Combiphar Kembali Hadirkan Combi Run 2018


Setelah pernah merasakan sakit beberapa hari pada awal tahun yang lalu, saya baru menyadari betapa pentingnya memiliki jiwa dan raga sehat itu. Iya, selama ini saya mungkin termasuk orang yang kerap lalai bersyukur atas kesehatan yang Tuhan berikan kepada saya.  

Padahal apalah jadinya hidup ini tanpa memiliki jiwa dan raga yang sehat, semua yang ada di dunia ini tak akan ada manfaatnya. Sebab bila kita sudah sakit, maka semua menjadi terasa kurang nikmat. Seperti makan menjadi terasa tidak enak, tidur menjadi tidak nyenyak, gerak menjadi terbatas dan tak jarang kita merasa hidup seolah tak ada gunannya lagi.

Untuk itu, penting bagi kita untuk selalu menerapkan pola hidup sehat, seperti makan yang bergizi secara teratur, tidur yang cukup dan tidak lupa juga untuk selalu meluangkan waktu untuk berolahraga agar tubuh selalu sehat.

Namun sayangnya, olahraga ini rasanya begitu berat untuk saya tekunin, kesibukan kerap kali saya jadikan alasan untuk memaafkan kelakukan saya yang selalu malas melakukan olahraga setiap harinya. Padahal saya sadar betul, bahwa olahraga adalah salah satu cara untuk meraih hidup sehat.

Nah, ngomong-ngomong tentang olahraga, saya jadi teringat salah satu olahraga tahunan yang kerap dilakukan oleh Combiphar sebagai salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) selain Combi Tenis dan Combi Golf yaitu Combi Run.

Sekilas tentang Perjalanan Combi Run

Combi Run merupakan event lari yang dikelola secara serius dan terorganisir dengan baik untuk para pelari dan pelaku hidup sehat. Kegiatan ini sudah dimulai sejak tahun 2013 silam yang dilakukan secara rutin setiap tahunnya oleh Combiphar.

Kehadiran Combi Run ini merupakan salah satu wujud nyata komitmen Combiphar  sebagai perusahaan lokal consumer healthcare yang menghadirkan kampanye Championing a Healthy Tomorrow yang bertujuan untuk mendukung terciptanya generasi Indonesia yang lebih sehat.
Keseruan saat masyarakat ikut berpartisipasi dalam Combi Run - Doc. Combirun.com
Untuk itu, pada tanggal 21 April 2013 yang lalu lahirlah Combi Run yang pertama kali digelar dan berhasil mengajak 306 orang pelari dengan menempuh jarak sejauh 2,5 KM yang dimulai dari pelataran kantor Combiphar di gedung Office 8 Senopati melalui kawasan SCBD dan jalan Jenderal Sudirman di Car Free Day. Dimana #CombiRun2013 ini mengusung tema “Berlari untuk berbagi” yang berhasil mengumpulkan dana dari acara ini sebanyak Rp. 31.350.000 kemudian digandakan oleh Combiphar sehingga dana yang berhasil dikumpulkan adalah sebanyak Rp. 62.700.000 yang disubangkan untuk Yayasan Jantung Indonesia.

Lalu kemudian pada 18 Oktober 2014, Combi Run yang kedua kembali digelar di Alam Sutera Tangerang yang mengusung tema “Celebrate Life” yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnnya hidup preventif lantaran melihat penyakit gaya hidup atau lifestyle trend diseases yang terus meningkat. Untuk itu, #CombiRun2014 hadir dengan kategori 10K, 5K, dan Kids’s Dash yang membawa pesan bagi para peserta untuk senantiasa merayakan kehidupannya dengan melakukan yang terbaik dalam seluruh aspek hidupnya, dimana olahraga lari bisa menjadi kebiasaan gaya hidup yang positif, kompetitif sekaligus menyehatkan.

