FOI Gelar Penghargaan Anugerah Bunda Teladan 2020


Ibu bisa menggantikan siapapun, 
tapi Ibu tidak pernah bisa digantikan oleh siapapun. 

Berbicara tentang Ibu tentu tak akan ada habisnya, sosoknya tak akan mampu digambarkan dengan beribu-ribu kata indah, sebab sosok ibu terlalu istimewa untuk dilukiskan dengan cara apapun, namun setiap anak pasti akan mencatat betapa luar biasanya sosok Ibu di hatinya masing-masing. 

Dan pada 22 Desember yang lalu, kita pun secara bersama-sama merayakan Hari Ibu, dan tentu saja, setiap orang punya cara masing-masing dalam merayakan momen tersebut. Begitu pun dengan Foodbank of Indonesia (FOI) yang merayakan momen hari ibu ini dengan suguhan yang sangat spesial. 

Ya, pada kesempatan peringatan Hari Ibu tahun 2020 ini, Foodbank of Indonesia (FOI) merayakannya dengan memberikan apresiasi kepada para relawan melalui ajang Anugerah Bunda Teladan 2020 yang digelar secara virtual pada tanggal 29 Desember 2020 kemarin. 


FOI Gelar Anugerah Bunda Teladan 2020 

Tak terasa tahun 2020 akan usai, dan sebentar lagi tahun 2021 akan datang menyambangi kita hanya dalam hitungan hari lagi. Dan menutup tahun ini, Foodbank of Indonesia (FOI) pun sekaligus menutup kampanye “Aksi 1000 Bunda untuk Indonesia” tahap 1 tahun 2020 dengan menyelenggrakan sebuah gelaran yang sangat istimewa. 

Acara Anugerah Bunda Teladan 2020 mengangkat Tema "Kasih Ibu Wujudkan Akses Pangan Bangsa"

Ya, Foodbank of Indonesia (FOI) yang didukung Susu Bendera menyelenggarakan acara penghargaan “Anugerah Bunda Teladan” dengan tema “Kasih Ibu Wujudkan Akses Pangan Bangsa” yang sekaligus untuk memperingati Hari Ibu yang biasa dirayakan pada bulan Desember ini. 

Dan tidak dipungkiri, Ibu punya peran yang sangat luar biasa dalam setiap rumah tangga, terutama bagi ketahanan pangan keluarga. Ya, ibu memiliki peran penting, seperti pemegang keputusan pangan, produksi pangan, dan penentu pola konsumsi pangan keluarga agar pemenuhan kebutuhan pangan keluarga bisa terpenuhi dengan baik. 

Pemenuhan pangan yang baik tentu menjadi perhatian kita bersama, dan cara ini menjadi soluasi untuk mengatasi masalah kelaparan yang ada saat ini. Sebab menurut Indeks Kelaparan Global 2019, Indonesia masih mengalami masalah kelaparan yang serius dan faktanya 1 dari 3 balita di Indonesia mengalami stunting. 

Selain itu, hasil survei FOI pada Agustus 2020 di 14 titik menunjukkan bahwa 27% balita pergi ke sekolah dengan perut kosong karena tidak makan hingga siang hari bahkan di daerah lainnya mencapai 40-50%. Hal tersebut pun disebabkan oleh beberapa hal misalnya kebiasaan jajan sembarangan yang menjadi bagian dari gaya hidup anak-anak pada masa kini. 

Maka dari itu, Foodbank of Indonesia (FOI) sebagai lembaga nirlaba dibawah Yayasan Lumbung Pangan Indonesia hadir untuk membantu mengatasi kesenjangan pangan di masyarakat. Dalam praktiknya, FOI menjadi jembatan antara masyarakat yang berlebihan makanan dengan masyarakat yang membutuhkan.

Dimana untuk mewujudkan hal ini, FOI tentu tidak bekerja sendiri, namun dibantu oleh banyak pihak, termasuk para relawan, bunda dan yanda yang menjadi perpanjangan tangan dari FOI untuk menyalurkan segala bantuan yang ada kepada masyarakat yang memang membutuhkan.

Karena menyadari betapa besarnya peran para relawan, bunda dan yanda ini, maka pada momentum ini, Foodbank of Indonesia (FOI) menggelar acara penghargaan “Anugerah Bunda Teladan” ini sebagai bentuk apresiasi Foodbank of Indonesia (FOI) kepada 3.298 relawan, bunda dan yanda yang selama ini telah bergerak membuka akses pangan bagi 20.696 balita untuk merdeka dari rasa lapar khususnya di masa pandemi ini.
Acara Anugerah Bunda Teladan 2020 digelar sebegai bentuk apresiasi FOI pada para relawan

Hal ini juga yang diungkapkan oleh Bapak Hendro Utomo selaku Founder FOI, bahwa Anugerah Bunda Teladan 2020 ini menjadi cara untuk mengapresiasi kontribusi terbaik yang telah diberikan oleh relawan, bunda dan yanda, serta menunjukkan peran penting seorang ibu bagi ketahanan pangan keluarga.

“Kami ingin berterima kasih kepada lebih dari 3000 relawan yang telah berpartisipasi untuk membuka akses pangan di 15 kota/kabupaten di Indonesia. Mereka yang selama ini menjadi ujung tombak FOI dalam memastikan agar anak tidak kelaparan.” Ujar Bapak Hendro. 

Sebab FOI sangat menyadari, bahwa untuk membantu mengatasi masalah kelaparan pada anak di Indonesia tentu tidak bisa dilakukan sendiri, maka keberadaan para relawan, bunda dan yanda di berbagai kota benar-benar memiliki arti penting yang sangat luar biasa. 

