Serunya Mengunjungi Kampung Ternak Dompet Dhuafa di Cianjur


Tinggal menghitung hari, tidak terasa sebentar lagi kita akan kembali merayakan Idul Adha 1444 Hijriah yang jatuh di penghujung bulan Juni ini. Dimana momentum Idul Adha ini akan terasa semakin bermakna bila kita bisa ikut berkurban nantinya.

Ya, berkurban sungguhlah perbuatan yang mulia, selain bentuk kepatuhan pada perintah Allah SWT yang kelak akan diganjar dengan pahala, berkurban juga merupakan sebuah amalan sosial yang sangat berguna bagi sesama, terutama bagi orang-orang yang tidak mampu.

Untuk itu, bila kita memang memiliki kemampuan untuk berkurban, maka wajib kita tunaikan, seperti yang diungkapkan Allah SWT dalam al-quran, salah satunya seperti yang tertuang dalam surat Al-Hajj: 34 yang artinya sebagai berikut.

“Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syariatkan penyembelihan (qurban) supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya, dan berilah kabar gembira pada orang-orang yang tunduk (patuh) pada Allah.” (QS: Al-Hajj: 34)

Selain itu, Rasulullah SAW pun pernah bersabda seperti yang diungkapkan oleh Abu Hurairah, bahwa "Rasulullah SAW telah bersabda, barangsiapa yang mempunyai kemampuan, tetapi ia tidak berkurban maka janganlah ia mendekati (menghampiri) tempat shalat kami," (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Maka sudah sangat jelas, bahwa Allah SWT dan juga Nabi Muhammad telah memerintahkan kita yang memiliki kemampuan materi untuk menunaikan ibadah kurban pada Idul Adha ini. Jadi, jangan ditunda-tunda lagi, apalagi kurban ini hanya sekali dalam setahun.

Nah, ngomongin tentang kurban ini, saya pun jadi teringat dengan kegiatan visit Kampung Ternak yang saya ikuti beberapa waktu yang lalu di Cianjur – Jawa Barat. Dimana saya melihat langsung bagaimana hewan ternak yang ada di sana siap untuk menjadi hewan kurban pada tahun ini.

Berkunjung ke Kampung Ternak Cianjur

Bertepatan dengan ulang tahun saya, tanggal 5 Juni 2023 kemarin, menjadi hari yang semakin menyenangkan rasanya, karena saya bisa ikut dalam rombongan Blogger, Media dan Influencer yang diajak oleh Dompet Dhuafa untuk berkunjung dan melihat langsung salah satu Kampung Ternak Binaan Dompet Dhuafa yang berada di Desa Cikondang, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur – Jawa Barat.

Berkunjung ke Kampung Ternak binaan Dompet Dhuafa di Cianjur - Jawa Barat 

Meskipun perjalanan menuju Kampung Ternak ini lumayan jauh dari Jakarta, namun setiba di sini saya merasa suasananya cukup mengasyikan, serasa sedang piknik, karena ternyata di sini masih banyak pepohonan hijau, sawah-sawah, dan juga ada air sungai yang mengalir di sekitarnya.

Dan tentunya, berkunjung ke Kampung Ternak ini semakin terasa menyenangkan karena saya bisa melihat langsung hewan ternak yang ada di sini, mereka ditempatkan dalam kandang yang layak dan bersih, sehingga pertumbuhan mereka pun sangat bagus, tampak sehat dan juga gemuk-gemuk.

Tentu saja ini menunjukan bahwa para peternak yang tergabung dalam Kampung Ternak ini telah berhasil dalam menjalankan peternakan ini dengan baik, dan tentunya semua ini tidak lepas dari dukungan, arahan dan juga edukasi yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa.

Selain itu, dalam kegiatan visit Kampung Ternak ini saya pun jadi tahu sekilas tentang sejarah Kampung Ternak ini dan juga bagaimana perawatan dan seperti apa quality control (QC) hewan kurban Dompet Dhuafa di Kampung Ternak ini, termasuk bagaimana cara merawat hewan ternak, seperti mencukur bulu kambing, memotong kuku, memandikan hingga menimbang beratnya. 
 
