Tips Menjadi Youtuber Hebat



Masih teringat dibenak saya, bahwa dulu saat masih duduk di bangku sekolah dasar puluhan tahun silam, saya selalu mendengungkan cita-cita saya adalah ingin menjadi dokter. Sedangkan teman-teman saya yang lain ada yang bercita-cita jadi presiden, guru, pilot dan lain sebagainya. 

Dan profesi-profesi seperti itu mungkin hampir sama yang juga dicita-citakan oleh seluruh anak di penjuru dunia. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi dengan dukungan internet saat ini, maka tak sedikit anak-anak zaman sekarang yang mempunyai cita-cita yang jauh berbeda dengan zaman dahulu, Misalnya menjadi seorang Youtuber.

Tidak bisa kita pungkiri, berkecimpung dalam dunia digital seperti youtuber saat ini semakin dilirik oleh banyak orang lantaran dinilai bahwa kegiatan tersebut saat ini sudah bisa menjadi profesi yang menjanjikan dan juga sangat menyenangkan. 

Dimana tugas utama seorang youtuber adalah membuat video apa saja lalu menguploadnya di laman youtube. Secara konsep terlihat begitu mudah yaitu hanya membuat video lalu menguploadnya di channel youtube yang kita punya lalu bisa disebut menjadi youtuber.

Namun pada sejatinya, supaya bisa menjadi seorang youtuber yang sukses tentu saja bukan pekerjaan mudah, butuh kerja keras dan kreativitas yang luar biasa supaya video-video yang kita buat bisa dilirik oleh banyak penonton. Sebab semakin banyak orang yang menonton dan menyukai video yang kita buat maka itu menandakan bahwa video yang kita buat dinilai menarik. Dan semakin banyak video kita yang ditonton banyak orang maka dari sanalah penghasilan nantinya juga didapat.

Lantas seperti apa sih cara membuat video youtube yang menarik dan juga menghasilkan? Sungguh sebuah pertanyaan yang menarik untuk ditelusuri jawabannya. Maka pertanyaan ini jugalah yang membawa saya untuk hadir dalam acara #SharingHappiness beberapa waktu yang lalu untuk mencari tahu jawabannya.

Tips Menjadi Youtuber Hebat

Seperti yang sudah saya singgung di atas, bahwa saat ini kegiatan membuat video bukan hanya sekadar untuk menyalurkan hobi semata saja, sekarang tak sedikit orang yang sudah bisa sukses mendulang banyak uang dari kegiatan membuat video yang diunggah ke youtube ini.

Melihat fenomena ini, maka beberapa waktu yang lalu (15/09/2018), PT Megasurya Mas selaku produsen sabun terpercaya dalam negeri ini mengadakan acara sharing santai seputar apa saja yang menjadi rahasia para youtuber bisa eksis dan bisa mendapatkan penghasilan dari youtube.
Bapak Novendy dan Ibu Mirna dari PT. Megasurya Mas menjelaskan terkait tujuan dibuatnya acara Healthy Zona ini
Hal ini pun dituturkan oleh Bapak Novendy selaku Strategic Digital Campaign PT Megasurya Mas bahwa kegiatan Vlog sekitar satu sampai dua tahun belakangan ini begitu booming di Indonesia. Youtube adalah salah satu yang perkembanganya begitu pesat dan tentu membutuhkan konten kreator yang kreatif untuk bisa sukses di bidang ini. 

Untuk itu, topik ini sengaja dipilih karena saat ini Vlog merupakan salah satu aktifitas sosial media yang paling digemari oleh anak-anak muda, dan diharapkan bisa mendorong mereka untuk berkarya secara kreatif dan positif. 

Untuk mengupas terkait hal ini, maka tampak hadir dalam acara ini Stella Cornelia yang merupakan seorang penyanyi, aktris dan Vlogger. Selain itu hadir juga Fendy Chow yang juga merupakan seorang aktor, penyanyi, MC dan Vlogger, dan tak ketinggalan ada juga si cantik Kyra Nayda yang merupakan seorang Beauty Blogger dan Vlogger.
Ngobrolin tentang tips menjadi youtuber hebat (Kiri - Kenan): MC - Stella - Fendy - Kyra - MC
Mereka bertiga merupakan para content creator video di youtube yang sudah membuktikan bahwa dengan bersungguh-sungguh menciptakan karya video yang bagus maka bukan hal yang mustahil untuk mendapatkan pengasilan yang menjanjikan dari profesi yang satu ini.

