FWD Insurance dan FWD Life Resmi Merger


Meskipun tahun sudah berganti, namun pandemi belum juga usai, maka dari itu, kita harus tetap waspada, apalagi belakangan ini jumlah masyarakat yang terpapar virus covid-19 ini terus mengalami peningkatan yang serius.

Untuk itu, sangat penting bagi kita agar selalu menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, tetap berolahraga secara teratur, istirahat yang cukup, dan juga selalu menerapakan protokol kesehatan dengan 3M, yaitu Menggunakan Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak setiap saat.

Selain itu, tidak ada salahnya, kita juga sebaiknya memiliki asuransi sebagai perlindungan diri, baik untuk diri kita sendiri maupun untuk orang-orang yang kita sayangi dari berbagai risiko yang tidak diinginkan, terlebih di masa pandemi yang begitu rawan dengan virus saat ini.

Sebab kita tidak pernah tahu apa yang terjadi besok, hidup ini benar-benar misteri, maka dengan memiliki asuransi sebagai perlindungan, setidaknya kita sudah berusaha untuk meminimalisir segala kemungkinan terburuk yang akan hadir dalam hidup kita, laksana “menyedikan payung sebelum hujan” agar kita tidak kebasahan.

Dan untuk memiliki asuransi saat ini semakin mudah, karena kita bisa mendapatkannya dengan cara yang cepat dan praktis, sebab kini asuransi sudah hadir dalam bentuk online yang bisa kita akses kapan saja dan di mana saja, seperti FWD Insurance.


Pengumuman Merger FWD Insurance dan FWD Life

FWD Insurance merupakan salah satu perusahaan asuransi terkemuka yang memiliki jaringan usaha yang sangat luas dan tersebar di berbagai negara, sebut saja di Hong Kong & Makau, Thailand, Indonesia, Filipina, Singapura, Vietnam, Jepang dan juga Malaysia.

Dimana FWD hadir untuk menawarkan asuransi jiwa dan kesehatan, asuransi umum, employee benefits, produk syariah dan takaful yang sangat fokus dalam mengembangkan pengalaman nasabah yang baru dengan menghadirkan produk-produk yang mudah dipahami, didukung oleh teknologi digital terdepan.

FWD ingin menjadi perusahaan asuransi terkemuka di wilayah Asia Pasifik yang dapat mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi. Maka dari itu, FWD kini terus melakukan berbagai inovasi, baik dari segi layanan maupun teknologi yang digunakan, agar semakin memudahkan masyarakat untuk bebaskan langkah dan berani menggapai masa depan yang lebih baik dengan asuransi yang mudah beneran.


Dan untuk semakin memperkuat posisinya sebagai yang terbaik, maka pada tanggal 25 Januari 2021 kemarin, secara resmi PT FWD Life Indonesia (“FWD Life”) dan PT FWD Insurance Indonesia telah mengumumkan mergernya kedua perusahaan ini menjadi satu yang selanjutnya disebut PT FWD Insurance Indonesia atau FWD Insurance.

Namun sebelumnya, pada tahun 2020 yang lalu, FWD Life telah mengakuisisi dan melakukan rebranding PT Commonwealth Life (“PTCL”) yang telah berdiri di Indonesia pada tahun 1993. Dan kini, FWD Life dan FWD Insurance telah menjadi satu sehingga akan semakin memperkuat fondasi bagi FWD Insurance untuk melanjutkan pengalamannya selama 28 tahun di Indonesia.

Dan tidak dipungkiri, dengan adanya merger ini, maka kini FWD Insurance akan memiliki produk yang lebih lengkap yaitu mencakup produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi, asuransi berjangka individu & kumpulan, asuransi kecelakaan diri individu & kumpulan, dan asuransi kesehatan kumpulan melalui jalur distribusi yang didukung teknologi terintegrasi termasuk keagenan, bancassurance, e-commerce dan korporasi.

Bapak Huynh Thanh Phong selaku CEO FWD Group

Untuk itu, seperti yang diungkapkan oleh Bapak Huynh Thanh Phong selaku CEO FWD Group bahwa “Penggabungan ini merupakan bukti keyakinan kami yang kuat terhadap potensi pasar asuransi Indonesia dalam jangka panjang. Kami berharap dapat terus meraih kesuksesan bersama dan secara bersamaan berupaya mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi di Indonesia.”

