Peran Asuransi Syariah Untuk Perekonomian Bangsa



Indonesia yang merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia. Fakta ini tentu saja menjadi sebuah peluang yang luar biasa bagi Indonesia untuk mengembangkan sektor ekonomi syariah, termasuk dalam bidang asuransi.

Dan dalam kurun waktu belakangan ini, perkembangan asuransi syariah pun terus meluas, baik secara global maupun di Indonesia sendiri seiring dengan semakin meningkatnya edukasi ekonomi syariah yang bisa diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia.

Makanya, kehadiran asuransi syariah pun kini semakin digemari karena dinilai memiliki kekuatan lebih dibandingkan yang konvensional meskipun sama-sama memberikan perlindungan dari risiko-risiko kerugian yang tidak terduga, tapi konsep syariah diyakini memiliki maksud dan tujuan yang baik karena berdasarkan hukum Islam.

Dimana masyarakat meyakini bahwa dalam pelaksanaan produk asuransi syariah akan selalu mengikuti adab-adab yang diajarkan dalam Islam, sehingga ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk masyarakat yang ingin mempertimbangkan pilihan asuransi sesuai dengan agama.

Selain itu, asuransi syariah semakin diminati karena selalu berlandaskan pada prinsip-prinsip syariah yang berpegang teguh pada keadilan, transparansi, dan saling tolong menolong, sehingga hal ini membuat masyarakat merasa lebih nyaman dan yakin dengan produk asuransi syariah.

Dan yang terpenting, masyarakat semakin menyukai asuransi syariah karena tidak mempergunakan prinsip riba atau bunga dalam penawaran produknya. Sebagai gantinya, pengelola dana dapat menggunakan mekanisme bagi hasil yang halal dan memadai sehingga dinilai lebih aman dan bikin tenang.

Dengan berbagai alasan tersebut, maka tidak heran bila peminat asuransi syariah semakin meningkat setiap saat, sehingga hal ini pun akhirnya ikut memberi pengaruh positif pada pertumbuhan ekonomi bangsa yang semakin bagus juga.


Dan berikut ini beberapa peran asuransi syariah untuk perekonomian bangsa dalam memberikan perlindungan finansial kepada masyarakat dari risiko yang tidak terduga, yaitu sebagai berikut:

1. Memperkuat ekonomi nasional
Asuransi syariah memiliki potensi untuk memperkuat ekonomi nasional dengan memberikan perlindungan finansial atas risiko yang muncul di berbagai sektor, seperti pertanian, perikanan, kehutanan, energi, infrastruktur, dan sebagainya. Dengan adanya perlindungan finansial dari asuransi syariah, maka berbagai risiko dapat diminimalisir dan kinerja bisnis nasional bisa semakin meningkat.

2. Mengurangi risiko kerugian finansial
Hadirnya asuransi syariah mampu memberikan jaminan penggantian kerugian finansial atas kerugian yang terjadi, sehingga dapat meminimalkan dampak kerugian pada masyarakat dan perusahaan. Tentu hal ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan juga membantu memperkuat kerentanan ekonomi bangsa untuk semakin mapan.

3. Meningkatkan stabilitas bisnis
Keberadaan asuransi syariah pun turut berkontribusi dalam meningkatkan stabilitas bisnis dengan memberikan jaminan finansial atas risiko kerugian dan kehilangan yang akan terjadi. Makanya, dengan adanya jaminan tersebut, tentu pelaku bisnis dapat fokus pada pertumbuhan dan pengembangan usaha tanpa khawatir tentang risiko yang muncul.

4. Memberikan keamanan finansial
Memiliki asuransi syariah tentu saja bisa memberikan perlindungan finansial kepada individu dan keluarga dari risiko mendadak, seperti kecelakaan, sakit, cacat atau kematian. Dalam situasi ini, asuransi syariah dapat memberikan perlindungan finansial kepada keluarga dan memberikan rasa tenang dalam keuangan keluarga.

5. Menjaga stabilitas pasar
Dengan adanya asuransi syariah, maka masyarakat dan perusahaan yang menggunakannya dapat melindungi diri mereka dari kerugian finansial akibat suatu kejadian yang tidak diinginkan, sehingga stabilitas pasar akan tetap terjaga.

6. Memajukan industri tanah air
Keberadaan asuransi syariah pada perusahaan tentu saja dapat meminimalkan resiko kehilangan aset mereka akibat suatu kejadian yang tidak diinginkan. Sehingga, dapat mendorong perusahaan tersebut untuk mengembangkan bisnis mereka dan sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara yang semakin sukses lagi.

7. Memajukan kehidupan masyarakat
Dengan adanya asuransi syariah, maka masyarakat akan terhindar dari risiko kehilangan aset mereka dan dapat memulai bisnis atau aktivitas lainnya tanpa khawatir tentang kerugian finansial akibat suatu kejadian yang tidak diinginkan. Sehingga hal ini dapat mengurangi beban yang mereka tanggung dan mendorong kemajuan kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Nah itu dia beberapa peran asuransi syariah dalam memperkuat perekonomian bangsa dan juga membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun agar pertumbuhan asuransi syariah ini semakin maksimal lagi, maka edukasi ekonomi syariah ini harus terus dilakukan secara merata ke lapisan masyarakat, terutama para anak muda agar semakin melek terkait asuransi syariah sejak dini.

Untuk itu, kini telah hadir Sharia Knowledge Centre (SKC) yang merupakan portal digital yang dapat menjadi pusat informasi, inovasi, dan kolaborasi ekonomi syariah untuk meningkatkan literasi dan inklusivitas yang mendukung pengembangan ekosistem ekonomi syariah di Indonesia.


Dan Sharia Knowledge Centre (SKC) ini sendiri lahir karena diinisiasi oleh PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) yang ingin ikut berperan aktif untuk mengembangkan industri ekonomi syariah melalui akselerasi di bidang inovasi dan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan.

Selain itu, kehadiran Sharia Knowledge Centre (SKC) ini sekaligus menjadi wadah bagi para penggiat ekonomi syariah untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah sekaligus bergotong-royong memajukan ekonomi syariah dan menjadikan Indonesia sebagai pusat perkembangan ekonomi syariah global.

Dan untuk mencapai tujuan tersebut, maka Sharia Knowledge Centre (SKC) akan melakukan kolaborasi atau bekerja sama dengan dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, regulator, pakar ekonomi syariah dan segenap pemain industri ekonomi syariah melalui berbagai program kemitraan strategis.

Sebab seperti prinsip dari asuransi syariah sendiri, bahwa untuk bisa terus maju maka diperlukan kerjasama atau gotong royong antara semua pihak, sehingga tujuan yang ingin capai oleh Sharia Knowledge Centre (SKC) ini bisa segera terwujud.


No comments:

Post a Comment