Cara Menikmati Liburan Seru Bersama Bayi Tanpa Drama Ruam Popok

Tips liburan bersama bayi

Ingin liburan tetap seru bersama bayi? Maka buatlah bayi berada dalam kondisi yang nyaman, bukan hanya kebutuhan makanannya saja yang harus dipenuhi, tapi ciptakan juga kenyamanan agar bayi mudah liburan tanpa drama masalah ruam popok dengan memilih popok yang mampu menyerap cairan secara maksimal, anti gumpal dan super tipis.

Liburan bersama keluarga adalah sesuatu yang harus selalu diagendakan, bukan hanya untuk sejenak melepas lelah dan merehatkan penat, namun liburan bersama keluarga adalah salah cara meningkatkan kebahagiaan sekaligus untuk semakin meningkatkan bonding antara orang tua dan juga anak-anak.

Dan pastinya, liburan atau holiday bersama keluarga akan menjadi salah momentum yang akan menjadi kenangan indah sepanjang masa, karena selama liburan akan terekam beragam momen-momen seru yang akan jadi cerita menarik untuk dikisahkan ulang di lain waktu.

Untuk itu, sudah sewajarnya kita meluangkan waktu disela kesibukan untuk tetap bisa liburan bersama keluarga, bahkan tidak ada salahnya menjadikan liburan bersama keluarga sebagai bagian agenda rutin yang harus dilakukan setiap tahunnya, agar tercipta banyak memori indah yang akan mengukuhkan sebuah keluarga dalam balutan cinta yang semakin erat.

Meski begitu, ada saja orang yang suka berujar bahwa liburan itu hanya kegiatan membuang-buang waktu dan merepotkan diri sendiri apalagi liburan sambil membawa anak yang masih bayi, karena bayi biasanya sangat rewel jika dalam perjalanan panjang.

Namun semua itu menurut saya kembali ke pribadi keluarga kita masing-masing, saya pribadi termasuk orang yang sangat senang liburan bersama keluarga, maka segala sesuatu harus dibikin asyik dengan membuat perencanaan yang cerdas, agar liburan tetap seru dan menyenangkan meskipun membawa anak kecil, seperti apa caranya? Ada tipsnya loh.


Tips Liburan Tetap Menyenangkan Bersama Bayi

Tidak dipungkiri, liburan sambil membawa bayi tentu tidak mudah, ini menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua, terlebih bagi orang tua baru, banyak hal yang harus dipersiapkan agar perjalanan liburan yang direncanakan bisa berjalan lancar.

Untuk itu, supaya liburan bersama si kecil tetap menyenangkan, maka kita harus mengatur segala halnya secara detail dan dipersiapkan dengan baik segala sesuatunya jauh-jauh hari, jangan terburu-buru, agar semua kebutuhan kita selama liburan tidak ada yang ketinggalan.

Tips liburan bersama bayi

Nah, berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan agar liburan bersama bayi tetap menyenangkan, yaitu sebagai berikut:

1. Memesan tiket pesawat jauh-jauh hari
Upaya ini perlu kita lakukan, selain bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah, tentu cara ini juga berguna untuk mengantisipasi kehabisan tiket, dan supaya kita punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri dan juga barang bawaan secara lebih detail dan tidak terburu-buru.

Dan pada saat pembelian tiket pesawat, kita juga harus menanyakan apakah ada baby bassinet atau tempat tidur bayi yang biasanya tersedia pada tempat duduk paling depan agar kita mudah saat menidurkan bayi ataupun mengganti popoknya.

Selain itu, kita juga bisa pilih penerbangan pagi atau malam saat jam tidur bayi, supaya si kecil tidak rewel selama dalam perjalanan, dan jangan lupa bawakan mainan agar anak kita bisa anteng selama dalam perjalanan.

2. Pisahkan tas kebutuhan bayi dan orang tuanya
Saat pergi liburan, sebaiknya segala kebutuhan bayi dan orang tuanya dipisah dalam tas atau koper yang berbeda, agar memudahkan kita dalam mencari baju, aksesoris, selimut, atau berbagai kebutuhan yang akan dikenakan oleh anak ataupun orang tuanya. Dan kita pun bisa menyusunnya per bagian ke dalam plastik agar terlihat lebih rapi.

