Siapakah Pemenang JNE Content Competition 2021?


Senang banget kini lihat di sekitar tempat tinggal saya sudah kembali banyak warung dan pelaku usaha yang mulai menggelar dagangan mereka lagi. Setelah sebelumnya sempat meredup karena kehadiran pandemi yang begitu panjang selama dua tahun belakangan ini.

Tidak bisa dipungkiri, kehadiran pandemi telah membawa banyak dampak yang serius bagi pelaku usaha atau UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), bahkan tidak sedikit dari mereka yang mengalami kebangkrutan dan tutup usahanya setelah mengalami kerugian.

Padahal kita tahu, kehadiran UMKM ini pada sejatinya telah menjadi salah satu sarana kegiatan ekonomi yang penting bagi kehidupan masyarakat. Makanya keberadaanya haruslah kita dukung, agar para UMKM ini bisa terus bergerak maju.

Apalagi kehadiran UMKM ini memberikan peran dalam memperluas meningkatkan ekonomi secara luas kepada masyarakat. Bahkan UMKM pun berperan penting dalam proses pemerataan pendapatan masyarakat dan mendukung pembangunan nasional.

Ya, bisa dibilang bahwa keberadaan UMKM telah menjadi pilar ekonomi bagi Negara kita ini. Untuk itu, pertumbuhan UMKM perlu memperoleh perhatian khusus dari pemerintah, sebab pada dasarnya keberadaan UMKM memberikan banyak manfaat yang luar biasa.


Manfaat Kehadiran UMKM

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa keberadaan UMKM memiliki peran yang cukup strategis dalam pertumbuhan dan pembangunan ekonomi nasional. Makanya kehadiran UMKM ini haruslah kita dukung dan menjadi perhatian serius bagi kita bersama.

Sebab, pada dasarnya, kehadiran UMKM ini memberikan banyak manfaat bagi kita semua, di antaranya yaitu sebagai berikut:
  • Kehadiran UMKM mampu menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, sehingga hal ini bisa menjadi solusi untuk mengurangi pengangguran yang ada, sekaligus menjadi salah satu cara mengatasi masalah sosial di masyarakat, sebab UMKM tidak hanya membutuhkan tenaga kerja dengan kualifikasi pendidikan tinggi saja, namun juga bisa bagi tenaga kerja terlatih meskipun mereka tidak mengenyam pendidikan tinggi. Tentu dengan begini, UMKM memberi kesempatan bagi siapa saja, termasuk masyarakat kecil sekalipun.
  • Keberadaan UMKM menjadi penyumbang kenaikan nilai produk domestik bruto. Dimana UMKM mampu menyumbang jumlah Produk Domestik Bruto (PDB) yang menjadi sebuah ukuran makro ekonomi yang memperlihatkan kemampuan suatu negara dalam memproduksi barang dan jasa dalam waktu tertentu. Maka PBD inilah, kita bisa melihat bagaimana kekuatan ekonomi dari sebuah negara.
  • Kemunculan UMKM bisa menjadi salah satu solusi efektif untuk permasalahan ekonomi masyarakat kecil dan menengah, sebab keberadaan UMKM akan membuat masyarakat dari golongan menengah ke bawah bisa berpikir secara kreatif dalam membangun usaha tanpa memegang modal usaha yang besar terlebih dahulu.
Selain itu, mungkin masih ada lagi manfaat lain dari kehadiran UMKM ini bagi masyarakat. Namun yang jelas, semakin banyaknya pelaku UMKM yang tumbuh di berbagai daerah menunjukan bahwa ada peningkatan kualitas hidup masyarakat yang sekaligus memajukan perekonomian daerah untuk semakin berkembang.

Dalam memajukan UMKM ini diperlukan kerjasama semua pihak, baik dari pemerintah, swasta, hingga masyarakat biasa. Dan semua pihak pun punya cara masing-masing dalam mendukung UMKM ini, termasuk seperti yang dilakukan oleh JNE dengan menggelar Content Competition 2021 beberapa waktu yang lalu.

Dimana JNE Content Competition 2021 ini merupakan hasil kerja sama antara JNE bersama Kompasiana yang sudah berlangsung pada 6 Desember 2021 - 31 Januari 2022 yang lalu dan telah selesai dijurikan melalui penilaian yang cukup ketat, dan kini telah mendapatkan siapa saja yang menjadi pemenangnya.


Pengumuman Pemenang JNE Content Competition 2021

Ajang JNE Content Competition 2021 tersebut mengusung tema “JNE Bersama UMKM untuk Indonesia” dalam rangkaian perayaan acara ulang tahun JNE yang ke-31 tahun. Tentu saja dengan tema tersebut kita diharapkan mampu untuk membuat konten yang menarik terkait bagaimana JNE bersama UMKM hadir untuk membawa kemajuan bagi Indonesia.

Dan untuk lomba JNE Content Competition 2021 ini ditujukan untuk diikuti oleh jurnalis, umum, dan karyawan JNE. Dimana dalam ajang ini, ada empat kategori yang dilombakan, yaitu writing competition, video competition, photo competition, dan design competition.

