Realme Luncurkan Realme C2 & Realme 3 Pro Untuk Anak Muda Indonesia



Kemarin seorang teman meminta saran beli handphone apa yang bagus, karena dia ingin membelikan adiknya sebuah handphone baru sebagai hadiah ulang tahun, kebetulan handphone adiknya sudah mulai sering lemot dan layarnya retak setelah sebelumnya terjatuh. 

Saya pun langsung menyarankannya untuk membeli handphone Realme 3 Pro ataupun Realme C2 karena kebetulan bangat kedua handphone ini baru saja launching pada tanggal 8 Mei 2019 yang lalu dan saya pun ikut hadir saat peluncuran handphone ini berlangsung.

Bertempat di Felfest UI Faculty Club Universitas Indonesia - Depok, Realme secara resmi meluncurkan Realme 3 Pro dan Realme C2 di di industri smartphone Indonesia. Kehadiran kedua tipe ini mencuri perhatian saya, karena menurut saya merek smartphone realme ini memiliki spesialisasi yang bagus untuk memberikan pengalaman yang seru bagi pecinta smartphone.
(Dari kiri ke kanan): Rais Salsa Muhammad - Juara 1 Mahasiswa Berprestasi Rumpun Ilmu Sains dan Teknologi UI, Syifa Hadju - Brand Ambassador realme Indonesia, Josef Wang - Marketing Director realme Indonesia, Felix Christian - Product Manager realme Indonesia dan Shannedy Ong - Country Director of Qualcomm Indonesia berfoto bersama saat peluncuran realme 3 Pro di Indonesia.
Nah, untuk lebih jelasnya saya akan menuturkan apa saja sih yang menjadi daya pikat dari Realme 3 Pro dan Realme C2 sehingga menjadi smartphone yang layak menjadi pilihan bagi anak-anak muda Indonesia yang ingin memiliki smartphone baru.

Realme C2 The New Entry-Level King

Realme C2 ini merupakan smartphone seri lanjutan dari realme C1. Dan bisa dibilang, realme C2 ini kembali hadir dengan konsep yang lebih matang dengan membawa semua hal baik yang telah menjadikan realme C1 sebagai "Entry-Level King" pada seri sebelumnya.

Jadi, realme C2 ini adalah smartphone yang mendefinisikan ulang segmen entry level dan siap untuk menggantikan takhta realme C1 sebagai The New Entry Level King di Indonesia. Dan secara tempilan, smartphone ini terlihat elegan dengan penggunaan desain diamond cutting generasi terbaru yang didapat melalui teknologi pemotongan laser dari 3 lapisan warna dan partikel bersinar mutiara serta material doff/matte yang menjadikannya berbeda dari smartphone kelas pemula lainya.

Dan untuk layarnya, Realme C2 ini hadir dengan layar sentuh berponi dewdrop berukuran 6.1 inci beresolusi HD+ sehingga membuat kita bisa puas untuk menikmati berbagai konten multimedia dengan sensasi warna yang memukau di kelasnya.
Realme C2 berukuran 6.1 inci pas dalam genggaman
Namun yang saya juga suka adalah kameranya, iya dong, sebagai orang yang senang foto-foto, saya langsung penasaran dengan kamera realme C2 ini. Dan ternyata realme C2 ini mengunakan kamera ganda untuk kamera belakangnya, yaitu menggunakan konfigurasi kamera utama 13 MP dengan bukaan lensa f/2.2 ditambah dengan kamera sekunder 2 MP dengan bukaan lensa f/2.4 yang dilengkapi teknologi AI untuk efek bokeh yang sempurna.

Dan untuk kamera depan untuk bikin selfie semakin asyik, ternyata realme C2 ini menggunakan kamera 5 MP dengan bukaan lensa f/2.0 dan juga ada penambahan efek bokeh sehingga membuat hasil foto selfie kita menjadi lebih menarik.

Bukan itu saja, sebagai orang yang selalu aktif menggunakan handphone, maka saya senang bangat saat mengetaui bahwa realme C2 ini memiliki baterai yang berdaya besar, yaitu 4.000 mAh sehingga akan  memungkinkan kita untuk mengggunakan smartphone ini sepanjang hari tanpa khawatir kehabisan baterai.
realme C2 ini didukung oleh batrai yang besar yaitu 4000 mAh
Sedangkan untuk perangkat lunaknya, realme C2 ini menjalankan ColorOS 6.0 berbasis Android 9.0 Pie, dimana ini merupakan keunggulan utama dari realme C2 karena sebagian besar smartphone di segmen ini masih menggunakan versi Android yang terdahulu. 

