30 Hari Ramadan #JadiManfaat



Tak terasa, dalam hitungan hari lagi, kita akan segera memasuki bulan Ramadan, bulan suci yang begitu dirindukan oleh banyak kaum muslimin di seluruh dunia, termasuk oleh kita semua umat muslim di Indonesia, sebab pada bulan Ramadan tersebut memiliki banyak keutamaan yang begitu besar manfaatnya bagi kita semua.

Dimana diyakini, bahwa pada bulan Ramadan tersebut akan jadi manfaat yang luar biasa bagi umat muslim yang bisa menjalaninya dengan sungguh-sungguh, salah satu keutamaan bulan Ramadan adalah bulan yang penuh dengan ampunan.

Untuk itu, tidak ada salahnya kita untuk berlomba-lomba mensucikan diri dari segala dosa yang telah kita perbuat selama ini, karena kehadiran bulan suci Ramadan ini adalah waktu terbaik mengambil kesempatan untuk melakukan taubatan nasuhah.

Selain itu, kehadiran bulan Ramadan juga merupakan bulan yang penuh dengan pahala yang berlipat ganda untuk setiap ibadah dan perbuatan baik yang kita lakukan. Maka dari itu, selama bulan Ramadan nanti, sebisa mungkin kita jadikan bulan tersebut untuk banyak melakukan kebaikan yang bisa jadi manfaat seperti yang digaungkan oleh Dompet Dhuafa saat ini.


Dompet Dhuafa Gelar Tarhib Ramadan 1443 H

Untuk itu, dalam menyambut kehadiran bulan Ramadan tahun ini, maka pada hari Selasa (15/3/2022) kemarin, Dompet Dhuafa menggelar Tarhib Ramadan 1443 H di area Gedung Filantropi Dompet Dhuafa, Pejaten, Pasar Minggu – Jakarta Selatan.

Gelaran acara ini merupakan salah satu upaya Dompet Dhuafa dalam mengajak kita semua untuk bersuka cita menyambut bulan suci Ramadan dengan rasa syukur, karena sebentar lagi kita berjumpa dengan bulan yang penuh dengan keberkahan tersebut.
Detik-detik peluncuran 30 Hari Ramadan #JadiManfaat

Apalagi selama dua tahun ke belakang, kita sudah melewati bulan Ramadan dalam suasana yang cukup prihatin karena kehadiran virus Covid-19. Selama kurun waktu tersebut, kita semua terpaksa menjalani ibadah puasa hingga lebaran dengan penuh keterbatasan, bahkan tidak ada kemeriahan yang tercipta.

Untuk itu, melalui acara ini, Dompet Dhuafa berharap di tahun 2022 ini, kita semua seluruh masyarakat Indonesia dan semua muslim di seluruh dunia dapat menyambut Ramadan dengan lebih bergairah seperti tahun-tahun sebelumnya.

Bapak Ali Bastoni - Ketua Ramadan 1443 H

Dan dalam sambutannya, Bapak Ali Bastoni selaku Ketua Ramadan 1443 H mengatakan, bahwa Dompet Dhuafa menggelar acara tarhib ini sebagai tanda-tanda bahwa sebentar lagi akan hadir bulan suci, bulan istimewa, bulan yang akan memberikan banyak keberkahan bagi kita semua. Oleh sebab itu, sejatinya kita umat muslim harus senantiasa semangat dan berbahagia menyambut Ramadan. Dan acara ini dijadikan momentum kita untuk mulai bersiap-siap, untuk merapatkan barisan kita untuk bersama-sama memberikan manfaat yang seluas-luasnya bagi masyarakat.

Selain itu, acara tarhib ini sekaligus sebagai momentum kebangkitan umat Islam maupun Dunia dalam menunjang perekonomian masyarakat setelah diterjang badai pandemi Covid-19 yang begitu panjang, yaitu selama 2 (dua) tahun lamanya.

Dan lebih lanjut Bapak Ali Bastoni mengungkapkan bahwa pada acara ini juga diluncurkan tagline “30 Hari Ramadan #JadiManfaat Bersama Dompet Dhuafa” untuk menjawab keresahan-kesesahan yang banyak dialami oleh masyarakat saat Ramadan.

