Tomorrow Today Festival Hadirkan Edukasi Finansial Untuk Milenial



Kesadaran masyarakat akan urusan pengaturan keuangan yang baik dan benar masih sangat minim, terutama bagi kaum milenial seperti saya ini. Pikirannya masih seputar hanya jalan-jalan, shopping, makan, nongkrong dan hal-hal yang menyenangkan lainnya, tanpa memikirkan apa dan bagaimana kehidapan ke depan. Bahkan tak jarang ada yang bilang, mengalir saja seperti air.

Padahal kehidupan yang baik itu adalah kehidupan yang sudah memiliki planning, apa yang akan dilakukan untuk jangka pendek, jangka menengah dan juga jangka panjang, semua sudah terencana dengan baik sehingga kita memiliki tujuan yang jelas untuk kita gapai.

Sebab semakin jelas planning dan tujuan yang ingin kita capai maka akan memudahkan kita untuk fokus meraihnya, meskipun tidak semua hal yang kita rencanakan bisa berjalan dengan baik sesuai keinginan, namun rencana tetaplah sebuah langkah awal yang perlu kita lakukan, agar kita bisa punya landasan yang jelas dalam membidik tujuan yang kita inginkan. 

Untuk itu, dalam rangka meningkatkan awareness mengenai pentingnya investasi sejak dini bagi millennial maka Sorak Gemilang Entertainment (SGE) bekerjasama dengan PT Narada Aset Manajemen mengadakan Tomorrow Today Fun(d) Festival yang berlangsung pada tanggal 1 Desember 2018 kemarin di Senayan City – Jakarta Selatan.

Acara Tomorrow Today Fun(d) Festival ini hadir dengan konsep yang sangat berbeda, dikemas dengan sangat menarik yaitu ada kelas-kelas edukasi finansial dan juga ada persembahan musik dan art sehingga sangat menarik untuk diikuti.

Jadi kemarin di acara Tomorrow Today Fun(d) Festival ini tampak hadir yang menjadi narasumber Ligwina Hananto yang merupakan Financial Trainer & Founder QM Financial; Manager Investasi PT Narada Aset Manajemen dan beberapa entrepreneur dan social media influencer inspiratif seperti Kaesang Pangarep (owner Sang Pisang), Jovi Adhiguna (content creator), Nicoline Patricia (fotografer), Kenny Santana (travel blogger) dan Agatha Suci (musisi) yang berbagi tips pengelolaan keuangan dan pengembangan bisnis atau karier dengan memanfaatkan jejaring sosial, serta sederet musisi ternama seperti HiVi, Tulus, Teza Sumendra dan lain sebagainya.

Kehadiran acara Tomorrow Today Fun(d) Festival ini menghadirkan beragam edukasi finansial mengenai pentingnya perencanaan financial secara matang dan pengaturan keuangan secara bijak demi mengantisipasi permasalahan cashflow, pentingnya financial checkup, menabung, berinvestasi dan membiasakan diri tidak berutang untuk hal konsumtif.
Ibu Marvi mengutarakan bahwa kaum millennial perlu membakali dirinya dengan perencanaan dan pengelolaan keuangan yang baik untuk itu acara ini hadir
Untuk itu, melalui momentum ini Ibu Marvi Sumali selaku Marketing Director Sorak Gemilang Entertainment (SGE) mengatakan bahwa “Tidak dipungkiri, millennial Indonesia kini sudah banyak yang sukses di usia muda baik itu sebagai pengusaha maupun sebagai karyawan. Seiring dengan keberhasilan tersebut, para millennial rentan dengan kebutuhan gaya hidup yang tinggi, seperti traveling, shopping, dan hangout.”

Untuk itu, menurut Ibu Mervi sangat perlu bagi kaum millennial ini untuk membekali dirinya dengan perencanaan dan pengelolaan keuangan yang bijak agar terhindar dari masalah cashflow dan memastikan masa depan yang lebih baik. Hal inilah yang menjadi latar belakang dari diadakannya Tomorrow Today Fun(d) Festival untuk mengajak para kaum millennial agar mulai menyiapkan masa depan dengan baik, salah satunya dengan berinvestasi sejak dini.  

Dan berdasarkan data terbaru dari Bursa Efek Indonesia, ternyata generasi millennial kini menguasai investasi di pasar modal. Dari sekitar 1,5 juta investor perorangan, sebanyak 34,08% teridentifikasi generasi millennial dengan rentang usia 21-30 tahun. Meskipun begitu, partisipasi investor perorangan di Indonesia terbilang paling rendah di kawasan Asia, yaitu hanya 1% dari sekitar 260 juta warga Indonesia yang terdaftar sebagai investor saham.
Bapak Dondi menjelaskan bahwa investasi untuk semua orang, tak kenal berkecukupan atau tidak
Bahkan menurut Bapak Oktavian Dondi selaku Direktur Utama PT Narada Aset Manajemen, mengatakan bahwa “Investasi bukan hanya untuk mereka yang berkecukupan, tapi untuk semua, termasuk para milenial. Melihat data di atas, para milenial belum banyak yang mengerti pentingnya investasi dan tidak tahu bagaimana cara memulai investasi, padahal memulai investasi sangat mudah.”

