Koinrobo: Investasi P2P Lending Terbaik Dari KoinWorks Untuk Pemula



Pada suatu hari, saya bertemu dengan beberapa orang teman, seperti biasa kami ngobrolin banyak hal, termasuk investasi. Dan ternyata, banyak dari teman-teman saya yang belum terlalu mengerti pentingnya investasi, dan menganggap investasi itu sama saja dengan menabung.

Padahal keduanya jelas beda. Jika menabung, itu artinya kita menyimpan uang tersebut pada suatu lembaga keuangan atau bank, namun nilainya tidak akan bertambah bahkan bisa menurun karena dipengaruhi oleh faktor eksternal misalnya inflasi atau juga biaya administrasi perbankan.

Sedangkan investasi yaitu kita mengalokasikan uang atau aset berharga lainnya yang kita miliki ke dalam suatu benda, lembaga, atau suatu pihak dalam kurun waktu tertentu, dan nantinya uang kita tersebut akan mendatangkan keuntungan karena nilai investasinya terus bertambah di masa depan.

Makanya, jika membandingkan lebih unggul mana antara investasi dan menabung, jelas lebih baik berinvestasi, karena lebih menjajikan untuk masa depan kita. Apalagi di saat sekarang, berinvestasi bisa dilakukan dengan semakin mudah, dan siapapun bisa melakukannya.

Namun tidak bisa dipungkiri, bahwa dalam berinvestasi juga kita harus berhati-hati, ada banyak hal yang harus kita pertimbangkan, agar uang yang kita investasikan tersebut benar-benar bisa memberikan hasil yang maksimal nantinya, terlebih bagi teman-teman pemula yang baru mulai berinvestasi.


Tips Memulai Investasi Bagi Pemula

Sejatinya, investasi itu mudah, karena bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk pemula sekalipun. Namun supaya kita tidak salah melangkah ketika akan berinvestasi, maka ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan bersama supaya investasi yang kita lakukan bisa berjalan sesuai harapan.


Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memulai invetasi bagi pemula, yaitu sebagai berikut:
1. Konsultasikan dengan orang paham tentang investasi
Melakukan investasi memang mudah, namun juga ada risiko yang harus kita tanggung ketika kita melakukannya. Makanya, sebelum melakukan investasi sebaiknya melakukan konsultasi dengan orang yang memang sudah berpengalaman dan mengerti tentang dunia investasi agar kita bisa menemukan instrumen investasi yang tepat.

Ya, melakukan konsultasi diperlukan supaya kita bisa mengetahui lebih luas lagi tentang dunia investasi, sehingga memudahkan kita juga untuk menentukan tujuan dan keputusan tentang jenis investasi apa yang tepat untuk kita pilih nantinya.

2. Menentukan Tujuan Investasi
Jangan melakukan investasi hanya karena melihat orang lain melakukannya. Namun kita harus tahu betul apa tujuan kita melakukan investasi tersebut. Sebab, tujuan investasi yang jelas sejak awal akan mempermudah kita untuk melakukan berbagai tahapannya.

Misalnya, jika kita ingin investasi untuk biaya renovasi rumah, maka kita harus tahu kisaran biaya berapa yang kita perlukaan dan berapa lama target waktu yang kita inginkan untuk mengumpulkan biaya renovasi rumah tersebut.

Nah, dengan mengetahui tujuan investasi yang semakin spesifik seperti ini, maka kita pun bisa semakin mudah untuk menentukan jenis investasi yang akan kita ambil di masa mendatang agar dapat mencapai tujuan tersebut dengan langkah yang jelas.

3. Kenali jenis instrumen yang dibutuhkan
Saat ini jenis instrumen investasi jumlahnya beragam, tinggal bisa kita pilih sesuai dengan kemampuan dan juga tujuan kita masing-masing. Sebut saja ada deposito, forex, saham, Reksa dana, investasi emas, investasi properti dan juga investasi Peer to Peer Lending (P2P Lending).

Semua jenis investasi ini tentu saja memberikan keuntungan dan juga risikonya masing-masing. Makanya, kita harus paham betul agar bisa memilih investasi yang tepat sesuai dengan keinginan dan tujuan masa depan kita nantinya.

4. Melakukan Diversifikasi
Banyak orang yang baru memulai investasi mengira bahwa melakukan diversifikasi merupakan suatu hal yang hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah lama berinvestasi saja. Padahal strategi investasi dengan diversifikasi ini bisa juga dilakukan oleh pemula.