Selain itu, kita juga sebaiknya membawa tas khusus bayi untuk menyimpan berbagai perlengkapan bayi, seperti sepasang baju bayi, kaos kaki/sarung tangan, earmuff, popok, alat mandi bayi, dan snack untuk bayi, obat-obatan bayi, minyak telon dan berbagai barang kebutuhan bayi agar lebih mudah diambil saat dibutuhkan.

3. Jangan lupa membawa stroller dan carrier
Namanya juga pergi berlibur, maka kita akan mengunjungi berbagai destinasi wisata. Untuk itu, membawa stroller tentu sangat membantu kita ketika mendatangi banyak tempat wisata saat berlibur. Namun kita sebaiknya membawa stroller yang membuat sang bayi nyaman untuk tidur maupun duduk, selain itu kita juga harus pastikan memilih stroller yang mudah dilipat agar tidak memakan tempat. Dan jangan lupa untuk memastikan roda beserta remnya berfungsi dengan baik sehingga memudahkan saat digunakan.

Dan kita juga tidak boleh lupa untuk membawa gendongan atau carrier, karena benda ini dapat membantu ibu untuk menyusui sembari berjalan tanpa takut melorot. Selain itu, dengan menggendong bayi maka dapat membantu menghangatkan tubuh si kecil karena ada dalam pelukan dan dekapan ibu atau bapaknya.

4. Pastikan untuk membawa makanan bayi
Tidak seperti orang dewasa yang bisa menahan lapar, bayi akan sangat rewel bila ia dalam kondisi lapar, maka dari itu kita harus membawa makanan bayi atau mpasi yang mudah dikonsumsi oleh si kecil kapanpun dan dimanapun, seperti bubur, ataupun potongan buah kesukaan si kecil.

Selain itu, kita juga bisa membawa beberapa makanan bayi instan lainnya seperti biskuit bayi maupun bubur bayi instan. Dan pastinya, kita juga harus membawa peralatan makan bayi yang praktis, botol minum dan plastik zipper untuk berbagai keperluan lainnya.

5. Jangan lupa membawa perlengkapan mandi bayi
Bayi sangat sensitif apalagi di tempat baru, maka dengan selalu menjaga kebersihan bayi dengan mandi yang teratur dan perawatan yang baik akan membuat sang buah hati bisa tampil selalu fresh dan sehat selama liburannya.

Maka dari itu, kita jangan lupa untuk membawa semua perlengkapan mandi yang bayi butuhkan, seperti sabun mandi, shampoo, sikat gigi, bedak, pelembab, tisu kering dan basah, atau berbagai keperluan yang dibutuhkan si kecil.

6. Pilih diapers yang nyaman bagi bayi
Tidak dipungkiri, perjalanan yang lama saat liburan kerap kali memberikan rasa tidak nyaman pada bayi, terlebih bila diapers yang dikenakannya bermasalah. Untuk itu, kita harus sangat selektif dalam memilih diapers bagi bayi, karena salah memilih diapers bisa membahayakan kesehatan bayi kita loh.

Iya, penggunaan diapers yang salah bisa menyebabkan masalah pada bayi, seperti kulit menjadi kemerahan, terjadi infeksi kulit, atau masalah ruam popok dan berbagai dampak lain yang bisa mempengaruhi kesehatan sang buah hati kita.

Kita jangan sepelekan ruam popok pada bayi loh, karena ruam popok sangat mengganggu kenyamanan bayi sehingga menjadi rewel dan bikin liburan menjadi terganggu. Bahkan dalam beberapa kasus, ruam popok juga perlu mendapatkan pertolongan dari dokter, para orang tua sebaiknya konsultasi langsung kepada dokter agar menemukan solusi yang tepat.


Bila Anak terkena Ruam Popok, Sebaiknya konsultasikan dengan Dokter

Ya, kita tidak boleh menyepelekan tentang ruam popok pada bayi, karena kondisi ini bila terus dibiarkan maka bisa mengganggu kesehatan bayi. Untuk itu, kita sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan dokter ahli untuk meminimalisir dampak serius ruam popok pada bayi kita.

Dengan kita konsultasi dengan dokter, maka kita jadi bisa lebih tahu tentang apa saja penyebab anak mengalami ruam popok dan seperti apa solusinya. Sebab di masyarakat kita banyak beredar hoax yang bisa menyesatkan masyarakat karena informasinya yang salah. Bahkan konon katanya, ada sebanyak 27% dari sekitar 1.000 hoax yang dijadikan sebagai sampel merupakan berita mengenai kesehatan.

