Hadapi Ujian IB Diploma Dengan Percaya Diri Bersama Sinotif



Dari tahun ke tahun, minat anak Indonesia untuk belajar ke luar negeri terbilang cukup tinggi. Bahkan dari sebuah artikel yang pernah saya baca menyebutkan bahwa UNESCO pernah menobatkan Indonesia sebagai peringkat kedua setelah Vietnam pada lingkup Negara-negara ASEAN dengan jumlah mahasiswa terbanyak yang belajar di luar negeri.

Jadi menurut data UNESCO yang diambil pada tanggal 20 Februari 2024 yang lalu, bahwa jumlah mahasiswa Indonesia yang saat ini sedang menempuh pendidikan di luar negeri jumlahnya cukup tinggi yaitu ada 59.224 orang dengan sebaran 11.683 orang berada di Australia dan 9.682 berada di Malaysia.

Dari data ini saja kita bisa melihat, di zaman sekarang ternyata banyak anak muda yang berlomba-lomba untuk kuliah ke luar negeri. Selain ingin mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda dan lebih berkualitas, tentunya ada banyak alasan lain kenapa kuliah ke luar negeri sekarang semakin diminati.


Alasan kuliah di luar negeri

Setiap orang yang pergi menempuh kuliah ke luar negeri memiliki berbagai alasan yang melatarbelakanginya. Namun yang jelas, alasan mereka kuliah ke luar negeri tak lepas dari menginginkan segala sesuatunya menjadi lebih baik.

Kuliah di luar negeri bukan hanya sebuah pencapaian yang luar biasa bagi diri kita sendiri, namun bisa kuliah di luar negeri tentunya akan memberikan banyak manfaat yang luar biasa, baik dari segi ilmu dan pengalaman yang akan didapatkan, hingga bagi pengembangan diri dan juga karir di masa depan. 

Ada beberapa hal yang menjadi alasan orang senang kuliah ke luar negeri

Dan berikut ini adalah beberapa alasan yang kerap menjadi alasan orang-orang semangat untuk keluar negeri, yaitu sebagai berikut:

1. Kualitas pendidikan yang lebih baik
Banyak universitas di luar negeri yang terkenal dengan kurikulum dan fasilitas pendidikan yang berkualitas tinggi. Makanya, dengan kita belajar di luar negeri terutama di kampus yang berkualitas, maka kita bisa mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menyeluruh dan mendalam, sehingga ilmu kita pun semakin berkembang dan maju.

2. Kesempatan untuk mendapatkan pengalaman internasional
Tidak bisa kita pungkiri, bahwa dengan kita berkuliah di luar negeri, tentu saja ini akan memberikan kesempatan bagi kita untuk mengenal budaya dan bahasa yang berbeda, serta memperluas jaringan pertemanan dan peluang kerja secara global. Sebab, pengalaman internasional ini akan memberikan nilai tambah bagi karir kita di masa depan.

3. Peningkatan keterampilan interpersonal
Dengan kita belajar di luar negeri, tentu hal ini memungkinkan kita untuk belajar beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda, mengasah kemampuan berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang budaya, dan mengembangkan keterampilan interpersonal yang penting untuk sukses di dunia kerja.

4. Peluang untuk memperluas wawasan dan pengetahuan
Dengan belajar di luar negeri, maka kita pun bisa memiliki kesempatan untuk mempelajari mata kuliah yang tidak tersedia di Indonesia, serta mendapatkan informasi dan perspektif baru yang mungkin tidak bisa didapatkan di dalam negeri.

5. Meningkatkan peluang karir di masa depan
Biasanya, seseorang yang memiliki pengalaman belajar di luar negeri cenderung lebih dihargai oleh perusahaan dan instansi kerja. Makanya, dengan kita menempuh pendidikan di luar negeri diharapkan dapat membuka peluang kerja yang lebih luas, baik di dalam maupun di luar negeri.

