Pilih Produk Kecantikan & Kesehatan Diawali dari Cek Label dengan Teliti


Siapa sih yang tidak ingin selalu sehat, cantik dan awet muda? tentu kita semua sangat menginginkannya, maka tidak heran begitu banyak orang yang melakukan berbagai perawatan kecantikan dan kesehatan demi bisa mendapatkan tubuh dan wajah yang tetap tampak cantik dan sehat meski usia tidak muda lagi.

Dan untuk merawat kecantikan dan kesehatan diri tentu saja setiap orang punya cara yang berbeda-beda, mulai dari menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar rumah, hingga membeli produk perawatan kecantikan dan kesehatan yang kini banyak di jual di pasaran.

Nah, untuk kita yang kerap membeli produk perawatan kecantikan dan kesehatan sebaiknya kita harus selalu waspada, karena tidak sedikit produk perawatan kecantikan dan kesehatan yang dijual di pasaran itu aman dan sehat untuk tubuh dan wajah kita.

Petuah “mencegah lebih baik dari pada mengobati” ini bisa menjadi pedoman bagi kita, agar selalu berhati-hati dalam hidup itu, termasuk berhati-hati dalam menggunakan produk kecantikan dan kesehatan bagi tubuh kita, agar tidak menimbulkan masalah nantinya.

Maka salah satu cara untuk mencegah hal tersebut, adalah dengan selalu membaca label produk perawatan kecantikan dan kesehatan sebelum kita membeli dan menggunakannya, agar kita tidak menyesal karena salah memilih produk tersebut.


Jaga Kecantikan & Kesehatan Diawali dari Cek Label Produk dengan Teliti

Membaca label produk yang kita beli untuk merawat kecantikan dan kesehatan kita mungkin banyak yang menilainya sepele atau tidak penting. Padahal membaca label produk itu penting dilakukan agar kita bisa mengenali dan mengetahui lebih detail tentang produk yang akan kita gunakan, dan sekaligus untuk menghindarkan kita dari produk yang bermasalah.

Sebab tidak bisa kita pungkiri, di pasaran saat ini begitu banyak produk kecantikan dan kesehatan yang dijajalkan dengan berbagai promosi dan iming-iming yang bisa menggiurkan kita. Maka kita dituntut untuk lebih jeli dan cerdas dalam memilih produk yang akan kita gunakan.
Jangan sepelekan untuk selalu mengecek label produk kecantikan dan kesehatan kita - Pic by Alexa_fotos

Dan berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan pada label produk kecantikan dan kesehatan yang akan kita gunakan, yaitu sebagai berikut:
  1. Cek Nomor BPOM, ini sangat penting dilakukan karena produk yang tidak memiliki izin edar dari BPOM sebaiknya jangan digunakan karena bisa saja mengandung bahan berbahaya, namun untuk produk yang sudah tercantum izin edar dari BPOM pun tetap patut kita curigai, takutnya itu hanya nomor BPOM palsu. Maka untuk memastikan produk tersebut benar-benar sudah mengantongi izin edar resmi dari BPOM maka kita bisa langsung mengeceknya melalui website BPOM www.cekbpom.pom.go.id atau dapat juga dicek melalui aplikasi BPOM yang bisa didownload di handphone kita.
  2. Cek Status Halal Produk, tentu bagi umat Islam sebaiknya menggunakan produk yang sudah mengantongi sertifikat halal dari MUI untuk mencegah produk yang digunakan mengandung bahan-bahan yang haram dan tidak sesuai dengan ketentuan agama Islam, sehingga kita tetap bisa berpenampilan cantik dengan produk yang halal.
  3. Cek Bahan Yang Digunakan, sebab tidak sedikit produk perawatan tubuh dan wajah yang menggunakan bahan-bahan yang mengandung pengawet dan pewangi berbahaya seperti paraben, formaldehida, formalin, isothiazolinone, methylisothiazolinone, imadazolidinyl urea, merkuri, kromium dan lain sebagainya yang justru bisa membuat kecantikan dan kesehatan kulit kita bermasalah nantinya.
  4. Cek Tanggal Kadaluwarsa, sebab setiap produk perawatan kecantikan idealnya mencantumkan tanggal produksi dan tanggal kadaluwarsa, dan jangan sampai kita menggunakan produk yang sudah melewati tanggal kadaluwarsa karena bisa menimbulkan masalah nantinya.
  5. Cek Cara Menggunakan Produk, hal ini tentu saja penting supaya kita tidak salah mengaplikasikan produk tersebut pada tubuh dan wajah kita, karena penggunaan produk yang salah bisa juga mengakibatkan masalah serius pada kesehatan tubuh dan wajah kita nantinya.
Hal-hal di atas perlu banget kita lakukan, sebagai upaya antisipasi atau kehati-hatian agar kita terhindar dari produk perawatan kecantikan dan kesehatan yang bermasalah, apalagi kini semakin banyak beredarnya produk perawatan kecantikan dan kesehatan yang bermasalah di pasaran.