Sebab, dengan kita melakukan diversifikasi ini, maka bisa membantu kita untuk memperkecil risiko dari investasi yang kita lakukan. Makanya, bagi kita yang baru memulai investasi sekali pun, maka kita perlu memilih beberapa instrumen investasi lain untuk tujuan diversifikasi dari investasi yang kita lakukan sekarang.

Jadi, dengan kita mulai berinvestasi dengan sistem diversifikasi ini, maka memungkinkan kita untuk melakukan investasi ke dalam berbagai jenis bisnis yang berbeda-beda untuk memaksimalkan keuntungan dan memperkecil risiko yang timbul nantinya.

5. Jangan tunda, mulai dari sekarang!
Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa investasi perlu kita lakukan, karena investasi merupakan langkah cerdas untuk mempersiapkan dan mewujudkan tujuan keuangan masa depan yang lebih baik.

Maka dari itu, sudah selayaknya untuk segera dilakukan, tidak ada alasan untuk menundanya lagi, karena semakin cepat kita melakukan investasi maka semakin cepat pula kita bisa mewujudkan berbagai impian yang kita inginkan. Jangan tunda, mulai dari sekarang juga, karena investasi lebih cepat tentu lebih baik.

Nah itu dia beberapa tips yang sebaiknya diilakukan oleh pemula untuk memulai berinvestasi. Diharapkan dengan menerapkan tips ini, maka bisa membantu teman-teman yang baru mau berinveastasi semakin menyadari bahwa investasi itu mudah, dan bisa dilakukan oleh siapa saja, asalkan ada kemauan pasti akan ada jalannya.


Dan saya ingin membagikan salah satu alternatif investasi yang bisa menjadi pilihan bagi pemula, yaitu melakukan pendanaan Peer-to-Peer (P2P) lending dari KoinWorks karena terhitung sangat sederhana dan mudah untuk langsung dijalankan, apalagi bagi pemula.

Jadi, melalui pendanaan P2P lending ini, kita dapat terhubung dengan beragam peminjam berdasarkan kebutuhan pinjaman masing-masing. Setelah itu kita bisa berinvestasi kepada masing-masing peminjam yang tersedia. Nantinya dana yang kita salurkan tersebut akan langsung ditambahkan ke dalam total dana yang dibutuhkan peminjam.

Adanya peer to peer lending ini merupakan alternatif yang sangat bagus untuk mengembangkan dana dan investasi, karena modal awal dalam melakukan pendanaan di peer-to-peer lending ini cenderung kecil, bahkan setara dengan harga segelas kopi di kafe-kafe ternama.

Untuk itu, bagi teman-teman yang benar-benar serius ingin berinvestasi namun masih bingung pilih jenis investasi apa karena masih pemula, maka bisa mencoba salah satu produk investasi P2P lending terbaik dari KoinWorks yaitu KoinRobo.


KoinRobo Jenis Investasi Yang Cocok Bagi Pemula

Seperti yang sudah saya singgung di atas, bahwa salah satu tips yang bisa dilakukan oleh kita saat melakukan investasi adalah memilih jenis investasi yang bisa melakukan diversifikasi pada dana yang kita investasikan agar mengurangi berbagai risiko yang tidak diinginkan.

Nah, terkait hal tersebut, maka KoinRobo yang merupakan produk pendanaan berbasis P2P lending terbaik dari KoinWorks ini bisa menjadi pilihan yang tepat, karena KoinRobo merupakan produk pendanaan yang secara otomatis akan mendiversifikasikan dana yang kita investasikan ke beberapa pinjaman untuk meminimalisir risiko dan mengoptimalkan imbal hasil terprediksi.

Melakukan pendanaan lewat KoinRobo sangatlah mudah dan menguntungkan. Bahkan kita hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana saja, maka kemudian kita sudah bisa dengan mudah memanfaatkan KoinRobo untuk mengotomatisasikan pendanaan kita di KoinWorks.