Dan asyiknya lagi, realme C2 ini memiliki dapur pacu yang ditenagai oleh prosesor MediaTek Helio P22 2.0GHz octa-core dan juga dilengkapi dengan pilihan RAM 2GB dan 3GB sehinga memberikan kita kenyamanan menggunakannya dengan lancar dan nyaman tanpa mengorbankan konsumsi daya.

Jadi, untuk memiliki smartphone realme C2 ini ternyata dibanderol dengan harga yang sama dengan realme C1 terdahulu loh, padahal sudah dilakukan beberapa peningkatan yang menjadikan realme C2 sebagai "The New Entry-Level King" di Indonesia seperti yang sudah dijelaskan di atas, namun harganya tetap sama saja seperti berikut ini:

  • Realme C2 dengan varian (2+16GB) Rp. 1.499.000
  • Realme C2 dengan varian (3+32GB) Rp. 1.699.000
Dan untuk realme C2 ini tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Diamond Black dan juga Diamond Blue, jadi bisa kita pilih sesuai dengan warna kesukaan kita. Namun bagi saya pribadi sih, keduanya memiliki warna yang bagus, jadi mau yang hitam atau yang biru sama saja menarik.

Realme 3 Pro Kecepatan Ngebut

Selain menghadirkan Realme C2 seperti yang sudah saya ceritakan di atas. Pada kesempatan kemain dilaunching juga Realme 3 Pro yang sekaligus menjadi seri terbaru dari merek smartphone realme ini. Dimana kehadiran realme 3 Pro ini menawarkan spesialisasi yang lebih keren sehingga akan memberikan kita banyak pengalaman seru bersama smartphone yang satu ini.

Jadi, kehadiran Realme 3 Pro ini menghadirkan smartphone dengan kinerja yang luar biasa dalam hal daya tahan baterai, kejernihan layar, kamera dan desain, sehingga memberikan kesan kepada kita seperti memakai smartphone flagship berkat teknologi yang inovatif serta desain berkualitas.
Bapak Josef menjelaskan bahwa realme 3 Pro merupakan smartphoone canggih dan berorma tinggi
Hal ini senada dengan yang diungkapkan oleh Bapak Josef Wang selaku Marketing Director realme SEA bahwa “Realme 3 Pro adalah smartphone canggih dan berperforma tinggi yang dirancang untuk kaum muda. Kami tidak hanya ingin menjadi perhatian, tetapi kami juga ingin mematahkan tradisi. Dengan produk ini, kami berani mencoba kombinasi teknologi baru, menggabungkan masukan pengguna pada produk sebelumnya untuk menghadirkan pengalaman smartphone flagship bagi anak muda di Indonesia.”

Dan untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa keunggulan yang ditawarkan dari realme 3 Pro yaitu sebagai berikut:
1.       Realme 3 Pro hadir dengan desain yang memukau
Realme 3 Pro ini menggunakan layar dewdrop notch berukuran 6,3 inci dan bezel tipis 1,55mm, dengan rasio screen-to-body mencapai 90,8% sehingga memberikan keluasan pandang pada layar yang sudah dilindungi oleh Gorilla Glass generasi ke-5 sehingga memungkinkan kita menikmati konten visual dengan layar penuh tanpa khawatir tergores.
Realme 3 Pro hadir dengan desain yang memukau
Dan untuk desain realme 3 Pro ini ternyata terinspirasi dari kompetisi balap Le Mans. Dimana Realme 3 Pro menampilkan elemen campuran dari trek Le Mans dan tema balap untuk desain visual baru yang penuh dengan daya ledak. Dengan mengukir pola berukuran mikron di bodi belakangnya sehingga realme 3 Pro  ini tampak seperti memiliki efek pencahayaan berbentuk S yang unik, yang memanfaatkan pantulan cahaya dan pembiasan, layaknya tikungan curam dari trek balap.

2.       Realme 3 Pro memiliki kamera yang canggih
Nah, untuk kameranya, ternyata realme 3 Pro ini menggunakan kombinasi Sony IMX519 1/2,6 inci, yaitu sebuah sensor kamera yang biasa digunakan pada smartphone flagship dan juga kamera sekunder 5MP dengan ukuran piksel tunggal kamera utama 1,22um dan bukaan lensa f/1,7 yang besar sehingga mampu menciptakan foto layaknya kamera dari smartphone flagship.

