Scale Up Your Skill Bersama BloggerDay 2022


Dulu pada awal tahun 2009, tidak pernah terlintas di pikiran saya, bila kegemaran saya menulis blog yang dimulai saat itu, bisa menjadi pekerjaan utama saya saat ini, sebab sedari awal menggelutinya, menulis blog hanya sebatas hobi di waktu luang untuk meluapkan segala keresahan hati dan pikiran semata.

Di sela kesibukan pekerjaan kantoran, di celah tumpukan deadline laporan, di antara jejak kisah hidup yang terasa tak selalu menyenangkan, maka menulis blog menjadi ruang paling nyaman untuk menumpahkan segala keluh, berbagi cerita yang tak pernah mampu untuk dituturkan secara langsung pada orang lain.

Ya, begitulah pada awalnya, menulis blog tak lebih dari sekadar curhat (curahan hati) semata, namun seiring berjalannya waktu, dengan keinginan untuk terus belajar, siapa yang menyangka, hobi menulis blog itu telah membawa langkah saya pada banyak keajaiban yang luar biasa, keberkahan yang tak pernah henti saya syukuri hingga saat ini, sebab bukan hanya materi yang bisa saya raih, namun lebih dari itu.

Dan saya sangat menyadari, untuk bisa sampai di titik ini, agar bisa melangkah sejauh ini, tentu saja bukanlah semata karena saya yang hebat, namun semua itu tak lepas dari dukungan pihak lain, salah satunya adalah Bloggercrony Community (BCC).


BCC Memberikan Jejak Rasa Yang Indah

Dulu awal-awal ngeblog, saya tidak tahu jika ada yang namanya komunitas blogger, namun seiring berjalannya waktu, setelah saya berkenalan dengan teman-teman blogger yang lain, maka saya akhirnya mengetahui, jika di Indonesia ini banyak komunitas blogger, salah satunya Komunitas Bloggercrony atau Bloggercrony Community (BCC) ini.

Dan selama saya ngeblog hingga saat ini, banyak komunitas blogger yang dulunya sangat hidup, namun seiring berjalannya waktu, komunitas blogger tersebut perlahan berguguran satu per satu, dan saya pun tidak tahu jelas kenapa akhirnya mereka memutuskan tidak lagi aktif dan kemudian bubar.


Makanya, saya pribadi sangat bangga dengan Komunitas Bloggercrony Indonesia yang bisa bertahan sejauh ini. Dan kemarin pada tanggal 24 Februari 2022, Bloggercrony Community tercinta ini telah memasuki usia yang ke-7 tahun, tentu ini pencapaian yang sungguh luar biasa.

Kita tahu, jika dilihat secara angka, usia tujuh tahun serasa masih anak-anak, namun perjalanan tujuh tahun buat sebuah komunitas itu tentu bukanlah waktu yang sebentar, dan pastinya untuk bisa sampai pada tahap ini, saya yakin bukanlah hal yang mudah, apalagi Komunitas Bloggercrony ini adalah rumah bagi banyak blogger yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Maka dari itu, perjalanan tujuh tahun BCC ini, tentu telah banyak warna yang menyertainya, dan tak sedikit kisah yang terangkai di dalamnya, namun di sini saya bisa melihat dan juga merasakan, bahwa memang ada keseriusan di komunitas ini, sehingga bisa membuatnya tetap melaju untuk terus membentangkan jejak rasa yang mengagumkan hingga saat ini.

Komunitas yang didirikan oleh sepasang suami istri ini, yaitu Mba Wardah Fajri atau yang akrab disapa Mba Wawa (Founder BCC) dan Mas Santo Rachmawan atau akrab disapa Mas Satto Raji (Co-Founder BCC) ini, sedari awal memang memiliki komitmen dan tujuan yang sangat luhur, ingin menjadikan komunitas ini sebagai tempat berkarya, berbagi dan saling belajar untuk meningkatkan kapabilitas menjadi blogger yang profesional.

Mba Wawa dan Mas Satto ini merupakan sepasang suami istri yang mendirikan Bloggercrony Community (BCC)

Sejalan dengan itu, keseriusan Mba Wawa dan Mas Satto untuk memajukan komunitas Bloggercrony ini dibuktikan dengan telah mendaftarkan komunitas ini untuk memiliki akta notaris sebagai organisasi yang berbadan hukum, sehingga komunitas ini bukanlah sekadar komunitas biasa, namun komunitas ini punya dasar yang kuat dan tujuan yang jelas untuk memajukan blogger Indonesia.