Hewan ternak di sini dirawat dengan baik, seperti dilakukan pencukuran bulu, potong kuku, dimandikan, hingga ditimbang bobotnya

Nah, Kampung Ternak ini sendiri merupakan salah satu program pendayagunaan zakat dari Dompet Dhuafa untuk membantu peternak lokal agar bisa mengangkat perekonomian mereka. Dompet dhuafa memberikan bantuan hewan ternak dan juga mengedukasi peternak di sini supaya bisa menghasilkan hewan yang sehat dan berkualitas.

Seperti yang diakui oleh Bapak Ayi Rahmat (Pengelola Kampung Ternak Cianjur) bahwa sejak hadirnya Kampung Ternak yang dibentuk sejak tahun 2017 silam ini, sesungguhnya telah membawa banyak perubahan bagi para peternak yang bergabung dalam Kampung Ternak ini.

"Dulu pada awalnya Kampung Ternak didirikan oleh Dompet Dhuafa mitranya ada 10 orang, nah masing-masing orang menerima manfaat dana zakat berupa 5 ekor kambing atau domba, dan sering waktu jumlahnya semakin bertambah banyak." Ujar Bapak Ayi.

Nah, seiring jumlah ternak yang terus tumbuh banyak di Kampung Ternak ini, maka itu menunjukan bahwa kehadiran Kampung Ternak ini telah membawa perubahan hidup yang semakin baik juga bagi masyarakat setempat karena mereka menjadi punya pekerjaan dan mata pencaharian baru, khususnya para peternak yang tergabung dalam program Kampung Ternak ini.

Bahkan menariknya, dengan kehadiran Kampung Ternak juga telah membuka peluang dan manfaat lain bagi warga, karena Kampung Ternak sekaligus menjadi wadah bagi masyarakat untuk berkumpul dan mengadakan berbagai kegiatan sosial, menjadi ruang berdakwah, dan juga tempat belajar bagi masyarakat.

Kehadiran Kampung Ternak telah memberikan dampak yang sangat bagus bagi masyarakat dalam segi ekonomi

Namun tak hanya itu saja, kehadiran Kampung Ternak ini juga telah memberikan perubahan yang sangat besar secara ekonomi bagi masyarakat yang tergabung dalam Kampung Ternak ini, karena hewan ternak yang mereka pelihara terus berkembang dan bisa dijual, termasuk dijadikan hewan kurban yang akan dilibatkan dalam program Tebar Hewan Kurban (THK).

Dan pemilihan hewan untuk kurban dari Kampung Ternak ini adalah langkah yang tepat, karena hewan ternak di sini memiliki kondisi yang sehat dan juga bobot yang memenuhi syarat untuk berkurban, karena hewan ternak di sini selalu dirawat dengan baik. Makanya, hewan yang ada di Kampung Ternak ini akan digunakan untuk kegiatan Tebar Hewan Kurban (THK) pada perayaan Idul Adha nanti.

Gelaran Tebar Hewan Kurban (THK) Tahun 2023

Sebenarnya, program Tebar Hewan Kurban yang digelar oleh Dompet Dhuafa sudah ada sejak tahun 1994 yang lalu, namun saat itu namanya adalah program Menebar 999 Hewan Kurban, dan kemudian pada tahun 1998 mengalami perubahan nama menjadi Program Tebar Hewan Kurban (THK).

Dimana tujuan dari program Tebar Hewan Kurban (THK) ini adalah untuk menebarkan hewan kurban untuk membantu sesama, terutama bagi mereka yang tidak mampu, baik di perkotaan terlebih bagi masyarakat kurang mampu yang ada di berbagai pelosok-pelosok negeri ini.

