Art Jakarta 2018 Hadirkan Lebih dari 1000 Karya Seni



Bagi saya menikmati pameran seni rupa itu sungguh sesuatu yang sangat menyenangkan, saya selalu dibuat terkagum-kagum saat melihat keindahan dan juga keunikan yang dibuat oleh para seniman seni rupa, “kok bisa ya mereka punya ide sebegitu kreatif buat karya seindah itu” kata-kata itu kerap kali meluncur saat saya begitu terpukau dengan karya seni yang begitu indah.

Dan saya percaya, tidak semua orang dianugerahi Tuhan untuk bisa memiliki jiwa seni, hanya orang-orang tertentu saja yang memang memilikinya, makanya saya sangat senang ketika melihat orang-orang yang punya jiwa seni mampu mengasah bakatnya dan menemukan jalan untuk bisa menunjukan hasil karyanya di hadapan banyak orang. 

Sungguh sangat beruntung, kini seniman-seniman seni rupa memiliki wadah yang tepat untuk memamerkan hasil karya meraka yang bertajuk Art Jakarta. Sebuah ajang festival tahunan yang digelar secara rutin setiap tahunnya dengan konsep yang selalu berubah-ubah. 

Seperti tahun ini, Art Jakarta kembali hadir dalam perjalanannya yang ke 10 tahun dengan mengambil tempat di lantai 4, Ballroom The Ritz-Carlton Jakarta - Pacific Place. Saya benar-benar dibuat kagum dengan ribuan karya seni yang dihadirkan di sini.

Jadi Art Jakarta 2018 ini sudah dibuka untuk umum mulai dari tanggal 3 Agustus yang lalu dan berakhir pada tanggal 5 Agustus 2018 mendatang, dimana tahun ini merupakan pergelaran yang ke 10 tahun dari Art Jakarta. Dalam acara pergelaran istimewa tahunan ini mempertemukan kolektor, art dealer, seniman, penikmar dan pelaku dengan memadukan seni dan gaya hidup.

Festival seni rupa bertaraf internasional ini mengangkat karya seniman lokal dan juga internasional, dan diharapkan dengan hadirnya festival ini bisa memberikan inspirasi bagi pelaku kreatif tanah air dalam meningkatkan sektor ekonomi kreatif.

Hal ini pun diungkapkan oleh Ibu Paramitha Soedarjo selaku Head of Committee Art Jakarta 2018 bahwa “Art Jakarta membuktikan bahwa Indonesia dapat menjadi wadah pertemuan pelaku dan pecinta seni yang diakui di tanah air dan manca nagera sehingga mampu menginspirasi kolektor-kolektor baru dan membawa pameran seni rupa ini menjadi pusat seni terkemuka di Asia.”

Melalui momentum 10 tahunnya ini, maka Art Jakarta mencoba menghadirkan lebih dari 1000 karya seni dari lebih dari 300 seniman dan 51 galeri dengan karya-karya yang sangat apik, bukan hanya dari karya yang dipajangkan namun juga dari design dan cara penataan karya seni di sini semua diatur dengan sedemikian rupa sehingga benar-benar tampilannya sangat bagus.
Mahkota-mahkota yang begitu cantik, siapakah gerangan yang akan mengenakannya?
Foto-foto yang indah
Untuk mewujudkan Art Jakarta 2018 yang begitu memukau ini, maka Art Jakarta mengandeng beberapa pihak yang memang sudah punya banyak pengalaman untuk menghadirkan pameran seni rupa yang begitu megah dan modern serta dipoles dengan berbagai kegiatan menarik lainnya, diantaranya:
  • Mall Art oleh Faisal Habibi yang berpengalaman dengan pameran seni rupa publik yang bekerjasama dengan Mall Pacific Place.
  • Creative Art Class oleh Ganara Art Space yang memberikan workshop untuk menambah wawasan terkait dunia seni rupa yang dapat diikuti oleh semua pengunjung, baik anak-anak sampai orang dewasa.
  • Creative Art Talk dengan topic pilihan seperti Korean Art Now, How to collect Art Photography, Art in Music Composition, Art in Music Video, dan How to become a collector (oleh BEKRAF).
  • 10 for 10 yaitu 10 instalasi dengan konsep 10 museum show 10 tahun Art Jakarta dari seniman terkemuka.
  • Art Unlimited yang diprakarsai oleh BEKRAF dengan presentasi khusus bagi para seniman muda
Selain itu, di acara ini juga ada penamilan khusus dari Flaying Ballon Puppet Shiw dan Pasar Purnama yang ditampilkan oleh Sasikirana. Kemudian ada Gold/Glory dari Thinking Room, Find You Light instalasi khusus dari Meliantha Muliawan untuk Lancome Genifique, dan Japan Art Now yang menampilkan 10 seniman Jepang terkini terkait dengan 10 tahun Art Jakarta ini.

Asyik bangat kan?