Hal itulah yang membuat saya semakin bangga dan merasa nyaman berada di komunitas yang mengusung slogan "Blogging - Networking - Empowering" ini, apalagi komunitas ini bukan hanya membuat saya jadi punya banyak teman dari berbagai daerah, namun dari komunitas ini saya juga bisa belajar banyak hal untuk mengembangkan potensi diri melalui berbagai program yang digagasnya.

Dan tidak bisa saya pungkiri, dari Komunitas Bloggercrony ini juga saya bisa mendapatkan berbagai pekerjaan yang memungkinkan saya bisa mendapatkan uang, aneka produk, bertemu dengan orang-orang hebat, datang ke tempat-tempat bagus, menikmati aneka makanan enak, dan berbagai pengalaman seru lainnya.

Untuk itu, tidak lagi terhitung entah sudah berapa banyak kenangan manis yang saya rajut bersama Komunitas Bloggercrony ini. Namun yang jelas, semua perjalanan yang telah dilewati sejauh ini, semua itu meninggalkan jejak rasa yang sangat indah dalam perjalanan karir saya sebagai blogger hingga saat ini. Terima kasih banyak Bloggercrony. :)


Bloggercrony Hadirkan Pengalaman Berkesan Melalui Beragam Kegiatannya

Saya sangat menyadari, bahwa dalam kegiatan saya ngeblog tidak selalu berjalan mulus, kerap kali terkendala oleh banyak sebab, salah satunya disebabkan rasa jenuh yang kerap kali hadir, sehingga membuat saya menjadi sangat malas untuk menulis blog.

Hal itu sering kali saya alami, namun biasanya tidak berlangsung lama, terlebih setelah melihat teman-teman lain di komunitas ini begitu semangat dan antusias tetap ngeblog, maka saya pun jadi bersemangat untuk bangkit dan kembali ngeblog lagi.

Dan itulah salah satu manfaat lain yang saya rasakan ketika bergabung dalam sebuah Komunitas Bloggercrony ini, mampu menularkan energi positif dan memberikan semangat untuk terus bangkit, serta memberikan ruang untuk terus mengasah kemampuan diri supaya semakin maju.

Hal ini tercermin juga dari beragam program yang diadakan oleh Bloggercrony untuk mendukung para BCC Squad (Sebutan untung anggota BCC) agar terus aktif berkarya dan juga berbagi, yaitu:
  • BloggerHangout yaitu sebuah program yang memberikan workshop gratis dengan beragam tema yang relevan untuk meningkatkan kapabilitas para blogger, supaya para anggota BCC Squad bisa terus memaksimalkan potensi dirinya untuk berpacu mengikuti perkembangan zaman yang ada saat ini.
  • BloggerCare yaitu kegiatan sosial menggalang dana untuk membantu sesama, seperti ketika ada musibah atau bencana alam yang terjadi, sehingga diharapkan bantuan tersebut dapat meringankan beban dari saudara kita (baik itu anggota BCC Squad atau masyarakat umum) yang sedang tertimpa musibah.
  • BloggerPreuner merupakan sebuah program yang digagas khusus untuk mendukung kemajuan usaha/UMKM milik teman-teman blogger, sehingga usaha tersebut bisa semakin berkembang dan maju lagi.
  • BloggerView adalah program aktivasi digital melalui skema partnership yang memungkinkan blogger bisa mendapatkan penghasilan dari kerjasama yang ada.
Selain memiliki program utama tersebut di atas, Bloggercrony Community ini juga memiliki sederet kegiatan rutin yang dilakukan secara terjadwal setiap harinya bagi para BCC Squad, yaitu:
  • #Monday2Follow yaitu kegiatan saling follow akun twitter di setiap hari Senin yang diinfokan pada akun twitter @bloggercrony
  • #BWTuesday yaitu kegiatan untuk saling blogwalking secara sehat antara sesama blogger yang dilakukan di WA Group setiap hari Selasa.
  • #W60 yaitu kegiatan mempromosikan akun instagram blogger di group facebook setiap hari Rabu.
  • #InspirasiKamis yaitu kegiatan mempromosikan konten blog organik di Fancpage Bloggercrony Community pada setiap Kamis.
  • #SundayVlog yaitu kegiatan saling vlogwalking di group facebook pada hari Jumat.
  • #MarketDay yaitu kegiatan jual beli produk lokal usaha teman-teman blogger pada hari Sabtu.
  • #Updateblog yaitu kegiatan rutin setiap hari untuk share link artikel para blogger di group facebook.
Dan jujur, melalui berbagai program yang diadakan oleh Bloggercrony Community di atas, tentu saja semuanya sangat berguna bagi BCC Squad, karena dari program-program tersebut, banyak sekali memberikan manfaat, bukan hanya diajarkan bagaimana untuk membangun skill dalam meningkatkan kemampuan diri saja, namun kita juga diasah jiwa enterpreunernya untuk terus berkarya, serta kepekaannya untuk saling peduli dengan sesama.