Maka dari itu, untuk memberikan edukasi yang benar kepada para ibu di Indonesia, MAKUKU sebagai brand yang berkomitmen untuk mendukung kesehatan bayi di Indonesia berkolaborasi dengan 10 rumah sakit yang ada di berbagai daerah untuk memberikan edukasi terkait pentingnya menjaga kesehatan bayi di masa pertumbuhan dengan mengadakan konsultasi dokter gratis.

Jadi, melalui program kolaborasi ini, MAKUKU dan 10 rumah sakit ini akan memberikan edukasi kepada para ibu mengenai masalah ruam popok bayi dan didampingi langsung oleh dokter spesialis anak dan spesialis kulit untuk melakukan konsultasi kesehatan gratis demi mendukung kesehatan bayi di masa pertumbuhannya.

Dalam kesempatan ini, para orang tua, khususnya ibu bisa tanya dokter gratis berbagai hal, terlebih untuk kesehatan kulit bayi atau masalah ruam popok. Kesempatan berharga ini harus dimanfaatkan dengan maksimal karena mumpung ada acara konsultasi ibu dan anak secara gratis yang langsung ditangani oleh dokter spesialis anak dan juga spesialis kulit.

bayi mudah liburan tanpa drama masalah ruam popok

Menariknya, tak hanya menghadirkan konsultasi dokter gratis saja, ternyata MAKUKU pun akan membagikan popok gratis kepada ibu yang datang melakukan konsultasi dengan dokter spesialis di 10 kota yang telah dipilih, yaitu Jakarta, Tangerang, Karawang, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Palembang, Lampung, dan Makassar mulai tanggal 16 Desember hingga 18 Desember 2022.

Dimana upaya ini dilakukan MAKUKU diapers ini untuk membantu pencegahan dan penanganan yang tepat bagi bayi, khususnya untuk masalah ruam popok. Sebab pada faktanya, lebih dari 50% bayi akan mengalami setidaknya satu kali masa dermatitis popok iritan selama fase pemakaian popok.

Untuk itu, diharapkan melalui edukasi dan konsultasi seperti ini, para orang tua pun akan semakin paham tentang pentingnya memilih produk popok yang nyaman bagi buah hati, agar tidur anak tetap terjaga dan tidak sering terbangun dan rewel karena popoknya yang cepat basah.

Hal tersebut juga yang diungkapkan oleh dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dokter spesialis anak bahwa, “Pada umumnya, bayi perlu mengganti popok setiap 3-4 jam sekali. Hal ini untuk menghindari kontak yang terlalu lama dengan urin dan feses yang dapat meningkatkan pH basa pada kulit. Namun, bayi sering merasa tidak nyaman ketika popok yang digunakan terasa penuh dan bocor sebelum waktu mengganti popok. Kondisi ini menyebabkan bayi lebih mudah rewel dan terbangun. Ketika bayi mengalami gangguan saat tidur, maka Ibu juga otomatis akan mengalami hal yang sama karena harus kembali menidurkan bayi.”

Makanya perlu kita sadari, bahwa tidur yang cukup pada bayi begitu penting, karena aktivitas utama otak sepanjang awal perkembangan bayi memegang peranan penting dalam kematangan otak seorang anak. Oleh karena itu, kita wajib menjaga kualitas tidur bayi agar bisa selalu terlelap dengan nyaman saat ia tertidur.

Selain lapar, penyebab utama bayi terganggu tidurnya adalah karena popok sudah penuh dan mudah bocor. Maka dari itu, kita harus selektif dalam memilih popok yang terbaik buat buah hati kita, dan salah satu produk popok yang memiliki kualitas terbaik untuk mendukung kenyamanan bayi adalah MAKUKU SAP Diapers Slim.


MAKUKU SAP Diapers Slim Pilihan Tepat Untuk Bayi

Kita semua tahu, bahwa di pasaran saat ini banyak beredar jenis popok. Namun kita jangan pernah sembarangan memilih popok tanpa tahu jelas keunggulan produk tersebut, apalagi salah memilih popok bisa mempengaruhi kesehatan bayi kita loh.

