MeeberLite dan Meeberian Solusi Cerdas Bisnis F&B Zaman Now



Sekarang semuanya semakin mudah, mau apa saja semua bisa mengandalkan smartphone saja, termasuk urusan pesan makan saat kita berada di sebuah restoran, kini kita tidak lagi perlu panggil-panggil pelayan untuk melayani pemesanan kita, atau tidak perlu berdiri antri berlama-lama di depan kasir untuk pesan makanan, sekarang semua bisa mengandalkan smartphone saja, maka makanan dan minuman apa yang kita pesan langsung akan disediakan oleh restoran tersebut.

Kemudahan ini ditawarkan oleh PT Meeber Teknologi Indonesia (Meeber) yang menghadirkan Meeberlite dan Meeberian sebagai solusi di bidang food and beverage (F&B) zaman now. Dimana PT Meeber Teknologi Indonesia (Meeber) merupakan startup local yang okus menghadirkan solusi untuk bisnis &B di Indonesia.

Meeber sudah beridir sejak tahun 2015 dengan meluncurkan layanan manajemen restoran secara digital berbentuk Point of Sales (POS) yang berbasis di Surabaya. Dan hingga saat ini, ternyata Meeber POS sudah memiliki merchant di Surabaya, Jakarta dan Malaysia, dengan yang terbesar di Surabaya. Dimana layanan Meeber POS ini hadir untuk memenuhi kebutuhan bisnis F&B dine-in dan quick-service dalam bentuk coffee shop, food truck, bazzar serta food stall. 

Dan kini, PT Meeber Teknologi Indonesia (Meeber)  kembali menghadirkan solusi untuk kemudahan restaurant dalam melayani konsumennya dengan menghadirkan sebuah trobosan baru berupa aplikasi Meeberlite dan Meeberian. 

Dimana keduanya ini merupakan aplikasi berbasis mobile yang menawarkan inovasi konsep retoran digital pertama di Indonesia sehingga tercipta Business Automation dan Customer Engagement bagi pengusaha food and beverage. Hal ini juga ditunjang oleh aplikasi kasir online MeeberPOS yang terintegrasi sehingga pelaku bisnis dapat memaksimalkan bisnis food and beverage mereka.

Soft Launching Meeberlite dan Meeberian

Jadi kemarin (31/07/2018), PT Meeber Teknologi Indonesia (Meeber) melakukan soft launching aplikasi Meeberlite dan Meeberian yang bertempat di Plaza Kuningan – Jakarta. Tampak hadir dalam acara ini Bapak Rudy Hartawan selaku Chief Executive Officer PT Meeber Teknologi Indonesia dan Bapak Indra Sitorus selaku Chief Marketing Oficer PT Meeber Teknologi Indonesia.
Soft launcing aplikasi MeeberLite dan Meeberian bersama Bapak Rudy Hartawan (Kiri) dan Bapak Indra Sitorus (Kanan)
Pada kesempatan ini, Bapak Rudi menjelaskan bahwa dalam menjalankan bisnis F&B ini, para pelakunya kerap kali dihadapkan berbagai situasi yang sulit terutama dalam melayani konsumen. Melihat hal ini maka Meeber hadir untuk memberikan solusinya, berupa:
  • Business Automation yang akan memudahkan pelaku bisnis F&B dalam menjaga standard pelayanan yang cepat dan akurat serta tanggap. Selain itu, control feedback dapat digunakan untuk menjadi tolak ukur kepuasan pelanggan.
  • Customer engagement akan memberikan wawasan yang tepat mengenai pelanggan sehingga memudahkan penentuan strategi pemasan yang tepat sasaran melalui point reward dan push promotion.
Bapak Rudy menuturkan bahwa “Setiap pelaku bisnis F&B tentunya mengharapkan bisnisnya semakin berkembang. Oleh karena itu, bagi mereka yang sudah mencapai skala bisnis menengah dan menengah atas memerlukan standardisasi dan otomatisasi dalam pengolahannya. Di zzaman modern ini, kedua hal tersebut hanya dapat dicapai melalui digitalisasi restoran yang mampu memenuhi kebutuhan pelaku bisnis maupun konsumen. Untuk itulah, Meeber menciptakan terobosan berupa digitalisasi restoran yang memberikan nilai tambah pada pelaku bisnis maupun pelanggan.”

