempat PCR Test di Jakarta yang dibutuhkan oleh saudara saya tersebut, karena kebetulan saya bisa mengecek daftar tempat PCR Test melalui aplikasi Halodoc yang ada di handphone saya.

Ya, Aplikasi Halodoc selalu menjadi andalan saya untuk mencari berbagai solusi kesehatan termasuk tempat PCR Test semacam ini, karena Halodoc ini bisa menyajikan berbagai informasi dan solusi kesehatan secara lengkap dan terpercaya sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Nah dari aplikasi Halodoc ini, saya akhirnya menemukan ada beberapa lokasi tempat PCR Test Jakarta dengan alamat sebagai berikut:
  • RS Mayapada Jakarta Selatan : Jl. Lebak Bulus 1, Kav. 29, Lebak Bulus - Cilandak, Jakarta Selatan.
  • Mayapada Clinic Mayapada Tower 2 : Kav 27, Jl. Jend. Sudirman, Kuningan, Karet, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan.
  • RS Yarsi : Jl. Letjend Suprapto, No.Kav 13, Cemp. Putih Tim, Kec. Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat.
  • RS Kartika Pulomas : Jl. Pulo Mas Timur K, No. 2, Kayu Putih, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur.
  • RS Mitra Keluarga Kelapa Gading : Jl. Raya Gading Kirana, Kav. 2, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jakarta Utara.
  • RS Mitra Keluarga Kalideres : Jl. Peta Selatan, No 11, RT 09, kota, Kec. Kalideres, Kota Jakarta Barat.
  • Mayapada Clinic Central Park : Jl. Tanjung Duren Raya, Kav. 5-9, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat.
Bahkan untuk mempermudah saudara saya tersebut mendapatkan informasi yang lebih detail terkait tempat mana untuk PCR Test-nya, maka saya saranin saudara saya tersebut untuk langsung menginstall aplikasi Halodoc supaya dia sendiri bisa langsung pilih lokasi PCR Test dan dokter untuk konsultasi secara lebih detail terkait PCR Test tersebut.

Dan kini saya hanya bisa ikut berdoa, semoga saja nanti hasil PCR Test yang akan dilakukan oleh saudara saya ini hasilnya negatif dari virus covid-19, sehingga dia bisa menjalani hari-harinya dengan kondisi yang sehat dan ceria lagi. Aamiin...

Untuk itu, buat teman-teman yang juga merasa sedang menjalani gejala mirip covid-19 ini, maka tidak ada salahnya untuk cepat-cepat melakukan PCR Test supaya bisa mengetahui kondisi kita lebih awal sehingga kita pun bisa cepat mendapatkan perawatan lebih cepat dan bisa benar-benar sembuh dan terbebas dari virus covid-19 ini.

So guys, terus jaga kesehatan ya, stay safe and healthy!  

No comments:

Post a Comment