Laptop ASUS ExpertBook B3000 Detachable Cocok Untuk Mobilitas Tinggi



Saya senang sekali bepergian, pergi jalan-jalan ke berbagai tempat, apalagi ramai-ramai bersama teman-teman. Namun terkadang, ada saja pekerjaan yang harus segera dituntaskan meskipun lagi liburan. Ya, begitulah seninya menjadi konten kreator, harus fleksibel bisa kerja di mana saja dan kapan saja.

Selain memang tidak ingin mengecewakan client yang sudah menawarkan pekerjaan tersebut, tentunya menerima pekerjaan sambil liburan juga bisa menambah uang jajan saat kita jalan-jalan. Jadi bisa dibilang, menyelam sambil minum air, liburan jalan tapi cari cuan juga lancar. Hehehe

Makanya, untuk mendukung kegiatan membuat konten ini, saya selalu membawa laptop saat bepergian. Dan jujur, laptop yang selalu saya bawa-bawa selama ini ukurannya lumayan besar dan juga berat, sehingga menambah beban bagi saya saat di jalan.

Sebab itu, kini saya ingin sekali memiliki laptop yang ukurannya lebih kecil, ringkas dan juga ringan tapi tetap memiliki spesifikasi yang mempuni untuk melakukan berbagai pekerjaan sambil dibawa bepergian kemanapun saya mau. Dan laptop tersebut sebenarnya sudah saya temukan, namanya ASUS ExpertBook B3000.

Langsung jatuh cinta saat melihat laptop ASUS ExpertBook B3000 ini

Ya, saya pertama bertemu dengan laptop ASUS ExpertBook B3000 saat saya mengikuti acara ExpertBook B3000 Detachable Gathering yang diadakan oleh ASUS di Aloft Hotel Wahid Hasyim Jakarta Pusat pada tanggal 3 Desember 2022 yang lalu.

Dalam acara gathering ini, saya langsung jatuh cinta pada ASUS ExpertBook B3000 ini, karena ketika melihatnya, saya meyakini bahwa laptop model seperti ini yang saya cari selama ini untuk menemani saya beraktivitas bekerja sambil jalan-jalan.

Ya, bisa dibilang laptop ini sangat unik banget, beda dengan laptop kebanyakan yang salama ini saya lihat, laptop ExpertBook B3000 Detachable ini memiliki desain yang sangat fleksibel sehingga bisa digunakan sesuai dengan keinginan kita, apalagi didukung oleh banyak fitur unggulan yang membuat laptop ini semakin istimewa.

Bapak Firman menjelaskan tentang berbagai fitur dan keunggulan yang dimiliki oleh ExpertBook B3000

Terlebih setelah mendengar penjelasan dari Bapak Muhammad Firman selaku Head of Public Relations, ASUS Indonesia saya semakin ingin memiliki laptop ini, “ASUS ExpertBook B3000 ini merupakan produk untuk segmen komersial kita. Dan untuk kategori ASUS ExpertBook ini memiliki segmentasi tersendiri juga, yaitu mulai dari B1 Series Basic Business sampai B9 Series Premium dengan segmen pengguna yang berbeda-beda.”

Dan lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa untuk ASUS ExpertBook B3000 Series ini ternyata masuk dalam segmentasi B3 yaitu laptop yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatan SMB (Server Message Block), Education dan juga manufacturing.

Untuk itu, laptop ini bisa juga digunakan oleh pelajar atau orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi karen laptop ASUS ExpertBook B3000 merupakan laptop modern yang mengedepankan mobilitas karena didukung oleh berbagai fitur canggih di dalamnya.

Ada banyak keunggulan yang dimiliki ASUS ExpertBook B3000 ini sehingga menjadikannya sebagai laptop yang menarik dan juga unik untuk dimiliki. Nah, adapun beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh laptop ASUS ExpertBook B3000 ini, yaitu sebagai berikut:

1. Memiliki Desain yang Ringkas dan Ringan

Laptop ExpertBook B3000 ini benar-benar cocok untuk kita yang kerja dengan tingkat mobilitas yang tinggi, karena laptop ini memiliki desain yang sangat ringkas dan ringan dengan bobot hanya 590 gram serta ketebalan hanya 0,9 cm saja.


