5 CARA AGAR WAKTU SAHUR LEBIH BERFAEDAH



Alhamdulillah, Alhamdulilah, Alhamdulilah! sungguh bahagia dan rasa syukur tak henti saya panjatkan, sebab Allah SWT masih memberi saya kesempatan umur panjang, sehingga tetap bisa untuk kembali berjumpa dengan bulan Ramadan tahun ini.

Dan sungguh sangat beruntung bagi kita yang masih bisa merasakan nikmatnya menjalankan ibadah Ramadan seperti saat ini. Sebab dengan menjalankan ibadah puasa ini, maka tiap umat Islam yang tekun menjalankannya akan diberi ganjaran berupa pahala yang berlipat ganda, yang kelak bermanfaat sebagai bekal kita di kehidupan akhirat nanti.

Dimana kita semua pun tahu, bahwa menunaikan ibadah puasa Ramadan merupakan salah satu amalan yang wajib dikerjakan bagi tiap umat Islam. Sebab hal itu merupakan salah satu dari lima Rukun Islam yang merupakan pondasi wajib bagi orang-orang yang beriman.

Dan secara jelas, perintah berpuasa ini sudah Allah SWT tuangkan dalam surat Al-Baqarah ayat 183 yang memiliki arti sebagai berikut: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Dan kini, tidak terasa kita sudah menjalani beberapa hari di awal bulan Ramadan ini, semoga kita semua bisa memanfaatkan kehadiran bulan yang penuh dengan segala rahmat dan keberkahan ini dengan kegiatan yang berfaedah demi meraih pahala dari Allah SWT. Aamiin...

Nah, supaya kita bisa selalu kuat dalam menjalankan segala kegiatan dan ibadah selama berpuasa, maka sangat penting bagi kita untuk melakukan makan sahur. Dan supaya momen sahur kita terasa lebih bersemangat, maka kita pun harus menciptakan cara-cara yang menyenangkan agar sahur kita terasa bisa lebih berfaedah.


Cara Agar Sahur Lebih Berfaedah

Ya, kita semua tahu, bahwa sahur merupakan salah satu ibadah sunnah saat puasa, yaitu kita melakukan aktivitas makan pada dini hari sebagai bekal agar kita tetap kuat menahan lapar dan haus sepanjang hari kala kita menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadan.

Namun tak jarang dari kita masih banyak yang lalai dan malas melakukan sahur. Padahal melakukan sahur bukan hanya membuat kita kuat menahan lapar dan haus dari saat awal berpuasa (waktu Shubuh) hingga akhir berpuasa (waktu Maghrib) selama satu hari, namun dengan melakukan sahur, maka kita pun akan mendapatkan keberkahan.

Hal ini tertuang dalam sebuah hadis yang menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan dari Anas bin Malik pernah berkata: “Sahurlah kalian semua. Sesungguhnya sahur itu mengandung keberkahan.” (HR Bukhari).

Maka dari itu, meskipun bangun sahur merupakan salah satu ibadah sunnah saat puasa, namun bangun sahur ternyata mengandung keberkahan. Dan supaya kegiatan sahur kita semakin berfaedah lagi, maka kita harus bisa bisa mengisinya dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat.

Dan untuk saya pribadi, ada beberapa kegiatan yang biasanya saya lakukan untuk mengisi sahur agar lebih berfaedah, yaitu sebagai berikut:

1. Bangunkan keluarga dan teman untuk sahur
Pada saat sahur, saya biasanya suka menelphone atau pun video call dengan keluarga dan juga teman-teman saya untuk membangukan mereka sahur atau memastikan mereka sudah sahur atau belum. Hal ini biasa saya lakukan sekaligus untuk tetap menjaga tali silaturahmi dan bertukar kabar, terlebih karena sudah jarang bertemu akibat pandemi yang terjadi saat ini.

2. Melaksanakan kegiatan mengaji
Seusai menikmati santap sahur dan sambil menunggu adzan dan shalat subuh, dari pada saya tidur-tiduran dan akhirnya ketiduran, maka saya memutuskan untuk terus belajar mengaji, supaya semakin lancar mengajinya. Dan kini belajar mengaji pun bisa kita lakukan semakin mudah dan cepat melalui aplikasi Al-quran di smartphone.

3. Mendengarkan ceramah
Selain itu, saya juga biasa menghabiskan waktu di saat sahur untuk menikmati streaming ceramah agama melalui handphone saya, untuk mendapatkan ilmu dan siraman rohani yang akan semakin meningkatkan rasa keimanan saya kepada Allah SWT.

