BPPSPAM Hadirkan Games Interaktif yang Fun & Edukatif



Tak pernah terpikirkan oleh saya untuk bertandang ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) ini sebelum-sebelumnya, hingga akhirnya kemarin (27/02/19) langkah kaki saya sampai juga si sini. Gedung yang selama ini hanya bisa saya pandangi dari luar saat melintas saja, kini akhirnya benar-benar bisa juga saya jejaki.

Saat memasuki gerbang gedung ini, mata saya langsung disuguhkan dengan bangku taman yang teduh oleh rimbunan pohon yang menghijau, kicau burung bersahutan terdengar jelas saat langkah kaki saya melangkah menuju ruang Aula Serbaguna di Gedung Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) ini.

Sungguh suasana yang sangat sejuk dan asri, berbagai sudut terlihat tertata dengan sangat rapi, banyak sekali tempat yang bisa dijadikan spot foto yang indah di sini, namun sayangnya saya tak sempat lagi untuk mengabadikan semua pemandangan ini, lantaran waktu sudah memburu langkah saya untuk segera bergegas.

Dan benar saja, saat sampai di ruang Aula Serbaguna lantai 1 Gedung Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) tempat berlangsungnya pameran PUPR 4.0 Expo, kerumuman orang sudah terlihat, mayoritas memang dipenuhi oleh para pegawai PUPR yang mengenakan seragam putih. Mereka tampak antusias memenuhi beberapa booth pameran yang ada.
Suasana di acara pameran PUPR 4.0 Expo tampak ramai di belakang saya
Selain ada pameran tersebut, di sini juga diselenggarakan talkshow yang bertajuk “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Penyelenggaraan SPAM di Era Revolusi Industri 4.0” yang dibagi dalam dua sesi. Dimana sesi pertama membahas tentang “Edukasi Penyelenggaraan Sistem Penyedia Air Minum (SPAM) di Era Industri 4.0” dan di sesi keduanya  membahas tentang “Wujudkan Revolusi Industri 4.0 melalui Aplikasi Manajemen Aset SPAM”.

Ya, kehadiran pameran PUPR 4.0 Expo dan talkshow ini merupakan bagian dari sosialisasi terkait Pemanfaatan teknologi Informasi dalam Peningkatan Penyelenggaraan SPAM di Era Revolusi Industri 4.0 yang kini sudah dilakukan oleh Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyedia Air Minum (BPPSPAM).   

Hal ini dilakukan seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan kamunikasi yang sekarang ini terus berkembang pesat, tak terkecuali di negara kita. Dan hal ini turut membuat BPPSPAM terpacu untuk melakukan berbagai inovasi dengan menghadirkan berbagai produk teknologi yang akan bermanfaat untuk memudahkan segala hal menjadi jauh lebih praktis dan fleksibel.
Beberapa Booth yang ada di pameran PUPR 4.0 Expo yang saya potret saat suasana sepi karena lagi jam istirahat
Dan memasuki revolusi industri 4.0 yang saat ini merupakan tren di dunia industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan technology cyber. Dimana pada industri 4.0  ini, teknologi manufaktur sudah masuk pada tren otomatisasi dan pertukaran data. Hal tersebut mencakup sistem cyber-fisik, internet of things (IoT), komputasi awan, dan komputasi kognitif.

Hadirnya tren ini akan mengubah banyak sisi kehidupan manusia, karena kehadiran revolusi industri 4.0 menanamkan teknologi cerdas yang dapat terhubung dengan berbagai kehidupan manusia termasuk untuk Peningkatan Penyelenggaraan SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) di Indonesia. 

Ya, kehadiran transformasi teknologi ini telah membawa Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyedia Air Minum (BPPSPAM) dalam menjalankan tugas dan fungsinya menjadi lebih meningkat lagi, terutama dalam penyelenggraan SPAM dalam hal sistem informasi teknologi komunikasi yang mengedepankan layanan berbasis internet.
Para narasumber talkshow pertama dengan mebicara (Kiri - Kanan): - Ibu Irina - Bapak Taufik - MC
Hal ini juga diungkapkan oleh Ibu Irina bahwa BPPSPAM sangat fokus pada peningkatan kinerja penyelenggaraan SPAM di Indonesia. Hal ini dilakukan agar tidak tertinggal dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi yang terus berkembang saat ini dan sudah mencapai industri 4.0.