Namun selain menerapkan tips cek label produk seperti yang dipaparkan di atas, maka upaya lain yang bisa kita lakukan untuk merawat kecantikan dan kesehatan kita adalah dengan menggunakan produk yang tepat, misalnya sesuai dengan jenis kulit kita, pilih produk yang terbuat dari bahan-bahan alami dan diproses dengan metode berkelanjutan sehingga akan memberikan rasa aman bagi kita pribadi dan juga agar lingkungan terjaga kelestariannya.

Hal ini penting diperhatikan karena masih banyak dari kita yang menggunakan produk kecantikan dan kesehatan namun belum menyadari bahwa produk yang kita gunakan tersebut bisa memberikan dampak yang serius pada lingkungan di sekitar kita.


Indonesia Memiliki Komoditas Lokal yang Melimpah Untuk Produk Kecantikan dan Kesehatan

Dan terkait dengan produk kecantikan dan kesehatan ini, Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang kaya akan keberagaman komoditas lokal dengan sumber daya alam yang melimpah, sehingga memiliki peluang yang besar dalam menghadirkan produk perawatan kecantikan dan kesehatan yang alami bagi masyarakat luas.

Apalagi hamparan alam Indonesia yang begitu luas dan subur, mampu menghasilkan aneka komoditas lokal yang sangat beragam jenisnya untuk menjadi bahan perawatan kecantikan dan kesehatan kulit seperti madu, kopi, teh, kelapa sawit, rempah-rempah, minyak tengkawang, pegagan, dan lain sebagainya.

Namun dalam kesempatan ini saya hanya membahas beberapa komoditas lokal asli Indonesia yang memiliki potensi luar biasa yang bisa digunakan dalam bidang kecantikan dan kesehatan, yaitu sebagai berikut:

1. Kelapa Sawit

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kelapa sawit terbesar dunia dengan produksi di atas 40,56 juta ton pada 2018. Dan hal ini sejalan dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dipublikasikan Desember 2019, luas perkebunan kelapa sawit di Indonesia mencapai 14,32 juta hektar.

Hal ini tentu saja menjadi dilema karena di satu sisi kehadiran kelapa sawit menyebabkan pembukaan lahan yang banyak sehingga membuat kita menjadi kehilangan hutan yang semakin luas setiap tahunnya.

Sebagai contohnya, ekspansi perkebunan sawit yang sudah terjadi selama 2001-2016 silam ternyata jika dirata-rata bisa menyebabkan deforestasi seluas 130.061 ha per tahunnya. Itu artinya, kita telah kehilangan hutan hampir seluas 4 kali lapangan bola setiap 10 menit karena ekspansi perkebunan sawit.

Sedangkan di sisi yang lain, kehadiran kelapa sawit merupakan pendorong perekonomian nasional terbesar di Indonesia, bahkan pada tahun 2019 yang lalu, devisa ekspor dari minyak kelapa sawit dan produk turunannya menyentuh angka sekitar Rp246 triliun.
Indonesia merupakan salah satu penghasil kelapa sawit terbesar di dunia - Pic by Axall - Pixabay 

Melihat hal ini membuat kita tidak bisa memungkiri bahwa kehadiran komoditas kelapa sawit telah menjadi pemasukan yang luar biasa bagi Indonesia, hanya saja tata kelola perkebunan sawit masih banyak yang perlu dilakukan perbaikan, agar tidak membawa kerugian bagi lingkungan dan juga masyarakat, terlebih para petani kelapa sawit itu sendiri.

Sedangkan di sisi kecantikan dan kesehatan, penggunaan minyak kelapa sawit sejatinya sangat erat dalam kehidupan kita sehari-hari, dimana produk yang menggunakan minyak kelapa sawit ini bisa kita temui dalam berbagai produk yang kerap kita gunakan sehari-hari, seperti sabun mandi, sampo, skincare, kosmetik dan berbagai produk personal care lainnya.

