Raih Hidup Lebih Sehat Dengan Pola Makan Vegetarian



Kita semua pasti sepakat, bahwa kesehatan adalah hal yang terpenting dalam hidup ini, sebab tanpa kesehatan, semua yang kita miliki terasa tidak akan ada gunanya, dan segala aktivitas yang akan kita kerjakan akan terbengkalai jadinya.

Maka dari itu, menjaga kesehatan adalah penting hukumnya, selain mengatur pola hidup sehat dengan selalu menjaga tidur yang cukup, olahraga yang teratur serta menjauhi rokok, narkoba dan alkohol, maka selalu mengkonsumsi makan yang bergizi juga sangat penting untuk diperhatikan karena punya peran penting dalam menjaga kesehatan kita.

Bahkan ada yang bilang “Kamu adalah apa yang kamu makan” yang artinya kita harus sangat memperhatikan apa yang masuk dalam mulut kita, sebab makanan bisa menjadi kunci utama yang berguna untuk membuat tubuh kita tetap sehat ataupun yang bisa membuat tubuh kita justru sakit.

Perlu kita pahami, bahwa makanan yang harus kita konsumsi bukan hanya yang bisa membuat kita kenyang saja, namun makanan yang kita konsumsi haruslah yang punya kandungan gizinya, karena makanan yang bergizi merupakan sumber utama dalam membentuk tubuh kita yang sehat.

Dan untuk mendapatkan makanan di negara kita ini sejatinya tidaklah terlalu sulit, karena negara kita termasuk negara yang kaya akan sumber daya alam yang melimpah, bahkan negara kita dikenal sebagai negara agraris.


Indonesia adalah Negara Agraris

Penyebutan Indonesia sebagai negara agraris tentu bukanlah tanpa alasan, hal ini dilakukan karena Indonesia memiliki lahan yang luas sehingga mampu menghasilkan produk pertanian dalam jumlah yang besar, serta didukung oleh banyak penduduk Indonesia yang memiliki mata pencaharian sebagai petani.

Indonesia adalah negara agraris dengan sumber daya alam yang sangat kaya

Maka dari itu, Indonesia disebut-sebut memiliki peranan penting dalam bidang agraris, lantaran sektor pertanian di Indonesia menjadi salah satu sumber dalam peningkatan perekonomian bangsa dan sekaligus untuk menguatkan ketahanan pangan nasional.

Negara kita sejatinya memiliki kekayaan alam yang begitu melimpah dengan lokasi yang sangatlah strategi, karena dilihat dari sisi geografis Indonesia terletak pada daerah beriklim tropis yang memiliki curah hujan yang tinggi, sehingga membuat tanah di negeri ini menjadi begitu subur dan cocok untuk pertumbuhan berbagai jenis tanaman.

Makanya, negara kita ini mampu untuk menghasilkan berbagai jenis tanaman yang cukup beragam dan dalam jumlah yang cukup banyak, seperti beras, jagung, sayur-sayuran, kacang-kacangan, kopi, teh, kakao, buah-buahan dan lain sebagainya.

Nah, dengan hidup di negara agraris seperti ini, maka kita mampu untuk memperoleh hasil pertanian yang begitu banyak, sehingga hal ini dapat memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri kita sendiri tanpa perlu impor dari negara lain, dan pastinya akan menghindarkan kita dari krisis bahan pangan karena tidak perlu mengandalkan impor dari negara lain.

Dan sebaliknya, dengan hasil panen yang berlimpah seperti ini, maka membuat negara agraris seperti Indonesia ini justru mampu melakukan ekspor produk pertanian ke negara lain, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan pangan bagi negara lain.

Untuk itu, seharusnya kita perlu banyak bersyukur, karena dengan adanya begitu banyak ragam hasil pertanian yang kita miliki ini, sudah seharusnya juga kita bisa menggunakan semua bahan pertanian yang ada tersebut untuk menunjang gaya hidup sehat.


Terapkan Pola Makan Vegetarian Untuk Kesehatan

Saya pernah membaca sebuah artikel yang mengatakan bahwa dengan mengubah gaya hidup dan pola makan yang sehat, maka akan bisa membuat tubuh kita pun selalu bugar, sehingga dapat mencegah kita untuk meninggal dalam usia muda.

Oleh karena itu, bagi kita yang ingin punya tubuh yang sehat dan jauh dari berbagai penyakit yang berbahaya, maka sudah seharusnya kita selalu menerapkan pola makan yang sehat, salah satunya dengan menjalankan pola makan vegetarian.

