Kementan Berupaya Mewujudkan Pertanian yang Maju, Mandiri dan Modern

 

Kita semua tahu, bahwa negara kita tercinta ini adalah negara agraris, mempunyai potensi besar dalam sektor pertanian. Dan tak bisa dipungkiri, bahwa sektor pertanian ini memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan kita, terutama dalam menjaga ketahanan pangan.

Selain itu, sektor pertanian juga menjadi penyedia lapangan kerja bagi masyarakat banyak, karena  mayoritas masyarakat kita bergulat dalam bidang pertanian sebagai mata pencahariannya mereka sehari-hari, sehingga hal ini bisa mengurangi jumlah pengangguran yang ada.

Selain itu, sektor pertanian juga mempunyai peranan dalam menjaga kesetabilan ekonomi bangsa, bahkan bisa meningkatkan devisa negara karena negara kita mampu mengekspor hasil pertanian yang cukup bervariasi, mulai dari getah karet, kopi, kelapa, beras, rempah-rempah, hingga berbagai macam sayur-sayuran dan juga buah-buahan.

Nah, berbicara tentang peran sektor pertanian ini, maka saya jadi ingat dengan acara Kementerian Pertanian (Kementan) yang saya hadiri beberapa waktu yang lalu (31/01/20) yang tempat di Gedung Pusat Informasi Agribisnis (PIA) yang berada di kawasan Depertemen Pertanian, Ragunan – Jakarta Selatan.

Acara yang saya hadiri ini merupakan sebuah acara talkshow yang bertajuk “Membangun Sinergi Pertanian Maju, Mandiri dan Modern” bersama Menteri Pertanian yaitu Bapak Syahrul Yasin Limpo yang membahas tentang bagaimana memajukan sektor pertanian dengan konsep yang modern untuk mencapai kesuksesan.
Talkshow dalam rangkaian 100 Hari Kerja Menteri Pertanian Bapak Syahrul Yasin Limpo  
Acara talkshow ini juga sekaligus bertepatan dengan rangkaian acara 100 hari kerja Bapak Syarul Yasin Limpo (SYL) sebagai Menteri Pertanian periode 2009 – 2024 yang sangat berharap pertumbuhan pertanian di Iindonesia semakin sukses.

Nah, berbicara tentang pertanian ini merupakan sesuatu yang sangat penting, karena menyangkut pemenuhan kebutuhan hidup banyak orang. Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk bergerak bersama, saling bekerjasama dalam sebuah sinergi yang baik, agar bisa mewujudkan pertanian yang sukses, yang bisa menghasilkan makanan yang melimpah bagi masyarakat.

Dan diakui oleh Bapak Syahrul Yasin Limpo bahwa bahwa “Maju, Mandiri dan Modern” merupakan tiga kata kunci yang harus dijadikan pedoman oleh seluruh jajaran Kementerian Pertanian dalam bekerja supaya bisa menggapai kesuksesan.

Untuk itu, lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa yang dimaksud dengan tiga kata “Maju, Mandiri dan Modern” ini merupakan sebuah upaya yang akan menjadi strategi dan gebrakan yang harus dilakukan supaya sektor pertanian di negeri ini bisa semakin sukses.

1.       Maju
Sebuah kesuksesan itu harus diawali dengan keberanian untuk maju. Sebab jika kita terus berdiam, maka kita tidak pernah bisa melakukan perubahan untuk menjadi lebih baik. Maju menjadi sesuatu yang harus dilakukan agar kita bisa menjadi negara yang sukses, begitu pun dalam bidang pertanian.

Seperti yang diungkapkan oleh Bapak Syahrul bahwa “Apa saja jika kita tidak maju, maka kita akan tertinggal. Maju akan membuat kita menjadi kuat, sehingga kita bisa berbuat lebih dan semakin percaya diri.”

Tentu dalam hal ini, Bapak Syahrul berharap semua pihak melakukan upaya untuk melangkah maju tersebut, terutama bagi semua jajaran Kementerian Pertanian harus berupaya keras dalam langkah yang nyata untuk meningkatkan kinerja di sektor pertanian.

Ya, peningkatan produktivitas dan kesejahteraan petani sebagai pelaku utama pertanian juga menjadi tolak ukurnya. Untuk itu, berbagai upaya pembinaan dan kerjasama yang harmonis antara semua pihak begitu diperlukan untuk bisa sama-sama bisa memberikan sinergi yang baik untuk menggapai kemajuan tersebut.

2.       Mandiri
Selain harus berani maju, maka Bapak Syahrul juga mendambakan agar pertanian di Indonesia bisa benar-benar mandiri. Untuk itu, kita harus memiliki semangat dan tekad yang kuat dalam memaksimalkan sumberdaya pertanian yang ada di negeri ini.