4. Membuat konten dan bermain games
Saya juga memanfaatkan waktu sahur untuk membuat konten-konten baik untuk sosial media (Instagram, Twitter, Facebook, Tiktok) dan menulis artikel di blog saya. Dan tak jarang saya juga mengakses aplikasi games yang ada di handphone untuk mengasah bakat bermain games saya, siapa tahu nanti bisa menjadi pemain games yang profesional dan menghasilkan uang. hehehe

5. Membaca artikel dan e-book
Saat sahur dengan suasana yang tenang membuat saya sangat menikmati waktu untuk searching berbagai artikel dan membaca e-book. Hal ini bukan hanya membuat saya makin banyak tahu tentang berbagai hal baru, namun juga membantu saya menentukan ide-ide baru dan inspirasi dalam membuat berbagai konten yang saya inginkan.

Nah, itu dia beberapa kegiatan sahur extra faedah yang biasa saya lakukan untuk mengisi waktu saya sepanjang sahur. Maka dengan melakukan berbagai kegiatan seperti di atas, maka waktu sahur saya tentu saja menjadi lebih berfaedah, karena digunakan untuk belajar mendapatkan ilmu dan meningkatkan ketaatan kepada Allah dibandingkan hanya mengisinya dengan tidur.

Dan tidak bisa dipungkiri, bahwa kegiatan-kegiatan tersebut di atas bisa terwujud dengan baik berkat dukungan layanan jaringan internet yang lancar dan stabil. Hal ini terjadi karena saya menggunakan paket internet dari smartfren Unlimited MAXI.

smartfren Unlimited MAXI bantu bikin sahur berfaedah

Jadi, smartfren Unlimited MAXI ini merupakan paket internet dari smartfren yang memberikan penggunanya berupa layanan akses internet Unlimited Bisa Semua yang berlaku di semua aplikasi tanpa batas, karena bisa dinikmati selama 24 jam penuh sepuasnya, sehingga kita bisa bebas menikmati akses ke semua aplikasi, seperti mulai dari aplikasi belajar online, media sosial, streaming dan juga berbagai aplikasi yang lainnya.

Tak hanya itu saja, smartfren Unlimited MAXI ini juga bisa digunakan kapan saja dan dimana saja, karena tidak ada batasan lokasi alias berlaku secara nasional, dan juga bisa digunakan oleh pengguna yang baru maupun pengguna yang sudah lama bebas menikmati layanan ini.

Selain itu, smartfren Unlimited MAXI ini juga memberikan benefit tambahan yaitu Extra Unlimited Malam Full Speed yang bisa dinikmati mulai jam 01.00 – 05.00 WIB dan tentunya di jaringan Smartfren 4G LTE sehingga membuat kita sangat lancar untuk menggunakan internet sehingga aktivitas sahur semakin extra dan berfaedah di bulan Ramadan ini.

Nah, kehadiran benefit Extra Unlimited Malam Full Speed ini cocok banget digunakan untuk mendukung kita supaya tetap produktif dalam membuat konten ataupun belajar di waktu sahur, karena kita bisa menikmati jaringan internet yang lancar dan cepat sepuasnya.

Oh iya, selama bulan Ramadan ini, smartfren juga mengajak kita para pelanggannya untuk semakin berfaedah dengan Ngonten Extra Faedah, yaitu dengan membuat konten berfaedah, baik dalam bentuk video maupun foto, lalu mengunggahnya ke media sosial dengan mention @smartfrenworld dan tag dua teman kita, lalu cantumkan tanda pagar #RamadanExtraFaedah dan #UnlimitedBisaSemua.

Nah, bila kita mengikuti program Ngonten Extra Faedah ini, maka kita semua memiliki kesempatan untuk memenangkan beragam hadiah menarik setiap minggunya, seperti Sepeda Limited Edition, Sony Playstation 5, iPhone 12, kamera mirrorless, laptop, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun jika teman-teman belum puas dengan hadiah tersebut, maka jangan sedih, karena smartfren juga saat ini sedang membagikan banyak kejutan dan hadiah yang keren-keren bagi para pelanggan setianya melalui program Rejeki WOW.


Raih Rejeki WOW dari smartfren

Selain bisa menikmati kualitas internet yang stabil dan lancar. Kini kembali smartfren memberikan kesempatan kepada seluruh pelanggannya untuk mendapatkan hadiah berlimpah di depan mata melalui program Rejeki WOW di tengah pandemi ini.

Ya, program Rejeki WOW ini merupakan loyalty program dari smartfren yang memberikan kesempatan bagi para pelanggannya (baik Pascabayar dan Prabayar) untuk mendapatkan atau memenangkan hadiah langsung setelah melakukan berbagai transaksi yang bisa dilakukan di mana saja. Dan untuk teman-teman yang baru pertama kali mendownload Aplikasi MySmartfren, ada bonus kuota 5 GB loh buat kalian.