Dan Ibu Lenny N Rosalin selaku Deputi Menteri PPA Tumbuh Kembang Anak PPPA sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh FOI ini, karena menurutnya status gizi sangat ditentukan oleh asupan makanan yang diberikan oleh ibu. 

Dimana Ibu Lenny menilai bahwa “Jika anak kita sehat dan hak-haknya terpenuhi maka akan menjadi anak yang hebat dan diharapkan menjadi sumber daya manusia terbaik untuk Indonesia dan pastinya hal ini tidak luput dari peran ibu.” 

Maka dengan terselenggranya acara Anugerah Bunda Teladan 2020 ini diharapkan dapat menginspirasi pihak-pihak lain juga untuk turut serta dalam upaya membuka akses pangan untuk Indonesia, sehingga angka kemiskinan dan kelaparan bisa terus menurun. 


Para Pemenang FOI Anugerah Bunda Teladan 2020 

Dan dalam pemilihan pemenang ajang Anugerag Bunda Teladan 2020 ini, tentu saja bukan asal main pilih pemenang begitu saja. Namun FOI melibatkan para juri yang memang punya kredibilitas di bidangnya masing-masing untuk menilai siapa saja yang layak dinobatkan menjadi pemenang dalam Anugerah Bunda Teladan 2020 ini. 

Dan untuk jurinya sendiri, terdiri dari dari 3 orang juri, yaitu Dr Ira Paramastri MSi Dosen Psikologi UGM, Danang Sasongko Direktur PAUD Institute, dan Prof Dr Ir Ahmad Sulaeman MS, PhD Guru Besar Bidang Keamanan Pangan dan Gizi IPB. 

“Para relawan yang tergabung dalam pergerakan bersama FOI merupakan sosok luar biasa sehingga kita tidak perlu lagi meragukan sepak terjang mereka, pemenang pada hari ini adalah pilihan terbaik dari yang terbaik”, ujar Bapak Ahmad Sulaeman. 

Selamat kepada para pemenang Anugerah Bunda Teladan 2020

Nah berikut inilah nama para pemenang yang menjuarai Ajang Anugerah Bunda Teladan 2020 dengan jenis penghargaannya dibagi menjadi tiga kategori, yaitu: Bunda Menginspirasi, Bunda Teladan, dan Lembaga Teraktif. 
  • Bunda Menginspirasi adalah penghargaan untuk para bunda yang mencalonkan dirinya langsung sebagai nominasi dengan ketentuan yang telah diberikan. Dan pemenangnya adalah sebagai berikut: 
    • Juara 1 : Sri Utami S 
    • Juara 2 : Nurhayati 
    • Juara 3 : Rini Agustiani 
  • Bunda Teladan adalah penghargaan yang nominasinya telah ditentukan oleh Foodbank of Indonesia pusat berdasarkan keaktifan dan pergerakannya selama ini. Dan adapun pemenangnya adalah sebagai berikut: 
    • Juara 1 : Srinatin 
    • Juara 2 : Evi 
    • Juara 3 : Meiki Mulyani 
  • Lembaga Teraktif adalah lembaga-lembaga yang bergabung dengan FOI dan berani mencalonkan dirinya dengan mengikuti ketentuan yang ada. Dan pemenangnya adalah sebagai berikut: 
    • Juara 1 : PAUD Taman Firdaus Tebet Jakarta Selatan 
    • Juara 2 :TK Iftikhori Huntara Sumur Pandeglang 
    • Juara 3 :TPA Baitul Afif Bantul 
Dan selain itu, ada juga pengumuman pemenang untuk Lomba Masak Ikan Ibu & Anak yang telah diselenggrakan oleh FOI pada beberapa waktu yang lalu. Dan Pemenangnya adalah sebagai berikut: 
  • Juara Favorite 3 : Woro Kristihana Fauzi - Alvino Yusuf 
  • Juara Favorite 2 : Ai Inayah - Mutia 
  • Juara Favorite 1 : Nani Triana - Yusuf Husain 
  • Harapan 3 : Erin Kalyman - Maliqa 
  • Harapan 2 : Rinni Oktaviani S - Destya Dwi 
  • Harapan 1 : Nurjanah – Habibi 
  • Juara 3 : Woro Kristihana Fauzi - Alvino Yusuf 
  • Juara 2 : Resti - Fahmi 
  • Juara 1 : Nani Triana - Yusuf Husain 
Selamat untuk para pemenang yang telah meraih juara di ajang Anugerag Bunda Teladan 2020 ini, semoga kemenangan ini bisa menjadi motivasi untuk terus menginspirasi dan menebarkan kebaikan dalam mengatasi masalah pangan yanga ada, dan bagi yang belum menang kali ini, jangan pernah patah semangat, semoga di tahun-tahun mendatang bisa meraih juara juga. Aamiin... 

Acara ini juga berjalan semakin seru dengan adanya persembahan lagu dari artis cilik Danes Rabani yang membawakan lagu bertemakan Ibu, dan juga ada pembacaan puisi oleh Ibu Vonny Anggraini yang begitu menggungah, sehingga acara ini berjalan menjadi penuh haru dan juga semakin berkesan. 

Semoga di tahun depan, acara Anugerag Bunda Teladan ini kembali digelar dengan konsep yang semakin seru, dan semoga pandemi sudah pergi jauh, sehingga acara ini bisa disaksikan secara langsung dalam event offline sehingga suasana kemeriahannya bisa makin terasa lagi. Aamiin... :)

Sampai jumpa di Anugerah Bunda Teladan 2021!



No comments:

Post a Comment