KOPLO SUPERSTAR: Kompetisi Pencarian Talenta Penyanyi Baru Genre Koplo Pertama & Terbesar di Indonesia



Mendengarkan musik sudah menjadi bagian dari keseharian saya, musik bukan hanya sekadar hiburan biasa, namun musik mampu menjadi penyemangat dan bisa membuat suasana hati dan pikiran saya menjadi lebih rileks dan tenang.

Bahkan menurut berbagai penelitian yang ada, mendengarkan musik mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan kita. Perpaduan antara lirik dan irama dalam musik ternyata dapat meningkatkan kesehatan fisik, mental dan juga emosional orang yang mendengarkannya.

Makanya, dalam berbagai kesempatan saya kerap mendengarkan berbagai jenis musik, termasuk musik koplo. Dan bagi saya, musik koplo termasuk aliran musik yang sangat asyik untuk dinikmati, karena semua jenis musik apapun, termasuk lagu Barat, Korea, dan lain sebagainya bisa dibikin menjadi koplo. 

Dan menariknya, musik koplo ini memiliki keunikan tersendiri dari jenis musik lainnya, yaitu memiliki ciri khas irama yang cepat dari pukulan gendangnya, sehingga mampu memberikan gairah dan semangat ketika kita mendengarkannya. 

Musik koplo sendiri merupakan musik yang lahir dari musik dangdut. Konon, musik koplo lahir lantaran adanya kejenuhan pada musik dangdut yang asli, sehingga para musisi di Jawa Timur khususnya di daerah pesisir Pantura mengembangkan musik dangdut kreasi baru dengan memasukan unsur seni musik kendang kempul, jaranan, gamelan dan lainnya, sehingga lahirlah musik dangdut koplo ini.

Meski musik koplo ini hadir dari Jawa Timur, namun seiring waktu berjalan, musik jenis koplo ini pun akhirnya disukai oleh masyarakat luas, baik dalam hingga luar negeri, bahkan kini banyak anak muda yang sangat menyenangi musik aliran koplo ini. Nah, ngomongin musik koplo, ternyata pada tahun ini akan ada kontes menyanyi lagu koplo loh, yaitu Koplo Superstar.


Apa itu Koplo Superstar?

Koplo Superstar adalah sebuah ajang kompetisi pencarian talenta penyanyi baru di industri musik genre koplo pertama dan terbesar di Indonesia yang diadakan oleh ANTV dan Rans Entertainment. Melalui program ini diharapkan akan lahir penyanyi baru untuk mewarnai musik koplo, serta mampu eksis, melahirkan banyak karya, mampu berkompetisi dan bersaing di industri musik Indonesia.

Kehadiran ajang Koplo Superstar yang diusung oleh ANTV dan Rans Entertainment bertujuan mengajak masyarakat Indonesia untuk mengenal semakin dekat dan mencintai musik koplo, karena koplo merupakan musik asli Indonesia yang perlu juga didukung dan diberi ruang untuk terus berkembang, agar tidak tenggelam dengan hadirnya beragam musik dari negara lain.

Aa Raffi mengharapkan jika ajang ini akan melahirkan bintang koplo baru nantinya

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Aa Raffi Ahmad selaku pemilik Rans Entertainment bahwa “Koplo itu musik yang asyik, musik asli Indonesia, banyak disukai oleh masyarakat Indonesia, karena semua jenis lagu bisa dibuat koplo. Jadi, semua akan koplo pada waktunya.”

Lebih lanjut Aa Raffi juga menjelaskan, bahwa dari acara Koplo Superstar ini diharapkan agar bisa melahirkan bintang-bintang koplo yang muda, yang baru, yang punya suara dan juga goyangan unik, sehingga koplo semakin sukses lagi ke depannya.

Dengan harapan tersebut, maka ANTV dan Rans Entertainment pun memutuskan untuk menggelar Koplo Superstar ini, dan mengajak semua masyarakat Indonesia yang punya talenta menyanyi koplo untuk turut mendaftar dalam ajang ini, karena ajang ini merupakan ajang yang bergengsi.

Nah, untuk menyukseskan penyelenggaraan Koplo Superstar ini, maka acara ini pun menghadirkan para juri yang hebat dan sudah berpengalaman di industri musik Indonesia seperti Pasha Ungu, Iyeth Bustami, Denada & Thomas Djorghi untuk menyeleksi siapa yang benar-benar layak menyandang predikat sebagai penyanyi koplo superstar nantinya.
Ajang Koplo Superstar ini dinilai oleh para juri yang sudah berpengalaman di dunia musik

Selain itu, supaya acara pencarian bintang penyanyi koplo ini berjalan semakin seru, maka acara ini nantinya akan dipandu oleh para host ternama dan papan atas tanah air seperti Raffi Ahmad, Rina Nose, Wika Salim dan Marshel Widianto yang sekaligus bertugas akan membuat suasana acara berjalan lancar dan meriah.

