Mudah dan Cepat Mencari Ruang Meeting & Tempat Event di Seluruh Indonesia dengan SpotQoe



Dulu saya pernah dihadapkan pada satu situasi yang sangat menyebalkan. Saya benar-benar dibuat pusing lantaran harus mencari tempat meeting untuk client dari Jepang. Jadi saya harus mencari tempat meeting yang kapasitasnya sedang yang bisa memuat sekitar 15 – 20 orang.

Untuk itu saya harus mengontak banyak hotel, lantaran tempat meetingnya  yang biasa kami gunakan sudah full karena dadakan memesannya. Akhirnya saya harus mencari tempat meeting lain dengan menelphone banyak hotel untuk mendapatkan informasi terkait ruang meeting yang diinginkan. 

Dan pada kenyataanya itu tidak mudah, sebab mencari tempat meeting ini saya harus memikirkan banyak hal, Misalnya: apakah tempatnya bagus, harganya sesuai budget atau tidak, apakah mudah diakses dan bukan berada daerah yang rawan macet, apakah tersedia wifi, dan masih ada beberapa alasan lagi yang lumayan bikin semuanya tampak menjadi rumit.

Singkat cerita, akhirnya saya dapat juga tempat meeting yang diinginkan setelah lelah menelphone sana sini hampir seharian. Dan pekerjaan utama  saya hari itu hampir tidak kesentuh gara-gara hanya ngurusin cari tempat meeting, akibatnya saya terpaksa lembur malam itu dan batal datang ke acara ulang tahun teman saya. Hiks! 

Cerita di atas hanya salah satu dari sekian banyak cerita lain yang juga tak kalah menguras tenaga dalam mencari tempat meeting untuk client. Namun kisah seperti yang saya alami ini mungkin tak akan berlaku lagi saat ini, karena sekarang dengan semakin berkembangnya kecanggihan teknologi yang ada membuat segala hal menjadi semakin mudah, termasuk ketika kita ingin mencari tempat meeting, atau pun tempat untuk mengadakan event kini sudah semakin mudah dengan hadirnya SpotQoe.

Apa itu SpotQoe?

SpotQoe adalah sebuah platform online yang hadir memberikan kemudahan untuk mencari, memilih dan melakukan pemesanan tempat meeting, event space dan working space.  Dan SpotQoe.com juga menawarkan beragam ruangan mulai dari hotel, restaurant, coffee shop hingga coworking space terkemuka di Indonesia sehingga memungkinkan kita akan terhubung dengan lebih dari 2.500 ruangan di seluruh Indonesia.

Dan tidak bisa dipungkiri, kehadiran SpotQoe ini lantaran dinilai bahwa kebutuhan akan pemesanan ruang meeting dan event kantor saat ini terus tumbuh, dengan jumlah usaha kecil dan menengah (UKM) yang mencapai 60 juta unit di Indonesia, ditambah dengan tren bekerja dari telecommuter, freelancer dan kalangan pekerja digital nomad, maka dari itu menjadikan SpotQoe sebagai jawaban atas kebutuhan pemesanan ruangan yang mudah dan cepat bagi siapa pun.

SpotQoe.com ini merupakan layanan terbaru dan bagian dari inisiatif e-business PT Astra Graphia Tbk, penyedia layanan printing dan digital terkemuka yang sudah hadir sejak tahun 1976. Maka dengan menghadirkan SpotQoe ini diharapkan akan memberikan kemudahan bagi siapapun untuk semakin gampang menemukan tempat untuk meeting, event ataupun working space dengan mudah. 

Bapak Halim Wahjana  menjelaskan sekilas terkait SpotQoe

Bahkan Bapak Halim Wahjana selaku Komisaris PT Astragraphia Xprins Indonesia juga mengatakan bahwa “Kehadiran SpotQoe menjadi pelengkap dan menjawab kebutuhan pasar atas pemesanan ruangan untuk meeting maupun event. Kami akan terus mendorong inovasi lain di dalam bisnis perusahaan.”