Dompet Dhuafa menggelar Tebar Hewan Kurban (THK) hingga ke pelosok negeri

Lahirnya program ini sejalan dengan cita-cita Dompet Dhuafa yang ingin mendistribusikan berkah hewan kurban dalam pelaksanaan ibadah Hari Raya Kurban (Idul Adha) ke daerah-daerah terpencil melalui pemberdayaan kelompok peternak lokal yang mandiri.

Untuk itu, program ini diharapkan bisa membantu meningkatkan perekonomian peternak lokal dan sekaligus membawa senyum kebahagiaan bagi banyak masyarakat yang jarang ataupun belum pernah menikmati kelezatan menyantap daging kurban, terutama mereka yang berada di pelosok-pelosok negeri ini.

Makanya, wilayah prioritas yang menjadi titik distribusi Program Tebar Hewan Kurban (THK) ini adalah wilayah 3T (terpencil, tertinggal, dan terluar) yang minim akses persebaran daging kurban, atau juga wilayah yang terdampak bencana, serta wilayah dengan tingkat kemiskinan yang tinggi, juga wilayah yang mengalami krisis kemanusiaan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka Dompet Dhuafa melalui program Tebar Hewan Kurban (THK) telah membangun Sentra Ternak di berbagai daerah. Dan saat ini, Sentra Ternak Dompet Dhuafa sudah tersebar di 12 Provinsi yang meliputi: Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Nusa Tenggara Timur hingga Sulawesi Selatan.

Nah, Sentra Ternak Dompet Dhuafa atau yang lebih dikenal dengan Dompet Dhuafa Farm inilah yang kemudian menjadi pemasok utama, hampir 55% dari hewan kurban Dompet Dhuafa untuk program Tebar Hewan Kurban (THK) tahun 2023 ini, termasuk yang ada di Cianjur ini.

Dengan adanya sentra ternak (Dompet Dhuafa Farm) yang tersebar di berbagai lokasi ini, maka diharapkan dapat mencapai target untuk mendistribusikan 40.000 hewan kurban ke wilayah 3T (terpencil, tertinggal dan terluar) di Indonesia serta beberapa wilayah di luar negeri.

Tebar Hewan Kurban pada tahun ini akan dilakukan di 29 provinsi dan 11 negara lain

Dimana hal ini juga diungkapkan oleh Bapak Taufan Yusuf Nugroho (Wakil Ketua Pelaksana Tebar Hewan Kurban 2023) bahwa pada tahun 2023 ini, Tebar Hewan Kurban akan dilakukan secara nasional, yaitu akan ada di 29 provinsi dan juga ke 11 negara lain yang memang membutuhkan daging kurban, seperti akibat krisis sosial, peperangan, kebencanaan dan lain sebagainya.

Dan pada tahun ini, tagline Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa menyerukan “Satu Kurban, Banyak Kebaikan” karena sejatinya Program THK Dompet Dhuafa tak hanya menebarkan hewan kurban hingga ke pelosok negeri saja, tetapi juga memberdayakan para peternak binaan yang tergabung dalam program Kampung Ternak Nusantara melalui model bisnis sosial yang turut mengangkat perekonomian para peternak binaan yang telah ada selama ini.

Makanya, berkurban bersama Dompet Dhuafa menjadi pilihan yang tepat, karena selain bisa membantu perekonomian peternak lokal dan masyarakat yang kurang mampu, tentunya berkurban bersama Dompet Dhuafa juga memiliki beberapa alasan lain yang menarik.


Alasan Berkurban Bersama Dompet Dhuafa

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa Dompet Dhuafa sejak tahun 1994 telah mampu menjalankan program Tebar Hewan Kurban dengan sukses hingga saat ini. Maka dengan pengalaman yang dimilikinya, kita tidak perlu khawatir lagi untuk berkurban bersama Dompet Dhuafa.

