Belajar Membuat Makanan Lezat Dengan House Kari ala Jepang




Dulu saya pernah makan di sebuah restoran Jepang bersama beberapa orang teman, dan kebetulan di antara kami, termasuk saya memilih menu nasi kari dengan beef tenderloin. Jujur saya sangat menikmati makanan ini, karena rasanya memang sangat lezat sekali.

Meskipun saya menyukai makanan ini, namun saya tidak bisa untuk sering-sering memakan makanan ini, karena harganya terbilang sangat mahal untuk ukuran saya. Namun saya sangat menyadari, bahwa harga tersebut sangatlah sepadan dengan citarasa yang dihadirkan masakan tersebut.

Apalagi bahan yang digunakan tentu saja pilihan, yaitu menggunakan beef tenderloin yang merupakan daging sapi bagian dalam yang rendah lemak, namun memiki tekstur yang lembut dan empuk sehingga mudah dinikmati dengan citarasanya yang sangat gurih.

Selain itu, saya pun berpikir, tentu saja yang membuat makanan ini makin enak dan berharga mahal yaitu karena karinya yang sangat lezat, kental dan kaya akan rempah serta berbagai bahan pilihan yang diolah sedemikian rupa, sehingga membuat makanan tersebut terasa begitu istimewa.

Ya, bisa dibilang, “ada rasa enak yang dinikmati, maka ada harga mahal yang harus dibayar” itu terbukti adanya. Maka, keinginan untuk mengulang menikmati makanan nasi kari dengan beef tenderloin tersebut tak pernah lagi berani saya angankan, cukup dipendam dalam hati saja.

Namun kini saya tak perlu sedih lagi, karena kini saya sudah tahu bagaimana cara membuat makanan nasi kari dengan beef tenderloin tersebut, dan ternyatanya caranya tidak terlalu sulit, dan saya yang tidak jago masak ini pun bisa membuatnya, setelah mengikuti acara House Kari ala Jepang kemarin.


Sekilas Tentang House Kari ala Jepang

House Foods merupakan sebuah perusahaan produsen makanan ternama yang menguasai pangsa pasar penjualan Keri Jepang di Jepang, kemudian membawa House Kari ala Jepang ini ke Indonesia pada tahun 2016 yang lalu melalui PT House & Vox Indonesia.

Dimana House Kari ala Jepang ini sangat berbeda dari kari negara lain seperti Thailand ataupun India. Kari ala Jepang ini biasanya dibuat menggunakan roux kari. Dimana roux sendiri merupakan istilah memasak dari bahasa Prancis yang mengacu pada campuran tepung yang ditumis dengan lemak dan/atau minyak, aneka rempah, bumbu dan bahan-bahan lainnya, namun tidak mengandung santan, sehingga menghasilkan kari yang bisa digunakan untuk mengentalkan sup.

Nah, dengan menggunakan metode roux kari ini, maka House Kari ala Jepang ini hadir dalam bentuk siap santap karena sudah dimasak, namun akan lebih nikmat bila dipanaskan sehingga mampu menghadirkan aroma yang lezat serta mampu menghadirkan cita rasa masakan menjadi semakin istimewa dengan kekentalan saus kari yang dihasilkannya.

Menariknya, House Kari ala Jepang ini sangat cocok untuk dikreasikan dengan berbagai makanan lain, seperti diolah menjadi Roti Isi Kari, Nasi Kari Chicken Katsu, Omelet Kari, Zuppa Sup Kari, Mie Instan Kuah Kari, Pasta Kari dan berbagai makanan lain yang bisa kita kreasikan sesuai selera dan keinginan kita masing-masing.

Produk House Kari ala Jepang ini bisa dikreasikan dengan beragam makanan

Meskipun House Kari ala Jepang ini berasal dari Jepang, namun semua bahan-bahan yang digunakan tentu saja disesuikan dengan selera orang Indonesia. Dan untuk urusan halal dari produk House Kari ala Jepang ini pun tidak perlu dipertanyakan, karena sudah mendapatkan sertifikal Halal dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) sehingga aman digunakan oleh masyarakat muslim.

