Manfaat Bersedekah di Bulan Ramadan



Kehadiran pandemi yang berkepanjangan ini memberi banyak dampak di segala bidang. Termasuk menimbulkan banyak pengangguran dan kemiskinan, maka saat ini paling tepat untuk berbagi dan bersedekah untuk membantu orang yang kekurangan atau kesulitan ekonomi.

Berbagi untuk membantu orang yang kekurangan atau kesulitan itu, bukan hanya meringankan beban mereka, namun sejatinya dengan berbagi, maka hati kita pun akan selalu bahagia dan membuat kita jadi semakin banyak bersyukur.

Bahkan dulu, saya selalu diingatkan oleh mama saya untuk jangan takut bersedekah, karena dengan bersedekah itu bisa membersihkan harta yang kita miliki, dan juga bisa menolak segala bencana dan bahaya yang akan menimpa hidup kita.

Dan mama saya juga pernah bilang, bahwa sejatinya dalam harta yang kita miliki, ada hak orang lain, ada hak orang-orang miskin juga yang wajib dikeluarkan. Bahkan hal ini juga sudah ditegaskan oleh Allah SWT dalam Surat Q.S Az-Zariyat ayat 19 “Dan pada harta benda mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak meminta.”

Maka sebenarnya tidak alasan bagi kita untuk tidak berbagi atau bersedekah kepada orang lain, terutama kepada mereka yang membutuhkan, apalagi bila memang kondisi kita memiliki kemampuan lebih untuk membantu orang lain dengan materi yang kita miliki.

Dan menariknya, kini tak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadan, jadi bagi setiap Muslim yang menjalankan ibadah atau amalan di bulan Ramadhan akan mendapat ganjaran berlipat ganda, termasuk berbagi atau bersedekah.

Maka dengan hadirnya momentum bulan suci Ramadan ini, semoga kita semua bisa memaksimalkannya untuk beribadah, dan juga memanfaatkannya untuk semakin banyak berbagi atau bersedekah kepada orang lain, supaya kita bisa meraih banyak pahala dari Allah SWT.

Dan diriwayatkan oleh HR At-Turmudzi dari Anas bahwa "Sedekah paling utama adalah sedekah di bulan Ramadhan." Makanya sangat dianjurkan untuk bersedekah atau berbagi walaupun jumlahnya sedikit dan sesuai kemampuan kita di bulan puasa.

Jadi jika kita ingin bersedekah atau berbagi dengan orang lain, kita tidak perlu harus menunggu kaya raya dulu, atau memiliki banyak uang yang melimpah dulu, kita bisa berbagi dan bersedekah pada orang lain sesuai dengan kemampuan kita saja.

Sebab, sekecil apapun bantuan yang kita berikan, pasti akan sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan. Bahkan hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya.” (HR. Ahmad).

Dan salah satu cara bermanfaat untuk manusia yang lain adalah dengan berbagi atau bersedekah, terutama kepada untuk kaum dhuafa atau orang-orang yang membutuhkan, sebab bersedekah atau berbagi di bulan Ramadan itu memiliki banyak manfaat (dikutip dari berbagai sumber), di antaranya:
  1. Kita akan mendapatkan pahala yang berlipatganda
  2. Kita akan dibebaskan dari siksa kubur
  3. Kita akan dijauhkan dari api neraka
  4. Hati kita akan senantiasa merasa lapang dada & bahagia
  5. Sedekah bisa sebagai penghapus dosa 
  6. Sedekah bisa menolak bala bencana dan mara bahaya 
  7. Sedekah akan membuat harta semakin berkah
Dengan melihat begitu banyak manfaat yang bisa kita terima dari bersedekah ini, maka sudah selayaknya kita semakin rajin berbagi dengan sesama, apalagi kini untuk bersedekah atau berbagi sangat mudah dilakukan, kerana bisa juga dilakukan secara online.

Hanya bermodalkan smartphone dan internet, maka kita pun bisa berbagi kapan saja dan dari mana saja dengan cepat dan praktis, sehingga tidak perlu menunggu waktu kosong mengunjungi suatu tempat untuk berbagi atau bersedekah.

Jadi, mari kita bersama memanfaatkan kehadiran bulan puasa ini untuk semakin banyak melakukan kebaikan dengan berbagi atau bersedekah kepada saudara-saudara kita yang memang sedang kekurangan dan membutuhkan bantuan, sehingga mereka senang, dan kita pun tetap meraih pahala dari Allah SWT.

Ingat ya teman-teman, bahwa dengan bersedekah, harta kita tidak akan berkurang, bahkan akan dilipatgandakan oleh Allah, dan juga akan semakin memberikan keberkahan dalam hidup kita, sehingga kita akan merasakan kebahagian hidup di dunia hingga kelak di akhirat. Berbagi itu indah!



No comments:

Post a Comment