Berwakaf Semakin Mudah Bersama AXA Mandiri Syariah



Hidup di dunia ini tak ada yang abadi, kita semuanya kelak akan pulang ke kampung akhirat. Untuk itu, sebaiknya kita harus membekali diri kita dengan banyak melakukan amalan baik, sebab segala kemewahan dunia ini nantinya tak ada yang bisa kita bawa mati, dan amal baik tersebut merupakan sebaik-baiknya bekal kita untuk hidup di akhirat nantinya.

Dimana Allah SWT pernah menyebutkan dalam surat Al Hasyr ayat 18 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (masa depan/akhirat) dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan,” (QS: Al Hasyr 18).

Dan berbicara tentang bekal hidup di akhirat ini, sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengumpulkan segala amalan baik, namun kali ini saya ingin membahas tentang amalan baik berupa wakaf. 

Apa itu Wakaf? Jadi menurut Abu Hanifah dan sebagian Ulama Hanafiyah bahwa wakaf itu adalah menahan benda yang statusnya tetap memiliki wakaf, sedangkan yang disedekahkan addalah manfaatnya.

Dan bila selama ini kita mengenal bahwa wakaf itu hanya dengan berupa tanah dan bangunan, akan tetapi, kini kita bisa berwakaf melalui asuransi jiwa loh. Dan salah satu perusahaan yang menyediakan fitur berwakaf melalui asuransi ini adalah AXA Mandiri Syariah.

Berwakaf Bisa Melalui Produk Asuransi AXA Mandiri Syariah

Kemarin (13/05/19) bertempat di Sentral Aljazeerah Epicentrum Walk, Kuningan – Jakarta Selatan, secara resmi PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) unit Syariah melauncing fitur wakaf melalui Asuransi Jiwa Syariah.

Dimana kehadiran fitur wakaf ini merupakan bagian dari upaya AXA Mandiri yang senantiasa berusaha memberikan yang terbaik bagi masyarakat melalui berbagai inovasi dengan mengembangkan produk dan layanan, khususnya dalam unit Syariah.

Jadi, melalui fitur wakaf ini memungkinkan kita untuk berwakaf melalui produk asuransi jiwa syariah dengan mudah. Dan sekaligus diharapkan sebagai jawaban atas isu terkait tingkat literasi dan prefensi masyarakat terhadap produk dan layanan keuangan syariah.
Bapak Handojo menjelaskan bahwa potensi asuransi dan ekonomi syariah terus tumbuh, itu jugalah yang memicu lahirnya wakaf berbasis asuransi jiwa syariah ini
Hal ini juga yang diungkapkan oleh Bapak Handojo G. Kusuma selaku Presiden Direktur AXA Mandiri bahwa saat ini tingkat literasi dan prefensi masyarakat terhadap produk dan layanan keuangan syariah menjadi salah satu isu strategis dalam Roadmap IKNB Syariah Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Diakui oleh beliau bahwa saat ini, ekonomi syariah di Indonesia terus berkembang, potensi bisnis syariah pun terus berkembang, begitu juga dengan industri asuransi terus berkembang. Maka ini saatlah yang dinilai tepat bagi asuransi untuk hadir melalui konsep syariah karena hal ini cocok dengan budaya Indonesia, yaitu saling berbagi, dimana hal ini sesuai juga dengan tagline AXA Mandiri Syariah yakni #BerbagiJadiBerkah.

Bahkan menurut Badan Wakaf Indonesia dalam Indonesia Wakaf Summit 2019 mencatat potensi aset wakaf per tahun mencapai Rp 2.000 triliun dengan luas tanah wakaf mencapai 420 ribu hektar. Terkait potensi wakaf berupa uang tunai, mencapai kisaran Rp 188 triliun per tahun.

Dari fakta tersebut, AXA Mandiri unit syariah berkomitmen untuk berperan aktif mendukung pengembangan pasar asuransi jiwa syariah di Indonesia dengan menghadirkan produk yang inovatif dan juga amanah.

Terlebih kehadiran fitur wakaf ini sudah sesuai dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI No.106/DSN-MUI/X/2016 tentang wakaf Manfaat Asuransi dan Manfaat Investasi pada Asuransi Jiwa Syariah, yang mengatur ketentuan wakaf pada Asuransi Jiwa Syariah bagi masyarakat. 