Selanjutnya masih bertempat di kawasan Alama Sutera Tengerang Combi Run 2015 kembali digelar pada tanggal 13 September 2015 dengan menghadirkan kategori 10K dan 5K (closed individual – khusus bagi warga negara Indonesia serta Kids Dash (untuk usia 6-12 tahun). Pada #CombiRun2015 ini kembali hadir dengan membawa pesan ajakan kepada masyarakat untuk terus konsisten merayakan kehidupan “Celebrate Life” dengan melakukan banyak kegiatan baik, seperti mengikuti olahraga lari yang kompetitif menyehatkan dan tetap menyenangkan.
Combi Run melibatkan mulai dari anak-anak sampai oraang dewasa - Doc. CombiRun.com
Namun pada tahun ketiga pelaksanaannya, Combi Run menghadirkan #BestRun clinic bersama running coach Pelatnas Mas Agung Mulyawan yang akan melakukan latihan untuk meningkatkan kecepatan, koordinasi, rekuensi langkah serta teknik-teknik untuk mencapai waktu yang ditargetkan.

Lalu memasuki tahun keempat penyelenggaraan Combir Run berpindah tempat pelaksanaannya di The Breeze BSD City, Tangerang Selatan. Acara ini berlangsung pada tanggal 13 Sepetember 2016 dengan menyajikan tambahan kategori baru yaitu Ekiden 10K dan lomba lari berantai (estafet) yang terdiri dari empat pelari, 10K, 5K, Kids Dash dan Master 45+ untuk peserta di atas 45 tahun. Dan pada penyelenggaraan #CombiRun2016 kali ini pun para peserta diberikan juga coaching clinic seperti yang diberikan pada tahun sebelumnya.

Kemudian pada tahun 2017 Combi Run kembali digelar di daerah Tangerang yaitu tepatnya di QBig Bumi Serpong Damai City – Tangerang Selatan pada 15 Oktober 2017 silam. Pada pelaksanaan #CombiRun2017 ini kembali menawarkan kategori baru yaitu Half Marathon (21K) Individual, serta kategori Half Marathon Ekiden atau lari estafet beranggotakan 4 orang per kelompok yang dilombakan bagi komuniktas lari dan sekolah menengah atas.

Lantas kapan penyelenggaraan Combi Run untuk tahun 2018?

Combi Run 2018 akan Segera Hadir

Seperti tahun-tahun sebelumnya yang saya ceritakan di atas, maka tahun ini pun Combi Run akan segera hadir kembali. Informasi ini saya dapatkan kemarin (06/09/2018) saat saya mengikuti press conference #CombiRun2018 yang diadakan di Hard Rock Café Pacific Place Mall – Jakarta Selatan.
Press conference Combi Run 2018 (Kiri ke Kanan): Bpk. Yasha Chatab (IndoRunners), Bpk. Michael Wanandi (Presdir Combiphar), Bpk. Andreas Kansil (Race Director CombiRun2018)
Dan pada tahun 2018 ini Combi Run kembali mengadakan lagi event Combi Run yang sudah menjadi ajang tahunannya ini. Dimana pada tahun 2018 ini adalah tahun keenam terselenggaranya Combi Run, dan  lagi-lagi mengambil tempat di QBig Bumi Serpong Damai City – Tangerang Selatan dengan jadwal penyelenggaraan jatuh pada 7 Oktober 2018 mendatang.

Kehadiran Combi Run ini tidak bisa kita pungkiri adalah upaya nyata yang dilakukan oleh Combiphar sebagai upaya untuk terus mengingatkan masyarakat betapa pentingnya berolahraga sebagai bagian dari gaya hidup untuk mewujudkan masyarakat yang sehat.

Hal ini pun yang diungkapkan oleh Bapak Michael Wanandi selaku Presiden Direktur Combiphar yang dalam sambutannya menjelaskan bahwa Combiphar sangat konsisten dalam menginspirasi masyarakat Indonesia untuk menerapkan gaya hidup sehat dan juga aktif, salah satunya melalui Combi Run 2018. 