Jadi, saat ini BPPSPAM telah memanfaatkan informasi teknologi pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk meningkatkan kinerja pelayanan air minum kepada masyarakat. Sebab BPPSPAM sadar bahwa air minum tidak hanya dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan industri, tetapi juga merupakan tolak ukur kesehatan masyarakat. Sebab dengan adanya pelayanan air minum yang berkualitas, maka kualitas kesehatan masyarakat juga terjaga.

Dan saat ini, BPPSPAM telah membuat beberapa aplikasi yang dapat membantu atau memfasilitasi PDAM dalam mengelola dan mengevaluasi data untuk meningkatkan kinerjanya. Beberapa aplikasi tersebut di antaranya:

Aplikasi Manajemen Aset

Aplikasi Manajemen Aset adalah aplikasi untuk mengolah data informasi aset penyediaan air minum, dan saat ini sudah dimanfaatkan oleh lebih dari 14 PDAM sehingga dapat mengelola asetnya secara efektif dan efisien untuk memberikan pelayanan air minum yang memenuhi prinsip kualitas, kuantitas dan kontinuitas.

Dimana diakui oleh Bapak Taufik selaku Kasubag Tata Usaha BPPSPAM bahwa aplikasi managemen aset ini tercetus karena beggitu banyaknya aset yang dimiliki oleh BPPSPAM sehingga mereka mengalami kesulitan saat ingin mengetahuui infomasi mengenai aset yang mereka miliki.

Maka kini dengan adanya Aplikasi Managemen Aset ini, maka ada tiga manfaat yang bisa dirasakan, yaitu: Mengurangi biaya siklus sehingga bisa fokus pada pemanfaatan sumber daya yang ada, penggunaan setiap biaya dengan lebih bermanfaat, dan memudahkan pengambilan keputasan menjadi lebih baik.  
Para Narasumber Talkshow dua (Kiri - Kanan): Bapak Budi - Bapak M. Kholik - Bapak Agung - Moderator

Senada dengan itu, diakui oleh Bapak Budi bahwa manfaat Manajemen Aset ini banyak sekali, diantaranya:
  • Meningkatkan efisiensi kegiatan pemeliharaan yang direncanakan dan mengurangi yang tidak direncanakan
  • Menjaga nilai, kondisi, dan kinerja aset (produktivitas tinggi)
  • Mengurangi kegagalan fungsi aset,
  • Mengurangi pemborosan dalam investasi aset baru,
  • Mengurangi biaya operasional, khususnya untukpengeluaran yang tidak terduga
  • Memudahkan pengelolaan anggaran, serta meningkatkan layanan pada pelanggan.
Hal ini yang diakui oleh Bapak Kholik dari PDAM Kota Depok dan Bapak Agung dari PDAM Kota Malang, bahwa kehadiran manajemen aset sangat penting untuk untuk karena ini merupakan salah satu cara meningkatkan kinerja PDAM supaya bisa lebih baik lagi.

Dan diakui oleh Bapak Agung bahwa kehadiran aplikasi manajemen aset ini memudahnya untuk melihat proses monitoring aset, gambar aset, kondisi aset, status aset, lokasi aset dan keterangan aset hanya dalam genggaman sehingga bisa diakses dengan mudah dimana saja dan kapan saja.

Selain itu, kehadiran Manajemen Aset diperlukan agar permintaan akan pelayanan penyediaan air minum terus meningkat, sumber daya terbatas, usia aset fisik semakin tua, efisiensi SPAM semakin menurun, penolakan terhadap kenaikan tarif air minum akibat pelayanan yang buruk, dan lain sebagainya.

Ya, manajemen Aset ini merupakan salah satu cara meningkatkan kinerja PDAM, karena cara ini merupakan pendekatan untuk memberikan informasi dan sebagai alat analisa untuk mengelola aset yang ada agar menjadi lebih efektif dan dapat memenuhi kebutuhan saat ini dan masa mendatang.

Aplikasi Pojok Konsultasi

Aplikasi Pojok Konsultasi merupakan aplikasi yang didesain untuk berkonsultasi. Dimana aplikasi ini bisa  dimanfaatkan oleh PDAM, Pemda, Badan Usaha, masyarakat, Internal PUPR atau BPPSPAM yang memberikan kemudahan berinteraksi dan berkonsultasi kepada BPPSPAM.

Aplikasi Pojok Konsultasi ini bisa diakses oleh siapa saja termasuk masyarakat
Selain itu, aplikasi ini juga berungsi sebagai ruang untuk belajar, karena sudah dilengkapi dengan bahan-bahan pembelajaran dan pengetahuan mengenai BPPSPAM, serta memberikan kemudahan pengambilan dan pertukaran data informasi di Internal BPPSPAM dan lingkungan PUPR.

