Cegah Virus Covid-19 Dengan Perilaku 3MPlus


Pandemi belum juga kunjung usai, padahal sudah berbulan-bulan virus corona ini hadir dan melumpuhkan banyak sektor kehidupan manusia. Bahkan karena virus ini, sudah banyak orang yang meninggal dunia, bahkan jumlah tak tanggung-tanggung, mencapai puluhan ribuan orang di seluruh dunia. 

Dan hingga saat ini, jumlah orang yang terpapar virus corona ini masih saja banyak, namun kita belum tahu entah kapan pandemi ini akan berakhir. Meski melihat masih tingginya angka masyarakat yang terpapar oleh virus corona ini, namun masih banyak masyarakat yang tetap saja acuh akan bahaya yang ditimbulkan oleh virus ini. 

Jika saya lihat di sekitar saya, masih saja banyak orang yang suka keluar rumah tidak menggunakan masker, atau masih banyak orang yang masih suka duduk berkerumun dan tidak menjaga jarak satu sama lain saat di suatu tempat. 

Padahal tetap menerapkan protokol kesehatan dalam keseharian kita sekarang ini sangat penting supaya bisa mempercepat pandemi ini selesai sehingga kelak kita bisa menjalankan kehidupan kita dengan tenang dan normal kembali seperti sebelum adanya pandemi ini. 

Nah, untuk mempercepat pulihnya situasi kehidupan ini kembali normal dan bebas dari virus corona, maka beberapa waktu yang lalu (12/08/20), Airsanitasi menggelar talkshow online bertajuk #3Mplus Perilaku Kunci Aman dan Produktif di Masa Pandemi

Tampak hadir dalam acara ini sebagai narasumber ada dr. Imran Agus Nurali, Sp.Ko (dari Kementerian Kesehatan RI), dr. Pandu Riono, MPH., Ph.D (Ahli Epidemiologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat - UI), Ibu Fify Mulyani (Dari Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta), dr. Falla Adinda (Tenaga Medis dan Influencer) yang dipandu oleh Ibu Lina Damayanti sebagai moderator dalam acara ini. 

Tema ini sengaja diangkat sebagai pedoman atau tips hidup yang lebih baik bagi masyarakat mengingat pandemi yang juga belum kunjung usai, agar masyarakat luas bisa terus menjalankan hidup yang aman dan juga produktif meski di tengah pandemi. 

Perkembangan Covid-19 di Indonesia 

Lantas seperti apa perkembangan virus corona hingga saat ini? 

Kehadiran virus corona ini sudah berlangsung berbulan-bulan lamanya, bahkan jumlah korban dari virus ini perkembangannya dari hari ke hari masih menunjukan angka yang cukup tinggi, baik yang sudah meninggal atau pun masih dirawat di rumah sakit. 
Status Covid-19 secara global per tanggal 11/08/20

Dan seperti yang dipaparkan oleh Bapak dr. Imran Agus Nurali bahwa pertumbuhan pandemi ini per tanggal 11 Agustus 2018 secara global masih berada di angka 19.718.030 kasus terkonfirmasi dengan angka kematian sebanyak 728.013 atau setara 3,7 persen. 

Sedangkan di Indonesia sendiri mengutip dari situs Covid19.go.id per 15 Agustus 2020 jumlahnya mencapai 137.468 orang dengan korban meninggal 6.071 orang dan yang sembuh sudah mencapai 91.321 orang. 

Dan untuk di DKI Jakarta Sendiri, diakui oleh Ibu Fify Mulyani berdasarkan data pada tanggal 11 Agustus 2020 (hingga pukul 10.00 WIB) bahwa ada sebanyak 26.664 kasus positif dengan tingkat kesembuhan mencapai 16.927 orang dan yang meninggal sejumlah 953 orang. 
Update status kasus Covid-19 DKI Jakarta (Data 11/08/20)

Nah, dengan melihat data di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa jumlah masyarakat yang terpapar oleh pandemi ini masih cukup banyak, dan ini menjadi perhatian kita semua supaya bisa saling bekerjasama agar pandemi ini cepat berakhir. 