Beliau pun menuturkan bahwa sebenarnya transformasi digital ini merupakan bagian dari visi perusahaan AXI untuk mengakselerasikan bisnis di era digital yang sangat dinamis ini. Maka diharapkan dengan hadirnya inovasi seperti ini karena ingin memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggannya.

Hal ini dibuktikan dengan secara konsisten PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) telah menghadirkan berbagai inovasi yang tiada henti, seperti AXIQoe.com yang merupakan layanan e-commerce B2B dan B2G terdepan di Indonesia, PrintQoe.com merupakan layanan online printing B2B dan B2G pertama di Indonesia, dan CourierQoe sebagai platform online distribusi dan logistik, membuktikan digital transformasi yang disiapkan berjalan pada track yang telah ditentukan.  

Tujuan dari Lahirnya SpotQoe

Kehadiran SpotQoe menjadi pelengkap dari inovasi yang sudah dilakukan oleh AXI di atas, terutama untuk menunjang aktivitas dan kegiatan perkantoran yang membutuhkan ruang untuk meeting ataupun tempat untuk mengadakan event-event sehingga menunjang perjalanan bisnis ke arah yang jauh lebih baik.

Selain itu, kehadiran SpotQoe juga diharapkan akan menjadi solusi bagi pemilik tempat untuk memasarkan ruangan-ruangan yang dimiliki dan juga memudahkan para pelaku bisnis untuk menemukan tempat meeting atau tempat event untuk menunjang kegiatan bisnisnya yang bisa diakses dengan cepat dan mudah karena sudah berbasis online.
SpotQoe solusi untuk mencari tempat meeting dan tempat event di indonesia
Talkshow tujuan dan manfaat SpotQoe bagi owner psace ataupun customer yang mencari sewa ruang meeting dan sewa ruang event - (Kiri - Kanan) MC, Bapak Hari Ananto - Ibu Nita Janita - Bapak Maulana Yusran
Hal itu senada dengan yang diungkapkan oleh Bapak Hari Ananto selaku Head of SpotQoe pun mengungkapkan bahwa spotQoe diluncurkan guna menjadi solusi atas tantangan bisnis yang ada saat ini yang bergerak cukup pesat dari tahun ke tahun. 

Dan berdasarkan hasil market research yang dilakukan secara secara indepent oleh AXI, ternyata ada empat isu utama dalam industri pemesanan ruangan secara online ini, baik dari penyedia ruangan maupun dari segi konsumen, yaitu:
  • Penyedia ruangan sudah semakin banyak namun penggunaan ruang masih belum maksimal.
  • Prosedur pemesanan ruangan terbiasa dilakukan secara manual sehingga memakan waktu yang lama.
  • Aset perusahaan yang dirasa tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan karyawannya untuk melaksanakan aktivitas bisnis seperti meeting dan event.
  • Berkembangnya tren mobile worker di era digital dimana karyawan perusahaan berkeinginan untuk dapat bekerja dari mana saja agar lebih produktif
Selain itu, tidak bisa kita pungkiri bahwa saat ini tren industri MICE juga terus bertumbuh dan tren pelaku bisnis yang melakukan kerja secara remote didukung juga oleh penetrasi penggunaan internet dan mobile phone Indonesia yang terus meningkat. Bahkan We are Social juga menyebutkan setidaknya ada 132.7 juta orang melakukan aktivitas online.

Bahkan riset dari Zug IWG (International Workspace group) yang merupakan lembaga riset Swiss pun juga pernah melakukan survey kepada 18.000 pelaku bisnis di 96 perusahaan di seluruh dunia dan menyebutkan bahwa secara global 70% pelaku bisnis melakukan pekerjaan mereka secara remote setidaknya satu minggu sekali dan 53% melakukannya separuh minggu.

Melihat fakta ini, maka kehadiran SpotQoe dengan dukungan 2.500 space yang sudah tersebar di kota-kota besar Indonesia, diharapkan menjadikan SpotQoe sebagai penyedia meeting space dan event space terbesar di Indonesia sesuai dengan tagline-nya yaitu Connecting Space.