Nah, ngomongin tentang peduli dengan sesama ini, Bloggercrony menjadi salah satu komunitas blogger yang sangat perhatian pada anggotanya menurut saya. Hal ini saya rasakan sendiri saat saya terpapar virus Covid-19 pada pertengahan tahun 2021 lalu, dimana pendapatan saya benar-benar berkurang karena minimnya pekerjaan karena pandemi, ditambah lagi kondisi sakit yang memaksa saya tidak bisa bekerja maksimal hampir sebulan pada saat itu, namun Alhamdulillah saya pun termasuk anggota BCC Squad yang mendapatkan bantuan dari kegiatan BloggerCare waktu itu.

Jujur rasanya sangat terharu sekali mendapatkan bantuan tersebut, dan percayalah itu sangat berkesan bagi saya, karena bantuan tersebut bukan hanya semata untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup saya, namun dari bantuan tersebut saya bisa merasakan adanya perhatian yang tulus, empati yang dalam, dan rasa kekeluargaan yang hangat. Terima kasih banyak Komunitas Bloggercrony dan semua anggota BCC Squad, semoga kebaikan kalian dibalas oleh Allah dengan pahala yang berlimpah. Aamiin...

Ini beberapa kegiatan atau event saya bersama Bloggercrony Community (BCC)

Selain itu, yang juga sangat menarik dan berkesan dari Komunitas Bloggercrony ini adalah bisa memberikan job (project) bagi anggotanya melalui kerjasama dengan berbagai brand yang difasilitasi oleh BCC, sehingga para anggotanya bisa mendapatkan penghasilan melalui blog dan sosial media yang dimilikinya.

Dan Alhamdulillah, sejauh ini saya pun sudah sering menerima berbagai project dari Komunitas Bloggercrony ini, sehingga bisa membantu saya untuk mendapatkan penghasilan yang berguna  untuk membiayai kehidupan saya, dan saya berdoa semoga Bloggercrony ke depannya semakin banyak projectnya untuk para BCC Squad. Aamiin...

Nah, terkait kerjasama dalam pemberian job ini, saya paling suka cara kerja Bloggercrony ini, karena pada setiap project yang dilaksanakannya, BCC selalu memberikan briefing yang mendetail di awal, termasuk penjelasan hak dan kewajiban yang sangat jelas, sehingga sangat memudahkan kita mengerjakan project tersebut, serta proses pembayaran setiap project-nya pun selalu cepat dan tepat waktu.

Untuk itu, tidak bisa saya pungkiri, bahwa saya merasa sangat nyaman bergabung dalam Komunitas Bloggercrony ini, karena komunitas ini mampu menjadi wadah inspirasi, ruang belajar, tempat berbagi dan juga sumber semangat untuk terus berkarya.


Meski Digelar Virtual, BloggerDay 2022 Tetap Seru!

Selain memiliki program rutin yang begitu menarik seperti yang saya ceritakan di atas, Bloggercrony juga memiliki kegiatan yang sangat berkesan lainnya yaitu BloggerDay. Dimana kegiatan BloggerDay ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Bloggercrony Community dalam rangka merayakan setiap bertambah usianya komunitas yang lahir pada tanggal 24 Februari 2015 silam ini. 

Dan saya pribadi pertama kali mengikuti kegiatan BloggerDay yaitu pada tahun 2019 yang lalu, dimana acara BloggerDay ini diselenggarakan di Kota Bandung waktu itu. Jujur saat mengikuti kegiatan ini saya merasa sangat berkesan, karena meninggalkan kenangan manis yang begitu membekas dalam hati saya hingga saat ini.