Sebab pada dasarnya, #JadiManfaat ini bicara tentang diri kita dan juga bicara orang lain, tentang interaksi sosial kita, juga bicara tentang luas manfaat yang kita berikan, dan juga berbicara tentang kemandirian ekonomi yang akan kita wujudkan. Oleh sebab itu, bicara #JadiManfaat diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk banyak memberikan manfaat kepada sesama secara full selama 30 hari di bulan Ramadan ini, seperti melakukan sedekah, wakaf, zakat, dan berbagai kegiatan baik lainnya.

Hal ini dilakukan supaya manfaat ini terus berkembang, baik untuk kita pribadi maupun bagi masyarakat luas, sehingga Ramadan di tahun ini menjadi yang paling beda, karena diharapkan tahun ini akan menjadi Ramadan yang terus memberikan kebermanfaat yang luas.

Maka dari itu, Dompet Dhuafa pada dasarnya memiliki dua program utama, yaitu:
  1. Program-program yang sifatnya mengurangi beban belanja masyarakat di saat ramadan dengan skema-skema bantuan langsung, seperti: Berbagi Buka Puasa Bersama, Borong Usaha UMKM, Parcel Ramadan, Peduli Yatim, Food for Dhuafa, Tebar Zakat Fitrah dan Peduli Palestina, dan lain sebagainya.
  2. Program-program yang bersifat unggulan, salah satu contohnya dengan meluncurkan Madaya Cafe, yaitu cafe yang kopinya memiliki keberpihakan kepada petani kopi mitra-mitra binaan Dompet Dhuafa
Bapak Yayat Supriyatna - Sekretaris Yayasan Dompet Dhuafa

Selain itu, dalam kesempatan ini, Bapak Yayat Supriyatna selaku Sekretaris Yayasan Dompet Dhuafa Republika menyampaikan bahwa Ramadan telah ada di depan mata, dan biasanya menyambut kehadiran bulan suci ini akan ada 2 golongan, yaitu golongan yang biasa-biasa saja, tidak terlalu antusias, sedangkan golongan yang satunya lagi sangat antusias dan gembira. Dompet Dhuafa termasuk kelompok yang kedua.

Maka dari itu, terselenggaranya acara tarhib ini merupakan salah satu wujud dari bagaimana Dompet Dhuafa menyambut bulan suci Ramadan ini dengan kegembiraan, dengan semangat. Apalagi saat ini, suasananya juga sudah semakin kondusif, setelah dua tahun kita menghadapi situasi pandemi yang begitu berat.

Dan Bapak Yayat berharap momentum bulan Ramadan ini bisa mndorong teman-teman di Dompet Dhuafa untuk mewujudkan program-programnya bisa berjalan maksimal dan tercapai, sehingga nanti bisa #JadiManfaat bagi masyarakat luas, terutama bagi mereka yang benar-benar membutuhkan.

Beberapa keseruan di acara Tarhib Ramadan Dompet Dhuafa

Selain itu, dalam acara Tarhib Ramadan ini bukan hanya dibuka dengan lantunan ayat suci dan doa bersama yang begitu hikmat, namun dalam acara ini digelar juga berbagai kegiatan seru lainnya yang sangat bermanfaat bagi para undangan yang hadir, yaitu ada Aksi Layanan Sehat dari Layanan Kesehatan Cuma-cuma Dompet Dhuafa yang memberikan layanan pemeriksaan tensi dan gula darah gratis.

Dan acara Tarhib Ramadan 1443 H ini pun semakin meriah karena menghadirkan berbagai acara hiburan di sela-sela acara seperti permainan tradisional pencak silat, ada hiburan nasidaria, dan juga ada persembahan musik dari group band J-Rocks sehingga acara berlangsung seru namun juga menghibur.



Sarasehan #JadiManfaat Dengan Dompet Dhuafa

Selain itu, pada acara Tarhib Ramadan ini ada juga sarasehan (talkshow) dengan tema “Jadi Manfaat dengan Dompet Dhuafa” yang menghadirkan para narasumber, yaitu ada Bapak Bambang Suherman (Direktur Komunikasi dan Aliansi Stratgis Dompet Dhuafa), Bapak Agung Lesmana (Head of Sharia Business Development & Business Solution Jago Syariah), Bapak Haryo Mojopahit (Chief Disaster Management Center Dompet Dhuafa), Mas Iman J-Rocks (musisi) dan ada juga Pak Ust. Erick Yusuf serta dipandu oleh Mba Mega Novelia sebagai moderatornya.

