Cemilan Enak untuk Keluarga dengan Pewarna Makanan Alami

 


Menikmati cemilan sambil santai di rumah menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan, apalagi cemilan tersebut dinikmati bersama dengan orang-orang terkasih, sehingga membuat suasana berkumpul menjadi semakin menyenangkan pastinya.

Namun dalam memilih cemilan untuk keluarga, kita sebaiknya jangan asal memilih produk, kita harus benar-benar cerdas untuk memilih produk agar tidak membahayakan diri kita dan juga juga anggota keluarga kita yang lainnya di rumah, terutama di saat pandemi seperti sekarang ini.

Sebab tidak bisa dipungkiri, di pasaran saat ini banyak beredar makanan kemasan yang terbuat dari bahan-bahan yang berbahaya, seperti produk makanan yang menggunakan bahan pewarna makanan buatan (kimia) dengan alasan untuk mempercantik produk makanan tersebut, padahal hal ini bisa memicu dampak yang kurang baik bagi kesehatan kita, terutama anak-anak.

Hal ini juga yang ditemukan dalam hasil studi yang dilakukan oleh University of Southampton yang menyebutkan bahwa pewarna buatan atau pengawet natrium benzoat (atau keduanya) bila terkandung dalam makanan bisa menyebabkan peningkatan sikap hiperaktif pada anak-anak. (1) 

“Hiperaktif adalah suatu kondisi di mana anak terus aktif dan tidak bisa diam, sehingga anak tersebut akan mengalami kesulitan untuk memusatkan perhatian dan mengontrol perilaku mereka.”

Ya, kondisi hiperaktif ini akan menyebabkan anak-anak menjadi sulit untuk berkonsentrasi dalam berbagai hal, termasuk saat belajar atau bekerja, sehingga mengakibatkan performa akademisnya tidak baik, rawan cidera dan juga kecelakaan.

Tentu hal ini sangat berbahaya bagi tumbuh kembang anak-anak kita, maka dengan melihat hasil dari studi yang dilakukan oleh Southampton pada tahun 2007 tersebut, ternyata menyebabkan Uni Eropa mengeluarkan undang-undang pada tahun 2010 yang mewajibkan makanan dan minuman untuk mencantumkan label peringatan jika mengandung salah satu dari 6 pewarna sintetis berikut: Tartrazine, Quinoline yellow, Carmosine, Sunset yellow, Ponceau 4r, dan Allura red.

Untuk itu, mulai kini, sebaiknya kita lebih memilih produk makanan yang terbuat dari sumber pewarna makanan alami yang terbuat dari buah, tanaman dan sayuran, seperti wortel, daun pandan, buah naga, bit merah, rosella, ubi jalar, spirulina, bunga telang, dan banyak lagi pewarna alami yang lainnya.


Tips Memilih Cemilan yang Aman bagi Keluarga

Dan perlu kita semua sadari bahwa kesehatan keluarga adalah hal yang sangat penting, maka kita harus benar-benar menjadi konsumen yang cerdas dan teliti saat memilih produk cemilan yang akan kita beli, supaya kita tidak salah memilih produk yang mengandung bahan-bahan berbahaya bagi kesehatan keluarga kita, termasuk menghindari cemilan yang mengandung bahan pewarna makanan sintesis (kimia) seperti yang dibahas di atas.
Tips memilih cemilan sehat dan aman untuk keluarga di rumah

Untuk itu, berikut ini ada 5 faktor yang wajib kita lakukan ketika akan membeli sebuah produk cemilan kemasan, yaitu kita harus mengecek secara detail beberapa hal berikut ini:

1. Cek Status Halal Produk
Sebagai umat muslim, tentu kita tidak akan lupa untuk selalu mengecek apakah makanan kemasan (cemilan) yang kita pilih tersebut sudah mengantongi izin halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) atau belum, sebab status halal suatu produk merupakan hal paling penting ketika kita akan memilih produk yang akan dikonsumsi seluruh anggota keluarga di rumah.