Lebih lanjut Bapak Handojo menjelaskan bahwa AXA Mandiri percaya, fitur terbaru ini menjadi pilihan yang menarik untuk masyarakat. Tidak hanya memberikan manfaat proteksi dan perencanaan keuangan sesuai prinsip syariah, namun melalui fitur wakaf, nasabah juga diberi kemudahan beramal yang akan bermanfaat bagi sesama dan sebagai sarana mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.
Bapak Anton menjelaskan bahwa BSM siap mendukung fitur wakaf yang diluncurkan oleh AXA Mandiri Syarih ini
Dan diakui oleh Bapak Anton Sukarna selaku SERV Distribution and Service Bank Syariah Mandiri mengungkapkan bahwa ”Kami mendukung inisiatif ini, khususnya sebagai bagian dari Mandiri Group, kami selalu siap bersinergi dengan perusahaan anak lainnya. Terlebih lagi sinergi yang membawa kebaikan dan keberkahan bagi umat, seperti fitur Wakaf AXA Mandiri unit Syariah ini.”

Bahkan Beliau juga mengakui bahwa Bank Syariah Mandiri ini merupakan salah satu mitra penjualan produk-produk AXA Syariah. Dan peluncuran fitur wakaf hari ini sejalan juga dengan situs jadiberkah.id yang baru-baru ini diluncurkan juga oleh Bank Syariah Mandiri.

Jadi AXA meluncurkan produk asuransi berbasis wakaf, dan Bank Syariah Mandiri (BSM) juga meluncurkan situs yang juga berbasis wakaf. Jadi, melalui platform ini, kami ingin mempertemukan antara orang yang berwakaf dan penyalur / penerima wakafnya, sehingga diharapakan dengan hadirnya hal semacam ini akan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin berwakaf.

Lebih lanjut Pak Anton mengungkapkan, bawah berdasarkan hasil survey pada nasabah BSM, bahwa pilihan berbasis syariah itu lebih banyak dipilih oleh nasabah perorangan, bukan perusahaan. Jadi, bisa dibilang, konsep syariah ini memang ditujukan bagi individu karena sesuai dengan orientasi kebanyakan individu yang bukan hanya tertuju pada keuntungan dunia, tapi juga sebagai amalan ibadah sampai ke akhirat. 

Maka dengan begitu, kehadiran fitur wakaf ini selain merupakan wujud nyata komitmen AXA Mandiri unit Syariah dalam membantu nasabah yang ingin menjalankan ibadah amal jariyah, namun juga sejalan dengan tujuan perusahaan yaitu “Empower all Indonesians to Live Better Lives”. Hal ini juga tentunya selaras dengan wakaf yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum terutama bagi masyarakat yang kurang mampu.

Alasan Wakaf melalui Produk AXA Mandiri Syariah

Di atas sudah dijelaskan sedikit bahwa manfaat Wakaf melalui asuransi jiwa syariah yang merpakan produk AXA Mandiri Syariah ini bukan hanya sebagai bekal hidup di dunia, namun juga sebagai amal jariyah hingga akhirat kelak.
Ibu Srikandi Utami menjelaskan bahwa perencanaan keuangan syariah itu diperlukan setidaknya untuk dua hal, yaitu mengantisipasi risiko dan merencanakan masa depan
Namun lebih jelasnya, Ibu Srikandi Utami selaku Chief of Sharia AXA Mandiri menjelaskan bahwa Solusi Perlindungan dengan alokasi dana untuk WAKAF memiliki tiga kelebihan utama, yaitu:
  1. Memberikan manfaat asuransi yang menyeluruh,
  2. Memaksimalkan perencanaan keuangan yang tepat untuk memastikan manfaat perlindungan bagi keluarga/ahli waris di masa depan,
  3. Menyediakan fitur wakaf secara sistematis untuk membantu sesama sesuai dengan prinsip syariah.
Namun selain itu, ada beberapa alasan lain kenapa kita harus memilih berwakaf melalui Produk AXA Mandiri Syariah, yaitu:
  1. Amanah dan Profesional yaitu Dana Wakaf AXA Mandiri unit Syariah akan dikelola secara amanah, profesional dan transparan dengan diawasi oleh Badan Wakaf Indonesia (BWI) untuk memberikan kepercayaan lebih dan memastikan dana yang diwakafkan bermanfaat secara optimal dan berkelanjutan.
  2. Wakaf pasti yaitu Dengan produk Solusi Perlindungan ini nasabah berkesempatan untuk mendapat perlindungan asuransi dan sekaligus berwakaf sebesar maksimal 45% dari santunan asuransi serta 30% dari jumlah manfaat investasi nasabah yang dapat diwakafkan.
  3. Menyiapkan santunan asuransi dan beramal yaitu pemegang polis membeli polis asuransi yariah untuk memberikan Sunatunan Asuransi bagi keluarga dan Dana Wakaf sebagai amal jariyah bagi penerima manfaat.
  4. Investasi akhirat yaitu pemegang polis dan wakif menabur amal jariyah saat hidup maupun setelah meninggal. Manfaat yang berlipat itu menjadi amal jariyah wakif yang terus mengalir meski sudah meninggal sehingga bisa menjadi bekal di akhirat.
  5. Membantu orang lain yaitu dana wakaf ini akan mampu membantu mewujudkan niat mulia nasabah untuk membantu kessejahteran masyarakat yang kurang mampu, baik untuk keperluan ibadah maupun perekonomian.
Jadi fitur wakaf ini menjadi salah satu bentuk komitmen kami untuk memberdayakan masyarakat Indonesia agar menjalani kehidupan yang lebih baik melalui inovasi solusi perlindungan yang memenuhi setiap tahapan kehidupan masyarakat.