Setalah melalui penjurian yang ketat, maka kini ajang JNE Content Competition 2021 tersebut telah menemukan para juaranya yang berhasil mendapatkan hadiah dengan totol ratusan juta rupiah, yaitu sebagai berikut:

Ø Daftar Pemenang Writing Competition
Untuk kategori writing competition dalam ajang JNE Content Competition 2021 ini diikuti oleh Jurnalis (4 jenis kategori), Karyawan dan Umum. Dan dari keenam kategori tersebut telah didapatkan masing-masing tiga orang pemenang yang berhasil meraih hadiah total puluhan jutaan juriah.


Kategori - Jurnalis Feature News Cetak
  • Juara 1: Karung Goni Bawa Fariz Jadi Pengusaha Mandiri oleh Kemal Setia Permana dari Tribun Jabar dan berhasil mendapatkan uang tunai sebesar Rp 10.000.000
  • Juara 2: Produk Anyaman UMKM Sulsel Tembus Mancanegara oleh Sukawati dari Harian Ujungpandang Ekspres / Makassar dan berhasil mendapatkan uang tunai sebesar Rp 7.000.000
  • Juara 3: Lince Jadi Pelopor Pempek Online, KJ Pastel Jelajahi Nusantara oleh Ardila Wahyuni dari Sumatera Ekspres / Palembang dan berhasil mendapatkan uang tunai sebesar Rp 4.000.000

Kategori - Jurnalis Feature News Online
  • Juara 1: Blind Kopi Gayo: Dari Tuna Netra, Oleh Tuna Netra, dan Untuk Tuna Netra oleh Luthfie Febrianto dari Liputan 6 / Jakarta dan berhasil mendapatkan uang tunai sebesar Rp 10.000.000
  • Juara 2: Asa Pemilik Rengginang Kidal Meraih Mimpi dengan Sebelah Tangan oleh Noer Panji Prayitno dari Liputan 6 / Cirebon dan berhasil mendapatkan uang tunai sebesar Rp 7.000.000
  • Juara 3: Bangkit di Tengah Pandemi, Tenun Padi Sarumpun dari Solok Jelajah Nusantara dengan JNE oleh Riki Chandra dari Suara Sumbar / Sumatera Barat dan berhasil mendapatkan uang tunai sebesar Rp 4.000.000

Kategori - Jurnalis Hard News Cetak
  • Juara 1: Ekosistem Logistik Bantu UMKM Lepas dari Jerat Pandemi oleh Anton Chrisbiyanto dari Koran Sindo / Jakarta mendapatkan uang tunai sebesar Rp 7.000.000
  • Juara 2: Kolaborasi Jadi Kunci oleh Herlambang Jati Kusumo dari Harian Jogja / Yogyakarta mendapatkan uang tunai sebesar Rp 5.000.000
  • Juara 3: Dukung UMKM, JNE Beri Pelayanan Aman dan Cepat oleh Ida Bagus Kade Alit Susanta dari Harian Pos Bali / Denpasar mendapatkan uang tunai sebesar Rp 3.000.000

Kategori - Jurnalis Hard News Online
  • Juara 1: "Sambal RoaRia", Lidah Bersukaria UMKM Menjelajah Dunia oleh Danang Sundoro dari RRI / Jakarta dan berhasil mendapatkan uang tunai sebesar Rp 7.000.000
  • Juara 2: Tak Hanya Kirim Barang, JNE Juga Sokong UMKM untuk Berkembang oleh Euis Rita Hartati dari Investor.id / Jakarta dan berhasil mendapatkan uang tunai sebesar Rp 5.000.000
  • Juara 3: Teri Bajak Melanglang Buana, Kuliner Khas Medan, Jangkau Pasar Indonesia Hingga Eropa oleh Ayu Prasandi dari Tribun Medan / Medan dan berhasil mendapatkan uang tunai sebesar Rp 3.000.000

Kategori - Karyawan
  • Juara 1: Peranan Petugas Sales Counter Officer JNE Terhadap Perkembangan UMKM oleh Deden Mulyana - HC-EIRD / JNE KP Gajah Mada yang berhasil mendapatkan uang tunai sebesar Rp 3.000.000
  • Juara 2: JNE Solo Kembangkan UMKM Dengan Menggandeng Media Televisi oleh Riki Yulianto - Sales Retail / JNE Solo yang berhasil mendapatkan uang tunai sebesar Rp 2.000.000
  • Juara 3: Brand Lokal, Sepatu, dan Cinderella oleh Iwan Hendarmawan - Strategic Management / JNE Pusat yang berhasil mendapatkan uang tunai sebesar Rp 1.000.000

Kategori - Umum
  • Juara 1: JNE Dorong UMKM Jadi "Scolatmaterna" oleh Agung H Riwu mendapatkan uang tunai sebesar Rp 5.000.000
  • Juara 2: Batik Nusantara Penjalin Solidaritas, dari Difabel untuk Difabel oleh David Abdullah mendapatkan uang tunai sebesar Rp 3.500.000
  • Juara 3: Sembilan Tahun, JNE Membersamai Impianku oleh Rina Darma mendapatkan uang tunai sebesar Rp 2.000.000


Ø Daftar Pemenang Video Competition
Untuk kategori video competition dalam ajang JNE Content Competition 2021 ini diikuti oleh Karyawan dan Umum. Dan dari kedua kategori tersebut telah didapatkan masing-masing tiga orang pemenang yang berhasil meraih hadiah jutaan juriah.