“Kami sangat bersyukur dan bangga karena tahun ini adalah tahun keenam kami secara kontinyu menyelenggarakan Combi Run, sebuah event lari terpercaya dan didukung oleh komunitas pecinta lari di Indonesia. Dalam perkembangannya, Combi Run juga telah mendapatkan apresiasi positif, baik dari kalangan komunitas lari maupun masyarakat secara luas. Kami yakin event ini akan menstimulus generasi muda Indonesia dalam membudayakan gaya hidup yang positif, kompetitif sekaligus menyehatkan melalui olahraga lari,” Ujar Bapak Michael.

Kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata komitmen Combiphar yaitu Championing a Healthy Tomorrow untuk menciptakan generasi Indonesia yang lebih sehat. Makanya, pada penyelenggaraan kali ini, Combiphar juga turut mengajak semua kalangan masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa untuk ikut berpartisipasi dalam acara ini dengan menghadirkan beragam katagori, seperti kategori, Half Marathon, 10K, 5K, Kids Dash dan Ekiden 20K untuk para siswa-siswi SMA dan juga komunitas lari.
Combi Run hadir untuk mengajak masyaakat selalu hidup sehat dengan rutin berolahraga misalnya mengikuti Combi Run 2018
Dan tampak hadir juga dalam acara ini Bapak Yasha Chatab yang merupakan pendiri komunitas penggemar olahraga lari independen terbesar di Indonesia atau yang sering akrab disapa IndoRunners.  Dimana Beliau mengatakan bahwa sangat mengapresiasi Combiphar yang sudah konsisten dalam menyelenggarakan event lari tiap tahunnya dan juga terus meningkatkan kualitas penyelenggaraannya.

Bapak Yasha menilai bahwa visi dari IndoRanners sejalan dengan visi dari Combiphar yang sama-sama ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk hidup sehat dengan berlari sehingga tercipta generasi Indonesia yang lebih sehat. 

Berangkat dari nafas yang sama inilah, Combiphar dan IndoRunners berkolaborasi melalui serangkaian kegiatan olahraga lari yang merupakan bagian dari Combi Run 2018 ini dan berharap kerjasama ini dapat semakin meningkatkan minat masyarakat secara luas untuk mengadopsi lari menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat luas.

Ya, ajang lari ini bukan hanya membuat kita sehat saja, namun juga panitia sudah menyediakan beragam hadiah yang menarik juga untuk setiap kategorinya. Makanya teman-teman sebaiknya tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mengikuti #CombiRun2018 ini.

Combi Run 2018 Hadirkan Combi Run Academy

Memasuki enam tahun berturut-turut menyelenggarakan olahraga lari ini, Combiphar selalu mempersiapkannya dengan serius yaitu dengan menghadirkan pengalaman yang tak terlupakan bagi masyarakat Indonesia.
Ada yang beda loh dari COmbi Run 2018 ini yaitu hadirnya Combi Run Academy
Untuk itu, tahun ini pun, Combiphar kembali melahirkan inisiatif yang berbeda, yakni menghadirkan Combi Run Academy yang bertujuan untuk melahirkan generasi muda berprestasi di bidang olahraga lari. Wah ini sungguh gebrakan yang sangat bagus juga ya.

Jadi Combi Run Academy ini pada awalnya lahir setelah Combiphar melihat semangat yang begitu tinggi daari siswa-siswi SMA yang berpartisipasi dalam mengikuti program CSR Combi HOPE Healthy Living Education mengenai gaya hidup sehat dan aktif. 

Makanya, supaya semangat ini dapat ditularkan lebih luas lagi kepada masyarakat, tahun ini Combiphar melahirkan program unik yang menjadi pembeda yakni Combi Run Academy dimana para siswa-siswi SMA tersebut mendapatkan kesempatan besar untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dan berkompetisi secara sportif. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menciptakan generasi Indonesia yang lebih sehat sekaligus berprestasi nantinya.