Terlebih, Dompet Dhuafa juga memiliki beberapa keunggulan yang sekaligus menjadi alasan yang tepat untuk kita berkurban bersama Dompet Dhuafa. Nah, Adapun alasan tersebut yaitu sebagai berikut:


1. Dompet Dhuafa menyediakan hewan kurban yang berkualitas
Berkurban bersama Dompet Dhuafa tidak perlu khawatir, karena hewan kurban yang dipilihkan tentu saja yang berkualitas terbaik, karena Dompet Dhuafa sudah memiliki penilaian standar mutu dalam pengadaan hewan ternak untuk program Tebar Hewan Kurban di momen Idul Adha ini. Nah, adapun penilaian mutu hewan kurban terdiri dari:
  • Memenuhi bobot hidup, yaitu untuk kambing atau domba yang akan dikurbankan tentu saja harus memiliki bobot 23-25 Kg untuk kategori standar, bobot 26-28 Kg untuk kategori medium, dan bobot 29-33 Kg untuk kategori premium, tapi kalo sapi memiliki bobot dengan kisaran 250-300 Kg.
  • Hewan kurbannya dipastikan sehat, yaitu hewannya tidak cacat, sudah lepas gigi khususnya kambing dan sapi, serta berkelamin jantan terbaik yang memang secara kualitas memang dianjurkan.
  • Pelaksanaan pemotongan hewan kurban tentu saja dilakukan sesuai dengan tata cara dan aturan agama Islam yang didukung dengan dokumentasi dan pelaporan penyembelihannya.
2. Dompet Dhuafa Melaksanakan Kurban Secara Transparan
Dalam pelaksanaan kurban ini, Dompet Dhuafa memiliki tim pelaksana pengendalian mutu dan quality control (QC) untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan dan pelayanan Tebar Hewan Kurban secara transparan. Dimana tugas dari Tim QC ini terdiri dari:
  • Melakukan pemantauan, pengontrolan dan pengecekan kondisi kesehatan dan bobot calon hewan kurban sebelum hari pelaksanaan.
  • Melakukan pengecekan dan verifikasi lokasi pendistribusian dan calon penerima manfaat hewan kurban.
  • Melakukan pemantauan proses penyiapan dan pelaksanaan pemotongan hewan kurban di hari H.
  • Melakukan pelaporan dan pendokumentasian secara lengkap tentang pelaksanaan kurban yang sudah dilakukan kepada pemberi kurban.
3. Dompet Dhuafa Menerapkan Kurban Berkonsep Digital
Perkembangan teknologi yang terus tumbuh membuat Dompet Dhuafa juga memanfaatkan kecanggihan era digital ini untuk memberikan inovasi yang semakin memudahkan masyarakat yang ingin kurban di Dompet Dhuafa dengan sangat praktis.

Jika sebelumnya kita berkurban dengan melakukan transaksi manual ke konter-konter Dompet Dhuafa, tetapi kini kita bisa dengan mudah membayar kurban melalui platform digital, bahkan hanya bermodalkan smartphone saja kita bisa langsung kurban di Dompet Dhuafa hanya dalam waktu yang singkat.

Selain itu, kini Dompet Dhuafa juga memiliki sistem digital bernama Kurban Information System (KIS) sebagai wadah yang menjembatani antara Dompet Dhuafa, mitra, donatur, yang sekaligus menjadi media untuk melakukan pelaporan, yaitu mulai dari proses sejak awal pendaftaran hingga pendistribusian hewan ternaknya semua akan tercatat dengan baik.

Dompet Dhuafa akan memilihkan hewan kurban terbaik dan disalurkan hingga ke pelosok negeri

4. Dompet Dhuafa mendistribusikan Hewan Kurban Hingga Pelosok Negeri
Dalam perjalanan program Tebar Hewan Kurban (THK) selama ini, Dompet Dhuafa selalu mendistribusikan hewan kurban tepat sasaran, yaitu diserahkan kepada masyarakat yang kurang mampu dan berada di wilayah mayoritas miskin, daerah pelosok, terbelakang, rawan gizi, wilayah konflik, daerah yang terkena bencana atau kerusuhan hingga daerah minoritas muslim baik yang ada di Indonesia hingga ke negara lain.