Nah, adapun cara untuk melakukan pendanaan lewat KoinRobo yaitu sebagai berikut:
  • Buka aplikasi KoinWorks dan klik menu Invest & Lend
  • Lalu pilih produk KoinRobo sesuai dengan yang kita butuhkan, tapi pastikan saldonya sudah tersedia
  • Kemudian pilih tenor yang sesuai dengan preferensi yang kita inginkan
  • Masukkan jumlah dana yang ingin kita investasikan lewat KoinRobo
  • Setelah itu, tekan tombol Checkout dan tunggu sampai prosesnya berhasil
Semudah itu saja loh proses untuk melakukan pendanaan lewat KoinRobo ini. Bahkan menariknya lagi, dengan melakukan pendanaan melalui KoinRobo ini, maka kita akan lebih mudah dalam melakukan pendanaan, karena produk ini memiliki imbal hasil terprediksi hingga 14% p.a, dengan berbagai tenor mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan.

Tak hanya itu, yang saya juga suka dari KoinRobo ini karena sudah memiliki fitur Auto Rollover yang dapat digunakan oleh kita untuk mendapatkan compounding effect, sehingga dana yang nanti dihasilkan akan lebih optimal jadinya.

Nah, di fitur tersebut terdapat dua pilihan, yaitu auto rollover modal + imbal hasil untuk dapat mengembangkan aset dengan lebih cepat, dan ada juga auto rollover modal saja, sehingga imbal hasil dapat dicairkan ke rekening kita dan bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

Nah, terkait fitur mana yang tepat untuk dipilih, tentunya setiap orang pasti punya pilihan yang berbeda-beda, namun saya pribadi sih pilih auto rollover modal + imbal hasil supaya aset yang kita miliki bisa berkembang lebih cepat dan hasilnya juga nantinya lebih banyak pastinya.


Tak hanya itu menariknya, ternyata dengan kita melakukan pendana di KoinRobo, kita bukan hanya bisa mendapatkan keuntungan loh, tapi kita juga sudah ikut berkontribusi untuk memberikan dampak sosial kepada masyarakat karena pendanaan yang kita lakukan akan disalurkan untuk berbagai tujuan sosial.

Nah, untuk kegiatan pendanaan ini difokuskan untuk membantu produk-produk yang dihasilkan oleh masyarakat di berbagai bidang sosial, termasuk UMKM dan para pebisnis, sehingga nantinya bisa membangun ekonomi Indonesia secara menyeluruh dengan cara menyediakan pendanaan dengan biaya yang lebih terjangkau. Dan adapun produk-produk tersebut sebagai berikut:
  • Best Performing: Mendistribusikan pendanaan kepada pemilik usaha yang terbaik di industrinya.
  • Female-Led: Membantu para wanita Indonesia untuk mengembangkan bisnis yang mereka miliki.
  • Lokal Support Lokal: Mendukung dan mendorong bisnis karya anak bangsa untuk membangun perekonomian dalam negeri.
Dari sini bisa kita lihat ya, ternyata saat kita melakukan pendanaan di KoinRobo, bisa diartikan kita sudah memberikan pengaruh baik dengan berkontribusi secara langsung kepada UMKM dan juga pelaku bisnis yang menerapkan tanggung jawab sosial. Dan sekaligus KoinRobo akan mengotomatisasikan pendanaan kita tersebut, agar kita bisa mendapatkan imbal hasil terprediksi dengan risiko yang lebih rendah.


Melihat berbagai keuntungan seperti ini, maka buat teman-teman yang baru pertama kali ingin melakukan investasi, maka bisa memilih produk KoinRobo yang merupakan P2P lending terbaik dari KoinWorks ini, apalagi pendanaan di KoinRobo bisa dimulai dari Rp100.000 sehingga sesuai dengan berbagai tipe penggunanya.

Jadi, dari sini kita bisa melihat, bahwa sebenarnya tidak sulit jika kita ingin berinvestasi, karena pada kenyataannya untuk berinvestasi itu tidak harus menunggu kaya dulu, siapapun bisa melakukannya dengan mudah, karena investasi KoinRobo bisa dimulai dari nominal yang kecil. Kunci sukses dari investasi sejatinya terletak pada konsisten dan disiplin yang tinggi.

Teman-teman yang mau mencoba pendanaan di KoinRobo, bisa download aplikasi KoinWorks di sini dan pakai kode KLIMA untuk mendapatkan KOIN 350.000 yang dapat kalian gunakan untuk mendanai di KoinP2P dan extra rate 1% untuk pendanaan di KoinRobo. So, ayo mulai investasi sekarang juga!


No comments:

Post a Comment