Untuk itu melalui kesempatan ini, mereka bertiga membagikan tips-tips menarik tentang bagaimana mereka bisa menjadi youtuber hebat sehingga bisa mendapatkan penghasilan yang fantastis setiap bulannya seperti sekarang ini. 

Diakui oleh Stella Cornelia bagwa ada beberapa langkah awal yang harus dipahami untuk terjun menjadi seorang content creator dalam dunia Vloging atau youtuber yaitu:
  • Pertama-tama kita harus tahu apa sebenarnya yang kita mau buat dalam video nantinya, sebaiknya kita fokus pada apa yang menjadi passion kita saja.
  • Lalu kita harus fokus dan memperkuat konten kita tersebut secara spesifik, misalnya mau fokus pada beauty, lifestyle, traveling, gaming, entertainment atau yang lainnya sesuai kesukaan kita.
  • Kemudian selalu up date dengan trand terbaru, misalnya dengan mencari tahu apa yang sedang ngetren saat ini, Misalnya gaya fashion ataupun gaya bahasa anak-anak muda saat ini.
  • Banyak mencari referensi untuk belajar dari Vlogger atau youtuber hebat, namun perlu diingat, mencari referensi bukan berarti mencotek orang lain, lebih baik tetap menjadi diri sendiri.
  • Dan untuk menarik minat penonton video kita maka jangan lupa untuk selalu berpenampilan menarik dengan out fit yang sesuai dengan tema vlog kita.
  • Perhatikan juga ekspresi yang ceria, intonasi yang jelas dan selalu menampilkan diri yang penuh semangat untuk menarik perhatian penonton.
  • Selain itu, sangat penting menambahkan visual yang lucu, informatif dan menarik di dalam video yang kita buat.
Dan ditegaskan oleh Stella bahwa jangan takut untuk memulai, jangan jadikan keterbatasan yang ada untuk menghalangi kita untuk berkarya, misalnya jika tidak punya kamera maka coba manfaatkan saja kamera handphone yang kita punya. Sebab sejatinya siapapun bisa menjadi vlogger asal dia mau berusaha dengan sungguh-sungguh.

Selain itu, Fendy Chow yang gemar membuat video travelling ini mengakui bahwa pada awalnya dia hanya iseng membuat vlog saat di lokasi shooting, dan sejak saat itu dia mulai senang membuat video terutama yang bertema travelling. 

Dan tema travelling ini dipilih oleh Fendy karena merupakan salah satu konten yang menarik dan banyak disukai oleh orang-orang untuk melihatnya. Hal ini sudah dibuktikan sendiri oleh Fendy saat mengabadikan bulan madunya. Dimana video bulan madunya tersebut banyak mencuri perhatian penonton, betigupun dengan video bertema travellingnya yang lainnya.

Dan untuk membuat Vlog menurut Fendy itu memang tidak mudah, dan berikut ini beberapa tips untuk mengawali menjadi seorang Vlogger atau youtuber, yaitu:
  •  Jangan pernah takut salah atau malu untuk memulai sesuatu, karena rasa takut dan malu hanya akan membuat kita tak pernah berani melangkah maju.
  • Jadilah dirimu sendiri dan jangan pernah meniru dan mencontek gaya orang lain. Yakinlah pada dirimu sendiri bahwa kamupun bisa menghasilkan karya yang bagus.
  • Rajin dan sigap menangkap momen yang kita alami atau ada di sekitar kita, karena terkadang itu bisa menjadi bahan yang menarik untuk dijadikan sebagai konten video kita.
  • Saat melakukan perencanaan untuk sebuah konsep video, maka jangan lupa untuk selalu buat plan B. Misalnya kita ingin meliput kuliner di restaurant A tapi tau-tau restaurantnya tutup, maka kita sudah punya restaurant cadangan sebagai penggantinya.
  • Teruslah belajar dan jangan pernah malas untuk terus mengasah kemampuan menciptakan konten-konten yang menarik dari berbagai sumber.
Selain itu, Fendy juga menuturkan bahwa tidak ada salahnya untuk menambah device atau perangkat untuk membuat video yang semakin keren jika dirasa perlu dan juga mampu (seperti kamera, goorillapod, memory card, extra battery, dll).