Makanya, dengan dimensi 26.03 x 17.21 x 0.89 dan bobot yang cukup ringan tersebut, tidak heran lagi jika Laptop ASUS ExpertBook B3000 ini dapat tampil sebagai laptop yang sangat portabel serta mudah untuk dibawa bepergian.

Kerennya lagi, dengan menggunakan desain detachable, ExpertBook B3000 dapat digunakan secara fleksibel sebagai tablet maupun laptop. Jadi di bagian belakang bodinya terdapat ExpertStand cover yang berfungsi sebagai pelindung sekaligus dudukan agar ExpertBook B3000 dapat digunakan layaknya sebuah laptop. 

Tidak hanya itu saja, ExpertStand cover ini memiliki dua mode dudukan yang memungkinkan laptop ExpertBook B3000 dapat digunakan secara vertikal maupun horizontal sesuai dengan kebutuhan kita saat menggunakannya. Jadi benar-benar fleksibel.

2. Memiliki Keyboard yang Nyaman Digunakan

Laptop ExpertBook B3000 ini hadir dengan keyboard yang dirancang untuk memberikan kenyamanan bagi penggunakan dengan key travel 1,5 mm. Dan keyboard ExpertBoard ini menggunakan sistem magnet sehingga memungkinkan kita sebagai penggunanya dapat dengan mudah untuk memasang dan melepas keyboard ini sesuai dengan kebutuhan.


Selain itu, keyboard ExpertBoard di ExpertBook B3000 juga telah dilindungi oleh ASUS Antibacterial Guard, yaitu lapisan pelindung berbahan khusus yang dapat menghambat pertumbuhan berbagai bakteri berbahaya hingga 99% dalam waktu 24 jam bahkan sudah diakui secara internasional dan tersertifikasi ISO 22196.

Makanya, dengan adanya ASUS Antibacterial Guard ini, maka bisa memastikan ExpertBoard yang merupakan bagian yang paling banyak disentuh oleh pengguna ExpertBook B3000 untuk dapat selalu steril dan tidak menjadi sarang bakteri berbahaya bagi kita sebagai penggunanya.

3. Memiliki Layar Sentuh dan Juga Stylus Pen

ExpertBook B3000 hadir dengan layar sentuh (touchscreen) dengan resolusi 16:10 (1920 x 1200) sehingga memungkinkan kita penggunanya dapat dengan mudah melakukan navigasi, terutama disaat kita ingin menggunakan laptop ini sebagai tablet.

Dan untuk melengkapi fitur layar sentuhnya, laptop ini juga hadir dengan sebuah stylus pen yang dapat disimpan langsung di kompartemen khusus pada bodi ExpertBook B3000 ini. Dan pada saat disimpan di kompartemennya, stylus pen akan otomatis melakukan pengisian daya. Dimana proses pengisian dayanya juga sangat cepat yaitu hanya butuh 15 detik untuk penggunaan selama 45 menit.


Kerennya lagi, laptop dengan layar sentuh ini pun sudah tersertifikasi low blue light oleh TÜV Rheinland, sehingga layar laptop ExpertBook B3000 memiliki emisi radiasi cahaya biru yang minim sehingga tidak merusak Kesehatan mata dalam jangka waktu panjang.

Dengan adanya spesifikasi layar tersebut, tentu ini sangat penting bagi kita penggunanya, terkhusus lagi bagi pelajar dan pekerja yang biasa menggunakan ExpertBook B3000 dalam jangka waktu panjang dalam kegiatan sehari-harinya.

4. Memiliki Prosesor Bertenaga Tangguh

Laptop ASUS ExpertBook B3000 ini adalah laptop detachable yang ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 Compute Platform pertama di Indonesia. Hal ini juga yang diungkapkan oleh Bapak Dominikus Susanto selaku Senior manager Business Development Qualcomm Indonesia yang menjelaskan tentang penggunaan prosesor Snapdragon dalam laptop ini. 

Bapak Dominikus menjelaskan tentang prosesor Snapdragon yang digunakan dalam laptop ExpertBook B3000

Dimana sebenarnya, penggunaan Snapdragon sudah lama digunakan untuk laptop, sudah sejak lima tahun yang lalu. Bahkan saat itu Snapdragon membuat prosesor yang pertama kali juga untuk laptop ASUS. Dan kini kembali Snapdragon hadir dalam laptop ExpertBook B3000 Detachable ini.