Rangkaian acara BloggerDay2019 ini jujur sangat seru, ada banyak ilmu, pengalaman, hiburan dan juga hadiah yang beragam waktu itu. Dan pastinya, ajang BloggerDay2019 ini sangat berkesan karena mampu mempertemukan saya dengan sekitar 100 blogger dari berbagai kota di Indonesia secara langsung. Nah, untuk teman-teman yang penasaran seperti apa keseruan BloggerDay2019 waktu itu bisa baca ceritanya di sini ya.

Keseruan acara BloggerDay 2019 yang sangat berkesan

Namun karena pandemi yang datang di awal tahun 2020, maka sejak saat itu pula kegiatan BloggerDay berlangsung secara virtual hingga sekarang ini. Meskipun begitu, sukacitanya tetap terasa mengasyikan, karena setiap gelaran BloggerDay selalu dikemas dengan begitu apik.

Begitu juga dengan perhelatan BloggerDay tahun 2022 yang digelar pada tanggal 27 Februari yang lalu, meskipun masih diselenggarakan dengan konsep virtual karena situasi pandemi yang masih berlangsung, namun acara #BloggerDay2022 yang mengusung tema Scale Up Your Skill ini tetap mampu menyuguhkan acara yang sangat seru dipandu oleh Mba Febria Silaen sebagai MC-nya. 

Bukan hanya karena banyak bertabur hadiah dari awal hingga akhir acara, namun acara BloggerDay 2022 juga ini membuka networking dan juga menyambung tali silaturahmi, serta memberikan kesempatan untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman baru melalui BloggerHangout, yaitu workshop gratis dengan beragam topik yang menarik agar para BCC Squad bisa terus menggali kemampuan dirinya sesuai tema #ScaleUpYourSkill pada BloggerDay2022 ini.

BloggerDay Tahun 2022 ini mengangkat tema #ScaleUpYourSkill 


Untuk kegiatan BloggerHangout ini berisikan workshop yang dibagi dalam tiga sesi acara dengan topik dan narasumber yang berbeda-beda. Dimana kehadiran #BloggerHangout dalam rangkaian acara ini bertujuan untuk mengajak para BCC Squad untuk terus semangat menimba ilmu dan pengalaman, agar tidak terus berada di zona nyaman dan merasa puas diri padahal masih banyak tantangan yang harus kita hadapi.

Dan berikut ini, saya menuliskan kembali informasi yang dibahas oleh para narasumber dalam workshop ini, agar informasi tersebut bisa jadi pembelajaran bagi kita bersama, terlebih bagi saya pribadi dan mungkin bagi teman-teman yang kemarin tidak sempat mengikuti acara BloggerDay 2022 ya.


Dunia Digital: Metaverse & Kejahatan Berbahasa?

Workshop pertama dibuka dengan membahas topik yang bertajuk “Dunia Digital: Metaverse & Kejahatan Berbahasa?” dengan narasumber Mas Anwari Natari (Editor dan Dosen Bahasa Indonesia) dan Mas Tuhu Nugraha (Digital Business Consultant & Trainer) yang dipandu oleh Mas Akbar Muhibar sebagai moderatornya.


Pada kesempatan ini Mas Tuhu menjelaskan bahwa perkembangan teknologi digital terus berkembang pesat, dan kini dunia metaverse sudah mulai hadir dalam kehidupan kita, yaitu bagaiman teknologi Augmented Reality (AR) memungkinkan kita bisa berinteraksi dengan orang lain secara virtual dengan konsep yang dibuat semirip mungkin dengan dunia nyata.

Jadi, metaverse ini bisa dibilang merupakan simulasi dari dunia nyata manusia yang diimplementasikan ke dalam dunia maya atau internet, sehingga menciptakan kehidupan baru yang hampir tidak bisa dibedakan antara dunia nyata dan virtual.

Dan nantinya, di dalam metaverse ini, kita sebagai penggunanya akan membuat avatar 3D yang bisa kita sesuaikan dengan keinginan kita sendiri, dimana avatar ini bisa menjadi replika atau gambaran dari penggunanya dalam bentuk animasi 3D yang akan digunakan di dunia metaverse tersebut.

Menariknya, dalam metaverse ini, kita sebagai pengguna bisa melakukan beragam kegiatan layaknya di dunia nyata, seperti bekerja, bermain, belajar, berbelanja, berkumpul dengan teman-teman, meeting, mengadakan beragam kegiatan, melakukan jual-beli, dan berbagai kegiatan lainnya.