Beberapa alasan di atas, benar-benar menjadi motivasi yang besar bagi para pelajar semakin semangat untuk pergi kuliah ke luar negeri. Meskipun tidak bisa kita pungkiri, bahwa kuliah ke luar negeri bukanlah hal yang mudah, ada banyak hal yang harus kita persiapkan dengan baik agar keinginan kita kuliah di luar negeri bisa berjalan dengan lancar dan semua impian kita kelak bisa digapai.


Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Kuliah ke Luar Negeri

Menempuh pendidikan di luar negeri tentu menjadi impian bagi banyak orang, terlebih bisa masuk pada jurusan dan kampus yang ternama, karena dapat memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan memperluas wawasan serta pengetahuan yang kita miliki.

Namun, sebelum berangkat kuliah ke luar negeri, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sejak awal dengan baik, agar kita dapat menghadapi berbagai tantangan dan juga bisa menikmati pengalaman belajar yang maksimal nantinya.

Hal yang perlu dipersiapkan untuk kuliah di luar negeri

Ada beberapa hal yang harus kita persiapkan sebelum kuliah ke luar negeri, hal-hal ini adalah pondasi yang akan menjadi akar yang kuat untuk mengantarkan kita pada kesuksesan nantinya. Nah, Adapun hal yang harus kita persiapkan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Tentukan jurusan sesuai dengan minat dan bakat
Memetakan jurusan sejak awal adalah sebuah keharusan, sebab dengan kita mengetahui jurusan yang kita inginkan, maka akan memudahkan kita dalam menyiapkan pelajaran untuk mengikuti tes pada jurusan tersebut. Misalnya kita ingin masuk jurusan science atau social maka kita bisa memilih jenis mata pelajaran apa yang cocok untuk bisa lolos pada jurusan tersebut. Namun jika masih bingung ingin ambil jurusan apa, maka kita pun bisa terlebih dulu untuk melakukan tes minat dan bakat, agar nanti jurusan yang diambil sesuai dengan yang kita inginkan.

2. Tentukan Universitas yang diinginkan
Setelah mengetahui jurusan yang kita inginkan, maka langkah selanjutnya adalah mencari universitas yang tepat untuk jurusan yang kita pilih tersebut. Dan di dunia ini, ada banyak sekali kampus ternama yang bisa kita pilih untuk tempat kuliah di luar negeri, seperti University of Oxford, Harvard University, Stanford University, University of Cambridge dan lain sebagainya.

3. Tentukan negara mana untuk kuliah
Menentukan negara yang menjadi tempat kita kuliah di luar negeri adalah hal yang penting juga untuk diperhatikan. Sebab, ada banyak hal yang harus kita pertimbangkan terkait hal ini, seperti biaya hidupnya, kenyamanan tempat tinggal, kemudahan dalam adaptasi dengan lingkungan, dan termasuk apakah ada kampus yang menawarkan beasiswa di negara tersebut supaya biaya Pendidikan kita bisa lebih hemat.

4. Fokus untuk persiapan Ujian International Baccalaureate (IB)
Bagi kita yang ingin kuliah di luar negeri, maka mengikuti International Baccalaureate (IB) Diploma Programme menjadi salah satu kewajiban yang harus dipersiapkan dengan baik. Untuk itu, kita harus menciptakan rutinitas belajar yang personal dengan membuat jadwal belajar dan pengelolaan waktu yang efisien untuk memprioritaskan penyelesaian tugas. Selain itu, kita juga harus rajin melakukan revisi rutin, menyelesaikan berbagai model soal, dan juga melakukan latihan makalah untuk meningkatkan pemahaman dan kesiapan ujian. Namun jangan lupa juga untuk istirahat dan mengelola stress dengan manajemen waktu yang efektif.