Namun sebagai langkah awal untuk membuat video, saat ini pun dengan bermodalkan smartphone yang rata-rata sudah memiliki kamera yang bagus maka kita sudah bisa menghasilkan video yang keren, jadi jangan patah semangat jika memang belum punya alat yang canggih untuk membuat video.

Dan narasumber kita yang ketiga adalah Kyra Nayda yang merupakan seorang pembuat konten krator sangat senang membagikan tips-tips tentang cara bermake-up via vlog, Youtube, atau Instagram. Dimana video yang dia buat pada dasarnya bertujuan untuk menyalurkan hobi sekaligus untuk membantu orang lain, terutama buat membantu para wanita maupun remaja.

Sebab diakui oleh Kyra bahwa tak sedikit kaum perempuan khususnya anak perempuan usia remaja yang ingin mengetahui banyak hal seputar make up atau lifestyle namun mereka bingung atau canggung mau tanya ke siapa. Untuk itu, Kyra berharap dengan hadirnya berbagai video tutorial yang dia buat seputar makeup dan lifestyle bisa bermanfaat dan membantu orang lain.

Menyadari betapa berpengaruhnya video saat ini sebagai sumber informasi sekaligus cara belajar yang lebih fun bagi anak-anak muda, maka Kyra pun berharap akan banyak juga anak-anak muda yang tertarik untuk menggeluti dunia vlog ini.

Untuk itu, Kyra pun memberikan tips-tips tentang bagaimana untuk mengawali menjadi seorang vlogger atau youtuber yang keren, yaitu:
  • Harus tetap menjadi diri sendiri dan jangan pernah mengikuti gaya dan ide orang lain, sebab semua orang terlahir dengan bakat dan kemampuan yang berbeda-beda.
  • Mulailah membuat konten dari hal-hal yang ada disekitar kita, atau dari aktifitas yang biasa kita lakukan sehari-hari.  
  • Buatlah video dengan tema yang memang kita kuasai dan kita pahami, hal ini penting supaya saat membuat video kita akan lancar menceritakan apa yang tengah kita lakukan di video tersebut.
  • Buatlah video dengan konten yang menarik yaitu video dengan konten yang bermanfaat, lucu dan menghibur banyak orang.
  • Kenali dan pahami siapa yang menjadi market dan penonton video kita, hal ini penting supaya apa yang kita buat bisa kena sasaran yang tepat dan mendapatkan banyak penonton.
  • Dan temukan apa yang menjadi personal branding kita, yaitu kita mau dikenal oleh orang-orang sebagai vlogger yang seperti apa, hal ini penting supaya kita juga mempunyai ciri khas yang jelas dan gampang dikenali oleh banyak orang.
Dan tidak lupa Kyra pun berpesan agar kita jangan pernah cepat puas dengan video yang kita buat. Kita tetap harus mau terus belajar, banyak melakukan research dan explore banyak hal supaya kita bisa terus menghasilkan konten-konten video yang unik dan menarik.

Sebab memilih berkarir sebagai youtuber saat ini jika dijalani dengan serius maka bisa menghasilkan penghasilan yang menjanjikan. Dan ketiga narasumber yang hadir dalam acara ini pun mengakui dan telah membuktikan hal tersebut. Untuk itu, mereka berpesan agar jangan pernah berhenti untuk belajar dan bekerja keras jika ingin sukses berkarir menjadi youtubers ini.

Selain tips di atas, ketiga narasumber tersebut juga mengungkapkan bahwa salah satu faktor yang juga penting saat membuat video adalah susana hati atau mood kita yang harus selalu bagus, karena tidak bisa dipungkiri mood yang bagus akan memicu semangat untuk menghasilkan video yang keren.

Dan salah satu faktor untuk menjaga mood kita tetap bagus adalah memiliki kulit yang sehat, makanya sangat penting juga bagi kita untuk selalu memperhatikan kebersihan dan kesehatan kulit dengan menggunakan perawatan kulit yang tepat.