Ya, kehadiran SpotQoe diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi pelaku bisnis yang memiliki keterbatasan waktu dalam mencari, membandingkan, memilih dan melakukan pemesanan space serta membantu para pemilik tempat seperti hotel, restoran, dan coworking space untuk memperluas jangkauan pasar dan memaksimalkan tingkat penggunaan dari ruang yang ditawarkan.

Bahkan Ibu Nita Janita Ekaniana yang merupakan Regional Marketing & Communication Manager Archipelago International yang juga menjadi salah satu partner dari SpotQoe ini merasa optimis dengan kehadiran SpotQoe ini. 

Ibu Nita menuturkan bahwa “Kami yakin bahwa platform SpotQoe akan menjadi solusi bagi Archipelago International dalam mendapatkan pasar yang lebih luas. Bagi kami, bekerjasama dengan SpotQoe akan memberikan keuntungan dari segi strategi marketing serta promosi. Tentunya kami berharap, melalui SpotQoe pemesanan di hotel-hotel dibawah manajemen Archipelago  International juga bisa terus meningkat.”

Hal itu juga yang diungkapkan oleh Bapak Maulana Yusran yang meupakan Wakil Ketua Umum Organisasi Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) bahwa kehadiran SpotQoe ini merupakan solusi yang bagus bagi para pemilik hotel dan restaurant uuntuk memperluas jangkauan pasar dan target pelanggannya.

Untuk itu, SpotQoe berkomitmen untuk menjadi penyedia solusi pemesanan bagi para pemilik tempat dan pelaku bisnis agar semakin mudah berkolaborasi. Dan melalui platform ini tersedia berbagai ruangan untuk kebutuhan event, meeting dan bahkan bekerja yang bisa dipesan sesuai kebutuhan pelaku bisnis secara mudah dan cepat. 

Keuntungan Menggunakan SpotQoe

Jadi sudah sangat jelas ya bahwa pada dasarnya kehadiran SpotQoe itu untuk memberikan kemudahan bagi dua sisi, baik untuk para pemilik tempat dan juga pelaku bisnis yang akan sama-sama dimudahkan dan juga diuntungkan.
SpotQoe memudahkan mencari tempat meeting dan tempat event di indonesia
SpotQoe bukan hanya berguna bagi pemilik tempat tetapi juga memudahkan kita untuk mencari dan sewa tempat meeting dan tempat event
Bahkan asyiknya dari kehadiran SpotQoe ini yaitu tidak menghadirkan transaction fee tetapi dilakukan pembayaran direct yaitu pembayaran langsung dari pelaku bisnis kepada pemilik space atau space owner, maka dengan cara ini merchant dapat memaintenace revenue yang masuk dan seterusnya.

Dan tidak bisa dipungkiri kehadiran SpotQoe ini bisa juga menjadi alternatif tambahan bagi pemilik tempat atau space owner untuk membuka tratrategi penjualan ruang meeting ataupun ruang event dengan mudah dan praktis.