“Dalam dunia metaverse ini, semua seperti layaknya dunia nyata, bahkan kita bisa saling berinteraksi dengan pengguna lainnya dari berbagai negara mana pun tanpa batas. Kita dapat berkolaborasi dengan siapa saja tanpa terkendala jarak dan bahasa, karena di sini sudah ada tools yang bisa menjembatani semua kendala tersebut.” Ujar Mas Tuhu.

Dengan melihat hal ini, tentu kita sebagai pemain digital bisa menilai, mungkin ini adalah peluang sekaligus tantangan atau bisa juga sebagai ancaman. Namun seperti yang diungkapkan Mas Anwari Natari bahwa metaverse akan jadi keniscayaan yang hadirnya tidak bisa dielakkan lagi.

Meski begitu kita tidak perlu takut dengan hal tersebut, karena perubahan itu pasti terjadi dan kita harus mengikuti perkembangan zaman. Untuk itu, kita harus tetap mempelajari seperti apa peluang dan dampaknya supaya bisa lebih siaga nantinya. Dan yang jelas, jika kita tidak mengikuti perkembangan ini, salah satu konsekuensinya adalah kita akan ketinggalan informasi.

Untuk itu kita tidak perlu takut dengan adanya teknologi, termasuk munculnya metaverse ini, karena semua itu bisa menjadi baik atau buruk tergantung pada kita sendiri, apakah kita melihat hal ini sebagai peluang atau justru sebagai ancaman. 

Namun, perlu diingat, bahwa meskipun dunia metaverse menawarkan kebebasan, namun kita harus bijak menggunakannya, punya adab yang baik, selalu hati-hati, karena rekam jejak di dunia digital tidak bisa hilang, kesalahan menggunakan kata-kata pun bisa menjadi sebuah kejahatan berbahasa, apalagi ditambah dengan ekspresi, gestur, mimik yang bisa mendukung kalimat tersebut, maka kalimat-kalimat yang diperkuat oleh body language yang salah bisa bernilai kejahatan nantinya.

Maka dari itu, untuk menyikapi hadirnya metaverse ini, maka Mas Tuhu dan Mas Anwari memberikan beberapa pesan seperti berikut ini:
  • Kehadiran metaverse bisa memberi banyak peluang, maka kita harus banyak belajar dan membuka diri, supaya wawasan kita semakin luas dan kita tidak tergilas oleh perkembangan arus informasi dan teknologi yang ada.
  • Gali terus potensi yang dimiliki supaya tetap bisa menjadi pribadi yang kreatif dan produktif supaya bisa berkontribusi lebih, bukan hanya jadi penonton namun bisa menjadi pemain dalam dunia metaverse.
  • Meskipun dunia metaverse ini tampak memberikan banyak hal menarik, namun kita harus disiplin dan mengingat waktu ketika bermain di metaverse, sebab kita adalah mahluk sosial yang tetap harus hidup di dunia nyata.
  • Tetap harus punya navigasi diri yang selalu mengedepankan adab, etika, norma, dan sopan santun baik di dunia nyata maupun di dunia metaverse.
  • Dalam dunia digital, kita harus selalu hati-hati, karena jejak di dunia digital itu tidak bisa hilang, maka kita harus tetap bijak menggunakannya, kesalahan menggunakan kata-kata pun bisa menjadi sebuah kejahatan berbahasa.
Jadi, meskipun dunia metaverse itu menawarkan kebebasan, namun kita tetap harus punya kontrol diri, kepribadian yang baik dan selalu bijak menggunakan kecanggihan teknologi yang ada untuk membawa banyak perubahan yang positif, baik untuk diri kita sendiri maupun bagi banyak orang.


Blogging: Organik VS Monetisasi

Setelah selesai mengupas seputar metaverse, maka pada workshop kedua #ScaleUpYourSkill ini kita membahas topik dengan tema “Blogging: Organik VS Monetisasi” untuk semakin meningkatkan pemahaman kita tentang dunia blogging dengan menghadirkan narasumber Mas Eddy Prayitno atau yang lebih dikenal dengan Mas Matahari Timoer (Blogger & Content Creator), Mas Joe Candra P. (Blogger & CEO of Seven Creative Media) dan dipandu oleh Mas Fawwaz Ibrahim sebagai moderatornya.