Untuk mengggunakan aplikasi pojok konsultasi ini sendiri sangatlah praktis, karena bisa diakses dimana saja dan kapan saja dengan cepat dan mudah. Maka dari itu, kehadiran aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan efektifitas dan efisensi kerja PDAM, terutama dari segi waktu dan biaya serta dapat memberikan persepsi pada publik terhadap akuntabitas dan transparansi kerja pemerintah di sektor air minum ini.

Aplikasi Games Interaktif

Aplikasi Games Interakti adalah game informasi dan edukasi tentang air minum berbasis online yang dapat dimainkan melalui internet dan smartphone. Bahkan saya pribadi kemarin sempat mencobanya saat datang ke pameran acara ini, yaitu ada games CIKA, MAKE AIR dan TIRTA.

Untuk games CIKA untuk sementara ini hanya bisa dimainkan melalui dektop dengan mengunjungi website resminya BPPSPAM, sedangkan untuk games Make Air dan Tirta sudah bisa didownload di Google Play ataupun Play Store.

Ini saya lagi mencoba memainkan games Make Air yang seru namun juga penuh pelajaran
Dan saya pribadi sih, akhirnya mencoba menginstall games MAKE AIR di handphone saya, kebetulan games ini sizenya tidak besar, sehingga proses download dan installnya pun sangat cepat. Dan persyaratan untuk registrasi juga cukup mudah, dan cara memainkan games ini juga sangat seru.

Jadi dalam memainkan game Make Air ini, kita harus mengontrol tokoh ALIRUN melalui saluran pipa-pipa dan bisa mengambil titik-titik air yang ada di saluran pipa-pipa tersebut, dan ada empat gambar aktivitas yang harus dicapai oleh ALIRUN, yaitu menuju gambar gelas, selang air, toilet dan westavel.

Nah, jika kita berhasil membawa ALIRUN sampai ke gambar aktivitas yang kita tuju, maka kita harus menjawab masing-masing dua pertanyaan pada gambar tersebut, dan jika kita berhasil menjawab setiap pertanyaan dengan benar, maka tentu saja kita akan mendapatkan bonus nilai.
Games ini bukan hanya seru tapi kita sekalian bisa belajar loh
Akan tetapi, pada saat yang bersamaan, kita harus membawa si ALIRUN menghindari kejaran dari 4 kawanan si Boros yang bergerak ke sana ke mari di dalam saluran pipa tersebut, dan jangan sampai kita tertangkap oleh si Boros, karena 3 kali ketangkap maka kitta akan games over alias gamesnya berakhir. 

Jadi dengan bermain games ini, menurut saya kita bukan hanya mendapatkan rasa senang karena seru memainkannya, tetapi juga kita sekalian belajar dan mendapatkan informasi yang benar tentang bagaimana seharunya kita belajar menghemat dan bijak dalam menggunakan air dalam keseharian kita.

Games ini bisa dimainkan oleh siapa saja, termasuk anak-anak, karena cara memainkannya mudah namun tetap memberikan edukasi yang bagus. Jadi menurut saya games ini merupakan media yang sangat bagus bangat untuk mengedukasi semua orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa untuk cerdas dalam menggunakan air secara bijak setiap hari.

Makanya karena manfaat games ini yang begitu bagus, maka PDAM pun menggunakan games ini untuk melakukan publikasi dan edukasi tentang proses kerjanya kepada masyarakat umum, karena dengan cara ini dinilai lebih menarik dan menyenangkan karena mudah dimengerti oleh masyarakat. 

Ini saya lagi menikmati air siap minum di halaman gedung PUPR, rasanya segar bangat
Jadi, bisa dibilang, kini dengan adanya perkembangan teknologi informasi yang saat ini sudah mencapai era industri 4.0, maka BPPSPAM berharap penyelenggara air minum dapat memanfaatkan teknologi informasi ini untuk meningkatkan pelayananya bagi masyarakat luas.

Dimana kehadiran berbagai aplikasi ini merupakan salah satu langkah yang dilakukan oleh BPPSPAM untuk terus menyebarluaskan informasi tekait pemanfaatan teknologi informasi yang telah dikembangkan untuk PDAM pada khususnya dan stakeholder air minum serta masyarakat luas pada umumnya agar mendukung BPPSPAM dalam mewujudkan peningkatan kinerja layanan air minum kepada masyarakat.


No comments:

Post a Comment