2. Cek Kondisi Kemasan
Saat memilih produk cemilan berkemasan, maka kita pun harus melakukan pengecekan kondisi kemasan makanan tersebut untuk memastikan produk yang kita beli tersebut masih utuh dan kemasan produk dalam kondisi baik (tidak sobek, tidak berlubang, tidak karatan, tidak penyok, dan lain sebagainya), sebab jika kemasan produknya rusak, maka akan mempengaruhi kualitas makanan tersebut menjadi kurang bagus untuk dikonsumsi lagi. 

3. Cek Izin Edar 
Pengecekan izin edar ini juga penting kita lakukan, karena makanan yang terkategorikan baik tentu akan mendapatkan nomor izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), maka kita pun harus memastikan bahwa produk yang kita pilih tersebut sudah mengantongi nomor izin BPOM pada kemasan produknya. Dan bila kita ingin mengecek langsung nomor izin edar dari BPOM tersebut, maka dapat mengunjungi website BPOM www.pom.go.id, atau bisa cek langsung melalui aplikasi BPOM Mobile yang bisa kita download di handphone kita.

4. Cek Tanggal Kadaluwarsa 
Setiap produk kemasan yang ada di pasaran itu pasti ada masa kadaluwarsanya, maka ketika membeli cemilan, maka kita tidak boleh lupa untuk selalu melihat secara teliti tanggal berapa batas waktu produk tersebut aman untuk dikonsumsinya. Sebab produk yang sudah melewati tanggal kadaluwarsanya akan terasa tidak enak, dan juga bisa mengancam kesehatan kita, seperti bisa menyebabkan keracunan.

5. Cek Informasi Label 
Banyak dari kita yang sering mengabaikan untuk mengecek label sebuah produk makanan, padahal ini sangat penting banget. Untuk itu, kita harus membaca informasi produk yang tertera pada label dengan cermat supaya kita tidak salah dalam memilih produk tersebut. 

Dan saat mengecek label ini, kita harus mengecek semuanya dengan teliti, seperti apa komposisi produk tersebut, seperti apa takaran gizinya, juga dicermati zat-zat apa yang digunakan untuk membuat produk tersebut, apakah terbuat dari bahan pewarna makanan alami atau bukan, serta berbagai informasi lainnya.

Nah, dengan melakukan pengecekan produk secara detail dengan kelima komponen di atas maka diharapkan kita bisa terhindar dari produk cemilan yang bermasalah, sehingga kita tidak mengalami kerugian apapun, terutama yang mengganggu kesehatan kita.


Nabati Vitakrim Cemilan Enak & Aman Untuk Keluarga dengan Pewarna Makanan Alami

Dan berbicara tentang produk cemilan untuk keluarga, maka saya mau merekomendasikan produk cemilan yang aman dan juga enak untuk dikonsumsi bersama seluruh anggota keluarga di rumah, yaitu Nabati Vitakrim Respberry Yoghurt yang dikeluarkan oleh PT Kaldu Sari Nabati Indonesia.

Ya, Nabati Vitakrim ini sudah memenuhi kelima faktor di atas untuk dikategorikan sebagai produk cemilan yang aman untuk dikonsumsi bersama keluarga. Terutama sudah mendapatkan status Halal dari MUI, memiliki izin edar dari BPOM, dan juga terbuat dari bahan-bahan pilihan serta menggunakan bahan pewarna makanan alami loh. 

Nabati Vitakrim ini terbuat dari bahan-bahan pilihan dengan pewarna alami sehingga lebih aman untuk dikonsumsi

Nabati Vitakrim ini merupakan cemilan yang tersusun dari lapisan wafer yang dilapisi oleh cream yoghurt rasa rasberi sehingga memberikan citarasa manis yang pas di lidah. Dan menariknya lagi, wafer yang satu ini memiliki tekstur yang sangat renyah dan lembut banget di mulut, sehingga sangat cocok untuk dinikmati saat santai bersama seluruh anggota keluarga di rumah.

Selain memiliki rasa yang enak, Nabati Vitakrim ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan karena dibuat dengan krim yoghurt rasa raspberry yang kaya akan vitamin C sehingga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh, dan juga bagus untuk menjaga kesehatan kulit kita. 