5. Ketahui hal yang diujikan dan jadwal International Baccalaureate (IB)
Sangat penting bagi kita untuk mengetahui apa yang diujikan dalam IB Diploma Programme dan juga jadwal yang jelas agar kita bisa menyiapkan diri dengan baik. Dan untuk International Baccalaureate (IB) ini memberikan ujian pada beberapa hal sebagai berikut ini:
  • Matematika: Pilihan antara matematika standar dan matematika lanjutan
  • Sains: Terdiri dari Biologi, Kimia, dan Fisika, serta Ilmu Lingkungan Hidup, Ilmu Hayati, Ilmu Jasmani, Ilmu Olahraga, Ilmu kesehatan dan juga Geologi.
  • Bahasa Asing: Murid harus mempelajari dua bahasa asing untuk komunikasi sehari-hari dan pembelajaran budaya asing terkait.
  • Pribadi dan Masyarakat: Mempelajari ilmu-ilmu sosial seperti Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Bisnis, Filsafat, Sosiologi, Psikologi, Antropologi, dan Hubungan Internasional
  • Bahasa & Sastra: Sastra dan pertunjukan
  • Karya Seni: Opsional
Untuk jadwal ujian International Baccalaureate (IB) Diploma Programme ini biasanya diadakan pada dua kali dalam setahun, yaitu ada pada Akhir April – Awal Mei, dan ada juga diadakan pada Akhir Oktober – Awal November setiap tahunnya.

6. Pilih tutor yang tepat untuk persiapan Ujian International Baccalaureate (IB)
Melihat begitu banyak persiapan yang harus dilakukan untuk menghadapi ujian International Baccalaureate (IB) Diploma Programme ini, maka kita harus punya persiapan yang matang agar bisa lulus dengan baik. Untuk itu, kita sangat memerlukan bimbel kurikulum IB dengan tutor yang tepat agar bisa masuk pada universitas yang kita inginkan, karena tutur pada bimbel kurikulum IB ini akan membantu kita pada banyak hal, mulai dari merekomendasikan jurusan sesuai minat yang kita sukai, hingga persiapan untuk ujian International Baccalaureate (IB) agar kita berhasil masuk pada jurusan dan kampus impian di luar negeri.

Dengan kita melakukan hal-hal di atas dengan baik, maka ini sudah menjadi satu langkah awal yang bagus untuk semakin mendekatkan kita pada tujuan yang ingin kita gapai, yaitu bisa kuliah pada jurusan dan universitas terbaik yang menjadi impian kita selama ini.


Persiapkan Ujian IB Diploma Programme dengan Percaya Diri bersama Sinotif

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa International Baccalaureate (IB) ini merupakan salah satu syarat untuk bisa kuliah di kampus-kampus ternama di dunia. Tak jarang banyak yang tak lulus pada ujian ini. Makanya, sangat penting bagi kita untuk mempersiapkan diri sedini mungkin, termasuk memilih mentor yang tepat agar bisa lulus dengan baik.

Dan membahas tentang hal ini, maka kemarin (24/05/2024), saya pun ikut hadir dalam webinar edukasi yang diadakan oleh Sinotif dengan tema “Navigating the IB Curriculum with Confidence” dengan narasumber Mas Aris Widodo S.si selaku Kepala Unit A 01 Sinotif dan dipandu oleh Mas Hafidz Noor selaku moderator.

Sinotif hadirkan bilmbel kurikulum IB

Bisa kuliah di luar negeri tentu adalah sebuah kebanggaan yang luar biasa, namun di balik itu kita juga kerap dihadapkan oleh rasa kurang percaya diri dalam memenuhi berbagai persyaratan yang ada, termasuk persiapan untuk ujian International Baccalaureate (IB) Diploma yang menjadi salah satu syarat agar bisa berkuliah pada kampus-kampus terbaik di dunia.

Perlu kita ketahui bahwa International Baccalaureate (IB) ini merupakan kurikulum yang tidak hanya fokus pada perkembangan kognitif saja, tetapi juga punya peran pada perkembangan sosial, emosional hingga fisik. Makanya, banyak hal yang akan didapatkan oleh kita ketika mengikuti IB Diploma Programme ini, seperti sebagai berikut:
  1. Mempunyai keleluasaan dan kedalaman pengetahuan yang sangat baik dalam berbagai hal
  2. Bisa membantu perkembangan fisik, intelektual, emosional dan etis
  3. Bisa unggul dalam mata pelajaran akademis tradisional
  4. Teori Pengetahuan (TOK) dinilai melalui pameran dan esai panjang 1.600 kata
Untuk mendapatkan IB Diploma maka kita harus mengambil kursus dari enam mata pelajaran seperti Bahasa & Sastra, Penguasaan bahasa, Individu & masyarakat, Sains, Matematika, dan Karya seni seperti yang ada pada gambar berikut ini.