Dan lebih lanjut Bapak Huynh Thanh Phong juga mengungkapkan bahwa FWD telah membangun brand asuransi yang fresh dan dinamis hanya dalam beberapa tahun yang singkat sejak masuk ke Indonesia. Dan kini FWD telah berada di posisi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan yang terus berkembang bagi masyarakat Indonesia.

Tentu saja kita tidak akan heran kenapa FWD begitu cepat diterima di Indonesia, sebab FWD selalu mampu menghadirkan pengalaman yang berbeda dengan produk-produk yang mudah dipahami dan didukung oleh teknologi digital, sehingga dapat memenuhi kebutuhan nasabah yang semakin paham teknologi di era sekarang ini.

Bapak Anantharaman Sridharan selaku Direktur Utama FWD Insurance

Selain itu, hal senada juga diungkapkan oleh Bapak Anantharaman Sridharan selaku Direktur Utama FWD Insurance juga mengatakan bahwa “Dengan gabungan kekuatan kami, yaitu pendekatan yang fresh dan didukung oleh teknologi digital serta jaringan layanan yang luas dan basis nasabah yang kuat, kami siap melayani nasabah dan meningkatkan pengalaman berasuransi mereka.”

Bahkan lebih lanjut beliau menambahkan bahwa dengan bersatunya kedua perusahaan seperti saat ini, maka diharapkan FWD Insurance akan semakin mudah beradaptasi dalam menghadapi tantangan serta terus berupaya mendobrak stigma lama dan membuat asuransi lebih sederhana dengan proses yang lebih cepat dan mudah.

Sebab FWD Insurance berkomitmen untuk terus membuat asuransi lebih mudah diakses bagi semua masyarakat Indonesia. Salah satunya dengan menghadirkan layanan produk asuransi yang berbasis digital yang memudahkan mulai dari membeli asuransi hingga proses klaimnya secara praktis.

Dan meskipun kini sudah merger, namun semua polis FWD Life dan FWD Insurance beserta syarat, ketentuan, dan manfaatnya tetap sama. Nasabah dapat terus mengakses produk dan layanan perusahaan melalui saluran layanan pilihan mereka. Akan tetapi, ada juga beberapa nama produk akan berubah mengikuti perubahan nama perusahaan saat ini.


Bebaskan Langkah, Berani Menjadi Everyday Heroes

Menandai perjalanan baru ini juga, maka FWD Insurance juga meluncurkan kampanye Everyday Heroes di Indonesia. Dimana kampanye ini bertujuan untuk mendorong setiap orang agar menjadi pahlawan dalam hidup mereka dan berani membuat keputusan yang berdampak besar dalam hidup mereka.

Dan kampanye ini mencerminkan filosofi FWD Insurance yang meyakini bahwa asuransi harus menjadi sumber kekuatan, agar masyarakat tidak mudah menyerah dan tetap semangat untuk menaklukan segala tantangan yang ada, meskipun kondisi sulit sekalipun.

Ibu Maika Randini selaku Chief Marketing Officer FWD

Hal ini juga yang diungkapkan oleh Ibu Maika Randini selaku Chief Marketing Officer FWD bahwa setiap orang harus berani menghadapi perubahan dan tantangan yang ada, untuk tetap terus melangkah menjalani passion mereka sendiri meskipun di tengah penademi seperti sekarang ini.

Ya, seperti taglinenya FWD Insurance “Bebaskan Langkah, Berani!” yang mengajak masyarakat untuk terus bebaskan langkah dalam meraih apapun yang menjadi impian kita, dan berani menaklukan setiap hambatan yang ada untuk terus bergerak maju, sebab sejatinya kita semua adalah pahlawan, setidaknya untuk diri kita sendiri.

Dan untuk menjadi pahlawan atau Everyday Heros ini tidaklah terlalu sulit, yang penting ada kemauan untuk maju dan terus berani menaklukan rintangan yang ada. Hal ini juga yang diceritakan oleh Mas Fedi Fianto (Founder Indoclimb) dan juga Mba Fanny Evrita (Head of Product Development ThisAble Beauty Care) yang tetap produktif di tengah pandemi saat ini.