Dengan melihat tujuan ajang ini, juga deretan para juri dan host yang akan mengisi acara ini, tentu ajang ini kelak akan memberikan nuansa baru dan berbeda dari kebanyakan ajang pencarian bakat yang pernah ada di Indonesia selama ini. Makanya, tidak perlu heran bila akhirnya banyak masyarakat yang begitu antusias dengan kehadiran ajang Koplo Superstar ini.



Koplo Superstar Disambut Antusias Oleh Masyarakat

Dengan hadirnya ajang Koplo Superstar yang akan tayang di ANTV ini, tentu saja ini merupakan sebuah kesempatan emas yang sangat sayang untuk dilewatkan, terutama bagi orang-orang yang punya talenta dalam bernyanyi koplo, mereka haruslah mengambil peluang ini, siapa tahu lewat ajang ini benar-benar bisa menjadikannya seorang superstar nantinya.

Acara Koplo Superstar disambut antusias oleh masyarakat

Apalagi untuk mengikuti ajang ini persyaratannya tidaklah terlalu sulit, perlombaan ini dibuka untuk umum, sehingga siapapun bisa mengikuti Koplo Superstar ini asalkan bisa memenuhi beberapa persyaratan berikut ini:
  1. Berusia minimal 15 tahun
  2. Berpenampilan menarik atau unik
  3. Memiliki kemampuan vokal yang bagus dan goyang andalan
  4. Wajib memiliki akun sosial media Instagram atau Tiktok dan tidak di private
  5. Tidak sedang terikat dengan perusahaan rekaman atau manajemen artis
  6. Sudah divaksin minimal dua kali
Dengan persyarat yang begitu mudah tersebut, maka tidak heran bila banyak masyarakat yang tertarik mendaftar untuk mengikuti ajang ini sejak dibuka proses pendaftaran dan juga audisinya pada beberapa bulan yang lalu.

Nah, untuk proses audisi onlinenya sendiri sudah dibuka sejak tanggal 23 Mei 2022 sampai 16 Juli 2022 yang lalu melalui website https://www.intipseleb.com/koplo-superstar sehingga bisa diikuti dengan mudah oleh masyarakat dari manapun asal mereka berada.

Namun, dalam mengikuti audisi online ini, peserta diwajibkan untuk membuat dua video cover menyanyi dengan dua judul lagu yang berbeda dan bernada koplo. Nah, video cover tersebut lalu harus diupload di Instagram Feed atau Tiktok atau keduanya miliki peserta, dengan deskripsi: JUDUL LAGU #KOPLOSUPERSTAR(spasi)NAMA(spasi)ASAL KOTA peserta.

Akan tetapi, selain mengadakan audisi online, ternyata panitia Koplo Superstar juga melakukan audisi secara langsung atau offline untuk mencari penyanyi koplo dengan mendatangi berbagai kota besar di Indonesia, seperti di Surabaya, Yogyakarta dan juga Bandung.

Dan audisi offline ini pertama kali diadakan pada tanggal 25 Mei 2022 di Kaza Mall Surabaya dan dihadiri oleh Aa Raffi Ahmad. Sedangkan audisi offline selanjutnya diadakan pada tanggal 2 Juni 2022 di Sleman City Hall Yogyakarta yang dihadiri oleh Mba Denada, serta audisi berikutnya dilangsungkan pada tanggal 16 Juli 2022 di Miko Mall Kopo Bandung yang dihadiri oleh Mba Iyeth Bustami.

Antusias masyarakat yang mendaftar untuk ikut dalam ajang ini sangat banyak, ada ribuan orang dari berbagai daerah. Namun setelah melakukan berbagai proses audisi secara online maupun offline, maka akhirnya panitia Koplo Superstar berhasil mengumpulkan sebanyak 100 orang peserta yang akan kemudian mengikuti audisi selanjutnya pada bulan Agustus 2022 ini.

Para peserta akan berusaha menampilkan yang terbaik agar bisa juara dalam ajang Koplo Superstar ini

Dan saya pun sempat mengobrol dengan beberapa peserta audisi Koplo Superstar ini, salah satunya dengan Mba Riana yang berasal dari Sleman – Yogyakarta, berprofesi sebagai seorang sekuriti di salah satu kampus di Yogyakarta. Beliau mengakui bahwa alasannya mengikuti ajang ini karena ingin mencari pengalaman, melatih mental dan juga karena ingin menjadi seorang superstar nantinya.