Sedangkan untuk memotret foto selfie, ternyata realme 3 Pro ini memiliki kamera selfie 25 MP yang aperturnya ditingkatkan menjadi f/2.0. Dan melalui teknologi sintesis 4-in-1 pixel, realme 3 Pro mampu menciptakan foto selfie yang sempurna dengan pengaturan pencahayaan, pemulihan detail, dan presentasi warna yang maksimal.
Mencoba menjajal selfie dengan camera realme 3 Pro
Dan asyiknya lagi, realme 3 Pro ini juga dilengkapi beauty selfie yang dioptimalkan dengan algoritma selfiePro ari realme U1 sehingga mampu mengidentifikasi 296 titik pengenalan wajah sehingga bisa memperbaiki detail kulit, mata, rambut, dan detail lainnya secara akurat. Bahkan menariknya lagi, realme 3 Pro ini didukung oleh SelfiePro yang berfungsi untuk mendukung selfie grup beautification karena secara otomatis bisa membedakan pria dan wanita dalam satu frame sehingga bisa memberikan penyesuaian kecantikan yang berbeda berdasarkan jenis kelamin.

Oh iya, untuk Mode Nightscape dari realme 3 Pro ini telah ditingkatkan dari versi sebelumnya, sehingga bisa menghasilkan pengalaman pemotretan foto yang lebih luar biasa. Jadi, meski malam hari, hasil kamera eralme 3 Pro ini memungkinkan kita tetap bisa mendapatkan gambar yang hidup dan cerah sebaik mode malam pada smartphone flagship.

Selain itu, Chroma Boost pada Realme 3 Pro juga sanggup memenuhi kebutuhan pengguna akan efek gambar, warna, dan detail gambar yang lebih keren lagi. Begitupun Mode Ultra HD memungkinkan beberapa gambar masing-masing 16 juta piksel disintesis menjadi satu gambar ultra-HD dengan ukuran 64MP sehingga kita bisa mendapatkan ukuran yang lebih besar untuk gambar yang lebih indah dalam kualitas yang lebih baik.

Oh iya, yang juga menarik adalah, Realme 3 Pro ini menghadirkan fitur untuk menangkap video super slo-mo di 960fps, fitur smartphone flagship lainnya yang dibawa ke segmen menengah. Dan realme 3 Pro juga dapat merekam video hingga 4K pada 30fps untuk menangkap video yang lebih detail dan halus.

3.       Realme 3 Pro dilengkapi dengan Color OS 6.0
Untuk kemudahan penggunaan yang lebih baik, maka kini realme 3 Pro dilengkapi dengan sistem operasi Color OS 6.0 dengan konsep desain tanpa batas. Dengan menyesuaikan tata letak UI, warna, font dan aspek lainnya, memungkinkan antarmuka pengiriman informasi yang lebih efisien dan pengalaman yang lebih mendalam bagi kita saat menggunakannya.
Realme 3 Pro ddukung oleh Color OS .0
Dan ternyata realmi 3 Proini memberikan tema visual baru sehingga memberikan rasa yang lebih spasial dan terlihat lebih muda. Selain itu, OS ini memiliki estetika warna yang unik karena mampu menghadirkan kombinasi warna kontras tinggi, saturasi tinggi yang menawarkan rasio kontras yang nyata sehingga realme 3 Pro memberikan estetika warna yang sangat personal.

Oh iya, ternyata realme 3 Pro ini juga sudah mendukung pembaharuan Android Q pada batch pertama, sehingga kita sebagai anak muda di Indonesia dapat menjadi yang pertama merasakan kecanggihan Android Q loh. Asyik bukan? :)

4.       Realme 3 Pro Berikan Chipset yang kuat
Realme 3 Pro telah mengalami berbagai inovasi teknologi sehingga kinerja realme 3 Pro ini telah mengalami peningkatan sepenuhnya berkat proses produksi 10nm dari prosesor Snapdragon 710 dengan arsitektur delapan inti Kryo yang memungkinkan realme 3 Pro untuk mencapai clock speed hingga 2.2GHz.