Dalam menjalankan Combi Run Academy ini, ternyata terdapat tiga pilar utama yang menjadi pondasi terselenggaranya acara ini, yang meliputi:
    • School Engagement, dimana sebelumnya Combiphar telah bekerjasama dengan 15 sekolah di wilayah Jakarta dan sekitarnya yang telah berpartisipasi dalam program CSR Combi HOPE Healthy Living Education. Masing-masing sekolah melakukan seleksi dan merekomendasikan sebanyak 10 orang siswa-siswi SMA dan 1 guru olahraga untuk mendapatkan edukasi dari Combiphar mengenai olahraga lari.
    • Parameter Test, yaitu memberikan edukasi kepada siswa-siswi SMA terpilih tersebut mengenai teknik lari yang tepat dan memberikan mentoring yang baik dalam menghadapi kompetisi lari. Selain murid, para guru juga mendapatkan edukasi mengenai lari sehingga mereka dapat menerapkan ilmunya sebagai salah satu kurikulum olahraga di sekolah.
    • School Competition, yaitu Combiphar bersama IndoRunners menyiapkan peserta untuk berkompetisi antar sekolah. Dimana siswa-siswi SMA akan mengumpulkan poin dengan waktu sebagai tolok ukurnya pada event lari Combi Run dan beberapa event lari terkemuka lainnya.
      Wah bagus juga ya Combi Run Academy ini memberikan wadah yang bagus bagi anak-anak SMA untuk mendapatkan ilmu dan pelatihan yang tepat seputar dunia lari. Semoga saja mereka semua yang ikut dalam acara ini bisa menerapkan ilmu yang mereka dapatkan sehingga bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

      Dan saya pribadi sih berharap, Combi Run Academy ini ke depan bisa menjangkau lebih banyak lagi sekolah lain sehingga semakin banyak anak-anak muda yang bisa mendapatkan kesempatan untuk menimba ilmu lari ini, sehingga selain semakin banyaka anak muda yang hidup sehat melalui lari tentu saja ini sekaligus menjadi ajang untuk mencari bibit-bibit baru untuk menjadi atlet hebat yang akan membanggakan Indonesia di kancah olahraga lari baik skala nasional ataupun internasional nantinya.

      Lantas Gimana cara Daftar Combi Run 2018?

      Jika teman-teman tertarik untuk ikutan Combi Run 2018 ini maka mulai sekarang sudah bisa melakukan registrasi secara online dengan mengunjungi www.combirun.com sehingga teman-teman bisa mendaftarkan dirinya dalam ajang lari bergengsi ini sebelum terlambat loh.
      Ayoo segera registrasi Lomba Lari COmbi Run 2018
      Apalagi menurut Bapak Andreas Kansil yang merupakan Race Director Combi Run 2018 bahwa Combi Run tahun ini merupakan salah satu event lari yang sangat sayang untuk diwatkan, dan ajang ini pun sudah paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat terutama komunitas pecinta lari.

      Beliau menilai bahwa Combi Run ini dikenal sebagai lomba lari yang mengedepankan aspek keamanan dan kenyamanan para peserta pada setiap penyelenggaraannya. Selain rute yang didesain untuk memaksimalkan peserta meraih waktu terbaiknya, Combi Run ini juga telah menyediakan kelengkapan lain diantaranya jersey, finisher medal, tim marshal, hydration point, refreshment setelah berlari, layanan fisioterapi serta perlindungan asuransi untuk memberikan rasa aman dan nyaman selama berlari.

      Wah jadi ikut #CombiRun2018 ini sungguh akan sangat menyenangkan sekali ya kalo begitu, semua benar-benar diperhatikan dengan baik terlebih acara ini sudah didukung banyak sponsor untuk dapat mewujudkan pengalaman berlari yang mengesankan bagi para pesertanya, diantaranya Sinarmas Land, QBig, Gold’s Gym, Sunpride, dan masih banyak lagi sponsor yang lainnya.

      Duh saya jadi tidak sabar juga untuk ikut lari ini, selain niatnya supaya sehat tentu saja saya juga ingin ikut merasakan keseruan dari Combi Run 2018 ini. Namun ternyata sebelum mengikuti olahraga lari seperti ini ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan loh, misalnya: harus melakukan latihan secara teratur, Jaga kesehatan seperti atur pola makan dan tidur yang cukup, dan pastikan menggunakan sepatu dan pakaian yang nyaman supaya selama mengikuti lomba lari ini bisa mencapai finish dengan sukses tanpa cedera.