Untuk membantu masyarakat khususnya anak-anak muda memiliki kulit yang sehat dalam mendukung segala aktifitasnya termasuk dalam membuat Vlog, maka PT Megasurya Mas dalam rangkaian acara ini secara resmi meluncurkan sebuah digital campaign bertajuk HEALTHY ZONA.

Healthy Zona Dorong Anak Muda Berkarya Kreatif & Positif

Bertempat di Kedai Kopi Kemang – Jakarta Selatan, Produsen dari sabun ini secara resmi melakukan peluncuran website www.healthyzona.com yang dirancang khusus sebagai media untuk sharing segala informasi yang menarik seputar gaya hidup, kesehatan, kecantikan dan juga berbagai manfaat terkait produk sabun dari PT Megasurya Mas ini.    
Healthy Zona hadir untuk menjadi wadah baru untuk menemukan informasi menarik seputar gaya hidup, kesehatan dan kecantikan.
Selain itu, kehadiran Healthy Zona sebagai digital campaign ini diharapkan bisa menjadi angin baru dalam industri Personal Care di Indonesia, sehingga masyarakat bisa semakin mudah untuk mendapatkan segala informasi yang bermanfaat bagi mereka, terutama untuk mengenal dan mengetahui lebih detail terkait produk sabun Harmony, Medicare, dan Lervia.

Sebab tidak bisa dipungkiri, sangat jarang sekali brand sabun mandi yang memiliki pesan positif dan gaya yang sangat relevan dengan anak muda zaman sekarang. Untuk itu, diharapkan dengan hadirnya Healthy Zona yang menawarkan informasi yang jelas seputar sabun mandi Harmony, Medicare dan Lervia melalui digital platform seperti ini akan menjadi basis komunikasi yang kreatif terhadap anak-anak muda.

Dan kita semua sadar, bahwa perawatan kulit dengan sabun bukan hanya memberikan kesegaran pada kulit saja, namun juga bisa mempengaruhi mood kita dalam beraktivitas, tidak terkecuali bagi anak-anak muda yang senang membuat konten-konten kreatif untuk video mereka.

Maka dari itu, kehadiran website Healthy Zona diharapkan membuat masyarakat khususnya anak-anak muda supaya semakin sadar betapa pentingnya untuk selalu menjaga kesehatan kulit mereka dengan menggunakan sabun-sabun yang berkualitas, sekaligus diharapkan dapat memberikan pesan positif dan gaya yang sangat relevan dengan anak muda zaman sekarang.

Dan ditekankan oleh Ibu Mirna F. Ambarsari selaku Promotion Manager Digital Campaign bahwa selain komposisi dan wewangian yang terkandung dalam sabun, ternyata kita sebagai konsumen juga mesti cermat dalam memilih sabun. Salah satunya adalah memastikan bahwa sabun sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta tidak mengandung bahan dasar pemutih.

Sebab menggunakan sabun mandi yang sudah teruji kualitasnya tentu akan membuat kita merasa aman menggunakannya, dan juga bisa membuat kulit kita menjadi sehat dan terawat dengan baik.

Mengenal Lebih Dekat Sabun Harmony, Medicare, dan Lervia

Kita semua tahu, bahwa kesehatan kulit bukanlah hal yang sepele, untuk itu sangat penting bagi kita untuk selalu menjaganya, misalnya dengan selalu rutin mandi 2 kali sehari dengan menggunakan sabun agar kulit kita selalu bersih.

Dan PT Megasurya Mas selaku produsen sabun di Indonesia menghadirkan tiga merek sabun yang bisa kita gunakan untuk mandi sehari-hari bagi seluruh keluarga di seluruh nusantara. Adapaun ketiga merek sabun tersebut adalah Harmony, Medicare dan Lervia.

Dimana kehadiran ketiga merek sabun ini mempunyai daya pikat dan manfaat masing-masing  yang bisa kita gunakan sesuai dengan kebutuhan dan kepribadian kita berdasarkan bahan yang digunakan dalam membuat sabun-sabun berikut ini. 