Dimana Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 Compute Platform tersebut merupakan prosesor yang menggunakan arsitektur ARM yang mampu menghemat daya sehingga memungkinkan laptop ini dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Canggihnya lagi, Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 Compute Platform ini juga sudah dibekali dengan Qualcomm® Adreno™ GPU 618 sebagai chip grafis terintegrasi yang dapat mendukung segala aktivitas komputasi sehari-hari agar tetap tampil efisien saat bekerja, sehingga dapat menghemat baterai dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Laptop ExpertBook B3000 ini sudah bisa langsung digunakan setelah kita membelinya, karena laptop ini sudah langsung dilengkapi dengan sistem operasi Windows 11 S Mode, yaitu sebuah sistem operasi terbaru yang memungkinkan ExpertBook B3000 dapat menjalankan berbagai aplikasi penunjang produktivitas sehari-hari dan sekaligus memastikan aktivitas penggunanya dapat berjalan tanpa kendala.

5. Memiliki Audio dan Video Berkualitas Terbaik

Sebagai laptop yang dapat mendukung kemudahan berbagai aktivitas penggunanya, baik itu untuk belajar ataupun meeting online, maka ExpertBook B3000 ini juga didukung oleh dua kamera, yaitu ada kamera depan 5MP dan kamera belakang 13 MP yang membuat kita dapat mengambil gambar dan merekam video secara lebih mudah seperti halnya menggunakan smartphone.

Mas Riandanu mendemonstrasikan secara langsung penggunaan kamera pada laptop ExpertBook B3000

Dan hal ini juga kemarin didemonstrasikan langsung oleh Mas Riandanu Madi Utomo (Technical Public Relations ASUS Indonesia), ternyata penggunaan kamera pada laptop ini benar-benar mudah layaknya pada handphone dan bisa memberikan kualitas visual yang terbaik.

Nah, kehadiran kamera pada laptop ExpertBook B3000 ini sengaja dirancang agar kita penggunanya lebih nyaman saat dalam sesi video conference atau meeting online dengan menggunakan zoom ataupun google meet sehingga semakin menyenangkan. Sebab, kamera ExpertBook B3000 telah dilengkapi dengan teknologi 3DNR (3D Noise Reduction) yang memungkinkan sistem untuk mengurangi noise pada kamera secara signifikan.

Bahkan teknologi tersebut juga dapat membuat tampilan gambar kita sebagai pengguna ExpertBook B3000 ini menjadi lebih jernih dan terang meski dilakukan pada kondisi minim cahaya saat melakukan video conference.

Sedangkan untuk menikmati audio dari laptop ExpertBook B3000 kita tidak perlu khawatir, karena suaranya sangat jelas dan jernih, karena laptop ini sudah menggunakan AI noise cancellation, yaitu fitur yang memungkinkan suara bising dapat diredam oleh sistem berbasis kecerdasan buatan (AI).

Nah, dengan fitur tersebut, maka kita sebagai pengguna laptop ini dapat berkomunikasi dengan lebih lancar saat mengikuti sesi conference online atau meeting online. Dan kita sebagai pengguna ExpertBook B3000 ini pun dapat mematikan mikrofon dengan mudah melalui tombol khusus yang terdapat di keyboard-nya.

6. Tersambung Internet Dengan Mudah berkat Konektivitas SmartConnect

Tidak dipungkiri, bahwa kegiatan kita bekerja, belajar, dan juga menikmati hiburan kerap kali harus terhubung dengan jaringan internet. Maka dari itu, untuk memudahkan penggunanya, ExpertBook B3000 juga telah dilengkapi dengan WiFi yang didukung oleh teknologi ASUS WiFi SmartConnect.

Nah, kehadiran teknologi tersebut memungkinkan ExpertBook B3000 ini bisa secara otomatis terhubung ke jaringan WiFi dengan kualitas koneksi dan sinyal terbaik. Selain itu, pengguna ExpertBook B3000 juga dapat memanfaatkan Bluetooth® 5.1 yang terdapat di laptop ini untuk menghubungkan berbagai perangkat seperti wireless mouse atau headphone dengan mudah.


Selain hadir dengan begitu banyak keunggulan tersebut. Pada saat kita membeli laptop ASUS ExpertBook B3000 yang didistribusikan secara resmi di Indonesia ini, maka secara otomatis kita pun akan mendapatkan garansi perbaikan selama 1 tahun.