Menerapkan gaya hidup vegetarian untuk meraih hidup yang lebih sehat

Jadi, vegetarian ini merupakan pola makan yang hanya mengkonsumsi makanan yang bersumber dari nabati, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan juga biji-bijian. Itu artinya, tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari hewan atau yang menggunakan produk-produk hewani dalam pengolahannya.

Nah, dengan menerapkan pola makan vegetarian ini, maka kita bisa mendapatkan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Bahkan menurut beberapa penelitian menjelaskan bahwa ditinjau secara sistematis dan meta-analisis ditemukan bukti yang menunjukkan bahwa, pola makan vegetarian yang hanya mengkonsumsi makanan nabati ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total, low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat, dan high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

Selain itu, berdasarkan tinjauan lain juga ditemukan bahwa dengan menerapkan pola makan vegetarian ini maka dapat menawarkan sejumlah manfaat kesehatan kardiovaskular, seperti:
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Meningkatkan tekanan darah dan aliran darah
  • Kontrol gula darah yang lebih baik
  • Risiko aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah) yang lebih rendah
  • Mengurangi stres oksidatif dan peradangan
  • Mencegah panas dalam dan melancarkan pencernaan
Dengan melihat begitu banyak manfaat baik yang bisa kita dapatkan seperti yang dijelaskan di atas, maka tidak ada salahnya untuk kita selalu menerapkan pola makan vegetarian ini, karena ternyata manfaatnya sangat bagus bagi kesehatan tubuh kita.

Dan sejujurnya selama ini saya tahu tentang hal ini hanya sekilas, namun saya semakin mengerti tentang pentingnya menerapkan pola makan vegetarian ini lantaran kemarin lihat instagramnya Demfarm.id yang membahas terkait pentingnya mengatur pola makan sehat dalam acara peringatan Hari Vegetarian Sedunia.


Demfarm.id Meriahkan Peringatan Hari Vegetarian Sedunia

Peringatan Hari Vegetarian Sedunia sendiri biasanya diadakan pada setiap tanggal 1 Oktober setiap tahunnya. Acara ini  bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran kita semua tentang pentingnya menjaga asupan makanan bergizi dan juga menjaga lingkungan sebagai tempat kita bermukim.

Dan Hari Vegetarian Sedunia ini sendiri dicetuskan oleh Masyarakat Vegetarian Amerika Utara pada 1977 dan didukung oleh Persatuan Vegetarian Internasional pada 1978. Dan kini peringatan acara ini selalu diadakan oleh banyak negara di dunia, termasuk di Indonesia.

Di hari vegetarian sedunia ini Demfarm turut memeriahkan dengan berbagai kegiatan 

Nah, di Indonesia sendiri, pada peringatan Hari Vegetarian Sedunia ini, ada Denfarm yang juga turut memeriahkan peringatan Hari Vegetarian Nasional ini dengan mengusung tema 'Animals are my Friend' yang bertujuan untuk untuk mempromosikan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, memberikan cinta, kasih dan sayang sesama makhluk hidup.

Dan pada kesempatan ini, Demfarm.id mengadakan social movement untuk mengajak masyarakat menerapkan gaya hidup sehat dan juga lebih peduli pada lingkungan dengan mengikuti #DemfarmChallenge melalui sosial media Instagram.

Jadi #DemfarmChallenge ini mengajak masyarakat, khususnya para pengguna Instagram untuk mengikuti #DemfarmVegetarian dengan memposting foto atau video yang menunjukan kegiatan #KreasikanPiringMu ketika mengonsumsi makan-makanan sehat seperti sayur dan buah serta tidak meninggalkan sampah plastik yang bisa mengotori lingkungan.

Nah, Demfarm Challenge ini berlangsung selama tiga hari berturut-turut, yaitu mulai dari tanggal 29 September – 01 Oktober 2022 yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan sekitar, kesehatan, dan kemanusiaan dengan menerapkan gaya hidup vegetarian.

Demfarm.id menggelar Demfarm challenge selama 3 hari

Selain itu, upaya ini juga bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia agar semakin rajin mengkonsumsi sayur-sayuran dan juga buah-buahan, karena masih banyak masyarakat Indonesia yang kurang mengkonsumsi sayur dan buah dalam kehidupan sehari-hari.