Sabun Harmony
Sabun Harmony ini merupakan sabun yang menawarkan keseragaman dari beragam aroma buah segar. Makanya tidak heran jika menggunakan sabun ini untuk mandi setiap hari maka akan memberikan rasa rileks pada diri kita karena pancaran wangi dari buah-buahan yang sangat segar.
Sabun buah Harmony bikin Mood Jadi OK!
Dan tidak bisa kita pungkiri, jika rasa rileks sudah kita dapatkan, maka akan mempengaruhi mood kita menjadi bagus juga, Makanya sabun Harmony ini dipercaya mampu mengembalikan Mood Jadi OK! Sehingga kita semakin semanggat untuk terus bekerja melahirkan banyak karya yang kreatif dan positif.

Hal ini juga diakui oleh Stella, bahwa sebagai seorang content creator itu sangat penting menjaga mood kita, dan salah satu cara Stella menjaga moodnya agar tetap bagus yaitu menggunakan sabun mandi yang memiliki wangi buah yang segar seperti sabun Harmony ini, karena wangi kandungan buah dalam sabun ini benar-benar bikin MOOD JADI OK dan siap untuk terus beraktifitas.

Dan Sabun Haromny ini hadir dalam berbagai varian, yaitu ada aroma Orange Satsuma, Strawberry Alpine, Grape Sparkling, Apple Fuji, Lemon Citrus, dan Melon Honeydew yang bisa kita pilih sesuai dengan aroma buah yang kita sukai. 

Diharapkan dengan hadirnya sabun Harmony dengan aroma buah segar ini, maka anak-anak muda semakin rajin mandi untuk menjaga kulitnya tetap bersih dan sehat sehingga moodnya selalu terjaga dengan baik untuk terus berperilaku dan berkarya secara kreatif dan positif. 

Dan menurut saya pribadi sih, sabun Harmony ini bukan hanya cocok untuk anak muda saja, tetapi juga cocok untuk digunakan oleh semua anggota keluarga di rumah karena kandungan buah yang ada dalam sabun ini memberikan manfaat yang bagus bagi kesehatan kulit kita.

Sabun Medicare
Sabun Medicare ini merupakan sabun yang diramu khusus untuk memberikan perlindungan serius terhadap bakteri, sehingga diharapkan kuman dan bakteri tidak bisa terus berkembang dan mempengaruhi kesehatan kulit kita.   

Untuk itu, dalam sabun Medicare ini ternyata memiliki kandungan ZeBact 100 yang mampu membunuh 99,99% bakteri pada kulit, sehingga sabun ini layak disebut sebagai sabun anti bakteri yang bagus untuk memberikan protkesi pada kulit kita.
Sabun Medicare membei proteksi serius anti bakteri hingga 99,9%
Melihat begitu bagusnya kandungan dari sabun Medicare ini maka sangat cocok untuk orang-orang yang banyak beraktivitas di luar ruangan ataupun orang-orang yang senang berolahraga, karena kita semua tahu, aktifitas di luar ruangan dan juga kegiatan olahraga rentan dengan kulit yang berkeringat dan mudah terkontaminasi polusi dan debu sehingga gampang memicu timbulnya bakteri dan kuman yang mengganggu kesehatan kulit kita.

Namun diakui oleh Fendy Chow bahwa dia tidak takut sih kalau harus kena lumpur, main di sawah, kena debu, atau sinar matahari. karena sehabis melakukan aktivitas outdoor dia biasanya langsung mandi dengan sabun anti bakteri Medicare yang kaya akan kandungan ZeBact 100 sehingga bisa memproteksi kulit secara serius, jadi cocok banget buat orang seperti dirinya yang sering melakukan outdoor activities.

Sabun Medicare Proteksi Serius Anti Bakteri dan kuman
Untuk itu, sabun Medicaree ini hadir dalam 5 varian yang terdiri dari: Energic Red, Lemon Fresh, Active Blue, Powerful Black, dan Cool Blue sehingga kita bisa bebas memilihnya sesuai dengan keinginan kita. Dan saya pribadi senang menggunakan sabun Medicare Lemon Fresh karena varian yang ini bisa memberikan kesegaran aroma lemon sehingga memberikan sensasi segar saat mandi.

