Tips Menyeberang Jalan dengan Aman dan Selamat


Salah satu hal yang menjadi rahasia dan hanya Tuhan yang tahu adalah tentang kematian. Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang tahu kapan dan di mana dia akan meninggal. Jadi umur manusia benar-benar adalah misteri yang tak akan bisa ditemukan jawabannya.

Dan cara meninggal setiap orang tentu berbeda-beda, ada yang karena sakit, ada yang sedang tidur, ada yang sedang kerja, ada yang sedah beribadah, dan lain sebagainya, tentu saja cara seseorang meninggal berbeda-beda, termasuk meninggal karena kecelakaan di jalanan.

Nah, beberapa waktu yang lalu saya sempat membaca berita tentang seseorang yang meninggal dunia karena kecelakaan. Dimana kecelakaan lalu lintas ini terjadi yang disebabkan oleh pejalan kaki yang menyeberang jalan secara sembarangan.

Dimana sang pejalan kaki ini asal main menyeberang saja, pada hal kondisi lalu lintas di jalanan tersebut cukup lumayan ramai saat itu. Alhasil, kejadian yang memilukan tersebut pun terjadi, dan nyawa pun melayang karena kurang hati-hatinya kita saat menyeberang jalan.

Ya, mungkin memang itu takdir, namun sebagai manusia biasa, kejadian seperti itu sangat disesalkan terjadi, bukan hanya kehilangan nyawa yang menjadi penyebab kesedihan, namun cara berpulangnya yang sangat tragis pun membuat rasa pilu begitu mengiris kalbu.

Dan kejadian seperti ini sudah sering banget terjadi, dan tak sedikit dari kita yang melakukan hal tersebut karena alasan terburu-buru, atau alasan lainnya, padahal akibatnya bisa fatal, mulai dari terluka hingga meninggal dunia seperti cerita di atas.

Maka dari itu, sangat penting bagi kita sebagai pejalan kaki untuk selalu berhati-hati saat menyeberang jalan agar kita terhindar dari kecelakaan. Dan berikut ini beberapa tips menyeberang jalan agar kita tetap aman dan selamat, yaitu:
  1. Perhatikan keadaan sekitar kita, dan lihatlah sesaat di sekeliling, apakah terdapat zebra cross, lampu penyebrang jalan, lampu merah atau jembatan penyebrangan orang (JPO). Bila ada, gunakanlah dan jangan mengambil jalan pintas dengan menyeberang jalan tidak pada tempatnya.
  2. Tetap fokus dan jangan melamun, apalagi sambil main handphone dan memasang headsets dengan musik kencang saat menyeberang, karena itu bisa menurunkan konsentrasi saat menyeberang.
  3. Biasakan melihat ke arah kiri - kanan terlebih dahulu untuk memastikan kondisi jalan dan laju kendaraan aman untuk dilewati, melangkahlah saat kondisi jalan sedang lengang, atau kendaraan tidak melaju terlalu kencang.
  4. Angkat tangan saat menyeberang untuk memberikan "kode" kepada pengendara bahwa kita meminta jalan, sehingga pengendara bisa lebih pelan dalam melajukan kendaraannya.
  5. Manfaatkan kesempatan menyebrang jalan ketika ada mobil di depan kita yang sedang memperlambat atau menghentikan lajunya, sehingga dapat menghambat laju kendaraan lain di belakangnya.
Semoga tips di atas ini bermanfaat bagi kita bersama ya teman-teman, dan khususnya bagi saya pribadi semoga tulisan ini sebagai pengingat untuk selalu lebih hati-hati lagi ketika di jalan raya, terlebih saat menyeberang jalan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dan sekali lagi, perlu kita ingat ya teman-teman, jika memang laju kendaraan masih terpantau rame dan kencang, jangan dipaksakan untuk tetap menyeberang, mending sabar sebentar demi tetap selamat ya. Ingatlah, ada keluarga kita yang menunggu di rumah, berharap kita kembali pulang dalam keadaan sehat dan baik-baik saja.

Selamat beraktivitas ya teman-teman, Have a nice day! :)

No comments:

Post a Comment