Kategori Karyawan
  • Juara 1: JNE Bogor x The Warna Indonesia oleh Dabiar Adhya - Customer Service / JNE Kota Bogor yang berhasil mendapatkan uang tunai sebesar Rp 3.500.000
  • Juara 2: JNE Bersama UMKM untuk Indonesia oleh Yuni Wulandari - JNE Cabang Blitar yang berhasil mendapatkan uang tunai sebesar Rp 2.500.000
  • Juara 3: JNE Bersama UMKM Indonesia oleh Amelia - Agen JNE Syakira yang berhasil mendapatkan uang tunai sebesar Rp 1.500.000

Kategori - Umum
  • Juara 1: MIWITI oleh Nurul Inayah yang berhasil mendapatkan uang tunai sebesar Rp 10.000.000
  • Juara 2: Jualan Truck Oleng, Merambah Pasar Online oleh Yoga Oktavian yang berhasil mendapatkan uang tunai sebesar Rp 6.000.000
  • Juara 3: Oemah Gerabah oleh Reza Khoirul Azizy yang berhasil mendapatkan uang tunai sebesar Rp 4.000.000


Ø Daftar Pemenang Photo Competition
Untuk kategori photo competition dalam ajang JNE Content Competition 2021 ini diikuti oleh Karyawan dan Umum. Dan dari kedua kategori tersebut telah didapatkan masing-masing tiga orang pemenang yang berhasil meraih hadiah jutaan juriah.


Kategori - Karyawan
  • Juara 1: Ready Yulianto - JNE Sub Agen Klaten yang berhasil mendapatkan uang tunai sebesar Rp 3.000.000
  • Juara 2: Refinaldi Setiawan - KP Medan Timur Cabang Medan yang berhasil mendapatkan uang tunai sebesar Rp 2.000.000
  • Juara 3: Ikbal Muliawa - JNE Bekasi yang berhasil mendapatkan uang tunai sebesar Rp 1.000.000

Kategori - Umum
  • Juara 1: Harry Sanjaya Putra mendapatkan uang tunai sebesar Rp 5.000.000
  • Juara 2: Ruth Semiono mendapatkan uang tunai sebesar Rp 3.000.000
  • Juara 3: Agustinus Elwan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 2.000.000


Ø Daftar Pemenang Design Competition
Untuk kategori design competition dalam ajang JNE Content Competition 2021 ini diikuti oleh Karyawan dan Umum. Dan dari kedua kategori tersebut telah didapatkan masing-masing tiga orang pemenang yang berhasil meraih hadiah jutaan juriah.


Kategori - Karyawan
  • Juara 1: Abdihil Mukhlis - JNE KCU Medan yang berhasil mendapatkan uang tunai sebesar Rp 3.000.000
  • Juara 2: Agus Kusmana - Customer Service / JNE Sukabumi yang berhasil mendapatkan uang tunai sebesar Rp 2.000.000
  • Juara 3: Riszal Wahyu Nugroho - JNE Sub Agen Klaten yang berhasil mendapatkan uang tunai sebesar Rp 1.000.000

Kategori - Umum
  • Juara 1: Agnessia Prahersiwi mendapatkan uang tunai sebesar Rp 9.000.000
  • Juara 2: Teguh Attariq mendapatkan uang tunai sebesar Rp 6.000.000
  • Juara 3: Hilmy ubaidillah Umanu mendapatkan uang tunai sebesar Rp 4.000.000
Sungguh banyak juga ya ternyata pemenang dari ajang JNE Content Competition 2021 ini, jujur saya juga sangat tergiur melihat jumlah hadiahnya yang sangat besar tersebut. Rasanya sangat menyesal tidak bisa ikut dalam ajang ini kemarin, semoga next akan ada lagi lomba yang serupa dengan ini dan saya pun bisa ikutan. :)

Jujur saya salut dengan ajang JNE Content Competition 2021 ini, karena langkah ini salah satu bukti nyata bagaimana JNE turut mendukung kemajuan UMKM yang ada, sehingga semua pihak semakin menyadari bahwa keberadaan UMKM memiliki manfaat yang besar pada kehidupan masyarakat dan kemajuan ekonomi bangsa.

Dan tak lupa saya mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang dalam ajang JNE Content Competition 2021 ini, semoga segala konten yang telah dibuat bisa menginspirasi banyak orang, dan bisa juga semakin mengangkat UMKM kita semakin maju lagi ke depannya. Aamiin....


No comments:

Post a Comment