Dan House Kari ala Jepang kini hadir dalam dua ukuran kemasan yaitu ada ukuran kemasan 300 gram (New Size) dan kemasan ukuran 945 gram (Reguler Size) dan sudah bisa dibeli di berbagai supermarket di berbagai daerah, seperti Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Makasar dan Manado, serta bisa juga dipesan secara online di berbagai situs belanja online. 


Belajar Memasak Kari Daging Bersama Chef Theo

Sungguh bahagia rasanya bisa ikut dalam acara House Kari ala Jepang, Hands on Cooking Demo with Chef Theo yang berlangsung di Almond Zucchini Cooking Studio, daerah Kebayoran Baru – Jakarta Selatan pada tanggal 22 Januari 2022 yang lalu.

Selain acara ini bertabur dengan banyak hadiah dari lomba foto instagram dan juga doorprize, di acara ini saya juga mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman baru dalam hal memasak, terutama bagaimana cara membuat kari daging, karena langsung diajarkan oleh Chef Theo yang sudah sangat berpengalaman dalam dunia masak-memasak.

Memasak Kari Daging bersama Chef Theo

Jadi dalam acara ini, Chef Theo melakukan demo memasak menu Kari Daging dengan Kroket Kentang serta Sayur Bungkus sambil menjelaskan berbagai bahan dan bumbu-bumbu yang digunakan serta berbagai tahapan-tahapan cara membuat makanan tersebut.

Kami semua tentu saja menyimak penjelasan Chef Theo dengan sangat serius, selain karena ini merupakan sebuah ilmu baru (bagi saya pribadi) dalam membuat kreasi makanan enak, kami juga nantinya ditantang untuk membuat masakan serupa dengan yang diajarkan tersebut untuk dilombakan.

Dan untuk keseruan lomba memasak menu Kari Daging dengan Kroket Kentang dan sayur bungkus tersebut, maka semua peserta yang hadir dibentuk dalam berbagai kelompok, dimana setiap kelompoknya terdiri dari dua orang, dan kebetulan saya satu tim dengan Mas Achi.

Saya satu tim dengan Mas Achi

Nah, lomba masak ini berlangsung seru dan juga penuh dengan perasaan dag-dig-dug, karena waktu yang diberikan begitu terbatas, yaitu hanya sekitar 15 menit saja, namun kita harus membuat menu Kari Daging dengan Kroket Kentang dan Sayur Bungkus dengan baik sampai jadi dan diplating dengan cantik.

Meskipun proses pembuatan makanan Kari Daging dengan Kroket Kentang dan Sayur Bungkus berlangsung begitu tergesa-gesa, namun dengan adanya kerjasama tim yang kompak, maka segala masalahnya pun bisa diatasi dengan baik, dan kami bisa menyelesaikan tantangan tersebut dengan tuntas.



Cara Membuat Kari Daging dengan Kroket Kentang dan Sayur Bungkus 

Nah, buat teman-teman yang ingin juga mencoba membuat makanan dengan menu Kari Daging dengan Kroket Kentang dan Sayur Bungkus seperti yang kami buat ini, maka caranya cukup mudah kok. Dan siapapun bisa mencobanya, termasuk orang yang tidak jago masaka seperti saya sekalipun. hehehe