Ini mata pelajaran yang diujikan dalam ujian IB Diploma

Jadi, kita harus mengambil masing-masing satu dari kelompok 1 – 5, dan satu dari kelompok 6 atau pengganti dari kelompok 1 – 4. Dan untuk penilaiannya sendiri, IB Diploma Programme ini memiliki sistem penilaian sebagai berikut:
  1. Siswa mendapatkan nilai berkisar antara 1- 7 dengan nilai tertinggi adalah 7
  2. Nilai hasil akhir ijazah seorang siswa terdiri dari gabungan nilai dari setiap mata pelajaran
  3. Ijazah akan diberikan kepada siswa yang memperoleh setidaknya 24 poin, tergantung pada tingkat kinerja minimum tertentu, termasuk berhasil menyelesaikan tiga inti elemen penting dari Diploma Programme.
Dari penilaian di atas kita jadi mengerti, bahwa ternyata untuk bisa lulus dalam ujian IB Diploma Programme ini kita harus banyak persiapan agar bisa memperoleh nilai yang memuaskan, karena standar minimalnya saja kita harus memperoleh nilai sebanyak 24 poin.

Namun para orangtua tidak perlu khawatir, karena untuk mewujudkan hal tersebut kini sudah ada Sinotif yang siap membantu anak-anak kita untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian IB Diploma Programme ini, agar nantinya bisa mempersiapkan diri dengan baik untuk memperoleh nilai ujian IB Diploma Programme yang memuaskan.

Sebab, Sinotif ini sudah sangat berpengalaman dalam melahirkan anak-anak yang berhasil mendapatkan nilai ujian IB Diploma Programme dengan skor terbaik melalui Bimbel kurikulum IB, sehingga mereka bisa masuk pada jurusan dan universitas luar negeri ternama yang mereka impikan selama ini.

Sinotif berikan bimbel kurikulum IB untuk persiapan ujian IB Diploma

Sinotif merupakan tempat les privat dan bimbingan belajar (bimbel) untuk siswa nasional dan internasional terutama untuk mata pelajaran eksakta seperti Matematika, Fisika dan juga Kimia yang memberikan layanan belajar secara virtual (online), live, dan interaktif, sehingga memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah antara guru dan siswa dalam melakukan proses belajar mengajar sehingga bisa diikuti oleh seluruh siswa dan siswi yang ada di seluruh Indonesia.

Dalam proses belajar ini, Sinotif menerapkan Sinotif Learning Method yang merupakan formula khusus yang telah teruji dan terbukti selama lebih dari 20 tahun sejak didirikan pada 25 Maret 2000 silam dalam membantu siswa-siswi dari seluruh Indonesia, mulai dari tingkat SD hingga SMA, baik itu kurikulum Nasional, Nasional+, maupun Internasional.