Hal ini menunjukan bahwa Realme berkomitmen untuk menciptakan smartphone yang menggabungkan kinerja yang kuat dan desain yang stylish, sehingga menghasilkan konfigurasi perangkat keras realme 3 Pro mencapai standar baru, dan meningkatkan pengalaman pengguna lebih jauh dengan sistem-on-chip Qualcomm Snapdragon 710 yang dibenamkan dalam smartphone ini.
Bapak Shannedy Ong menjelaskan tentang Snapdragon
Dan hal ini juga diungkapkan oleh Shannedy Ong selaku Country Director of Qualcomm Indonesia bahwa “Platform Snapdragon 710 adalah platform 700-tier yang sangat signifikan, menawarkan teknologi dan fitur yang sebelumnya hanya tersedia di platform smartphone flagship. Dengan menggabungkan kemampuan AI dan peningkatan kinerja, Snapdragon 710 dirancang untuk mengubah realme 3 Pro menjadi asisten pribadi, meningkatkan pengalaman konsumen pada fitur-fitur yang sering digunakan, seperti fitur kamera canggih yang akan mendapatkan pemrosesan AI berkecepatan tinggi tanpa mengorbankan masa pakai baterai.”

Bahkan realme 3 Pro ini juga dibekali dengan GPU Adreno 616 yang akan menjamin visual yang nyata dan rendering gambar 3D yang lebih efisien dan canggih untuk memberikan pengalaman bermain game yang lebih baik.

5.       Realme 3 Pro memiliki baterai berkapasitas tinggi dengan VOOC 3.0
Realme 3 Pro ini sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.045 mAh loh, dan menurut saya ini cukup untuk memenuhi kebutuhan pengguna seharian, bahkan konon ukuran batrai ini dikatakan yang terbaik di segmen harganya.

Dan realme 3 Pro dilengkapi dengan teknologi pengisian daya VOOC 3.0 sehingga mengurangi waktu pengisian daya menjadi setengah kali lebih cepat, mengisi dari 0 hingga 50% hanya dalam waktu 30 menit atau terisi penuh hanya dalam waktu 80 menit. 

Bahkan berdasarkan pengujian di lab realme, dimana kita melakukan pengisian 10 menit daya maka kita bisa menggunakanna untuk berbicara selama 5 jam. Pada saat yang sama, charger bertegangan rendah namun bervoltase tinggi aman untuk digunakan dan mengurangi pemanasan yang berlebihan saat baterai diisi ulang. Tidak hanya itu, dengan VOOC 3.0 flash charge ini, kita dapat mengisi daya ponsel sambil bermain game tanpa mengorbankan kinerja gaming.

Wah, ternyata realme 3 Pro ini benar-benar smartphone canggih dan berperforma tinggi yang dirancang untuk kaum muda, makanya sangat layak menjadi smartphone pilihan bagi anak-anak muda yang senang foto-foto hingga bermain games.
Dan realme 3 Pro tersedia dalam 2 pilihan warna Lightning Purple dan Nitro Blue yang hadir dengan opsi memori 4GB + 64GB dan 6GB + 128GB, dengan harga sebagai berikut:
      Realme 3 Pro dengan varian (4+64GB) Rp. 2.999.000
      Realme 3 Pro dengan varian (6+128GB) Rp. 3.699.000

*****

Jadi gimana teman-teman, sudah punya gambaran mau pilih yang mana? mau pilih realme C2 atau realme 3 Pro?  Namun semua pilihan kembali lagi pada kita mau pilih yang mana, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan dan jaga isi dompet kita, karena Realme sudah memberikan pilihan terbaik untuk kita yang ingin memiliki smartphone terbaru dengan spesifikasi yang juara.

Oh iya, untuk kedua produk ini sudah dapat dibeli pada pre-sale yang dimulai pada tanggal 9 Mei dari pukul 11:00 WIB secara eksklusif di Lazada ya teman-teman. Namun kedua smartphone ini juga akan tersedia di toko-toko ritel di seluruh Indonesia mulai dari 11 Mei dan juga di platform online; Lazada, Shopee, Tokopedia, dan Akulaku. So, saatnya berburu realme untuk smartphone barumu kawan! :)

4 comments:

  1. Meski ini ponsel buat anak muda, tapi saya makan kepikiran mau beli ponsel yang memori 2GB nya itu buat ibu saya. Biar bisa mantengin rekaman pengajian soalnya temannya sudah pada nonton gitu, ibu saya yg ketinggalan sendiri. Pakai realme ini gak akan malu-maluin pastinya

    ReplyDelete
  2. Hp yang bikin mupeng deh dengan spek bagus dan harga menjangkau milenial siapa yang nggak mau. Realme makin bagus aja ya inovasinya

    ReplyDelete
  3. Kamera yang bagus adalah koentji bagi smartphone pilihan

    ReplyDelete
  4. Aku udah lihat hasil kameranya, masyaallah keren banget! Apalagi kalau pakai night scene mode nya, auto ngiler sama realme3 pro!

    ReplyDelete