Sarasehan 30 Hari Ramadan #JadiManfaat bersama Dompet Dhuafa

Dalam kesempatan ini, Bapak Bambang Suherman mengungapkan bahwa Dompet Dhuafa mengajak seluruh umat Islam, terutama di Indonesia untuk mengingat kembali semua kenangan bahagianya dengan bulan Ramadan selama ini, sekaligus mengingatkan bahwa Ramadan itu merupakan momentum bahagia kita semua, jangan sampai kita melalaikannya supaya 30 hari Ramadan semuanya bisa jadi manfaat.

Dan agar bisa menciptakan 30 Hari Ramadan #JadiManfaat, kini Dompet Dhuafa sudah menyiapkan banyak sekali cara berpartisipasi, mulai dari ikut mengingatkan kebahagiaan dan manfaat Ramadan kepada masyarakat, serta ikut terlibat dalam memberikan manfaat berupa bantuan langsung untuk kebutuhan-kebutuhan masyarakat selama Ramadan ini.

Namun untuk bisa memaksimalkan #JadiManfaat ini, maka pada Ramadan ini diharapkan ada kolaborasi dan partisipasi dari berbagai pihak untuk sama-sama mengelola manfaat Ramadan bagi masyarakat sesuai dengan keahlian masing-masing, karena masalah di indonesia ini adalah masalah kita bersama.

Nah, berbicara tentang kolaborasi dan kerjasama, Bapak Agung Lesmana dari Jago Syariah yang merupakan usaha syariah di Bank Jago ini menjelaskan bahwa saat ini sedang berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa melalui aplikasi Jago Syariah.

Diaman melalui aplikasi Jago Syariah ini, kita bisa melakukan berbagai hal yang bermanfaat seperti donasi, sedekah, zakat, dan lain sebagainya. Dan nantinya semua itu akan disalurkan melalui Dompet Dhuafa yang akan mendistribusikannya lagi ke masyarakat yang membutuhkan.

Para narasumber dan moderator acara sarasehan #JadiManfaat bersama Dompet Dhuafa

Sedangkan di sisi lain, #JadiManfaat bukan hanya berupa materi saja, namun bisa juga dengan memberikan tenaga dan pikiran sehingga jadi manfaat yang luar biasa bagi masyarakat, apalagi di saat terjadi bencana. Hal itu juga yang disampaikan oleh Bapak Haryo Mojopahit bahwa jadi manfaat saat bencana itu memiliki peran penting.

Terutama pada saat tanggap darurat bencana, karena targetnya adalah bagaimana caranya agar bisa menyelawatkan jiwa sebanyak-banyaknya. Begitu juga pada fase pemulihan, dimana kita berperan untuk membantu masyarakat agar cepat bangkit dan bisa menjalani kehidupan yang normal kembali.


Hal senada juga yang disampaikan oleh Mas Iman J-Rocks, bahwa bagi para musisi pun tetap bisa #JadiManfaat bagi sesama, karena pada dasarnya musik itu hiburan, yang bukan hanya menghibur, tapi juga bisa jadi media siraman rohani, karena kita bisa menyampaikan pesan, semangat dan berbagai hal yang bermanfaat lainnya.

Selain itu, Bapak Ust. Erick Yusuf juga menyampaikan bahwa sejatinya manusia hadir di muka bumi ini sebagai khalifah yang mengurus bumi dan seisinya. Untuk itu, diharapkan kita semua bisa menjaga dan menjadi manfaat yang seluas-luasnya bagi alam dan juga manusia.

Sebab, sekecil apapun hal baik yang kita lakukan, apalagi di bulan Ramadan ini, maka pahalanya bisa berlipat ganda. Maka dari itu, mari kita memanfaatkan Bulan Suci Ramadan untuk memperbanyak melakukan kebaikan dengan meluruskan niat semata karena Allah SWT.

Sekali lagi perlu kita ingat baik-baik, bahwa bulan Ramadan adalah waktu paling tepat untuk berbagi kebaikan, karena nilai pahalanya berlipat-lipat. Maka mari kita semua memaksimalkan kehadiran 30 hari Ramadan #JadiManfaat.



No comments:

Post a Comment