Makanya, untuk urusan popok, saya pilih MAKUKU SAP Diapers Slim yang merupakan pelopor popok dengan struktur inti SAP atau Super Absorbent Polymer dan anti gumpal pertama di Indonesia, sehingga bisa memberikan kenyamanan pada bayi dan bisa membantu anak kita terbebas dari ruam popok.

bayi mudah liburan tanpa drama masalah ruam popok

Ya, MAKUKU SAP Diapers Slim memiliki teknologi SAP (Super Absorbent Polymer) pada inti strukturnya, dimana inti struktur SAP yang digunakan ini berbeda dengan bahan penyerap tradisional seperti tisu, kapas dan busa. Makanya, jika air ditambahkan ke partikel SAP, maka akan muncul interaksi air/polimer yang dapat menciptakan jaringan penyimpan molekul air.

Oleh karena itu, penggunaan inti struktur SAP pada MAKUKU SAP Diapers Slim ini akan lebih efektif dalam menyerap cairan dan menguncinya, sehingga tidak terjadi osmosis balik serta menjaga permukaan popok tetap kering.

Terlebih MAKUKU SAP Diapers Slim ini memiliki daya serap tinggi dan tetap ringan sekalipun sudah menampung cairan cukup banyak. Jadi anak bisa tidur nyenyak di malam hari dan bebas beraktivitas di siang hari dengan ceria dan tidak mudah rewel.

Hal ini karena MAKUKU SAP Diapers Slim dirancang sangat baik dengan mengkombinasikan 3 lapisan struktur untuk fungsi yang berbeda demi kenyamanan bayi:
  • Lapisan pertama: pada lapisan ini, permukaan non-woven, menggunakan permukaan 3D sehingga memberikan desain yang unik semacam ada benjolan yang bisa menghadirkan sirkulasi popok dengan baik, agar mengurangi kontak langsung dengan kulit bayi dan secara efektif melindungi kulit bayi tetap terjaga.
  • Lapisan Kedua: Pada lapisan ini terletak inti struktur SAP yang dihiasi dengan 5 lapisan inti struktur, sehingga mampu meningkatkan penyebaran serta mengunci cairan namun tetap tipis di saat yang bersamaan untuk menjaga pantat bayi tetap nyaman dan lembut.
  • Lapisan ketiga: Lapisan bawah ini didesain anti bocor yang dipadukan dengan kain non-woven, sehingga menghasilkan sirkulasi udara yang baik serta lembut pada kulit bayi.
Jadi dari sini kita bisa melihat, bahwa MAKUKU diapers ini memiliki konsep desain yang begitu apik, karena pada dasarnya, MAKUKU SAP Diapers Slim ini merupakan penyempurnaan atau upgrade dari varian sebelumnya, sehingga setiap komponen yang digunakan dalam popok ini benar-benar dibuat dari bahan pilihan terbaik yang diformulasikan dengan desain kekinian demi menghadirkan kenyamanan bagi si kecil.

Makanya, memilih produk MAKUKU SAP Diapers Slim ini sudah sangat tepat untuk digunakan sehari-hari, apalagi saat kita pergi liburan, karena popok ini memiliki struktur SAP yang anti gumpal, bahkan cairan dikunci di dalam, sehingga popok tetap tipis dan mampu membuat anak tetap nyaman selama dalam perjalanan liburan.

bayi mudah liburan tanpa drama masalah ruam popok

Nah, untuk lebih jelasnya, ada beberapa alasan kenapa MAKUKU SAP Diapers Slim terpilih sebagai popok pilihan terbaik bagi bayi, karena MAKUKU SAP Diapers Slim memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut:

1. Bisa Mengunci Cairan
MAKUKU SAP Diapers Slim merupakan popok generasi baru dengan struktur inti SAP yang dapat mengunci cairan dengan baik hingga 500ml, dan melakukan penyerapan cepat, mempersingkat kontak urin dengan bokong bayi, serta mencegah kebocoran baik pada bagian bawah, samping ataupun belakang, sehingga kulit bayi tidak mudah lembab.

2. Anti Gumpal
MAKUKU SAP Diapers Slim memiliki desain yang memiliki penyerapan yang cepat dan merata hingga 120mm agar tidak membuat popok menggumpal dan dapat mengurangi kebocoran sehingga bayi menjadi lebih nyaman.

3. Desainnya Super Tipis 1.6mm
Kerennya lagi, popok MAKUKU ini tetap ringan dan tipis hanya 1,6mm saja meskipun sudah menampung cairan sehingga mendukung si kecil bebas bergerak seharian.

4. Memiliki Permukaan Rongga Udara
Popok MAKUKU SAP Diapers Slim ini didesain dengan begitu sempurna, bahkan memiliki sirkulasi udara dua arah, sehingga mampu mengurangi panas dan lembab serta mengurangi terjadi ruam merah pada kulit bayi.