Senada dangan itu, Bapak Indra Sitorus juga menjelaskan bahwa digitalisasi bisnis F&B tidak akan terealisasi tanpa adanya platform untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda dari sisi merchant ataupun pelanggan. 

Untuk menjawab kebutuhan yang beragam tersebut, makanya Meeber menghadirkan aplikasi Meeberlite dan Meeberian secara terpisah untuk memberikan nilai tambah pada layanan order, payment, support system dan customer engagement.

Perbedaan Fungsi MeeberLite Dan Meeberian

MeeberLite merupakan aplikasi yang diperuntukan untuk merchant restoran dalam menerapkan sistem otomatisasi bisnis restoran yang terkoneksi dengan aplikasi Meeberian dari sisi pelanggan. Jadi dengan kehadiran aplikasi MeeberLite ini maka setiap merchant diharapkan akan semakin mudah dalam memberikan pelayanan di restorannya yang menawarkan kemudahan untuk:
  • Kemudahan untuk melayani penerimaan pesanan pelanggan
  • Kemudahan pembayaran secara digital,
  • Kemudahan untuk mempromosikan program diskon atau promosi untuk pelanggan
  • Tersedia sistem support yang canggih sampai dengan analisa wawasan pelanggan
  • Tersedia juga sistem control feedback
Jadi dengan kehadiran aplikasi ini maka pengusaha restoran dapat memaksimalkan bisnis mereka berdasarkan customer insight yang kuat, relevan dan tepat sasaran. Maka dengan begitu, pengusaha restoran akan bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat dan terukur sehingga mampu meningkatkan profit bisnisnya.
Scan QR Code sehingga kita sebagai konsumen bisa terkoneksi dengan restoran yang dituju

Meeberian merupakan aplikasi yang bisa memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan untuk memesan makan dan minuman. Jadi bisa dibilang bahwa Meeberian ini adalah aplikasi pinta fine-in order menggunakan teknologi QR Code sehingga dapat terkoneksi dengan restoran yang dikunjungi secara real time.

Adapun kemudahan yang ditawarkan oleh Meeberian ini bagi pelanggan sebuah restoran adalah sebagai berikut:
  • Memudahkan memesan makanan dan minuman
  • Memudahkan melakukan pembayaran
  • Memudahkan memberikan penilaian bagi restoran tersebut
  • Memudahkan mendapatkan informasi promosi secara langsung dalam satu aplikasi
  • Bisa dapat poin dari setiap transaksi
Bahkan asyiknya lagi, aplikasi Meeberian ini bisa sekalian berungsi sebagai penggantu kartu anggota yang bisa kita gunakan untuk melihat history claim dan redeem dari akumulasi poin yang didapat dari setiap transaksi di restoran melalui teknologgi scan QR Code, sehingga kita tidak perlu membawa kartu dalam bentuk fisik lagi deh. 

Kehadairan aplikasi Meeberlite dan Meeberian di atas merupakan satu kesatuan yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya dengan menawarkan beragam fitur yang menarik, seperti: Layanan profile pelaku bisnis yang akan memudahkan pelanggan untuk mencari rekomendasi restoran terdekat. Selain itu ada E-Menu dan Smart Order  with QR Code yang terkoneksi dengan restoran yang dituju sehingga pelanggan dapat memilih menu yang diinginkan dengan nyaman dan cepat.

Kemudian ada juga fitur Waiter calling, Bill Asking, notivikasi Order Ready to Pick Up untuk model restoran quick service, itur Cashless Transaction dengan layanana E-Wallet dan fitur Feedback yang mendukung pemilik restoran untuk meningkatkan nilai kepuasaan dan loyalitas pelanggan.