Bimbel virtual Sinotif ini memiliki 4 pilar utama yang menjadi acuannya, sehingga mampu memberikan metode belajar yang sistematis dan fokus pada kebutuhan siswa, tuntutan sekolahnya dan target belajar yang ingin dicapai, yaitu sebagai berikut:
  • PERSONALIZED yaitu metode pembelajaran yang fokus pada kebutuhan. Siswa akan mendapatkan layanan personal sesuai kebutuhan dan target belajar yang diinginkan. Nanti ada catatan dan laporan belajar yang dikirimkan setiap selesai sesi belajar.
  • SYSTEMIZED yaitu menghadirkan metode belajar menjadi lebih mudah dan efektif. Dimana siswa mendapatkan modul soal yang sistematis dengan kombinasi gaya belajar linear dan global untuk memudahkan pemahaman konsep.
  • SPECIALIZED yaitu para siswa akan diajarkan oleh guru-guru yang ahli di bidangnya. Siswa akan dibimbing oleh tiga guru spesialis matematika, fisika dan kimia yang ahli dan tersertifikasi khusus.
  • LIMITLESS yaitu memberikan layanan 24 jam nonstop, sehingga kita bisa mengakses website e-learning untuk belajar mandiri melalui seratusinstitute.com dan tanya soal secara instan dengan aplikasi Tanya Jawab Soal kapanpun dan di mana pun dengan mudah.
Melalui empat metode belajar ini, maka tak heran bila bimbel virtual Sinotif mampu menghadirkan rasa dan kualitas pengajaran sama dengan belajar offline, sehingga para siswa bisa menjadi lebih mudah untuk memahami dan menguasai mata pelajaran eksakta yang selama ini terasa sulit.

Jika selama ini para siswa kesulitan dalam memahami pelajaran eksakta. Maka melalui Sinotif ini, anak-anak kita akan mendapatkan bimbel matematika, kimia dan fisika yang tepat, karena Sinotif memiliki metode belajar yang jelas dan sudah terbukti mencerdaskan anak-anak bangsa yang kini bisa melanjutkan studinya hingga ke kampus ternama di luar negeri.

Terlebih, belajar di Sinotif ini memiliki beberapa jenis kelas yang bisa kita pilih agar semakin mudah dalam memahami pelajaran melalui bimbel matematika, kimia atau fisika yang terstruktur. Kini Sinotif menghadirkan 4 pilihan kelas Sinotif Premier yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan kita dalam belajar, sebagai berikut:
  1. Kelas Premier Diamond memberikan layanan belajar secara privat dan juga eksklusif dengan hanya 1 siswa saja selama 90 menit, sehingga sangat personal dan memiliki garansi uang kembali.
  2. Kelas Premier Platinum menghadirkan kelas live interaktif dengan konsep semi privat (3-5 siswa) dengan pendekatan personal, fokus membantu pemahaman materi yang belum dimengerti, pengerjaan PR/tugas yang sulit, persiapan ulangan harian, mid semester, ulangan umum dan kenaikan kelas. Bagi siswa sekolah internasional sudah termasuk IGCSE, O-Level, As-Level, A-Level, Checkpoint, H Level, S Level.
  3. Kelas Premier Gold menawarkan kelas live interaktif dengan 6-15 siswa bersama guru spesialis dengan modul lengkap dan sistematis dengan program belajar untuk siswa sekolah Nasional, fokus membantu pemahaman materi yang belum dimengerti, latihan soal, persiapan ulangan harian, mid semester, ulangan umum dan kenaikan kelas.
  4. Kelas Premier Silver merupakan layanan belajar mandiri dengan bimbingan guru dan bebas tanya PR kapan pun secara online 24 jam nonstop.
Dari ke-4 model kelas yang ditawarkan Sinotif Premier ini, tentu orangtua bisa menentukan sendiri mana kelas yang cocok untuk membantu anaknya mengikuti bimbel kurikulum IB supaya kelak anak-anaknya bisa semakin percaya diri dalam menghadapi ujian IB Diploma ini.

Untuk itu, bagi orangtua atau para siswa yang ingin mengikuti ujian IB Diploma agar bisa kuliah di luar negeri, maka bisa langsung memanfaatkan layanan bimbel kurikulum IB Sinotif ini sekarang juga, karena sudah terbukti mengantarkan banyak siswa-siswa untuk masuk pada jurusan dan universitas impiannya di luar negeri. Good Luck! 


15 comments:

  1. Kalau waktu bole diputar, saya pingin banget lanjut kuliah atau merantau ke luar negeri.
    Sayang sekarang terkendala sama umur dan bonton (alias anak2) hihiii
    Sekarang hobi banget obrak abrik ponakan2 supaya cari ilmu ke luar negeri.