Nah, penggunaan minyak kelapa sawit dalam berbagai personal care ini dipercaya bagu untuk kecantikan dan kesehatan karena minyak kelapa sawit merupakan bahan alami (natural) yang kaya akan kandungan baik, salah satunya memiliki beta karoten (pro-vitamin A) dan vitamin E yang mengandung zat antioksidan yang tinggi sehingga sangat bermanfaat dalam merawat kesehatan dan kecantikan kulit kita.

Dimana kandungan tersebut bagus dalam menjaga kecantikan dan kesehatan kulit kita, yaitu bisa melembabkan kulit, mencerahkan kulit, menghilangkan jerawat, mengatasi kulit kusam, merangsang pertumbuhan kolagen, meregenerasi kulit, mencegah penuaan dini, kulit jadi lebih mulus dan kencang sehingga akan tampak makin cantik dan selalu sehat setiap saat.


2. Madu

Indonesia memiliki ratusan jenis madu yang tersebar di seantero nusantara ini. Tentu hal ini menunjukan betapa kayanya Indonesia akan madu, dan salah satu yang populer dikonsumsi oleh masyarakat adalah jenis madu hutan.

Dimana madu hutan ini merupakan jenis madu yang dihasilkan dari lebah liar yang banyak hidup di kawasan hutan, dan disebut-sebut lebih bagus dari madu biasa karena kandungannya yang alami dan lebih kaya akan gizi.

Namun seiring perkembangan zaman, keberadaan hutan kian menipis yang juga memicu semakin menurunnya tempat lebah untuk hidup dan menghasilkan madu. Sehingga hal ini menjadi perhatian serius bagi kita, agar keberadaan lebah madu tidak punah dari negeri kita tercinta ini.

Maka sebagai langkah antisipasi terhadap hal ini, kini mulai banyak masyarakat yang melakukan budidaya lebah madu, selain untuk melindungi lebah madu dari kepunahan, tentu saja budidaya madu bisa juga meningkatkan penghasilan bagi ekonimi masyarakat.

Madu sangat kaya manfaat, baik untuk kesehatan dan juga kecantikan - Pic by Gasfull - Pixabay

Sebagai salah satu contohnya, ada Komunitas Kempra Aceh Tamiang yang telah berhasil memberdayakan masyarakat setempat dalam membudidayakan Madu Hutan Leuser. Dimana uniknya madu ini didapatkan dari lebah yang tidak mau mengambil nektar yang berasal dari pohon yang menggunakan pestisida kimia, sehingga madu yang dihasilkan benar-benar bersih dari pestisida kimia.

Selain menghasilkan madu yang sehat, upaya komunitas Kempra Aceh Tamiang ini juga sekaligus sebagai upaya untuk turut membantu menjaga kelestarian hutan dengan menjaga agar pohon-pohon raja (tualang) yang tumbuh di tengah-tengah hutan Leuser tetap terjaga keasriannya sehingga lebahnya pun tetap hidup di sana.

Jujur saya pribadi sangat salut dengan upaya yang dilakukan oleh komunitas budidaya lebah madu seperti ini, semoga upaya seperti banyak dilakukan oleh masyarakat lain juga, sehingga madu kita tetap melimpah dan hutan juga tetap terjaga kelestariannya.

Sebab tidak bisa dipungkiri, keberadan madu memiliki begitu banyak kandungan gizi yang bisa memberikan khasiatnya untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita sehingga semakin sehat dan bugar dalam menjalankan aktivitas kita sehari-hari.

Bahkan madu bukan hanya sekadar sebagai obat untuk kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh saja, namun madu juga mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit kita, seperti bisa mengangkat sel kulit mati, menyamarkan bekas jerawat, mengatasi bekas luka, mencerahkan kulit, mencegah penuaan dini, menjaga kelembaban kulit, dan masih banyak lagi manfaat dari madu ini.


3. Kopi

Kopi merupakan salah satu komoditas lokal yang minatnya begitu banyak digemari oleh banyak orang karena mampu menghadirkan kenikmatan tersendiri, terkhusus bagi para penggemar si biji hitam yang nikmat ini.

Dan tidak bisa dipungkiri, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, dan kenikmatan kopi yang dihasilkan dari tanah Indonesia sudah terkenal mancanegara, bahkan berada di peringkat ke-empat sebagai penghasil dan eksportir kopi terbesar di dunia.

