Cara Mudah Mengatasi Sariawan




Mengalami sariawan sungguh rasanya tidak nyaman dan hal itu yang baru saya alami beberapa hari kemarin. Ya, meskipun lukanya kecil, namun karena berada di dalam mulut maka bisa membuat saya merasa sangat terganggu dan tidak nyaman saat makan ataupun minum karena mulut terasa nyeri.

Kapok rasanya diserang sariawan seperti kemarin, meskipun sariawan umumnya tidak berbahaya, tetapi bisa sangat mengganggu. Makanya, mulai sekarang saya ingin melawan sariawan ini agar tidak kembali datang lagi dalam kehidupan saya.

Nah, mungkin saat ini teman-teman ada juga yang lagi sebal dengan sariawan ini dan ingin menghempasnya pergi. Untuk itu, berikut ini beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk membantu mengatasi sariawan agar cepat menghilang, yaitu:

· Hindari makanan yang menyebabkan iritasi
Hindari makanan atau minuman yang rasanya asam, pedas, atau panas, karena dapat menyebabkan iritasi dan memperburuk sariawan yang sedang kita alami. Untuk itu, kitab isa mencoba untuk menghindari makanan seperti tomat, jeruk, cokelat, kopi, dan sejenisnya saat kita memiliki sariawan.

· Gargle dengan air garam hangat
Ternyata air garam hangat dapat membantu membersihkan dan menyembuhkan sariawan loh. Jadi kita bisa mencapur setengah sendok teh garam dalam setengah cangkir air hangat, lalu gunakan larutan ini untuk berkumur selama beberapa detik. Cara ini bisa kita lakukan beberapa kali sehari untuk mengurangi rasa sakit dan membantu mempercepat penyembuhan sariawan.

· Menggunakan obat kumur antiseptic
Selain menggunakan air garam, kita juga bisa menggunakan obat kumur berbahan dasar antiseptik seperti chlorhexidine atau benzydamine untuk mengatasi sariawan karena dapat membantu membersihkan sariawan dan mencegah infeksi. Namun tentunya, kita harus menggunakan obat kumur ini sesuai petunjuk pada kemasan, biasanya dua hingga tiga kali sehari saja ya.

· Menerapkan salep atau gel antiseptic
Salep atau gel antiseptik dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mencegah infeksi pada sariawan. Caranya, kita oleskan salep atau jel tersebut dengan hati-hati pada sariawan menggunakan kapas atau jari yang bersih dengan mencuci tangan sebelum dan setelah penggunaan agar tidak menyebabkan infeksi lainnya.

· Menggunakan es batu
Ternyata es batu dapat juga membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada sariawan loh. Cara penggunaannya, kita harus bungkus beberapa es ke dalam kain bersih dan diletakkan di sekitar area yang terkena sariawan selama beberapa menit. Tapi hindari menekan es terlalu keras, karena dapat memperburuk sariawan.

· Hindari trauma pada area yang terkena
Jika mungkin, kita juga harus hindari menyentuh atau menggigit area yang terkena sariawan. Makanya, pada saat makan kita harus melakukannya dengan perlahan dan sebaiknya kita menghindari makanan yang keras atau tajam yang dapat menyebabkan trauma lebih lanjut pada sariawan.

· Istirahat yang cukup
Tidak dipungkiri, ternyata stres dan kelelahan pun dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh kita menjadi gampang menurun, sehingga memperlambat proses penyembuhan sariawan. Makanya, kita harus memastikan diri kita untuk mendapatkan istirahat yang cukup dan mengelola stres dengan baik untuk membantu proses penyembuhan sariawan yang lebih cepat.

Itu dia beberapa cara yang bis akita lakukan agar cepat terbebas dari sariwan. Meskipun sariawan ini umumnya bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu hingga dua minggu, tetapi jika sariawan yang kita alami tidak sembuh dalam waktu yang lama atau mengalami gejala yang parah, maka sebaiknya kita secepatnya untuk melakukan konsultasi dengan dokter gigi atau dokter umum untuk evaluasi lebih lanjut dan perawatan yang sesuai ya.


No comments:

Post a Comment