Upaya Tebar Hewan Kurban dilakukan seluas-luasnya oleh Dompet Dhuafa dengan menjangkau daerah-daerah terpencil agar penyebaran daging kurban tidak hanya menumpuk di kota-kota besar saja, tapi juga bisa dinikmati oleh masyarakat yang ada di pelosok-pelosok yang mungkin selama ini jarang atau belum pernah menikmati daging kurban.

5. Dompet Dhuafa Berdayakan Peternak Lokal
Hadirnya Idul Adha bukan hanya menjadi momen bahagia bagi para penerima daging kurban saja, tapi sekaligus menjadi kebahagiaan juga bagi para peternak binaan Dompet Dhuafa karena hewan ternak mereka akan dibeli untuk distribusi hingga pelosok negeri dalam program Tebar Hewan Kurban (THK).

Maka dengan begitu, Dompet Dhuafa secara jelas telah sukses melakukan program pemberdayaan ekonomi di sektor peternakan dengan mewujudkan model bisnis sosial yang mampu mengangkat perekonomian peternak lokal binaan yang dulunya kurang mampu, tapi kini menjadi peternak yang sukses, mandiri, serta berdaya bagi sesama.

***

Itu dia beberapa alasan yang sekaligus menjadi keunggulan mengapa Dompet Dhuafa sangat layak dijadikan tempat berkurban bagi kita semua. Terlebih kini Dompet Dhuafa telah menghadirkan layanan cara mudah berkurban yang menyenangkan berbasis online.


Cara Mudah Kurban di Dompet Dhuafa

Banyak dari kita yang mungkin memiliki kemampuan berkurban tapi tidak memiliki waktu dan kesempatan untuk mencari hewan kurban dan mendistribusikannya pada orang yang tidak mampu, maka kini tidak perlu khawatir karena ada Dompet Dhuafa bisa membantu untuk hal tersebut.

Sebab, dengan kecanggihan teknologi digital yang ada saat ini, maka segalanya bisa dilakukan dengan mudah, termasuk untuk urusan berkurban. Dan Dompet Dhuafa pun telah menyediakan wadah online yang akan memudahkan kita untuk berkurban dengan cepat dan praktis.


Ya, kini selain berkurban secara offline, kita pun bisa kurban di Dompet Dhuafa dengan mudah karena tersedia juga cara kurban online, sehingga memungkinkan kita bisa berkurban dari mana saja dengan mudah, bahkan hanya bermodalkan smartphone saja yaitu dengan cara sebagai berikut:
  1. Buka website https://kurban.dompetdhuafa.org/
  2. Tentukan pilihan kurban yang kita inginkan
  3. Klik tombol Kurban sekarang
  4. Pilih metode transfer yang diinginkan
  5. Lakukan pembayaran
  6. Setelah pembayaran selesai, lakukan konfirmasi kurban
Gampang bangat bukan cara kurban di Dompet Dhuafa? Makanya, ayo kita manfaatkan momentum Idul Adha ini untuk berkurban, tentu tak ada salahnya kita untuk menyisihkan sedikit rezeki kita untuk berkurban, mengingat ini merupakan ibadah setahun sekali. 

Mari kurban di Dompet Dhuafa, karena satu kurban, banyak kebaikan, yaitu bernilai pahala yang besar di hadapan Allah dan juga bernilai kebahagian yang indah di hati sesama manusia. :)



14 comments:

  1. Datang langsung ke peternakannya jadi bisa sekaligus melihat bagaimana perawatan apiknya hewan ternak di sana ya kak. Sehingga makin mantap untuk siap tebar qurban

    ReplyDelete
  2. Inovasi yang dikembangkan Dompet Dhuafa, terutama untuk program Tebar Hewan Kurban semoga semakin sukses dan menjangkau wilayah yang lebih luas. Apalagi dengan sistem digital yang lebih flexible, siapa saja bisa lebih mudah untuk merealisasikan kurban dengan praktis di Dompet Dhuafa ini, cukup klak-klik platform digital melalui hape, InsyaAllah bisa berkurban dengan hewan kurban yang berkualitas.