Untuk itu, menurut Bapak Oktavian Dondi bahwa salah satu bentuk investasi adalah reksadana yang dikelola oleh manajer investasi yang dapat menjadi alternatif yang aman dan bisa dimulai dengan nominal yang sangat terjangkau. Kemudahan berinvestasi inilah yang ingin kami sosialisasikan ke milenial melalui acara Tomorrow Today Fun(d) Festival.

Jadi ditegaskan oleh Bapak Dondi, bahwa acara ini dihadirkan untuk membuka paradigma bahwa investasi itu milik semua orang bukan milik orang kaya saja. Sehingga semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk berinvestasi dan menikmati hasil investasi yang sama layaknya nasabah prioritas atau dikenal affluent customer.

Makanya melalui momentum Tomorrow Today Fun(d) Festival ini, semua masyarakat khususnya kaum milenial diajak untuk mulai mengambil langkah awal dengan mendaftarkan diri dan mulai berinvestasi dengan melakukan pembelian tiket senilai Rp 150 ribu dan akan dikembalikan ke pembeli tiket dalam bentuk investasi reksadana senilai Rp 100 ribu. Jadi sangat jelas ya, bahwa investasi bisa dimulai dengan mudah dan murah. 

Untuk belajar mengenai investasi, ternyata Narada Aset Manajemen mengadakan berbegai kelas investasi selama acara berlangsung dengan cara yang lebih fun dan mudah dimengerti. Dan salah satu pembicara yang hadir adalah Mba Ligwina Hananto yang merupakan seorang Financial Trainer & Founder QM Financial.
Mba Ligwina menuturkan penting loh untuk mencatat segala pengeluaran dengan baik supaya arus uang jelas penggunaannya
Jadi Mba Ligwina menuturkan bahwa sebelum memulai investasi, kita itu harus tetapkan tujuan keuangan secara jelas. Setelah itu, baru kita atur penghasilan dengan baik. Dan untuk mewujudkan hal itu, ada tiga hal yang harus kita lakukan agar keuangan tetap sehat, yaitu:
  1. Biasakan catat pengeluaran dengan baik, sehingga kita jadi menngerti kemana saja uang tersebut kita keluarkan.
  2. Alokasikan uang untuk menabung (minimal 10% dari penghasilan bulanan), cicilan (maksimal 30% dari penghasilan bulanan), pengeluaran rutin, pribadi/lifestyle (maksimal 20% dari penghasilan bulanan) dan sosial.
  3. Menjaga cicilan agar maksimal 30% dari penghasilan bulanan.
Jadi, jika kita ingin menabung, maka kita dapat melakukannya di bank konvensional, menabung emas atau berinvestasi. Namun sebaiknya kita membuat rekening terpisah antara pengeluaran bulanan, rekening hura-hura dan rekening menabung untuk tujuan tertentu seperti Dana Darurat, Dana Pendidikan dan lainnya. 

Dan untuk kita kaum millennial bisa memilih Reksadana sebagai salah satu bentuk investasi karena Reksadana mudah dibeli dan mudah dicairkan, jangka waktunya juga bisa kita pilih sesuai tujuan keuangan dikelola secara professional, dan berbiaya relatif rendah serta tentunya diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga lebih aman.
Mba Kania bilang bahwa berinvestasi juga penting untuk mengembangkan bisnis
Selain itu, ada juga Mba Kania Annisa Anggiani yang merupakan Founder & Creative Director Chic & Darling yang juga berbagi hal menarik seputar pengalamannya berinvestasi, karena tidak bisa dipungkiri, mengskipun sudah punya usaha sendiri, namun investasi tetap dilakukannya demi masa depan yang lebih baik.

Untuk itu, Mba Kania mengungkapkan bahwa investasi juga penting untuk mengembangkan bisnis, sebab tidak bisa dipungkiri bahwa seringkali pendapatan bisnis itu digunakan seluruhnya untuk pengembangan bisnis. Tetapi, ini bukanlah hal yang bijak karena bisnis pasti akan ada siklus untung ruginya. 

Makana menurut Mba Kania bahwa sebaiknya, sebagian dari pendapatan bisnis ini justru harus kita sisihkan untuk diinvestasikan, dan hasil investasinya nanti bisa kita sebagai modal tambahan untuk pengembangan bisnis, sehingga bisnis bisa makin besar dan tetap bisa jalan terus.

Jadi, sangat jelas ya, bahwa investasi itu sangat penting, bahkan orang-orang yang sudah memiliki usaha sendiri saja tetap melakukan investasi dengan rutin, masa iya kita yang belum punya apa-apa tidak mau belajar untuk berinvestasi juga? Investasi sekarang untuk masa depan yang lebih baik!


1 comment:

  1. Aku kalah dong sama generasi millenial, mereka Sudah melakukan investasi, aku belum ��

    ReplyDelete