Dimana pada sesi kedua ini, kita diajak untuk menggali lebih dalam seperti apa perspektif menjadi blogger organik dan blogger monetisasi, yang mana keduanya tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Seperti yang diungkapkan oleh Mas Joe yang merupakan blogger yang memonetisasi blognya, bahwa menjadi blogger itu kita harus punya jati diri, dan cara untuk mencari jadi diri ini hadir dari kebiasaan kita rajin menulis pengalaman, dan tulisan tersebut dibagikan ke media sosial ataupun ke teman-teman, dan bisa juga dengan rajin ikut lomba blog. Pada intinya, kita harus banyak berlatih.

Dan lebih lanjut Mas Joe menuturkan bahwa untuk melakukan monetisasi blog itu ada banyak caranya, seperti mendaftar Google AdSense, menerima sponsored post (review produk), mengikuti blog competition, menjual produk, ataupun mengikuti affiliate marketing.

Menariknya, dengan kita melakukan monetisasi blog ini, maka kita pun bisa mendapatkan berbagai keuntungan, bukan hanya bisa mendapatkan materi saja, namun kita pun bisa mendapatkan manfaat lain yang sangat beragam.

Hal ini juga yang diakui oleh Mas Joe bahwa “Dengan memonetisasi blog ada banyak pengalaman menarik, mulai dari mendapatkan klien asing, jadi paham tentang manajemen finansial, bisa jalan-jalan gratis, lebih paham tentang brand karena menjadi garda terdepan yang mendapatkan informasi produk terlebih dahulu, bisa mendapatkan produk secara gratis, dan lebih dikenal masyarakat luas.”

Beberapa manfaat dari monetisasi blog

Sedangkan di sisi lain, Mas Matahari Timoer atau yang biasa disapa juga dengan Mas MT menyampaikan bahwa keinginannya menulis blog adalah untuk tetap waras, sekaligus sebagai pelampiasan perasaan dan pikiran atas apa yang terjadi di sekitarnya, terlebih tentang kebijakan negara dan isu sosial politik.

Untuk itu, Mas MT menilai bahwa tulisan dengan tema tersebut akan sulit dilakukan monetisasi, karena ketika ia menulis, tidak ingin ditunggangi oleh kepentingan partai politik manapun, karena ia ingin bebas mengekspresikan segala hal yang ada sesuai kenyataan melalui tulisan-tulisannya.

Meskipun blognya organik dan tidak melakukan monetisasi, bukan berarti ia tidak bisa mendapatkan penghasilan dari blognya. Bahkan berkat tulisannya yang selalu kritis dangan kekuatan story telling yang dimilikinya, maka Mas MT pun tetap bisa mendapatkan penghasilan, salah satu contohnya yaitu tulisan-tulisannya pernah dijadikan novel oleh salah satu penerbit buku loh.

Dan Mas MT menilai, bahwa menulis itu menyangkut personal branding, reputasi dan juga komitmen. Untuk itu ia menuturkan bahwa meskipun uang itu penting, tapi jangan sampai kita menghancurkan reputasi dan komitmen yang telah kita bangun.

Namun baik blog yang organik ataupun dimonetisasi keduanya harus bisa melayani dan memberikan manfaat bagi yang membacanya. Untuk itu, ada beberapa tips yang diberikan oleh Mas Joe dan Mas MT agar tulisan kita semakin bermakna, yaitu:
  • Kenali potensi diri dan potensi lingkungan di sekitar untuk dikembangkan demi kebaikan bersama.
  • Biasakan menulis dari sudut pandang yang berbeda meskipun ada brief supaya tulisan lebih berkarakter dan mempunyai kesan yang unik.
  • Jangan takut untuk belajar dari kritikan atau komen orang lain di blog kita, sikapi hal tersebut sebagai masukan yang membangun.
  • Biasakan menulis dengan gaya bahasa yang baik dan benar, mudah dimengerti, sesuai dengan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia), dan tidak typo.
  • Terus kembangkan potensi yang dimiliki dengan meningkatkan kemampuan menulis, kemampuan desain, kemampuan digital marketing, kemampuan sosialisasi, kemampuan psikologis dan juga kemampuan SEO (Search engine optimization).
Jadi pada intinya, kita tidak boleh merasa cepat puas diri dengan potensi yang sudah kita miliki, namun kita harus tetap mengasah kemampuan yang kita miliki dengan terus mau belajar, karena dimana ada kemauan untuk maju di situ pasti akan ada jalannya.