Nah, adapun bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat Kari Daging dengan Kroket Kentang serta Sayur bungkus ini adalah sebagai berikut:
  • 1 Blok House Kari ala Jepang
  • 1 Potong daging sapi has dalam
  • Aneka Sayuran (wortel, brokoli, daun sawi, kentang, tomat ceri)
  • Aneka Bumbu (Bawang merah, Bawang putih, Bawang Bombai, garam, merica, daun jeruk, batang serai, bunga lawang, kapulaga)
  • Santan 2 sendok makan
  • 1 butir telur
  • Tepung Terigu
  • Tepung Roti
  • Air putih 300ml
Setelah semua bahan tersedia, maka selanjutnya masuk pada tahapan memasak. Dan yang pertama dimasak adalah memasak sayur bungkus, yaitu sebagai berikut:
  1. Pertama-tama masukan garam secukupnya dalam air panas dan rebus berbagai sayuran seperti wortel, brokoli hingga matang, dan rebus juga daun sawi sebentar saja.
  2. Lalu potong kecil-kecil wortel dan brokoli yang telah dimasak tersebut, kemudian tumis dengan sedikit minyak dan tambahkan bumbu berupa garam dan merica secukupnya.
  3. Bungkus tumisan wortel dan brokoli dengan menggunakan daun sawi yang telah dimasak sebentar tadi dengan bentuk bulat.
Setelah sayur bungkus selesai dibuat, maka selanjutnya kita akan membuat kroket kentang yaitu sebagai berikut:
  1. Rebus kentang yang telah dipotong-potong hingga matang, kemudian angkat dan hancurkan kentang tersebut hingga halus.
  2. Bulatkan kentang yang telah dihaluskan tersebut menjadi seperti bola-bola.
  3. Lalu celupkan kentang bentuk bola tersebut ke dalam kocokan telur, lalu kemudian balur dengan terigu dan tepung roti.
  4. Kemudian goreng kentang bola-bola tersebut hingga berwarna kuning kecoklatan lalu tiriskan.
Selanjutnya kita akan memasak Kari ala Jepang dengan tahapannya sebagai berikut:
  1. Pertama-tama panaskan minyak, lalu tumis bawang merah, bawang putih, cabe, daun jeruk, dan sereh hingga harum, kemudian masukan kapulaga dan bunga lawang
  2. Masukan air 300ml dan panaskan hingga mendidih
  3. Masukan 2 Sdm santan kelapa bubuk
  4. Masukan 1 Blok House Kari ala Jepang
  5. Aduk semua hingga rata, dan kemudian biarkan hingga mengental
Dan kemudian tahap terakhir yang harus kita masak adalah memasak daging has dalam dengan cara sebagai berikut:
  1. Ambil potongan daging khas dalam, lalu bumbui dengan garam dan merica hingga merata
  2. Kemudian panaskan wajan dan masukan sedikit minyak untuk masak daging dengan metode pan seared, agar dagingnya renyah dan lembut dengan tingkat kematangan sesuai keinginan.
  3. Angkat daging setelah dirasa matang, lalu bisa dipotong-potong sesuai selera.
Meskipun banyak tahapan dalam membuat menu Kari Daging dengan Kroket Kentang dan Sayur Bungkus yang harus dikerjakan seperti di atas, namun semua rangkaian memasaknya bisa berlangsung cepat dan mudah, karena semua bahan masakannya sudah tersedia dan tentunya berkat adanya produk House Kari ala Jepang yang siap pakai.

Dimana kehadiran produk House Kari ala Jepang yang sudah siap digunakan ini benar-benar memberikan kemudahan bagi kita dalam memasak, sehingga kita hanya perlu mencampurkan potongan House Kari ala Jepang dalam masakan, maka proses memasak menu kari ini pun menjadi begitu praktis dan cepat.

Nah, setelah semua rangkaian proses masakan dilakukan dan makanan semua sudah matang, maka yang tak kalah penting adalah proses plating makanan, yaitu sebuah cara yang digunakan untuk menata makanan, agar makanan tersebut tampak semakin indah sebelum disajikan.

Kari Daging dengan Kroket Kentang dan Sayur Bungkus kreasi kami

Dan taraaaaaaa, inilah hasil masakan saya sama Mas Achi untuk menu Kari Daging dengan Kroket Kentang dan Sayur Bungkus. Ya, harap maklum ya bila penampilan plating makan kami masih tampak jauh dari kata indah, maklum baru belajar. hehehe

Namun berkat sudah mendapatkan ilmu memasak ini, maka saya pun jadi ketaginan ingin memasak lagi, mungkin ke depannya saya akan mencoba berkreasi membuat menu makanan lain lagi dengan menggunakan produk House Kari ala Jepang ini.

Ya, bisa saya bilang, bahwa dengan adanya produk House Kari ala Jepang ini, maka kini siapapun bisa dengan mudah untuk membuat aneka makan yang enak dan istimewa di rumah masing-masing layaknya seperti di restoran-restoran mahal. :)

“Makanan adalah simbol cinta, ketika kata-kata tak memadai.” Alan D. Wolfelt



No comments:

Post a Comment