Namun garansi ini hanya berlaku apabila kerusakan yang terjadi bukan karena kelalaian kita sebagai penggunanya. Selain garansi resmi tersebut, ASUS juga melengkapi layanan untuk pengguna laptop ExpertBook B3000 dengan memberikan ASUS Expert Warranty.

Jadi, Program ASUS Expert Warranty ini hadir dengan keuntungan utama yaitu tanggungan 80% biaya spare-part untuk kerusakan akibat kelalaian pengguna satu kali di tahun pertama. Jadi, melalui program ASUS Expert Warranty, maka kita sebagai pengguna ExpertBook B3000 dapat lebih terlindungi dari kemungkinan terjadinya kerusakan yang tidak disengaja. 

Nah, buat teman-teman yang ingin memiliki laptop ExpertBook B3000 ini maka harganya masih terbilang cukup terjangkau, yaitu 7.399.000 (Tujuh Juta Tiga Ratus Sembilan Puluh Sembilan Ribu Rupiah) dengan segala keunggulan yang ditawarkannya seperti yang sudah dijelaskan di atas.

So, buat teman-teman yang punya segudang aktivitas dan sering mobile ataupun traveling ke berbagai daerah, maka memiliki laptop ExpertBook B3000 ini sudah menjadi pilihan yang tepat, agar tetap bisa produktif bekerja di manapun dan kapanpun dengan mudah dan fleksibel.



Join Zencreator Community Banyak Manfaatnya

Acara gathering yang diadakan oleh ASUS ini mengundang berbagai komunitas, seperti Blogger, Content Creator dan komunitas lainnnya. Dan ternyata, ASUS sendiri ternyata memiliki komunitas yang bernama Zencreator Community.

Mas Fadhil menjelaskan tentang komunitas Zencreator.id

Seperti yang diungkapkan oleh Mas Muhammad Fadhil Mawaridi (Technical Marketing & Public Relations ASUS Indonesia) bahwa setiap segmen produk ASUS memiliki komunitasnya tersendiri. Termasuk untuk kategori PC, ASUS memiliki Zencreator Community dengan nama portal zencreator.id yang merupakan sebuah portal yang memungkinkan kita bisa saling berinteraksi dan bisa terlibat langsung juga dalam ekosistemnya.

Nah, melalui portal zencreator.id ini, para user bisa melakukan berbagai hal, seperti menulis, membuat konten, membuat foto dan video, dan konten-konten menarik lainnya sesuai dengan kesukaan kita masing-masing. 

Dan menariknya, dengan kita aktif dalam portal zencreator.id ini maka bisa juga mendatangkan benefit juga, karena setiap aktivitas yang kita lakukan akan diberikan poin. Dimana poin ini bisa kita kumpulkan dari berbagai kegiatan, seperti ikut kompetisi, internal gathering, rajin komen, atau sesimpel log-in di zencreator.id per harinya pun bisa dapat poin. 

Nah, poin-poin yang sudah kita kumpulkan ini, nantinya bisa ditukarkan dengan beragam rewards, termasuk laptop terbaru. Makanya, semakin kita aktif maka semakin besar peluang kita mengumpulkan poinnya. 

Oh iya, buat teman-teman TikTokers atau Instagram Influencer ayo gabung juga dengan komunitas resmi ASUS TikTok and Instagram Community (ATOM) karena akan ada banyak benefit yang juga bisa kalian dapatkan nantinya, seperti akses ekslusif untuk produk terbaru dari ASUS, mengikuti kompetisi internal komunitas, berhak mengikuti affiliate program, bisa ikut workshop atau seminar, dan masih banyak lagi benefit lain yang bisa kita terima nantinya.

Makanya ayo buruan gabung ya teman-teman, karena cara mendaftarnya gampang banget, yaitu sebagai berikut:
  • Buka Zencreator.ID dan daftar sebagai member
  • Klik https://bit.ly/ATOMCommunity
  • Isi data sesuai dengan form yang tersedia
  • Tunggu konfirmasi dari ASUS
Sungguh mudah bukan? Makanya ayo teman-teman buruan join juga di ATOM COMMUNITY NOW! :)

Potret keseruan di acara ASUS ExpertBook B3000 Detachable Gathering 

No comments:

Post a Comment