Kehadiran aplikasi Meeberlite dan Meeberian ini berfokus pada layanan dine-in mengingat ada 85% transaksi F&B yang berasal dari layanan tersebut. Dan aplikasi Meeberlite ini bisa digunakans secara gratis oleh pelaku bisnis F&B, begitu juga untuk aplikasi Meeberian pun bisa digunakan secara gratis oleh pelanggan yang didukung oleh berbagai keungulan bagi para penguanya.

Mencoba Order dengan Aplikasi Meeberian

Jadi sebagai konsumen, kita kini tidak perlu pusing lagi harus antri saat memesan makanan, karena sekarang semua bisa kita lakukan dalam genggaman kita hanya bermodalkan smartphone kita saja, maka proses pemesanan makanan bisa kita lakukan dengan cepat dan praktis.

Nah, kemarin saya sudah mencoba aplikasi ini untuk memesan segelas kopi di Laku Kopi. Prosesnya begitu gampang menurut saya. Jadi begini langkah-langkah penggunaan aplikasi Meeberian ini:
  • Download terlebih dahulu Aplikasi Meeberian di play store
  • Lakukan proses instalisasi dan lengkapi pengisian data diri berupa nama, nomor telephone dan email.
  • Lakukan scan RQ code restoran tersebut, lalu akan muncul menu apa saja yang ada di restoran tersebut.
  • Kemudian pilih menu-menu yang ingin kita pesan
  • Lalu pilih metode pembayarannya yang kita inginkan (bisa cash atau metode pembayaran lainnya)
  • Lalu tinggal tunggu, nanti akan ada pemberitahuan jika pesana kita sudah siap.
Ternyata memesan kopi dengan aplikasi Meeberian ini sangat cepat dan tidak pake ribet

Kalo menurut saya pribadi sih, kehadiran aplikasi Meeberian ini benar-benar praktis, bikin kita semakin nyaman dan mudah dalam memesan makanan dan minuman, tidak ada lagi mengeluh capek berdiri lama antri atau kesal sama pelayan yang telat melayani kita saat mau pesan makanan atau minuman. Kini, semua begitu mudah hanya dalam genggaman kita saja.

So, selamat mencoba. :)


11 comments:

  1. Keren yah soft launching aplikasi langsung dua sekaligus. Semoga segera ada di App Store. 😊

    ReplyDelete
  2. Bener Mas, dengan adanya aplikasi Meeberian ini kita tidak capek-capek lagi mengantre dan sebel dengan pelayanan jika telat dilayani.

    ReplyDelete
  3. Urusan memesan menu saat ini jadi lebih mudah, cukup gunakan aplikasi Meebrian saja. Keren inovasi yang dihadirkan Meeber Teknologi.

    ReplyDelete
  4. Oh ini toh aplikasinya yang bisa kita ngga ngantri atau nunggu pesanan lama, wah emang bener2 kece banget

    ReplyDelete
  5. tinggal klik2.. nungguin cpet dah ga pake antri2..

    ReplyDelete
  6. Setuju, dengan meeberian ini konsumen terbantu bgt , jdi lebih praktis dan nyaman.

    ReplyDelete
  7. Nah iya bener banget nih supaya nggak capek antri juga dan nggak bikin kesel ya pas mau order barang

    ReplyDelete
  8. Hemm aku seneng lo kalo dutraktrrr. Ageh traktir aku pake aolikasi meberian kangggg

    ReplyDelete
  9. Ku kira kemarin grand launching ternyata soft ya. Ya ampun, sibuk nyobain aplikasinya dan otak atik sampe enggak ngeh kalo itu soft launchinh.

    ReplyDelete
  10. Wah, somusi cerdas bisnis yang kekinian bgt ya...

    ReplyDelete
  11. Yang aku suka dari apps ini adalah cepatnya, jadi bayar tinggal scan ajah, hehehe

    ReplyDelete