Gali Potensi, Jadi Pribadi Terbaikmu

Dan ngomongin tentang menggali potensi diri, hal ini juga yang dikupas pada workshop sesi ketiga dengan topik yang membahas tema “Bisa Yuk! Gali Potensi Jadi Pribadi Terbaikmu” bersama narasumbernya Mba Tsurayya Syarif Zain (Praktisi Psikologi Pendidikan, Founder Alfalah.ed & Sayanganak.id) yang dipandu oleh Mba Anesa Nisa sebagai moderatornya.


Dalam menggali potensi diri ini, minat dan bakat menjadi faktor penting yang harus kita pahami. Dimana dijelaskan oleh Mba Tsurayya dengan mengutip uraian dari Elizabeth Hurlock bahwa minat merupakan sumber motivasi yang mendorong seseorang untuk melakukan apa yang diinginkan saat diberi kesempatan memilih. Dan menurut Howard Gardner, bakat merupakan potensi dasar yang sudah dimiliki seseorang sejak lahir dan dapat semakin berkembang bila terus dilatih.

Lebih lanjut Mba Tsurayya menjelaskan bahwa untuk membentuk minat dalam diri seseorang biasanya dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu faktor internal (seperti orang yang suka baca cenderung punya keingintahuan yang tinggi), faktor sosial (dorongan positif dari orang sekitar), dan faktor emosional (pengalaman yang melekat).

Dan ternyata, ada 6 tipe kepribadian yang bisa menggambarkan apa yang menjadi minat dalam diri seseorang, yaitu:
  1. Realistic merupakan kepribadian yang umumnya suka bekerja dengan objek yang konkrit, pribadi yang praktis, mekanis dan realistis. Tipe ini juga cenderung lebih suka sendiri atau bersama dengan orang yang bertipe sama.
  2. Investigative merupakan kepribadian yang gemar berpikir dan pandai memecahkan masalah, menggunakan logika, menyukai misteri atau teka-teki, memusatkan diri pada ilmu pengetahuan, teliti, kritis, dan sangat detail.
  3. Artistic merupakan kepribadian yang ekspresif, orisinal, dan Independen. Tipe ini biasanya suka melakukan aktivitas seni, drama, keterampilan tangan, dan sastra, tetapi tidak suka dengan aktivitas yang sama setiap harinya.
  4. Social merupakan kepribadian yang dapat berkomunikasi dengan baik, suka bekerja dengan orang lain terutama untuk urusan pelayanan. Tipe ini adalah pribadi yang suka menolong, bersahabat dan bisa dipercaya.
  5. Enterprising merupakan kepribadian yang pintar memimpin, membujuk orang untuk percaya, tipe ini biasanya selalu enerjik, ambisius, dan bisa bekerjasama dengan siapa saja.
  6. Conventional merupakan kepribadian yang suka bekerja secara sistematis, teratur, sesuai instruksi dengan pola kerja yang tidak berubah. Tipe ini biasanya dapat bekerja dengan siapa saja asalkan pembagian kerjanya jelas.
Selain dengan memahami tipe kepribadian yang sesuai dengan minat kita di atas, ternyata ada beberapa cara juga yang bisa kita lakukan untuk mengetahui bidang apa yang kita minati beberapa tahun ke depan, yaitu dengan cara: 
  • Memperbanyak aktivitas terkait minat tersebut.
  • Realistis dengan kemampuan yang kita miliki.
  • Cari dan pelajari tentang informasi karir yang kita impikan (misalnya: apa syaratnya, role model, proses pencapaian, dll).
  • Cari pengalaman pada bidang yang kita minati sejak dini.
Namun, perlu kita juga pahami, bahwa meskipun kita sudah menjalankan profesi yang sesuai dengan minat dan kepribadian kita, ada kalanya kita akan tetap merasa sulit untuk berkembang maju, dimana hal ini dipengaruhi oleh mindset kita yang salah.

Tipe mindset manusia ada dua, yaitu Growth Mindset dan Fixed Mindset  

Dimana menurut Mba Tsurayya bahwa tipe mindset kita ini ada dua, yaitu tipe growth mindset yang merupakan tipe yang selalu melihat situasi sulit menjadi sebuah tantangan, sedangkan tipe lainnya adalah tipe fixed mindset yang selalu berpikir bahwa situasi sulit tidak akan dapat diubah bagaimanapun caranya.