Nabati Vitakrim memiliki tekstur yang renyah dengan citarasa manis yang pas di lidah

Selain itu, Nabati Vitakrim ini juga makin aman dikonsumsi karena terbuat dari bahan-bahan pilihan lainnya, dan juga sudah menggunakan pewarna alami (Karmin CI 75470) yang sudah mendapatkan izin untuk dikonsumsi dari BPOM seperti yang tertuang dalam Peraturan Kepala BPOM RI dengan No 37 tahun 2013 sehingga cocok dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga di rumah. (2)

Ya, penggunaan warna alami selain jauh lebih sehat dan aman, ternyata bisa juga memberikan tampilan warna yang lebih lembut dan kalem pada makanan, serta menghasilkan citarasa dan tekstur makanan yang tetap enak di lidah. 

Nabati Vitakrim menggunakan bahan pewarna alami sehingga lebih aman untuk dikonsumsi

Dan untuk teman-teman yang juga pengen menikmati Nabati Vitakrim ini tak perlu takut, karena harganya sangat terjangkau, kita tidak perlu merogok kocek sampai dalam, karena kemarin saya membeli Nabati Vitakrim ukuran 50 gram ini secara online harganya hanya Rp.1.800 per pcs saja loh, murah bukan? Hehehe 

Ya, hanya dengan harga semurah itu per bungkusnya, kita bisa menikmati Nabati Vitakrim yang enak ini dengan isi sebanyak 12 potong loh. Jadi sangat puas untuk dinikmati sendiri atau pun secara ramai-ramai bersama teman atau pun anggota keluarga yang lain di rumah.
Nabati Vitakrim kini jadi cemilan favorite keluargaku untuk dinikmati di segala suasana

Jadi, buat teman-teman yang ingin menikmati cemilan enak dan murah, tapi juga aman untuk dikonsumsi bersama seluruh keluarga di rumah, maka saya sarankan untuk mencoba Nabati Vitakrim dengan rasa raspberry yoghurt ini, karena cemilan yang satu ini mengandung pewarna alami dan vitamin c sehingga sudah pasti lebih baik untuk kamu dan keluargamu. 


Instagram: http://www.instagram.com/imawan_

Referensi:



13 comments:

  1. Ya ampuuuun tau gak, aku baca ini ngiler banget lihatnya
    Habis ini langsung cuss ke warung beli nabati
    Dan gak cukup beli satu, biar gak rebutan
    Cemilan kesukaan anakku nih. Kalau udah makan ini susah berhentinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli yang banyak Kak supaya ga rebutan sama anaknya hehehe

      Delete
  2. ini mah salah satu snack favorite saya, cmn emang beda wrna..nabati kuning yg sering sy cemil...ini kan produk baru ya??? otw meluncur beli yg ungu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar Kak, ini varian barunya, ayooo cuuuus langsung dicoba Kak, rasanya juga enak loh. :)

      Delete
  3. Nabati udah rasa varian baru nih, sebenarnya saya lebih suka rasa coklat sih. Tapi kalau rasa ini sepertinya saya harus coba ^^

    ReplyDelete
  4. Salah satu brand camilan kesukaan keluargaku nih. Paling favorit sih nabati yang keju. Pengen juga deh nyobain yang varian krim rapsberry yoghurt ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini varian baru Kak, rasanya juga enak loh Kak, ayoo cobain juga ya. :)

      Delete
  5. kalo tau camilan yang biasa dikonsumsi oleh anak dan keluarga menggunakan pewarna alami, seneng banget rasanya, tenang juga

    ReplyDelete
  6. Ini tuh salah satu cemilan favorit anakku loh mas, dia senang sekali dengan Nabati dan biasanya beli untuk stok di rumah dan aku pun jadi senang sekali dengan wafer nabati ini.

    ReplyDelete
  7. Ini snack kesukaan anaku yg cewek, terutama yg rasa keju. Saya kadang ikut ngemil, kalau lagi iseng. Namanya unik "Nabati"

    ReplyDelete
  8. Nabati jadi camilan kesukaan saya kak, tapi yg varian ini belum pernah nyobain, biasa beli yg warna bungkusnya kuning sama cokelat. Jadi pengen cobain deh varian.barunya

    ReplyDelete
  9. Ini sih Nabati camilan favorit anak-anak. Bisa beli lebih dari 3 bungkus. Berarti pilihan camilanku buat mereka nggak salah dong, karena mengandung bahan-bahan alami.

    ReplyDelete