Dimana melalui program Rejeki WOW ini, smartfren akan memberikan banyak sekali hadiah buat kita para pelanggannya, yaitu ada hadiah berupa bonus pulsa, smartphone, laptop, motor, hingga hadiah utama berupa mobil dan tabungan ratusan juta rupiah. 

smartfren Rejeki WOW banyak hadiahnya

Kehadiran program Rejeki WOW ini menurut saya sangat bagus, kerena bisa menjadi sebuah program hiburan yang menyenangkan bagi para pengguna smartfren di tengah pandemi ini, karena di saat sulit seperti ini, bila kita tiba-tiba mendapatkan hadiah-hadiah keren dalam program ini tentu akan menjadi kebahagian yang sangat luar biasa.

Program Rejeki WOW ini menghadirkan konsep yang unik dan sangat menarik dalam mendapatkan berbagai hadiahnya, dimana kita akan diajak untuk berburu harta dengan menggunakan perahu dari pulau ke pulau di dalam aplikasi MySmartfren (MySF).

Makanya momentum ini tidak boleh kita biarkan, kita sebagai pengguna setia smartfren sudah selayaknya berjuang untuk mendapatkan hadiah dari program Rejeki WOW ini, apalagi cara untuk mendapatkanya sangat mudah, yaitu sebagai berikut:

Cara mengikuti program Rejeki WOW ini mudah bangat loh

  • Download dan install aplikasi MySmartfren (MySF) di Google Play Store atau App Store.
  • Klik menu “REJEKI WOW”.
  • Lakukan transaksi sehingga miliki banyak kesempatan untuk mendapatkan bonus.
  • Lakukan transaksi sehingga kapal akan terus melaju menuju pulau-pulau harta.
  • Semakin banyak transaksi yang dilakukan, maka akan semakin cepat laju kapal mencapai pulau untuk mendapatkan hadiah pasti.
  • Bawa kapal ke semua pulau, dan raih kesempatan memenangkan Grand Prize.
Jadi pada intinya, semakin banyak transaksi seperti isi ulang pulsa, membeli paket kuota, bayar tagihan Pascabayar atau membeli paket apapun yang kita lakukan, maka semakin cepat juga kapal kita sampai ke pulau-pulau harta tersebut, sehingga membuat kita semakin dekat juga dengan hadiah-hadiah keren yang ditawarkan dalam program Rejeki WOW ini.

Makanya ayo kita terus semangat meningkatkan transaksi kita di mana saja karena setiap kali kita melakukan transaksi tersebut, maka akan menggerakkan kapal kita semakin cepat untuk mencapai pulau harta yang telah menyediakan beragam hadiah menarik di pulau tersebut.

Dan untuk periode program ini dibagi dalam 2 kategori, yaitu periode pengumpulan nilai transaksi #RejekiWOW berlangsung dari tanggal 24 Feb sampai dengan 24 Mei 2021, dan Periode hadiah utama Rejeki WOW berlangsung dari tanggal 25 Mei sampai dengan 31 Mei 2021 mendatang.

Ayo teman-teman kita perbanyak transaksinya supaya perahunya cepat menuju pulau harta 

Jadi teman-teman, mumpung masih ada banyak waktu, mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan Rejeki Depan Mata di program Rejeki WOW ini, siapa tahu jalan rejeki kita memang dalam program ini, makanya yang penting semangat usaha dulu ya, semoga menang kemudian. Aamiin...

Untuk informasi yang lebih lengkap lagi mengenai program Rejeki WOW ini, maka teman-teman bisa langsung membuka website: www.smartfren.com atau bisa juga kepoin akun Instagram: @smartfrenworld ya.



5 comments:

  1. Wait, boleh nanya nggak sih, Smartfren ini apa hanya bisa dipakai di kota-kota besar aja?

    Pagi, abis sahur tu ujiannya ngantuk berat banget. Hahaha
    Jadi memang kudu aktivitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak hanya di kota-kota besar, saya di danau toba pakai smartfren dan lainnya tetringan ke smartfren karena paling kenceng internetnya disana waktu itu dibanding gsm lainnya..

      Delete
  2. ternyata sahurku emang unfaedah .. abis sahur yang ngepas jam 4, nunggu adzan, sholat trus tidur hahahaa.. semoga bisa produktif n berfaedah kedepannya

    ReplyDelete
  3. Mwmanfaatkan waktu sahur untuk bermain game, belum kepikiran sih sama saya. Tapi kalau buat mendengarkan ceramah atau sesekali nonton film streaming sih cukup sering. Apalagi kalau ada kuota malam.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih nih info tentang beberapa kegiatan sahur extra faedah untuk mengisi waktu saya sepanjang sahur.kalau aku, selain baca ebook, juga dengerin tayangan agama di. Salam

    ReplyDelete