Dan sudah menjadi rahasia umum bahwa lemon memiliki kandungan vitamin C yang bagus untuk menutrisi kulit kita, makanya menggunakan sabun ini setiap hari tentu saja akan membuat kulit saya semakin segar, wangi dan sehat serta bebas bau badan.

Jadi sekarang saya tidak perlu khawatir lagi jika banyak aktifitas di luar yang wara wiri ke sana kemari sampai berkeringat, karena pulangnya tinggal mandi dengan sabun Medicare ini maka tubuh bisa kembali segar lagi.

Lervia
Siapa yang pengan mandi susu? Pasti banyak yang ingin melakukannya, namun di sisi lain ada rasa malas jika benar-benar memikirkan proses mandi susu yang ribet. Namun kini, jika ingin mandi susu maka tidak perlu repot lagi, karena mandi susu kini bisa menggunakan sabun Lervia.
Sabun Susu Lervia solusi untuk melembutkan kulit
Sabun Susu Lervia solusi untuk melembutkan kulit
Iya, sabun Lervia ini merupakan sabun yang mengandung kebaikan susu kambing yaitu Alpha Hydroxy Acid (AHA) sehingga bisa membantu meregenerasi sel kulit mati dan melembutkan kulit. Untuk itu, mandi setiap hari dengan sabun susu Lervia ini sangat bagus dan kita bisa merasakan perbedaannya pada kulit jika dilakukan secara konsisten.

Hal ini senada dengan yang diungkapkan oleh Ibu Mirna F. Ambarsari selaku Promotion Manager Digital Campaign bahwa ekstrak susu kambing ini baik digunakan untuk tipe kulit kering karena teksturnya lebih lembut.

Makanya sabun Lervia ini sengaja menggunakan susu kambing karena susu kambing mempunyai banyak kandungan protein, laktosa serta vitamin sehingga bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan mendorong pertumbuhan sel kulit baru. 

Sabun Susu Lervia Solusi untuk melembutkan kulit
Sabun susu Lervia ini sendiri hadir dalam berbagai varian yang menarik, diantaranya ada Milk Only, Milk Honey, Milk Avocado, dan Milk Rose yang bisa kita pilih sesuai dengan yang kita mau. Dimana kita semua tahu bahwa selain kandungan susu, ternyata kombinasi rose, avocado dan honey yang ada pada sabun ini juga berperan baik untuk membantu menghasilkan kulit yang sehat dan selalu tampak awet muda.

Dan Kyra Nayda pun sepakat akan hal itu, bahwa menggunakan Sabun Susu Lervia ini akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan menjaga kulit tampak menjadi lebih segar. 

Maka Kyra mengakui bahwa dengan memiliki kulit yang lembut dan tampak segar ini sangat membantu juga saat membuat Vlog terkait beauty seperti make up tutorial atau fashion review karena kita sudah memiliki kulit yang sehat itu tadi maka penampilan kita di video akan tempak lebih fresh.

Oh iya, khusus untuk sabun susu Lervia ini bukan hanya hadir dalam bentuk padat atau batangan saja, namun juga tersedia dalam bentuk cair dengan kemasan botol yang didesain dengan sangat cantik sehingga semakin mudah untuk kita bawa kemanapun kita pergi.

Jadi sekarang sudah jelas ya teman-teman bahwa kehadiran Sabun Harmony, Medicare, dan Lervia dengan segala manfaatnya seperti yang sudah dijelaskan di atas sangat bagus bagi kesehatan kulit kita sehingga diharapakan bisa mempengaruhi mood kita menjadi semakin bagus dan membuat kita menjadi pribadi yang positif untuk terus menghasilkan karya-karya yang kreatif dan berguna bagi banyak orang.

So, sudah saatnya kita harus terus menjaga kebersihan tubuh kita dengan rajin mandi menggunakan sabun Harmony, Medicare, atau Lervia agar kulit kita selalu sehat dan mood kita selalu terjaga dengan baik supaya bisa selalu Sharing Happiness dimanapun dan kapanpun. :)


Informasi lebih lanjut:
  • Instagram: @harmonyindonesia_ @medicareindonesia_ @lerviaindonesia_
  • Facebook: Harmony Indonesia, Medicare Indonesia, Lervia Indonesia

2 comments: