Batiqa Hotels Hadirkan Program One Earth Movement Demi Kelestarian Lingkungan



Indonesia ini merupakan negeri yang sangat indah, panorama alamnya sungguh luar biasa cantik, makanya tak heran begitu banyak terbentang tempat wisata yang begitu menakjubkan di senatero negeri ini, sehingga membuat Indonesia menjadi surga bagi para wisatawan dari dalam hingga luar negeri.

Ya, para wisatawan bisa menikmati beragam suguhan keindahan alam yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, semua lokasi menarkan keelokan masing-masing, sehingga tak sedikit para wisatwan yang semkain jatuh hati dengan keindahan alam Indonesia yang begitu mempesona.

Namun belakangan ini, kita kerap melihat bahwa begitu banyak tempat pariwisata yang rusak keindahannya, salah satunya disebabkan banyaknya sampah yang tercecer dimana-mana lantaran banyak wisatawan yang membuang sampah sembarangan.

Dan tidak bisa kita pungkiri, sampah dapat menjadi musuh terbesar bagi lingkungan yang dapat merusak keindahan tempat wisata. Zat-zat kimia yang dibawa oleh sampah-sampah tersebut juga akan mencemari air, udara, tanah, hewan, tumbuhan, juga manusia yang berada di lingkungan tersebut. Sehingga tempat wisata yang dulunya indah menjadi kotor, dan hilang daya pikatnya lantaran sampah yang menyebar di mana-mana. Sungguh ini sangat memprihatinkan!

Ya kita tahu, kedatangan wisatawan tidak hanya memberikan dampak baik bagi industri pariwisata, tetapi juga bisa mendatangkan beberapa dampak buruk yang merusak potensi pariwisata itu sendiri,  lantaran minimnya kepedulian para wisatawan ini pada kebersihan lingkungan.

Tentu saja hal seperti ini tidak bisa dibiarkan terus menerus, dan sudah saatnya penikmat dan pelaku industri pariwisata untuk mulai menunjukkan kepeduliannya pada lingkungan, terutama di daerah-daerah yang menjadi destinasi wisata favorit bagi banyak wisatawan dengan memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga lingkungan agar selalu terjaga kebersihannya.

Dan Batiqa Hotels merasa terpanggil untuk turun langsung dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dengan menerapkan konsep conscious hospitality untuk menjaga lingkungan tetap lestari demi keberlangsungan pariwisata Indonesia.

Batiqa Hotels Hadirkan Program One Earth Movement 

Terkait sosialisasi hal tersebut, untuk itu, beberapa waktu yang lalu (17/05/19), saya menghadiri acara buka puasa bersama dan juga talkshow menarik yang bertemakan “Pariwisata Yang Memperhatikan Lingkungan” yang bertempat di Batiqa Hotels Karawang – Jawa Barat.

Dan untuk membahas hal ini, maka hadir sebagai narasumber dalam acara ini Bapak Amir Michael Tjahaja selaku Vice President Director BHM Hospitality, Mr. Matthew Lim selaku Operational Director BHM Hospitality, Bapak Budi Santoso selaku Director of Development The Nature Conservancy dan Mba Annisa Malati selaku Travel Influencer yang dipandu oleh Mba Wawa sebagai moderator.
Talkshow tentang "Pariwisata yang Memperhatikan Lingkungan" dengan Narasumber (Kiri - Kanan) Mba Annisa, Bpk. Budi, Mr. Matthew, Bpk. Amir dan Mba Wawa
Acara ini segaja digelar sekaligus juga untuk memperkenalkan program CSR (Corporate Social Responsibility) dari BHM Hospitality yang bernama One Earth Movement sebagai wujud nyata komitmen Batiqa Hotels untuk mengambil peran aktif dalam gerakan konservasi alam Indonesia, khususnya di kawasan-kawasan wisata bahari seperti di kepulauan derawan dan pulau Rote.

Diakui oleh Bapak Amir Michael Tjahaja selaku Vice President Director BHM Hospitality bahwa “Program One Earth Movement ini merupakan komitmen perusahaan untuk berperan aktif dalam menjaga kestabilan ekosistem alam di Indonesia.”

Dimana program #OneEarthMovement ini bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia agar lebih peduli dengan kelestarian alam Indonesia dan sekaligus mengedukasi masyarakat agar cepat tanggap atas isu-isu conscious hospitality.

Dan diakui oleh Bapak Amir bahwa conscious hospitality ini merupakan “Upaya menjalankan bisnis hospitality dengan kesadaran yang fokus terhadap konservasi lingkungan. Jadi apapun yang kita lakukan ini bertujuan untuk merawat lingkungan yang ada, kita harus menjalankannya dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab.”

Maka dalam menjalankan bisnis ini, segala sesuatunya benar-benar dipikirkan oleh pihak Batiqa Hotel, sehingga apapun yang dilakukan tidak merusak lingkungan sekitar. Misalnya, semua flora dan fauna yang ada di lingkungan tersebut akan tetap dijaga, dan jika memang harus dpindahkan, maka akan dipindahkan dengan hati-hati tanpa merusaknya.
Para tamu yang hadir dalam talkshow memberikan dukungan dalam program #oneearthmovement dengan menempelkan stiker
Lebih lanjut, Mr. Matthew Lim selaku Operational Director BHM Hospitality juga mengungkapkan bahwa “Potensi industri wisata di Indonesia sangat besar sekali, dan Properti Batiqa Hotel sejauh ini banyak menyasar daerah-daerah yang agak jarang disentuh seperti Palembang, Pekanbaru, Lampung dan lainnya. Dan melalui potensi wisata yang sangat besar ini, Batiqa Hotel ingin menciptakan the next Bali, yang mana sasaran berikutnya adalah Labuanbajo dan daerah lainnya.” 

Bahkan beliau menilai Indonesia sungguh sangat kaya akan potensi alam yang beragam yang bisa menjadi daya pikat di industri wisata, terlebih sekarang dukungan infrastruktur juga sudah mulai membaik, sehingga memungkinkan industri pariwisata di Indonesia bisa berkembang lebih maju lagi.

Hal ini juga yang diungkapkan oleh Mba Annisa yang sudah banyak mengelilingi Indonesia, bahwa keindahan alam dan potensi wisata di berbagai daerah ini sangat luar biasa menakjubkan. Indonesia bukan hanya mampu menawarkan keindahan alam yang mempesona, namun nuansa budayanya juga sangat memikat untuk dinikmati.

Dan Mba Annisas bercerita, bahwa dirinya sangat terpukau dengan keindahan alam dan cara hidup masyarakat yang berada di beberapa pulau di Morotai – Maluku. Dimana pulau-pulau di sana bukan hanya memilki pesona alam yang cantik. tetapi, kondisi lingkungan di pulau-pulau tersebut juga sangat menyenangkan karena di sana tempatnya sangat bersih dan tidak ada sampah.

Kesadaran warga akan kebersihan lingkungan sangat tinggi, sehingga warga menyediakan banyak tempat sampah di berbagai lokasi sehingga wisatawan tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu, warganya juga memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dan sudah terdidik untuk selalu menjaga lingkungan selalu bersih.

Tips Menjaga Kelestarian Lingkungan Saat Traveling

Duh, coba semua warga punya kesadaran yang tinggi akan kelestarian lingkungan seperti cerita Mba Annisa tersebut ya, mungkin program One Earth Movement tidak perlu digerakan. Namun, pada kenyataan masyarakat kita masih jauh dari sikap cinta lingkungan yang tinggi.

Untuk itu, kini Batiqa Hotels sedang menjalankan program One Earth Movement ini, agar masyarakat bisa lebih peduli lagi dengan kelestarian alam di sekitarnya. Dan dalam menjalankan program One Earth Movement ini, Batiqa Hotel juga telah mendapatkan dukungan dari Yayasan Konsevasi Alam Nusantara (YKAN) yang sama-sama berperan dalam konservasi alam Indonesia agar tetap lestari.
Batiqa Hotel dan YKAN akan berupaya bersama untuk mewujudkan kelestarian lingkungan melalui program One Earth Movement (Kiri - Kanan: Pak Budi - Mr. Matthew - Pak Amir)
Dan diungkapkan oleh Bapak Budi Santoso selaku Director of Development The Nature Conservancy dari YKAN, bahwa sangat penting bagi kita untuk menjaga kelestarian lingkungan kita, karena ternyata Indonesia ini tidak hanya merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, tetapi juga merupakan negara dengan keanekaragaman hayati laut terbanyak juga loh.

Namun, kekayaan hayati laut milik kita yang begitu banyak akan menjadi dongeng di masa mendatang jika kita tidak pandai menjaga lingkungan laut dengan baik. Untuk itu, salah satu langkah yang harus kita galakan adalah membebaskan laut dari sampah.

Bahkan baru-baru ini, masih segar diingatan kita tentang paus besar yang meninggal karena memakan sampah plastik yang terbuang ke laut. Konon cukup banyak sampah plastik yang dimakan oleh paus tersebut, yaitu sekitar 5,9 kg.

Itu hanya salah satu contoh bagaimana sampah bisa membunuh aneka satwa laut kita. Belum lagi, sampah juga bisa memudarkan kecantikan sebuah pantai yang indah, bahkan bisa mengubur tempat pariwisata menjadi hilang minat wisatawan untuk mengunjunginya. 

Sebab, sampah dapat menjadi musuh terbesar bagi lingkungan, karena bukan saja dapat merusak keindahan tempat wisata, tetapi juga, zat-zat kimia yang dibawa oleh sampah-sampah tersebut juga akan mencemari air, udara, tanah, hewan, tumbuhan, juga manusia yang berada di lingkungan tersebut.
Batiqa Hotels menjalin kerjasama dengan YKAN untuk konservasi alam Indonesia 
Untuk itu, Mba Annisa juga mengungkapkan bahwa sangat penting bagi kita untuk terus menjaga tempat wisata yang kita kunjungi agar tetap terjaga kebersihan dan kelestariannya, yaitu kita tidak boleh mengotori atau merusaknya, misalnya dengan membuang sampah sembarangan.

Nah, adapun tips agar tempat wisata tetap terjaga kelestariannya saat kita traveling, maka kita bisa melakukan beberapa cara berikut ini:
  1. Tidak membuang sampah sembarangan. Kita sebaiknya selalu membuang sampah pada tempatnya, jika pun tidak ada tempat sampah, maka kita sebaiknya kita mengantongi sampah tersebut dalam sebuah wadah atau tas kita terlebih dahulu hingga nanti bertemu tempat sampah.
  2. Tidak merusak tempat wisata. Saat kita mendatangi tempat wisata, kita harus selalu membiasakan diri untuk mengikuti peraturan di tempat wisata tersebut, misalnya tidak mencoret-coret bebatuan, tidak menginjak tanaman, tidak menebang pohon, tidak merusak karang, atau pun hal lain yang merusak tempat wisata tersebut.
  3. Terapkan gaya hidup hemat air dan listrik. Meskipun kita membayar hotel untuk menginap, bukan berarti kita harus boros menggunakan air dan listrik. Misalnya, mematikan televisi jika tidak ditonton, memantikan AC saat keluar kamar, mematikan lampu saat tidur, dan hal lainna.
  4. Kurangi menggunakan plastik. Jadi saat traveling kita bisa menggunakan tas kain untuk membawa barang-barang kita, ganti sedotan plastik dengan sedotan stainless, biasakan makan di tempat dan tidak membungkus makanan, selalu membawa tumbler untuk mengisi minuman.
  5. Kurangi penggunaan kertas. Jadi untuk dokumen bookingan tiket, hotel, dan juga foto-foto sebaiknya tidak perlu dicetak, namun bisa disimpan di handphone atau laptop saja. Dan juga  kurangi penggunaan tisu dan menggantinya dengan sapu tangan.
Itu hanya contoh-contoh sederhana yang bisa dimulai dari diri kita sendiri untuk menjaga lingkungan kita. Meskipun langkah ini sederhana, namun punya dampak yang sangat baik bagi lingkungan apabila kita menerepkannya dengan baik secara bersama-sama.

Upaya Batiqa Hotels Menjaga Lingkungan Tetap Lestari

Dan Batiqa Hotels sendiri merupakan salah satu hotel yang saat ini sangat memperhatikan kelestarian lingkungan. Hal ini dilakukan karena Batiqa Hotel menyadari bahwa potensi pariwisata di Indonesia yang sangat bagus ini harus juga didukung dengan berperan aktif berpartisipasi dalam kegiatan konservasi alam untuk melestarikan keindahan alam secara nyata.