Sedangkan dari sisi customer kehadiran SpotQoe ini memberikan beberapa manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Memberikan cara pemesanan ruang meeting atau ruang event dengan mudah, karena sudah berbasis online sehingga kita bisa melakukan pemesanan ruang meeting event atau kerja dengan cepat dari mana saja.
  • Menyediakan ruang publik untuk meeting, event atau ruang kerja di lebih dari 2.500 ruangan dengan lebih dari 400 merchants yang tersebar di ribuan titik di seluruh Indonesia dan jumlah ini kemungkinan akan terus bertambah seiring waktu. 
  •  Memberikan beragam pilihan jenis ruangan yang bervariasi diantaranya hotel, restaurant, cafe hingga coworking space serta ruang publik lainnya yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan kita.
  • Asyiknya lagi kita bisa membandingkan harga antara tempat yang satu dengan yang lain dengan cepat dan dalam waktu bersamaan. 
  • Aplikasi ini juga memudahkan kita bisa mencari tempat meeting atau event berdasarkan:  Lokasi, Tipe tempat yang kita inginkan (meeting room, Coworking Space, Event Space), Durasi (Jam-jaman, setengah hari, full satu hari, bulanan) dan juga berdasarkan harga dari yang terendah sampai yang tertinggi. 
  • SpotQoe juga didukung oleh customer service yang responsif sehingga akan siap membantu bila kita membutuhkan bantuan.
  • Dan dari sisi harga, ternyata konsumen bisa mendapatkan harga yang lebih menarik dari corporate rate.
Jadi buat teman-teman yang punya usaha seperti hotel, restaurant, coworking space dan sejenis tidak ada salahnya bergabung dengan SpotQoe ini karena peluang untuk memajukan bisnis teman-teman mungkin salah satunya bisa dilakukan dengan hadir sebagai partner dari SpotQoe ini.

Dan buat kita sebagai konsumen, menurut saya kehadiran SpotQoe ini akan membantu bangat supaya kita supaya bisa cepat mendapatkan tempat buat meeting ataupun event dalam aktu yang cepat, mudah dan tidak pake ribet. 

Cara Menggunakan SpotQoe

SpotQoe sewa ruang meeting dan sewa ruang event dengan mudah dan cepat
Menggunakan SpotQoe itu mudah kok, bisa dari website juga aplikasi yang di download dari smartphone

Nah buat teman-teman yang ingin menggunakan SpotQoe ini untuk mencari dan sewa tempat buat meeting, sewa ruang event ataupun ruang kerja ternyata caranya sangat gampang kok, yaitu sebagai berikut:
  • Petama kita bisa membuka website www.spotqoe.com ataupun buka aplikasi SpotQoe dari smartphone kita.
  • Kemudian isi kriteria lokasi, jenis dan kapasitas space pada kolom yang sudah tersedia
  • Lakukan registrasi dengan mengetikkan nama, email serta nomor telepon yang bisa dihubungi 
  • Lalu pilih space yang diinginkan dari daftar hasil pencarian
  • Masukan informasi tanggal penggunaan space
  • Selain itu, kita juga bisa masukan tambahan fasilitas dan tambahan pemesanan makanan jika memang diperlukan 
  • Kemudian pilih tombol order untuk masuk ke halaman check out 
  •  Lakukan pengecekan kembali untuk memastikan detil pesanan space dan check out
  • Setelah itu konfirmasi pesanan space akan dikirim ke email kita.
Nah nanti saat kita akan menggunakan ruangan yang sudah kita pesan, kita hanya perlu menunjukkan email konfirmasi yang sudah kita terima tersebut, lalu selanjutnya petugas dari merchant tersebut akan memverifikasi pesanan kita dan ruangan langsung bisa kita gunakan deh. 

Gimana, gampang bangatkan teman-teman? Butuh ruang meeting atau ruang event, SpotQoe aja solusinya!


25 comments:

  1. Salam kenal.. Lengkap sekali ulasannya. Semakin banyak platform sejenis yang terus tumbuh, semoga saja Semakin memudahkan masyarakat dalam mencari ruang untuk berbagai keperluan.

    Sementara saya belum sempat nulis Spotqoe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mas Hendra :)

      Iya Mas, semoga bermanaat tulisan ini. Benar Mas, bagus juga ya kehadiran aplikasi seperti SpotQoe ini sangat memudahkan kita mencari ruang meetiing, event atau kerja dengan mudah ya :)

      Semangaaat Mas :)

      Delete
  2. Wah semakin canggih saja era digital saat ini, pesan tempat meeting pun skrg sdh memakai platform Online ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Rita, semakin praktis dan nggak pake ribet lagi ya sekarang :)

      Delete
  3. Menarik juga nih SpotQue, BosQue..Mencari ruang pertemuan dan ruang kerja jadi ada pilihan baru lagi.apalagi disertai berbagai kemudahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, SpotQoe sangat membantu kita untuk cepat menemukan tempat meeting, event ataupun tempat untuk kerja dengan cepat dan praktis :)