    ReplyDelete
  3. Oooh .... begini ya rupa peternakannya? Aku beberapa kali kurban melalui Dompet Dhuafa, karena yakin lembaga ini amanah.

    ReplyDelete
  4. Senang dan seru ya punya pengalaman spesifik seperti ini. Kita jadi paham bagaimana alur pekerjaan dari peternak dan bagaimana menghasilkan ternak yang berkualitas dan pantas untuk dijual. Apalagi ini kan memang dipersiapkan dalam rangka kurban. Ada persyaratan yang harus memenuhi syariat Islam.

    ReplyDelete
  5. Baru tahu ternyata Dompet Dhuafa punya kampung binaan ini. Apalagi nanti buat suplay program Qurbannya Dompet Dhuafa yang prosesnya cepet, hewan qurban yang ditawarkan juga beragam dan terjangkau

    ReplyDelete
  6. Barakallah fii umrik Mas..Semoga panjang usia, sehat, sukses dan makin bahagia. Aamiin
    Senangnya bisa mengunjungi langsung Kampung Ternak Dompet Dhuafa di Cianjur. Keren bener ini Kampung Ternak yang telah membuka peluang dan manfaat bagi warga, jadi wadah berkumpul dan mengadakan berbagai kegiatan sosial, ruang berdakwah, dan juga tempat belajar. Salut dan sukses selalu Dompet Dhuafa dengan program THK-nya

    ReplyDelete
  7. Kalo udah punya kampung binaan gini.. semuanya akan terkontrol dengan baik.. semoga selalu amanah Dompet Dhuafa

    ReplyDelete
  8. Mantap sekali ya vibes kandang ternak dombanya. Apalagi di sekeliling kandangnya ada areal perawahan yang hijau, sepertinya itu ada tanaman bayam atau mantang ya mas...

    Seneng saya kalo datang di kandang kambing untuk pusat pembudidayaan, mata dimanja dengan domba2 yang unyu2 hehe..

    ReplyDelete
  9. Yang saya suka, di Kampung Ternak Dompet Dhuafa, kitadapat belajar tentang berbagai aspek peternakan seperti pemeliharaan hewan, pengelolaan pakan, kesehatan hewan, dan manajemen peternakan secara umum.

    ReplyDelete
  10. Sungguh melegakan ya?
    Dompet Dhuafa membantu kita berbagi ke kawasan terpencil dengan
    mendistribusikan hewan kurban
    Di pihak lain, para peternak sangat beruntung karena gak lagi harus menjajakan ternaknya
    yang butuh waktu, tenaga dan pikiran serta pastinya mengganggu kesehatan hewan kurban tsb

    ReplyDelete
  11. Waaahh, seru banget Kak bisa datang langsung ke peternakan kambing, suasananya juga adem banget ijo-ijo persawahan, sungainya juga asik gitu dan bisa dapat pengalaman langsung ke kandang ternak..

    ReplyDelete
  12. Sekarang semakin mudah ya berbagi hingga ke pelosok desa. Ada dompet duafa yang membantu mendistribusikannya dengan baik

    ReplyDelete
  13. Kalau saya mah kalau mau berkurban lebih baik cari yang aman saja yaitu ke rumah dompet dhuafa, udah engga mau pusing untuk pilih hewannya, pembagian daging kurbannya, lebih baik serahkan ke rumah dompet dhuafa yang aman dan terpercaya

    ReplyDelete
  14. Aku juga pernah ikutan ke sentra peternakan Dompet Dhuafa.
    Rasanya senang sekali karena bekerjasama dengan petani dan peternak lokal sehingga hasilnya tetap bisa sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dan pastinya gak melewati tengkulak.

    ReplyDelete