Cara Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia


Cara mengatasi susah tidur atau insomnia (Gambar by freepik - Jcomp)

Beberapa waktu yang lalu, saat ada acara halal bi halal, saya melihat seorang teman saya tampak sangat pucat, wajahnya tidak terlihat segar seperti biasanya. Dan setelah dia cerita, saya baru tahu jika belakangan ini dia sedang mengalami masa-masa sulit tidur atau insomnia.

Ya, kesulitan tidur ini memang sangat menggangu, selain membuat penderitanya mengalami rasa ketidaknyamanan, tentu hal ini juga berdampak pada terganggungnya berbagai aktivitas sehari-hari. Terutama dapat menggangu kesehatan bila terjadi terus menerus dalam rentang waktu yang lama.

Untuk penyebab dari insomnia ini sediri sangat beragam. Dan dari berbagai artikel yang pernah saya baca, penyebab insomnia ini banyak, seperti stress, depresi, kecemasan, pola tidur yang tidak teratur, mengkonsumsi kefein dan alkohol, serta gangguan fisik atau psikologis lainnya.

Dan tentu saja, penyebab insomnia ini bisa berbeda-beda antara orang yang satu dengan yang lainnya, namun bila tidak ditangani dengan baik, maka bisa berdampak negatif pada kesehatan dan bisa menyebabkan kualitas hidup dan produktivitas kita menjadi menurun.

Makanya, kondisi susah tidur ini harus segera diatasi agar tidak menjadi masalah yang serius. Dan berikut ini beberapa cara untuk mengatasi insomnia yang bisa kita lakukukan  yaitu sebagai berikut:

1. Menjaga pola tidur yang teratur
Kita sebaiknya mencobalah untuk tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya. Hal ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur kita menjadi lebih baik.

2. Hindari konsumsi kafein, alkohol, dan obat-obatan tertentu sebelum tidur
Beberapa zat ini biasanya punya potensi yang dapat mengganggu tidur kita. Untuk itu, sebaiknya kita mencoba untuk menghindari untuk mengkonsumsi zat-zat tersebut beberapa jam sebelum tidur.

3. Menenangkan pikiran sebelum tidur
Sebelum tidur sebaiknya kita melakukan berbagai teknik relaksasi seperti meditasi, bernapas dengan perlahan, atau mandi air hangat agar dapat membantu menenangkan pikiran dan mempersiapkan tubuh untuk tidur yang lebih rileks.

4. Hindari menggunakan perangkat elektronik sebelum tidur
Perlu dipahami, bahwa cahaya biru dari layar perangkat elektronik dapat mengganggu produksi hormon melatonin yang penting untuk tidur. Makanya, cobalah untuk menghindari penggunaan perangkat elektronik minimal satu jam sebelum tidur.

5. Cobalah tidur dalam kondisi yang gelap
Ruangan yang gelap dapat merelaksasi pikiran, sehingga dapat membantu menstabilkan emosi dan pikiran untuk menghilangkan stress. Maka dengan begitu, kita pun jadi lebih mudah untuk tidur lebih nyenyak.

Nah itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan jika sedang merasa kesulitan tidur atau insomnia. Tapi jika semua cara sudah dilakukan tapi insomnia kita masih terus terjadi dalam jangka waktu yang lama dan mengganggu aktivitas sehari-hari, maka segera konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat! 😊


No comments:

Post a Comment