      Delete
  4. Nah banyak tempat buat meet yang menarik ya tapi nggak banyak yang tahu ada dimana. Nice info kak ternyata ada aplikasi juga buat memudahkan mencarinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Gita, jadi tidak perlu pusing telphon satu per satu lagi, cukup cari lewat aplikasi SpotQoe jauh lebih cepat dan irit biaya :)

      Delete
  5. Baru tahu ada Spotqoe. Pasti terbayang lebih nyaman, dan santai untuk mengerjakan proyek dan meeting ya. Pemesanan yang mudah bakal jadi nilai plus nih. Secara semua sudah pada digital, pengennya yang serba segera dan nyaman ya...

    ReplyDelete
  6. SpotQoe ini kayak market place khusus untuk co-working space bukan ya ?
    Keren banget ya zaman sekarang mau cari tempat meeting aja sudah bisa dilakukan via smartphone, aplikasinya tinggal download. Semoga sukses untuk SpotQoe.

    ReplyDelete
  7. Meeting jaman now mudah ya mas. Enggak perlu keluar ke sana kemari, tinggal klik dari lepi atau hape aja, kita pun udah bisa memesan tempat meeting. Keren banget lah inovasinya Spotqoe!

    ReplyDelete
  8. Keren ya sudah punya aplikasi tinggal pilih ruangannya. Ini mah aplikasi meeting jaman now ya.

    ReplyDelete
  9. Kalau banyak slot ruang meeting seperti, acara buat meeting maupun gathering kecil nggak bingung lagi carinya

    ReplyDelete
  10. Semakin mudah y mas awan spotque ngga perlu muter2 cari tempat tinghl klik ada semua hemat waktu

    ReplyDelete
  11. Semua serba mobile. Mau pesan tempat meeting juga sudah bisa secara online. Jadi kepikir mau sewain rumah buat tempat meeting nih

    ReplyDelete
  12. Menarik nih tempatnya..sudah ada dimana aja ya SpotQoe ini ka?

    ReplyDelete
  13. Enaknya sekarang, untuk pemilik area juga bisa lebih mudah memasarkan tempatnya ya dan calon pengguna pun bisa lebih cepat dan mudah mencari tempat meeting

    ReplyDelete
  14. makin banyak aja nih aplikasi yang mempermudah pencarian sesuatu..sekarang pencarian working space juga bisa ya..seluruh indonesia juga kah?

    ReplyDelete
  15. Bener banget kak, nyari tempat meeting itu gak semudah nyari tempat makan. Akupun pernah mengalami hal yang sama, bahkan ujungnya kantor keluar budget lebih krn harga sewa meeting room di hotel yg kami pesan lebih mahal dri hotel yg biasanya kami gunakan. Padahal fasilitas sama aja. Huhu..

    Adanya aplikasi Spotqoe bener2 solusi banget .

    ReplyDelete
  16. Bagus ya aplikasinya, jadi ga ribeut gitu kalau mau cari ruang pertemuan.bisa lihat lihat dulu ajrak jauh. Kadang kalau kita ga tau kemana mana, cari referensi ruangan yang baik dipakai pertemuan itu susah banget. TFS ya mas

    ReplyDelete
  17. wah.. keren nih caranya. gak pake ribet ya... hehe. Boleh dicoba deh kalo pas ada acara di daerah skitar situ...

    ReplyDelete
  18. semoga app spotque ini update terus ya karenga bbrp app lain yang hampir sama ini pada gak update.

    ReplyDelete
  19. Adanya ini jadi lebih mudah ya cari tempat meeting, bisa sesuai kebutuhan kita juga.

    ReplyDelete
  20. zaman now emang ruang meeting itu penting banget sih..apa lagi buat ketemu client dsb.

    ReplyDelete
  21. Kayaknya ikut peluncuranya nih Mas Imawan

    ReplyDelete