Sebab sejatinya negara kita ini sangat subur, seperti yang dibilang oleh Koes Plus dalam lirik lagunya bahwa “Tongkat kayu dan batu menjadi tanaman” yang menggambarkan bahwa begitu suburnya negeri kita ini. Maka sudah selayaknya kita harus terus berupaya agar kita bisa memaksimalkan “tanah surga” ini agar kita bisa hidup mandiri.

Sebab jika pertanian kita sudah mandiri, maka pemerintah pun bisa berkonsentrasi pada aktivitas lain. Dan tentu saja kita pun tidak perlu lagi meminta-minta bantuan pada pihak lain, atau pun tergantung kepada negara lain untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat di negeri ini.

3.       Modern
Penerapan nilai modern harus ada agar menjadi pendorong loncatan pertumbuhan sektor pertanian di masa sekarang ini. Sebab, tanpa penerapan teknologi modern, sektor pertanian tidak akan maju dan bisa tumbuh dengan cepat.

Penerapan teknologi modern harus lakukan seiring dengan pertumbuhan populasi penduduk Indonesia yang terus meningkat, sebab hal itu berdampak juga pada pertumbuhan ekonomi dan juga kesejahteraan masyarakat yang turut meningkat.

Maka dengan menerapkan teknologi modern pada sektor pertanian diharapkan nantinya bisa mempercepat waktu kerja menjadi lebih efisien dan juga bisa meningkatkan hasil pertanian yang ada menjadi lebih maksimal lagi.

Untuk itu, salah satu penerapan teknologi modern yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian yaitu dengan menerapkan Agriculture War Room (AWR) sehingga diharapkan segala keadaan di lapangan dapat termonitor, dan dikendalikan dari pusat dengan mudah.

Sebab sejatinya, kehadiran Agriculture War Room (AWR) ini akan digunakan untuk memantau pertanian hingga ke seluruh pelosok negeri. Sehingga nantinya bisa terlihat seperti apa hasil panen, harga panen, dan bisa mendeteksi dimana keberadaan posisi pupuk loh, serta berbagaia hal lain terkait sektor pertanian ini.

Maka dengan adanya AWR ini, maka Kementan bisa dengan mudah, semakin efisien dan cepat dalam memantau segala hal yang ada di lapangan, sehingga semakin praktis dalam mengambil langkah untuk memberikan keputusan atas sesuatu masalah yang terjadi. 
Untuk mewujudkan pertanian yang maju, mandiri dan modern perlu kerja yang sungguh-sungguh
Jadi makna ketiga kata “Maju, Mandiri dan Modern” yang disampaikan oleh Bapak Syahrul Yasin Limpo ini seolah menjadi mantara sekaligus titah yang wajib diterapkan oleh semua pihak, khususnya semua jajaran Kementerian Pertanian agar bisa fokus dalam mewujudkan sektor pertanian yang semakin sukses.

Namun, untuk bisa mewujudkan pertanian dengan konsep “Maju, Mandiri dan Modern” ini, maka ada beberapa upaya yang harus dilakukan oleh Kementan yang berfokus pada:
  1. Peningkatan produksi dan produktivitas komoditas pertanian, serta peningkatan kapasitas SDM pertanian.
  2. Penerapan pertanian dengan biaya rendah melalui peningkatan efisiensi dan pengembangan kawasan berbasis korporasi. 
  3. Pengembangan dan penerapan mekanisasi serta akselerasi pemanfaatan inovasi teknologi.
  4. Melakukan ekspansi pertanian melalui perluasan pemanfaatan lahan termasuk lahan rawa dan sub optimal lainnya, serta penyediaan air (irigasi, embung, dan bangunan air lainnya).
Selain melakukan upaya-upaya tersebut, maka untuk memajukan sektor pertanian ini, maka sangat perlu juga melibatkan para petani millenial, karena tidak bisa dipungkiri, bahwa kehadiraan kaum muda juga punya peranan yang besar untuk turut memajukan sektor pertanian.
Bapak Syahrul Yasin Limpo foto bersama Petani Muda Millenial
Ya, kaum petani muda selain masih energik, mereka juga biasanya selalu punya gebrakan-gebrakan yang inovatif dan kretif sesuai zaman yang semakin canggih di era digital ini, sehingga diharapkan bisa memberikan sumbangsih yang bisa membantu sektor pertanian untuk menjadi semakin jauh lebih baik lagi.

Namun pada sejatinya, kesuksesan sebuah negara itu terjadi karena ada pengabdian yang dilakukan dengan kesungguhan hati, seperti yang diungkapkan oleh Bapak Syahrul Yasin Limpo, bahwa “Mengurus negeri ini sebaiknya tidak pura-pura, tidak bohong-bohong.”

Semoga dengan berbagai upaya dan tekad yang kuat ini, maka pemerintah khususnya Kementerian Pertanian bisa mendorong sektor pertanian semakin maju dan sukses lagi sehingga hasil pertanian semakin melimpah dan bisa membawa kehidupan masyarakat di negeri ini semakin makmur dan sejahtera.

No comments:

Post a Comment