Dan saya pribadi pun mengakui, bahwa saya termasuk orang yang juga suka abai dengan konsumsi sayur dan buah secara rutin. Namun dengan mengikuti Demfarm Challenge ini, saya merasakan manfaat yang luar biasa.

Ternyata mengikuti demfarm vegetarian dengan kita rutin mengkonsumsi sayur dan buah yang kaya akan serat setiap hari mampu memberikan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Bahkan saya pribadi merasa sistem pencernaan saya menjadi lancar, buang bari besar menjadi lebih mudah dan tidak sembelit.

Untuk itu saya bertekad agar bisa rutin menerapkan gaya hidup sehat seperti ini, karena mengkonsumsi sayur dan buah secara teratur bisa mambantu memelihara kesehatan usus, membantu menurunkan tekanan darah, menjaga berat badan ideal, mencegah obesitas, melindungi tubuh dari penyakit diabetes, serta mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan sejumlah kanker.

Nah, dengan melihat manfaat yang luar biasa tersebut di atas, maka tidak ada salahnya untuk kita menerapkan demfarm vegetarian ini secara rutin dan teratur dalam keseharian kita, sebab sejatinya kita hanya perlu melakukan langkah kecil untuk menuju hidup sehat.


Demfarm.id Gelar Talkshow Langkah Kecil Menuju Hidup Sehat

Selain mengadakan Demfram Challenge di sosial media, ternyata Demfarm.id juga menggelar talkshow seru yang mengusung tema “Langkah Kecil Menuju Hidup Sehat” dengan menghadirkan narasumber Dr. Sylvia Irawati M.Gizi Dipl.IBLM yang merupakan founder Nutri & Beyond sekaligus dokter spesialis gizi dan Mba Yulianti Basri yang merupakan Owner Bontang Food melalui live Instagramnya Demfarm.id pada 3 Oktober 2022 kemarin.

Langkah kecil menuju hidup sehat

Dalam acara talkshow ini saya mendapatkan banyak sekali insight menarik seputar bagaimana cara agar kita bisa meraih hidup yang sehat. Dimana cara untuk meraih hidup yang sehat adalah dengan mengatur pola makan yang sehat dengan tidak lupa untuk selalu mengkonsumsi sayur dan buah secara rutin.

Namun diakui oleh Dr. Sylvia bahwa masyarakat Indonesia termasuk yang minat makan sayur dan buahnya masih rendah. “Dari hasil Riskesdas terbaru pun, masyarakat Indonesia yang makan sayur dan buah masih relatif rendah, di bawah 5%."

Hal ini dipicu oleh kebiasaan masyarakat yang selalu ingin instan dan tidak mau ribet. Bahkan makan yang penting kenyang saja, tanpa memperhatikan komposisi kandungan gizi yang ada dalam makanan yang dikonsumsinya tersebut.

Selain itu, akses masyarakat terhadap ketersediaan buah di sekitar tempat tinggal yang tidak mudah. Menyiapkan buah di meja makan dinilai tidak semudah menyiapkan lauk pauk karena buah harus segera dihabiskan setelah dikupas. Begitu juga dengan sayur yang sebaiknya segera dihabiskan setelah dimasak.

Senada dengan itu, Mba Yulianti pun membenarkan bahwa yang ia lihat di sekitarnya pun masih banyak masyarakat saat ini, terlebih generasi mudanya yang memang sangat kurang dalam mengkonsumsi sayur dan buah karena selalu ingin makanan yang instan tanpa mau ribet.

Untuk itu, Mba Yulianti menilai bahwa upaya Demfarm mengadakan challenge dengan menggaungkan Demfarm Vegetarian ini bisa menjadi salah satu cara untuk memberikan edukasi dan motivasi pada masyarakat untuk selalu memperhatikan makanan yang dikonsumsinya dengan tidak lupa untuk makan sayur dan juga buah-buahan.

Sebab bila kita kurang mengonsumsi buah dan sayur bisa membuat tubuh menjadi kurang serat sehingga menyebabkan peningkatan angka penyakit tidak menular seperti diabetes, hipertensi, stroke, penyakit jantung, dan obesitas.