5. Dirancang dengan Struktur 3D
MAKUKU SAP Diapers Slim ini juga dirancang dengan struktur 3D sehingga mampu mengurangi kontak langsung dengan kulit, mengurangi gesekan dan mengurangi iritasi di pantat bayi.

6. Terdapat Indikator Urin
Menariknya, MAKUKU SAP Diapers Slim ini juga sudah dilengkapi indikator urin sebagai pengingat untuk mengganti popok, yaitu ketika popok penuh garis kuning akan berubah jadi biru dan itu tandanya kita harus segera mengganti popok, sehingga dapat membantu mengurangi terjadinya ruam popok pada bayi.

7. Dibekali Tape Pembuang
Popok MAKUKU SAP Diapers Slim ini sudah juga dilengkapi tape pembuang untuk memudahkan kita untuk membuang popok secara praktis setelah dipakai agar lingkungan tetap terjaga kebersihannya.

Dengan berbagai keunggulannya tersebut, maka itulah yang menjadi dasar alasan kenapa MAKUKU SAP Diapers Slim ini menjadi popok pilihan yang tepat bagi bayi, karena benar-benar dirancang untuk memberikan kenyamanan sehingga bayi pun bebas dari ancaman ruam popok.

bayi mudah liburan tanpa drama masalah ruam popok

Ya, hadirnya popok super tipis dan bahan yang lembut untuk bayi seperti MAKUKU SAP Diapers Slim ini akan membuat bayi merasa lebih nyaman baik pada malam atau siang hari, terlebih saat melakukan perjalanan liburan, sehingga bayi tidak mudah rewel, tetap anteng dan ceria sepanjang hari.

Dan pastinya, produk MAKUKU SAP Diapers Slim ini hadir dalam bentuk celana dan perekat sehingga sangat mudah dikenakan pada bayi kita. Bahannya yang begitu lembut sehingga aman bagi kulit si kecil. Apalagi popok ini tersedia juga dalam berbagai ukuran mulai dari newborn, S, M, L, XL, hingga XXL yang bisa kita pilih sesuai dengan ukuran bayi kita.

Nah, untuk mendapatkan produk popok MAKUKU SAP Diapers Slim ini pun sangat mudah, karena varian MAKUKU SAP Diapers Slim kini telah tersedia di berbagai e-commerce, sehingga kita bisa belanja online dari mana saja dan kapan saja dengan mengunjungi akun MAKUKU Indonesia Official di Tiktok Shop, Tokopedia, Lazada, Shopee dan JD.ID.

Namun selain dijual secara online, produk SAP Diapers Slim juga banyak dijual secara offline di berbagai toko dan supermarket, seperti Hero, Transmart Carrefour, Hypermart, Superindo, Minimart, Natasha Susu, Kuning Mart, dan masih banyak toko-toko lain yang juga menjual produk ini. Tapi jika ingin mendapatkan informasi lebih detail tentang produk MAKUKU ini maka bisa dicek pada websitenya https://makuku.co.id/id/ ya.

bayi mudah liburan tanpa drama masalah ruam popok

Jadi, sudah saatnya kita menggunakan popok berkualitas terbaik MAKUKU SAP Diapers Slim untuk bayi kita tercinta, karena pemilihan popok yang tepat bisa menjadi awal yang indah untuk membuat si kecil selalu merasa nyaman dan ceria dalam masa tumbuh kembangnya, termasuk membuat kita bisa menciptakan liburan seru bersama si kecil tanpa ada drama ruam pokok.

So, enjoy your holiday with MAKUKU SAP Diapers Slim dan saatnya ucapkan bye-bye ruam popok! 😊


3 comments:

  1. Tenang sekarang kemanapun bany pakia dipaersbdaru MAKUKU gk ada drama lagi krn ada teknoli SAPnya yg bikin kering dn menyerap lbh maksimal

    ReplyDelete
  2. Pilihan untuk para orangtua yang mau berpergian sama si kecil bisa pilih MAKUKU diapers niy, soalnya bentuknya yg slim alhasil anak2 seperti nggak lagi pake diapers, trus nggak menggumpal juga jadi aman dan nyaman selama perjalanan ini..

    ReplyDelete
  3. Makin nyaman dan aman ajak anak, kalau sudah membawa Makuku ya kak

    ReplyDelete