      So, selamat mengikuti #CombiRun2018 ya guys! :)



      21 comments:

      1. Ini acara oke punya ya sampe dibuatin academy-nya segala. Artinya, Combiphar fokus banget memang menghasilkan pelari masa depan.

        ReplyDelete
      2. Support Combiphar untuk olahraga khususnya lari di Indonesia sangat mulia ya ka.. karena masa depan bangsa ada ditangan generasi muda.. harus mendapatkan stimulasi sejak dini dan masa remaja masa yang paling tepat untuk menumbuhka jiwa kompetisi, yang akan bermanfaat juga bagi kehidupan sehari2

        ReplyDelete
      3. Combi Run bisa jadi pilihan buat runners nih

        ReplyDelete
      4. Setuju.. Pola dan hidup yang sehat kalo bisa harus jadi gaya hidup salah satunya dengan ikutan Combi Run 2018 ini. 😊

        ReplyDelete
      5. Betul Mas Imawan, sebelum mengikuti event Combi Run 7 Oktober nanti, kita harus menjaga pola hidup sehat dan latihan dengan disiplin.

        ReplyDelete
      6. waaah aku suka lokasinya ada di bsd, hore

        ReplyDelete
      7. Lihat foto-fotonya kok jadi pengen yaaa. Seru banget euy laro bareng-barengnya gitu meskipun masih pemula. Apalagi ada kategori Kids Dash jg bisa buat anak-anak. Lengkap bgt yaa

        ReplyDelete
      8. Bekeejasama dengan Indorunners, pasti acaranya kerwn dan tepatbsasaran nih dalam kesehatannya.. .

        ReplyDelete
      9. Emang yaa. .Olahraga itu tetep diperlukan meskipun kapasitasnya masih sedikit. Tapi yg penting dengan kebiasaan olahraga juga bisa membuat daya tahan tubuh lebih kuat ya kak.

        Jadi kakaknya ikut kategori lomba lari yg mana ni?

        ReplyDelete
      10. Mota berjalan sukses yaaa even CombibRun ke 6 ini

        ReplyDelete
      11. Favoritnya mas imawan yah ini jadi ikut semangat juga kalau lari ada barengannya

        ReplyDelete
      12. ajang lomba sehat dan penuh hadiah jutaan rupiah. sehatnya dapet, uangnya juga dapet. ayo mas imawan ikutan. biar menang dapet uwit. hehe kali2 dapet jodoh juga di sana. hehe

        ReplyDelete
      13. Combi Run gak sekedar penyaluran hobi untuk ber-healthy lifestyle, namun ada unsur2 sportivitas dan fun yg didapatkan dari aktivitas berkompetisi secara sehat :)

        ReplyDelete
      14. Kalau konsistensi dilakukan oleh Combiphar seperti ini, aku sih yakin kalau akan banyak yang berparrtisipaai

        ReplyDelete
      15. Setiap tahunnya sukses yaaa,tahun ini pasti lebih rame lagi.

        ReplyDelete
      16. Kang imawan ikutan yang mana nihhh? Barengan yuksss

        ReplyDelete
      17. Aku galfok list senyumsenyumnya mas yasha deh , hehehe
        Salut deh Combiphar konsisten melaksanakan combi run, semoga dgn adanya combi run bisa memunculkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gaya hidup sehat

        ReplyDelete
      18. CSR Combiphar utk kesehatan masyarakat Indonesia luar biasa yaaa :D
        Lari makin asyik kalau ada hadiahnya ya hehe.
        Pengen banget punya medali dari ajang2 lari seperti ini :D

        ReplyDelete
      19. Ternyata tahun ini event combi run udah yang ke 6 kali ya.. Kerennya tahun ini juga ada combi run academy

        ReplyDelete
      20. seru ya semua brand dari bank sampe obat ada acara running..makin sadar akan kesehatan jg masyarakat..gaya hidup sehat

        ReplyDelete