Mas Fedi dan Mba Fenny berbagi semangat dan cara menaklukan tantangan di tengah pandemi

Diakui oleh Mas Fedi Fianto, bahwa kehadiran pandemi bukan dijadikan alasan untuk malas berolahraga, namun justru di saat ini kita harus tetap rajin berolahraga meskipun hanya di rumah saja, karena olahraga bukan hanya menyehatkan, tetapi juga membantu meningkatkan imun tubuh agar tidak mudah terpapar virus corona yang ada saat ini.

Meski tidak dipungkiri, tentu aktivitas olahraga yang biasa dilakukan tak sebebas sebelum pandemi, seperti tidak bisa berkumpul dengan teman-teman komunitas lain untuk melakukan oleharaga secara bersama-sama, namun semua itu bisa diakali dengan olahraga secara virtual bersama.

Selain itu, Mba Fenny Evrita juga mengungkapkan, bahwa keterbatasan yang dialami oleh dirinya dan teman-teman dari komunitas disabilitas bukanlah alasan untuk tidak produktif, namun mereka justru tetap semangat dengan memaksimalkan kemampuan yang dimiliki untuk terus berkarya dengan maksimal.

Nah, dari cerita Mas Fedi dan Mba Fenny, tentu saja kita bisa memetik pelajaran yang berharga, bahwa apapun keadaan yang kita alami, sesulit apapun kondisi yang ada, maka kita tidak boleh menyerah, kita harus terus bebaskan langkah kita, berani menaklukan tantangan yang ada, sebab kita adalah pahlawan, ya minimal pahlawan untuk diri kita sendiri dan orang-orang di sekitar kita.

Mba Rizta memberikan tips mengatur keuangan yang sehat di tengah pandemi

Selain hal di atas, orang yang pintar mengatur keuangan pun menurut saya adalah pahlawan. Sebab tidak dipungkiri, mengatur keuangan bukanlah pekerjaan yang mudah, sebab membutuhkan kemampuan dan trik tersendiri, agar arus keuangan kita tetap stabil.

Dan kemarin saya senang banget, karena dapat beberapa tips menarik tentang bagaimana mengatur keuangan yang sehat dari Mba Rizta Zwestika (Financial Planner) supaya keuangan kita tetap stabil meskipun di tengah pandemi seperti sekarang ini.

Ada beberapa poin yang harus kita perhatikan dalam mengatur keuangan yang sehat, terutama di masa pandemi seperti saat ini, yaitu sebagai berikut:
  1. Melakukan financial check-up, yaitu mengetahui dengan jelas kondisi keuangan kita, seperti apa saja sumber pemasukan dan kemana saja pengeluaran kuangan yang selalu kita lakukan harus tercatat dengan jelas.
  2. Membuat skala prioritas pengeluaran, yaitu mendahulukan semua pengeluaran yang bersifat kebutuhan bukan berdasarkan keinginan.
  3. Harus memiliki dana darurat, yaitu dana cadangan yang disisikan dari pendapatan (Misalnya sebanyak 6 kali pengeluaran atau pendapatan bulanan).
  4. Mengatur Hutang, yaitu jika kita memiliki hutang, maka kita harus mengatur pelunasannnya dengan bijak, dan sebisa mungkin dilunasi secepatnya supaya tidak makin menumpuk.
  5. Memiliki asuransi, yaitu memiliki perlindungan diri dan keluarga untuk meminimalisir kerugian bila terjadi kejadian tak terduga dalam hidup kita akibat sakit, kecelakaan, bencana, dll.
  6. Menentukan Tujuan Keuangan, yaitu kita harus punya tujuan kemana keuangan yang kita miliki akan digunakan secara jelas, Misalnya untuk investasi, pensiun, dll.
Nah, dengan adanya tips ini semoga kita semakin cerdas dalam mengatur keuangan yang kita miliki, sehingga meskipun situasi pandemi seperti saat ini, keuangan kita tetap terjamin sehingga kehidupan kita dan keluarga kita tetap aman tanpa kekurangan.


No comments:

Post a Comment