Ada beberapa upaya nyata yang sudah dilakukan oleh Batiqa Hotel untuk menjaga lingkungan dan keindahan alam ini tetap lestari, yaitu:
1.       Mengganti penggunaan plastik dengan ecoplas
Salah satu upaya Batiqa hotels untuk mengurangi kerusakan lingkungan adalah dengan meminimalisasi penggunaan plastik di lingkungan hotel secara bertahap, Batiqa hotels mengganti fasilitas hotel yang berbahan dasar plastik dengan ecoplas yang terbuat dari tepung singkong.
Batiqa Hotels mengganti penggunaan plastik dengan ecoplas yang ramah lingkungan
Pemilihan penggunaan ecoplas dinilai lebih cepat terurai dibandingkan plastik sehingga tidak mencemari lingkungan. Selain itu, tentu saja hal ini akan membantu kita dalam meminimalisasi jumlah limbah plastik yang beredar baik di daratan maupun di lautan.

2.       Menggalang donasi untuk konservasi lingkungan
Batiqa Hotels saat ini melakukan berbagai upaya penggalangan donasi untuk konservasi lingkungan, salah satunya untuk konservasi penyu dan ubur-ubur serta lingkungan di Kakaban dan Rote dengan beberapa cara, yaitu:
  • Batiqa hotels akan mendonasikan 10.000/transaksi untuk setiap reservasi yang dilakukan dengan cara walk-in. Sementara untuk setiap reservasi melalui situs resmi www.batiqa.com maka donasi yang diberikan sebesar 5000/transaksi.
  • Batiqa hotels menawarkan ecoplas yang dapat di beli oleh tamu hotel ataupun masyarakat luas di bagian front office di seluruh cabang Batiqa Hotel. Dan nantina, Batiqa hotels akan mendonasikan 15.000 dari setiap ecoplas yang terjual.
  • Batiqa hotels juga memfasilitasi mayarakat yang ingin langusng berdonasi secara mandiri melalui link yang dapat ditemukan di www.batiqa.com.
3.       Membangun pusat pengolahan limbah terpadu
Dan saat ini Batiqa Hotels merupakan satu-satunya hotel yang memiliki pengolahan limbah di lahan sendiri yang menyatu dengan kawasan industri di Karawang yang bernama Organika Suryacipta yang berguna untuk meminimalisir hadirnya limbah yang merusak lingkungan.

Jadi di sini, limbah air yang dari hotel dan juga properti lain di kawasan industri ini diolah dengan teknologi pengolahan limbah dari Hungaria yang menerapkan penguraian limbah berkonsep kebun bunga dan buah.
Batiqa Hotels memiliki pengolahan limbah terpadu yang ramah lingkungan
Dimana semua tanaman yang ada ditaman ini dipilih secara khusus dengan konsep ditanam menggantung di atas air, sehingga yang hidup di sini hanya tanaman yang mampu bertahan hidup di daerah berair dan memiliki akar tanaman yang mampu menjadi pengurai bakteri limbah saja.

Jadi cara ini bukan saja mengurai limbah air, namun juga bisa menghasilkan tanaman buah dan bunga yang cantik sehingga menciptakan lingkungan yang asri dan sejuk.

Dan upaya yang dilakukan oleh Batiqa Hotel Karawang ini juga dilakukan di semua Batiqa Hotel yang ada di kota lainnya seperti Batiqa Hotel Jababeka, Batiqa Hotel Cirebon, Batiqa Hotel Palembang, Batiqa Hotel Pekanbaru, Batiqa Hotel Lampung dan juga Batiqa Hotel Darmo – Surabaya.

Semoga upaya yang dilakukan oleh Batiqa Hotels ini bisa diterapkan juga oleh banyak perusahaan lain dan juga masyarakat luas sehingg lingkungan dan tempat pariwisata di Indonesia tetap terjaga kelestariannya.

Jadi, inilah saatnya kita bergerak bersama, dan mari kita menjadi bagian dari langkah #OneEarthMovement ini, untuk mencapai misi mulia, agar bumi tetap lestari. :)

2 comments:

  1. upaya positif dari Batiqa ini perlu dicontoh oleh perusahaan lain

    ReplyDelete
  2. mantab ini batiqa, kalau nginap disini hati pun lega gitu ya karena donasi dan komitmen lingkungannya.

    ReplyDelete