Selain itu, saya juga bertemu dengan peserta lain yang bernama Mas Slamet Riyadi yang berasal dari Trenggalek – Jawa Timur. Beliau merupakan peserta yang istimewa di mata saya, meskipun mengalami keterbatasan secara fisik, namun semangat beliau untuk ikut kompetisi ini begitu luar biasa. Berbekal hobi menyanyi dan menciptakan lagu, maka beliau ingin mencoba peruntungan di panggung Koplo Superstar ini dan berharap bisa menjadi juaranya.

Nah, audisi dari 100 orang peserta Koplo Superstar ini nantinya akan disiarkan secara perdana melalui ANTV pada bulan Agustus ini. Kemudian dari 100 peserta tersebut akan disaring menjadi 20 peserta yang akan berlaga di panggung Koplo Superstar untuk memperebutkan hadiah uang tunai dengan total ratusan juta rupiah dan berkesempatan menjadi artis ANTV dan Rans Entertainment.

Nah, melihat begitu besar hadiah yang akan diterima dan juga kesempatan berkarir nantinya, maka sudah selayaknya para peserta yang mengikuti ajang ini bisa memaksimalkan kesempatan yang ada untuk memberikan persembahan terbaik agar bisa merebut hati para juri.

Mba Denada sebagai salah satu juri Koplo Superstar berharap nanti dari ajang ini akan lahir bintang baru dengan rasa baru

Ya, peserta harus berjuang keras dan sungguh-sungguh, karena untuk menjadi seorang pemenang tentulah tidak mudah, apalagi para juri mempunyai kriteria penilaian tersendiri dalam memilih siapa yang kelak layak untuk menyandang gelar superstar. Hal ini juga diungkapkan oleh Mba Denada sebagai salah satu juri Koplo Superstar.

“Setiap juri punya preferencenya masing-masing, setiap juri mungkin mencari hal yang berbeda-beda. Tapi bagi saya, penilaiannya pasti seputar kemampuan peserta dalam bernyanyi, passionnya apakah ada di situ, karena sebuah karya yang dilandasi oleh passion, maka akan memberikan rasa yang berbeda, termasuk untuk musik koplo ini juga,” Ujar Mba Denada.

Dan lebih lanjut Mba Denada menekankan bahwa dalam ajang Koplo Superstar ini, pada intinya adalah mencari talent yang bisa memberikan rasa baru, warna baru, kekhasan baru, keunikan baru di musik Koplo ini, dengan harapan bisa melahirkan generasi-generasi baru di genre koplo ini nantinya.

Mas Marshel menilai bahwa agar bisa dikenal banyak orang, maka peserta Koplo Superstar harus punya ciri khas

Senada dengan itu, Mas Marshel yang menjadi host dalam acara Koplo Superstar ini juga berharap bahwa para peserta yang ikut dalam ajang ini haruslah memiliki ciri yang berbeda dari para penyanyi yang sudah ada sebelumnya.

“Di Indonesia ini sudah banyak penyanyi dangdut maupun koplo, maka supaya bisa dikenal oleh masyarakat tentu selain memiliki karya yang bagus, harus juga memiliki keunikan tersendiri, memiliki karakter yang kuat, baik dari cara membawakan lagu dan juga goyangannya harus punya ciri khas,” Ujar Mas Marshel.

Selain itu Mas Marshel juga berharap, bahwa dengan adanya acara musik pertama dan terbesar bergenre koplo ini, maka nantinya bisa menjadi wadah yang bisa mengubah image koplo yang selama ini ada di masyarakat, sehingga koplo tidak lagi dianggap musik pinggiran, musik murahan, musik kaum bawah dan lain sebagainya. Tapi melalui ajang ini, kelak musik koplo bisa diterima dengan baik di semua kalangan masyarakat, termasuk anak-anak muda.



Alasan Kenapa Harus Menonton Koplo Superstar

Kita semua sudah tahu, bahwa di Indonesia sudah banyak sekali berbagai ajang pencarian bakat menyanyi yang diadakan oleh berbagai stasiun televisi. Namun Ajang Koplo Superstar yang dibuat dan ditayangkan oleh ANTV ini memiliki perbedaan dari ajang menyanyi manapun yang pernah ada di Indonesia.