Menariknya, hampir di setiap daerah di Indonesia ini memiliki jenis kopi yang berbeda, sehingga hal ini membuat citarasa kopi yang dihasilkannya pun menjadi unik, sehingga menjadikan kopi antar daerah memiliki ciri khasnya masing-masing.
Kopi bukan hanya nikmati sebagai munuman, namun juga sangat bagus untuk kecantikan - Pic by Publicdomainpicture - pixabay

Sebagai salah satu contohnya adalah Kopi Serampas dari Komunitas Rantau Kermes yang mampu masuk dalam kategori Fine Coffee dalam uji kualitas dengan Final score 83,6 sehingga meraih predikat "Excellent" oleh Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (PUSLITKOKA Jember) di tahun 2017 yang lalu.

Tentu tak heran bila kopi Serampas mendapatkan predikat kopi excellent, sebab kopi ini tumbuh di lahan subur desa Rantau Kermas dengan ketinggian 1100 mdpl dan dipetik saat buahnya berwarna merah cherry pada pagi hari sehingga memiliki kualitas yang bagus.

Ya, keberadaan Kopi Serampas ini bukan hanya memberikan pendapatan bagi masyarakatnya, namun ternyata kehadirannya bisa membantu menjaga kelestarian alam depati Payung sekaligus keanekaragaman hayati di Hutan Adat dan Taman Nasional Kerinci Seblat tersebut.

Dan kenikmatan kopi bukan hanya bisa diramu dan disajikan sebagai minuman atau sebagai bahan pelangkap untuk jenis makanan atau minuman saja, namun ternyata kopi juga memiliki khasiat untuk membantu kita memiliki kulit yang cantik dan sehat.

Ya, kandungan kopi bisa memberikan manfaat untuk membantu menghilangkan lingkar hitam pada mata, menunda penuaan, mengurangi selulit, dan asam klorogenat pada kopi bersifat antiinflamasi dan antibakteri sehingga bisa melawan jerawat, dan kandungan niacin pada kopi juga bisa membantu mencegah kanker kulit non melanoma, serta banyak lagi manfaat lainnya.


*****

Itu hanya beberapa contoh komoditas lokal milik Indonesia yang mempunyai potensi yang besar untuk produk kecantikan dan kesehatan kita. Dan di sisi lain, keberadaan komoditas lokal yang melimpah ini bila dikelola dengan baik tentu akan membuat lingkungan terjaga dan juga membuat masyarakat sejahtera.

Apalagi belakangan ini, sudah banyak pihak yang ikut terjun di sektor industri kecantikan dan kesehatan dengan menerapkan praktik ramah lingkungan dan ramah sosial dalam membudidayakan komoditas lokal yang ada untuk menghasilkan produk yang bukan hanya menitikberatkan pada kuantitas saja, namun juga kualitas dan aspek lingkungan serta sosial masyarakat.


Dan di sisi lain, untuk membantu agar komoditas lokal ini bisa terus menjadi komoditas berkelanjutan, maka kita pun harus mendukung produk kecantikan dan kesehatan tersebut dengan cara selalu menggunakannya dalam keseharian kita.

Sebab dengan kita menggunakan produk kecantikan dan kesehatan yang memiliki kandungan komoditas ramah lingkungan dan ramah sosial ini, maka hal itu bisa menunjukan salah satu bentuk tanggung jawab kita terhadap alam dan lingkungan juga, sebab dalam menghasilkan suatu produk kecantikan, banyak hal yang dilibatkan, yaitu ada lahan hutan, petani, serta masyarakat sekitar lahan tersebut.

Jadi, mari kita selalu menggunakan produk kecantikan dan kesehatan yang bukan hanya bisa membuat kita tampak semakin cantik dan sehat, namun juga yang bisa memberdayakan dan membuat masyarakat sejahtera, serta bisa membantu keberlanjutan lingkungan dan alam yang tetap lestari. Sebab, jika bukan kita, siapa lagi? 



Referensi:
  • https://madaniberkelanjutan.id/2020/01/20/dilema-komoditi-sawit
  • https://money.kompas.com/read/2020/02/01/164000226/deretan-daerah-dengan-lahan-sawit-terluas-siapa-juaranya-?page=all
  • https://www.wartaekonomi.co.id/read322594/top-10-fakta-menarik-kelapa-sawit-indonesia
  • https://www.idntimes.com/life/women/dian-arthasalina/8-khasiat-madu-buat-kecantikan-wanita-kulit-cerah-rambut-berkilau-1
  • https://health.kompas.com/read/2020/09/06/060500368/sayang-dilewatkan-ini-5-manfaat-kopi-untuk-kesehatan-kulit?page=all
  • https://hutanitu.id/pesonahutan/komoditas-pangan/


No comments:

Post a Comment