5 Manfaat melakukan Me Time Bagi Kesehatan


Tidak bisa dipungkiri, kesibukan kerap menyita banyak waktu kita, sehingga membuat kita menjadi lupa untuk memperhatikan diri sendiri, padahal memperhatikan diri sendiri itu penting banget, agar kita bisa tetap waras dalam menjalani hidup ini. 

Ya, meskipun kita selalu sibuk, maka kita harus selalu menyempatkan diri untuk menyenangkan diri sendiri alias “me time” dengan meluangkan waktu sejenak untuk diri sendiri itu. Dan cara me time setiap orang tentu saja berbeda-beda. 

Namun perlu diingat, bahwa me time itu bukan menghabiskan waktu untuk diri sendiri dengan kesepian, sedih, atau antisosial. Namun justru sebaliknya, kita harus melakukan me time dengan hal yang menyenangkan sehingga menimbulkan suka cita. 

Melakukan me time ini tidak perlu harus mahal, namun kita bisa melakukannya dengan hal-hal sederhana. Bahkan me time juga tidak juga identik dengan harus pergi jauh, namun bisa juga kita melakukannya di rumah saja dengan santai. 

Dan untuk saya pribadi, cara me time ala saya biasanya sederhana saja sih, seperti mendengarkan musik kesukaan, membaca buku, atau juga menonton film pun sudah menjadi momen yang sangat menyenangkan di sela aktivitas saya. 

Perlu kita sadari, memberikan waktu untuk memanjakan diri sendiri ini sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan mental kita loh. Hal ini senada dengan yang dilansir dari Psychology Today, psikolog Sherrie Bourg Carter, PsyD menyebut bahwa “me time” memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan kita, di antaranya: 
  1. Me Time bisa memberikan kesempatan bagi otak untuk beristirahat, menjernihkan pikiran, mengurangi stres, sekaligus merevitalisasi tubuh. 
  2. Me Time juga membuat pikiran jadi lebih jernih sehingga bisa meningkatkan konsentrasi dan produktivitas semakin maksimal. 
  3. Me Time pun membuat kita menjadi lebih mengetahui apa yang benar-benar diinginkan diri sendiri dan lebih mengenal diri sendiri. 
  4. Me Time bisa membuat suasana hati menjadi lebih tenang sehingga bisa lebih efektif untuk memecahkan persoalan. 
  5. Setelah me time, kita pun jadi lebih menghargai hubungan dengan orang lain, sehingga kualitas hubungan kita dengan orang lain jadi meningkat. 
Itulah sederet manfaat dari melakukan me time, maka sesibuk apapaun aktivitas kita sehari-hari, semoga kita bisa selalu menyempatkan waktu yang kita miliki untuk melakukan me time agar kita bisa menikmati hidup ini dengan mental yang sehat. 

So, jangan lupa me time, jangan lupa bahagiakan dirimu sendiri guys, sebab yang paling mengerti siapa diri kita itu adalah diri kita sendiri, dan yang paling tahu cara paling menyenangkan untuk membahagiakan diri kita adalah kita sendiri. Enjoy your life!


No comments:

Post a Comment