    ReplyDelete
  2. Anak sulungku saat ini kuliah di luar negeri, dan memang persiapan untuk kuliah ke luar negeri mesti matang. Di antaranya ikut bimbel seperti Sinotif ini yang memiliki metode belajar yang jelas dan sudah terbukti membantu yang akan melanjutkan studi ke luar negeri.

    ReplyDelete
  3. Dengan belajar di bimbel yang se-asik ini, bikin semangat dalam meraih pendidikan gemilang. Apalagi yang sedang incar kampus di luar negeri kan, bisa nih disiapkan dari sekarang

    ReplyDelete
  4. Kayaknya baru Sinotif ini ya, bimbel yang menyiapkan siswa untuk kuliah di LN. Biasanya kan orientasinya masih di Indonesia terutama ke PTN. Tapi bagus lah, jadi global gitu, go international. Nah, perlu nih ada wawasan, matapelajaran apa saja yang perlu disiapkan.

    ReplyDelete
  5. Tau sinotif kayanya udah lebih dari 20 tahun yang lalu jaman masih SMP-SMA. Keren juga ada program baru dan masih bertahan sampai sekarang. Salut!

    ReplyDelete
  6. Sinotif ini beneran keren ya programnya. Pas banget deh kemarin aku cerita sama kakak yang anaknya pengen kuliah ke LN jadi semangat deh ikutan bimbingan belajar di sinotif

    ReplyDelete
  7. "Kuliah di luar negeri bukan hanya sebuah pencapaian yang luar biasa bagi diri kita sendiri, namun bisa kuliah di luar negeri tentunya akan memberikan banyak manfaat yang luar biasa, baik dari segi ilmu dan pengalaman yang akan didapatkan, hingga bagi pengembangan diri dan juga karir di masa depan." Saya sepakat dengan rangkaian kalimat ini. Kuliah di LN bukan masalah gengsi tapi lebih pada mendapatkan banyak hal positif saat kuliah dan setelahnya. Terutama soal kemandirian dan networking. Jadi jika memang dananya ada dan yang bersangkutan berkenan, kuliah di LN baik untuk opsi. Apalagi sekarang kan ada berbagai organisasi yang bisa melancarkan keinginan ini seperti SINOTIF.

    ReplyDelete
  8. Wah keren, Sinotif paham banget kebutuhan peserta didik
    Terlebih dengan kenaikan UKT yang semakin mendorong anak Indonesia untuk kuliah di luar negeri. Sinotif menyediakan caranya agar peserta didik bisa lolos ujian
    Sejak awal Sinotif emang visioner

    ReplyDelete
  9. Apa hanya aku yang baru tau tentang sinotif ini ya?? Ketinggalan jaman bgt kayaknya aku deh. Senang bisa baca informasi tentang sinotif di sini

    ReplyDelete
  10. Siapa sih ya yang gak tau Sinotif, udah se-famous itu dan banyak bukti nyatanya juga. Tapi aku baru tahu ada program begini juga di sana. Keren banget sih.

    ReplyDelete
  11. Wow, mantep banget bimbel Sinotif ini. Jadinya yang ada rencana kuliah di luar negeri juga bisa lebih matang persiapannya.

    ReplyDelete
  12. aku juga termasuk yang mimpinya kuliah ke luar negeri, namun nggak tau persiapannya apa aja akhirnya mundur teratur, bagus ini sinotif program barunya bisa membantu banyak anak mewujudkan mimpinya sekolah/ kuliah di luar negeri

    ReplyDelete
  13. Persiapan yang matang untuk menempuh Ujian IB Diploma Programme bisa dibantu sama Sinotif.
    Aku percaya banget kalau menuntut ilmu di luar negeri bisa menambah kompetensi untuk masa depan.

    ReplyDelete
  14. Info penting nih bekali anak ilmu buat masa depan. Keren ya banyak pilihan kelas nya tinggal pilih sesuai kebutuhan.

    ReplyDelete
  15. Persiapan ujian yang sebenarnya bukan sekedar materi pelajaran namun pecaya diri sangat penting dipersiapkan dengan matang

    ReplyDelete