Ya, kehadiran pandemi yang telah merenggut banyak nyawa ini, dan tentu saja hal ini harus menjadi pelajaran berharga bagi kita semua agar dapat beradaptasi dengan cepat pada kebiasaan baru (New Normal) terhadap virus covid-19 ini. 

Maka dari itu, dalam menghadapi kebiasaan baru atau New Normal ini maka harus selalu menerapakan protokol kesehatan sesuai yang telah dianjurkan oleh pemerintah sehingga masyarakat tetap dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan aman dan nyaman. 

Cegah Covid-19 dengan 3Mplus 

Ya, meskipun pandemi masih terus menghantui kita, namun kehidupan kita harus tetap berjalan, kita harus tetap melakukan berbagai aktivitas dan tetap harus bekarja secara normal seperti biasanya, demi kelangsungan hidup kita. 

Untuk itu, dalam pemaparan yang diungkapkan oleh dr. Pandu Riono bahwa kita perlu menerapkan perilaku 3M yaitu Menggunakan Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak untuk mengatasi Covid-19 ini secara bersama-sama agar pandemi ini segera berakhir dan enyah dari tanah air kita tercinta ini. 

Nah, perilaku 3M ini sangat penting kita terapkan terutama saat kita menjalankan berbagai aktivitas di luar rumah, agar bisa mencegah terpaparnya kita oleh virus corona ini, yaitu dengan melakukan upaya 3MPlus seperti sebagai berikut: 

1. Menggunakan masker dengan baik, yaitu menggunakan masker dengan menutup hidung, mulut hingga dengan dagu secara benar. 

Cara menggunakan masker yang benar


2. Mencuci tangan dengan sebaik mungkin, yaitu selalu menggunakan sabun minimal 20 detik dan dibilas menggunakan air yang mengalir. 

Cara mencuci tangan yang benar

3. Menjaga jarak dengan patuh yaitu dengan rentang sekitar 1,5 meter dengan orang lain, dan sebaiknya selalu mengindari berkumpul atau keramaian jika memang tidak terlalu penting. 

Menjaga jarak itu penting

Selain tiga hal tersebut, kita juga perlu memperhatikan kemudahan akses air minum yang bersih dan juga sanitasi yang aman, karena hal ini juga mempunyai peranan penting dalam membantu mengentaskan virus covid-19 ini agar segera berakhir. 

Untuk itu, upaya menjalankan perilaku 3Mplus ini merupakan cara paling tepat untuk mencegah virus covid-19 menghampiri diri kita sendiri dan juga orang lain. Maka dari itu, kita semua harus sama-sama kompak untuk menjalankan upaya 3Mplus ini agar pandemi segera berakhir, terutama dimulai dari pribadi kita masing-masing. 

Seperti yang diungkapkan oleh dr. Falla Adinda bahwa anggapan gardan terdepan dalam melawan covid-19 ini bukanlah para medis itu sebenarnya sangat keliru, namun sejatinya setiap diri kita ini adalah garda terdepan dalam melawan virus covid-19 ini. 

Maka dari itu, sangat penting bagi kita semua untuk selalu menerapkan perilaku 3Mplus ini sebagai upaya mandiri menolong diri sendiri supaya tidak terpapar virus covid-19 ini. Sebab jika kita sudah terkena virus covid-19 ini, maka para medislah yang akan berjuang sebagai garda terakhir untuk membantu kesembuhan kita. 

Untuk itu, perlu kita ingat, melawan virus covid-19 ini adalah perjuangan kita bersama, yang dimulai diri kita masing-masing, sehingga diharapkan, kelak tidak ada lagi muncul korban baru dari virus yang mematikan ini, dan kita pun bisa kembali menjalankan segala aktivitas kita dengan bebas, aman dan nyaman seperti dulu lagi. 

So, Stay safe and stay healthy ya guys di mana pun kita berada, jangan lupa selalu terapkan protokol kesehatan dengan perilaku 3Mplus dalam keseharian kita, semoga dengan upaya ini, maka kita bisa secepatnya merdeka dari pandemi ini. Aamiin... 


No comments:

Post a Comment