Bukan hanya itu saja loh. Ternyata pengunjung juga bisa menikmati Art Gram yaitu pesona-pesona instagram dengan tampilan bernuansa seni, seperti ada NAFA, Biennale Yogya, Museum & Educational (MACAN, Ciputra Artpreuner Museum, SCAD, dan Erudio School of Art), instalasi galeri termasuk gajah gallery, ROH Project, Mizuma Gallery, RUCI Gallery, dan galeri anggota AGSI, ada Metamorphosis oleh Ay Tjoe Christine, Solo Show Botore oleh El Museo / Fernanda Pradilla dari Spanyol / Colombia, dan ada juga Lelang Amal Art Carpet untuk Yayasan Mitra Museum Jakarta, dan program kampanye dari Yayasan Jantung Indonesia, serta lelang lemari es dari Modena untuk DoctorSHARE.
Lemari Es dari Modena yang akan dilelang
Selain itu, di sini juga ada Pop Art restaurant oleh The Ritz-Carlton Jakarta – Pacific Place dengan tema The Green House by Maggie Joans, Chef Seumas Smith yang akan menyiapkan menu Ala Carte yang terinspirasi dari makanan mediteranian. Selain itu ada Art Bar yang menyediakan aneka souvenir, seperti tas selempang, sarung bantal, hingga kaos dengan aplikasi karya seniman Wedhar Riyadi, Agan Harahap, Uji Hanan Handoko, dan Petek Sutrisno dengan HTM Rp. 50.000 -,

Dengan begitu banyaknya kegiatan yang dikemas dalam Art Jakarta 2018 ini, tentu saja festival ini memang sangat layak untuk dikunjungi, dan pada hari pertama dibuka saja, festival ini sudah banyak menyedot perhatian masyarakat, dan makin malam justru pengunjung semakin banyak yang datang.

Hal ini pun diungkapkan oleh Ibu Ria Lirungan selaku Deputy Head of Committee Art Jakarta 2018 menuturkan bahwa “Antusiasme baik dari masyarakat pecinta dan pelaku seni begitu tinggi dari tahun ke tahun, terlihat dari semakin banyaknya variasi karya seni Art Jakarta 2018 yang dapat dinikmati oleh pengunjung mulai dari kategori pemula hingga kolektor senior.”

Dan Ibu Ria menilai, kehadiran Art Jakarta ini telah menjadi wadah edukasi yang mampu mengembangkan komunitas seni serta menjadi platform bagi seniman muda yang potensial. Selain itu, aneka ragam karya yang sengaja dihadirkan di sini diniatkan supaya bisa dinikmati oleh semua lapisan umur, mulai dari orang tua hingga anak-anak agar dapat memahami dan menumbuhkan minat terhadap seni sedini mungkin.

Jadi mumpung masih ada waktu, ayo teman-teman main datang ke Art Jakarta, ajak semua keluarga untuk datang ke Art Jakarta 2018, harga tiket masuknya cukup tejangkau kok, hanya Rp. 50.000 namun kita bisa menyaksikan ada lebih dari 1000 karya seni dan banyak spot foto yang sangat instagramable di sini. Dan catat baik-baik waktu berkunjungnya ya sebagai berikut:
  • Jumat (03 Agustus 2018): Buka 12:00 WIB – 22:00 WIB
  • Sabtu (04 Agustus 2018): Buka 10:00 WIB – 21:00 WIB
  •  Minggu (05 Agustus 2018): Buka 10:00 WIB – 22:00 WIB

Foto-foto di atas hanya sebagian kecil dari ribuan karya seni yang ada di pameran ini. Jadi, buat teman-teman yang penasaran langsung saja datang ke Art Jakarta ini. Dan saya ucapkan selamat menikmati Art Jakarta 2018, temukan dan rasakan keindahan ribuan karya seni di sini, dan semoga bisa mendapatkan banyak  inspirasi untuk menghasilkan karya seni seindah ini juga. :)

Dan tidak lupa saya ucapkan selamat untuk Art Jakarta, semoga berumur panjang dan ke depan bisa terus menghadirkan karya-karya seni yang indah, dan semakin menginspirasi banyak orang untuk bisa belajar menghargai, mencintai dan melahirkan karya seni rupa yang tak kalah keren dari tahun ini. Sampai jumpa di Art Jakarta 2019! :)

   

2 comments:

  1. Asyik ya di era sekarang kita bisa berkunjung ke tempat2 yg menampilkan karya seni yang menarik dan berdaya jual tinggi. Anak2ku demen melukis, so seru kayaknya kalau mereka kuajak ke sini ya. Tiketnya 50rb dan tutup pk 22.00 ya? Boleh juga jadi agenda weekend keluarga :) Tq infonya, Mas Imawan. Foto2nya keren seperti biasa :D

    ReplyDelete
  2. Keren-keren banget gambarnya, Mas. Ku kira tadinya Kang Uwan bikin gallery sendiri, dan Mas Awan mampir kesana.. Huhuhu telat aku taunya, udah gak ada ya sekarang :(

    ReplyDelete