Nah, agar kita terhindar dari berbagai penyakit tersebut maka kita perlu melakukan beberapa langkah kecil untuk meraih hidup yang sehat, misalnya sebagai berikut:
  • Makanlah dengan konsep Isi Piringku yaitu satu porsi makan yang kita konsumsi dalam satu piringnya harus terdiri dari 50 persen buah dan sayur, dan 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein.
  • Batasi untuk mengkonsumsi gula, garam, dan lemak secara berlebihan dalam konsumsi makanan sehari-hari.
  • Makanlah makanan yang berwarna-warni karena variasi warna makanan yang beragam bisa saling melengkapi kandungan gizi yang diperlukan tubuh.
  • Makanlah pangan nabati sebanyak 40 jenis per minggu karena variasinya dianggap cukup untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh kita.
  • Belajar kreasikan masakan sayur sesuai selera sendiri agar tidak mudah bosan, dan hindari memakan makanan bersantan yang dipanaskan berulang kali karena itu mengandung lemak jahat.
Selain itu, bagi yang memiliki lahan sendiri, maka sebaiknya digunakan untuk menanam sayur dan buah, sehingga dengan begitu ketersediaan sayur dan buah akan selalu ada untuk dikonsumsi sehari-hari, sekaligus bisa menghemat pengeluaran bulanan juga.

Namun yang juga penting untuk diperhatikan bahwa selain menerapkan pola hidup vegetarian, kita pun harus selalu menjaga lingkungan dengan tidak membuang-buang makanan. Untuk itu, ambilah makanan yang hanya mampu dimakan saja supaya tidak tersisa.

Selain itu, kita juga harus mengurangi penggunaan plastik pembungkus sayur dan buah sekali pakai karena itu dapat mengotori lingkungan. Dan saat pergi belanja, kita harus selalu membawa tas belanjaan sendiri yang bisa digunakan kembali, jangan menggunakan pembungkus plastik.

Jadi, mulai sekarang, ayo bersama-sama kita semua untuk lebih sadar lingkungan dan juga menjaga asupan makanan bergizi seimbang untuk meraih hidup yang sehat.   



10 comments:

  1. Jujurly makan sayur dan minum Juice itu kesukaan aku tapi ya gitu ... Males bikinnya yang ga nahan padahal udah tau itu sehat!

    ReplyDelete
  2. Duh akutu sebenernya pengen jadi Vegetarian udah lama, cuma gakuat Iman aja. Gimana kak caranya biar kuat iman saat jadi Vegetarian, jadi konsisten makan sayur aja gtu

    ReplyDelete
  3. wah.. aku pun juga salah satu yang suka makanan vegetarian penuh dengan sayuran ya.. bukan yang menggunakan proteina. bagiku udah cukup kalau makan sayur aja.. kayak terasa lebih nikmat.

    ReplyDelete
  4. Bener banget nih, aku sendiri sadar kalo sekarang ini makan-makan yg ku konsumsi itu kurang serat. Selain yg di sebutkan di atas, pencernaanku pun bermasalah (ga lancar).

    ReplyDelete
  5. Wkwk parah banget baca ini ada kompetisinya, tertarik, pas baca tenggat waktunya, dah lewat. Sebel bet. Btw aku suka banget makan sayur mentah (yang bisa dimakan mentah kek kol, selada, timun, pare, batang pepaya, dll). Tapi sama ibu suka udah dimasak. Wkwk

    ReplyDelete
  6. Jadi sadar diri nih kurang makan buah dan sayuran, makanya banyak penyakit menghampiri. Pengen belajar vegetarian, mungkin ga langsung stop hewani, dibanyakin sayur dan buahnya dulu.

    ReplyDelete
  7. Setujuuuu selain menerapkan pola hidup vegetarian, kita juga harus selalu menjaga lingkungan dengan tidak membuang-buang makanan!

    ReplyDelete
  8. Kalo menurut saya sih gak harus jadi vegetarian ya untuk hidup sehat, yang penting pola makannya aja yg seimbang. Tapi mungkin ada beberapa orang yang lebih memilih untuk menjadi vegetarian dan Denfarm memfasilitasi untuk kebutuhan sehari-hari.

    ReplyDelete
  9. Pola hidup sehat dimulai dari makan makanan yg bergizi dan banyak manfaat seperti sayur dan buah. Sayur dan buah sendiri mampu menutrisi tubuh dengan baik. Kampanye dari demfarm.id ini sangat menarik ya kak.

    ReplyDelete
  10. Menjadi vegetarian sudah banyak dilakukan ya mbak
    Mengonsumsi buah dan sayuran memang bikin badan selalu sehat

    ReplyDelete