Ajang Koplo Superstar ini sangat layak menjadi tontonan bagi seluruh masyarakat Indonesia

Nah, berikut ini beberapa hal yang menjadi keunggulan dari ajang Koplo Superstar yang sekaligus menjadi alasan utama kenapa ajang yang satu ini sangat layak untuk menjadi tontonan dan hiburan bagi seluruh keluarga di Indonesia, yaitu:
  1. Koplo Superstar merupakan satu-satunya ajang pencarian bakat menyanyi yang mementaskan lagu dengan jenis musik koplo yang merupakan musik asli Indonesia.
  2. Koplo Superstar adalah salah satu cara merawat dan mempertahankan musik koplo agar musik koplo tetap lestari sebagai bagian dari budaya bangsa, sehingga tidak mudah tergerus oleh musik dari negara lain.
  3. Menonton ajang Koplo Superstar sama dengan kita mendukung kemajuan musik koplo, agar musik koplo semakin dicintai oleh banyak orang, bisa semakin dikenal luas, baik dalam hingga luar negeri.
  4. Ajang Koplo Superstar ini merupakan ajang lomba menyanyi yang memberikan kesempatan kepada siapa saja yang memiliki talenta menyanyi tanpa melihat latar belakang hingga kondisi fisik peserta, teman-teman penyandang disabilitas pun diberikan kesempatan untuk ikut berlaga dalam ajang ini.
Selain itu, dengan kita menonton ajang Koplo Superstar ini, tentunya kita pun bisa mendapatkan tontonan yang menghibur bersama keluarga di rumah, sehingga bisa memberikan rasa rileks dan santai, sejenak kita bisa melupakan segala penat, lelah dan letih akibat banyaknya pekerjaan yang kita lakukan.

Maka dari itu, buat teman-teman semua, jangan lupa untuk menonton ajang pencarian bakat Koplo Superstar yang akan mulai tayang besok pada tanggal 13 Agustus 2022, pukul 20.00 WIB hanya di ANTV ya. Ajak teman dan juga anggota keluarga kalian semua untuk menonton acara ini bersama-sama, karena semakin ramai, tentu akan semakin seru. Selamat menonton ya! 😊


8 comments:

  1. Koplo ini musik merakyat yang gampang masuk kemana aja dan sepertinya beneran dekat dengan masyarakat Indonesia. Seru banget kalau ada kompetisinya, menemukan bakat bakat terpendam yang mungkin tidak pernah muncul sebelumnya

    ReplyDelete
  2. Keren sih, sudah saatnya disediakan wadah bermanfaat begini untuk melahirkan karya seni yang baik, yang bukan cuma viral karena kata-kata kasar saja. Semoga sukses acaranya

    ReplyDelete
  3. Bagus nih acara ajang pencarian bakatnya. Lain dari yang lain dan anti mainstream, apalagi tujuannya juga baik banget untuk menghadirkan generasi penerus musik koplo. Salut sama ANTV, semoga hadir talenta muda yang bisa terus mengangkat musik Indonesia.

    ReplyDelete
  4. Dulu mikirnya sih koplo tu genre musik underground ya Wan, tapi sesudah di remix para DJ jadi sound di tiktok huaa meledak dar der dor

    jadi ini tuh sejenis genre musik baru khas Indo ya!

    ReplyDelete
  5. Koplo dan remix ini sebenarnya indonesia banget. Bahkan suka diaku2i sama negara lain dianggap dari vietnam atau thailand. Padahal kita yang tau liriknya dan tau artinya pasti ngeh itu mah bahasa Indonesia, or bahkan bahasa jawa. Cuma bule2 n orang LN ga begitu tau. Suka diremix pula sama orang thailand vietnam

    ReplyDelete
  6. Beberapa tahun terakhir ini musik koplo memang banyak di gemari, aku bahkan beberapa kali dapetin lagu2 korea yg di koploin (ada2 aja netijen)
    Cukup unik dan menarik ajang pencarian bakatnya, semoga berjalan sukses dan bisa melahirkan bibit baru Indonesia yg berbakat

    ReplyDelete
  7. Koplo ini seruuu. Kalau udah dengar musiknya, tanpa sadar badan ikut bergoyang. Mau lagu sedih atau bahagia bawaannya pengen joget aja. Jadinya asyik banget

    ReplyDelete
  8. Wah unik banget nih ajang pencarian bakat untuk dangdut koplo. Walaupun aku bukan penggemar dangdut, kadang badan auto ikutan goyang juga kalau dengerin dangdut koplo. Hehehe. Sukses untuk para peserta! Semoga bisa memberikan performa terbaik sekaligus menghibur para pemirsa.

    ReplyDelete