Untuk itu, supaya kita bisa terus berkembang dengan minat dan potensi yang kita miliki, maka kita juga harus memiliki growth mindset agar mudah menyikapi perubahan yang pasti terjadi secara alami, dan tidak mudah menyerah ketika menghadapi tantangan, serta supaya tetap selalu termotivasi untuk terus berusaha, berkreativitas dan berdedikasi dengan sungguh-sungguh untuk mencapai kesuksesan.

Dari rangkaian tiga workshop dengan para narasumber hebat ini, saya pribadi jadi banyak belajar, bisa mendapatkan ilmu dan informasi baru yang tentunya sangat berguna bagi saya, serta dapat suntikan semangat dan juga motivasi untuk terus memaksimalkan potensi diri yang dimiliki, agar bisa terus berkembang di era yang semakin canggih ini. 

Terima Kasih & Sampai Jumpa di BloggerDay 2023

Tidak terasa waktu berjalan cepat dari pagi hingga menjelang sore, begitu banyak rangkaian acara pada gelaran #7thBloggercrony ini, jujur saya sangat salut atas terselenggaranya acara #BloggerDay2022 yang berjalan lancar dari awal hingga akhir acara.

Inilah para pengurus BCC dan panitia BloggerDay 2022

Untuk itu saya pun menghaturkan terima kasih banyak kepada Komunitas Bloggercrony Indonesia, seluruh panitia acara BloggerDay 2022, para narasumber, MC, Moderator, dan juga teman-teman BloggerPreuner serta para sponsor yang telah bekerja keras dan mendukung acara ini sehingga bisa berjalan sukses, yaitu:
  • Cera Production (IG: @ceraproduction)
  • Hotel Aston Priority Simatupang (IG: @astonsimatupang)
  • Mangrove Jakarta Community (IG: @mangrovejakarta.id)
  • ID Cloud Host (IG: @idcloudhost)
  • Katalensaku (IG: @katalensaku.photoworks)
  • Gyoza Halal Ramen Udon (IG: @alagyoza.id)
  • Digiefood – Baking & Cooking (IG: @digiefood.id)
  • Laluna Home Kitchen (IG: @lalunakitchen.co)
  • Nyipedesouvenir – Booksleeve, souvenir katun & kanvas (IG: @nyipedesouvenir)
Terima kasih juga buat Kang Uwan Urwan dan Mba Melysa Luthia yang sudah menghibur dengan suara merdunya di sela-sela acara sehingga bikin suasana acara BloggerDay 2022 terasa makin meriah. Dan selamat juga buat Mba Dewi Puspasari yang berhasil meraih penghargaan dari Bloggercrony sebagai Most Wanted Blogger Award karena selalu rajin menulis artikel organik di blognya. Patut dicontoh nih teman-teman. :)

Dan menariknya, meskipun perayaan ini berlangsung secara virtual, namun semua peserta BloggerDay 2022 mendapatan souvenir yang dibuat oleh Cera Production, yaitu ada souvenir pin dan sticker BloggerDay2022, serta ada juga kaos BCC Squad yang diproduksi khusus dalam merayakan ulang tahun #7thBloggercrony Indonesia.

Pin dan sticker BloggerDay 2022 ini contoh souvenir dari Cera Production

Saya suka banget dengan souvenir pin dan sticker yang diproduksi oleh Cera Production ini, hasilnya sangat bagus ya. Dan tidak heran sih hasilnya bisa sebagus ini, karena Cera Production ini merupakan perusahaan yang memang bergerak dalam production service (layanan produksi) yang memang memproduksi premium gift set, souvenir kantor, seragam kerja, seminar kit kantor, dan kebutuhan cetak (percetakan).

Dan hasil produksi Cera Production ini tidak perlu diragukan lagi, karena sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dengan melayani lebih dari 350 kantor perusahaan swasta dan instansi. Dan hingga saat ini Cera Production dapat dijumpai di 13 kota di Indonesia.

Potret keseruan BloggerDay 2022 secara virtual

Meskipun acara BloggerDay2022 ini berlangsung sangat seru, namun jujur ada rasa rindu dalam hati saya agar bisa merasakan kembali keseruan BloggerDay seperti ada tahun 2019 yang lalu. Untuk itu saya berdoa, semoga pada tahun 2023 nanti tidak ada lagi halangan, supaya acara BloggerDay bisa diadakan secara offline lagi, agar kita semua bisa berkumpul dan tatap muka secara langsung lagi. Aamiin... Sampai Jumpa pada gelaran BloggerDay2023 teman-teman semua. :)


Info seputar Bloggercrony:



No comments:

Post a Comment