Jadi sudah sangat jelas bahwa kehadiran fitur wakaf ini benar-benar memberikan banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, baik bagi diri kita sendiri dan orang lain saat hidup di dunia, maupun saat kita meninggal dunia bisa menjadi amal jariyah.

Cara berwakaf melalui produk Asuransi AXA Mandiri Syariah

Mungkin setelah membaca serangkaian cerita di atas, maka teman-teman ada yang langsung bertanya-tanya dan ingin tahu tentang bagaimana sih cara untuk berwakaf melalui produk Asuransi AXA Mandiri Syariah ini? 

Dan diakui oleh Ibu Srikandi Utami bahwa “Selain dapat berwakaf, Wakif juga tetap dapat menerima santunan asuransi. Nasabah dapat memperoleh produk ini melalui jalur distribusi AXA Mandiri unit Syariah melalui perbankan (bancassurance) di seluruh cabang Bank Syariah Mandiri.”

Nah, untuk teman-teman yang ingin ikut berwakaf, maka AXA Mandiri unit Syariah memiliki rangkaian produk yang lengkap untuk nasabah lokal, diantaranya: Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah dan Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera Syariah.
Secara resmi fitur wakaf melalui asuransi syariah AXA Mandiri Syariah ditandai dengan pemukulan rebana secara serentak seperti ini
Oh iya, produk asuransi syariah ini berbasis wakaf ini tidak hanya ditujukan untuk umat islam saja, namun teman-teman dari agama lain juga bisa memilih produk ini agar bisa sekaligus berbagi untuk sesama masyarakat yang membutuhkan.

Dan produk asuransi syariah ini bisa dipasarkan tidak hanya kepada nasabah Bank Syariah Mandiri yang berjumlah sekitar 5,5 juta orang tapi juga masyarakat umum. Namun juga didukung oleh 765 kantor cabang di seluruh Indonesia, bahkan Bank Syariah Mandiri siap menjadi mitra yang menghubungkan produk AXA Mandiri unit Syariah dengan nasabahnya, sebagaimana yang telah berlangsung selama beberapa tahun terakhir.

Dan cara untuk berwakaf melalui produk Asuransi AXA Mandiri Syariah ini sangat mudah loh, dimana kita hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut ini untuk memulai berwakaf dengan produk Asuransi AXA Mandiri Syariah, yaitu:
  1. Pemegang polis mengisi Surat Permintaan Asuransi Jiwa Syariah (SPAJS)
  2. Pemegang polis dan termeslahat (“Wakif”) akan menandatangani perjanjian wakaf
  3. Pemegang polis dapat memilih dan menunjuk salah satu lembaga wakaf mitra AXA Mandiri Syariah (Nazhir).
  4. Apalagi peserta meninggal dunia, maka AXA Mandiri Syariah akan mewakili wakif untuk menyerahkan dana wakaf dan melaksanakan wakaf kepada nazhir yang ditunjuk.
Penandatanganan kerja sama antara AXA Mandiri dengan Dompet Dhuafa dan Mandiri Amal Insani
Dan dalam menjalankan wakaf ini, AXA Mandiri unit Syariah didukung oleh lembaga wakaf yang terpercaya di Indonesia yakni Dompet Dhuafa dan Mandiri Amal Insani untuk mengelola dan menyalurkan dana wakaf para nasabah dan menghibahkan sebagian manfaatnya untuk kesejahteraan umat, khususnya dalam inisiatif pembangunan Masjid, Rumah Sakit serta tempat pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang kurang mampu.

Selain berkomitmen untuk mengembangkan produk asuransi syariah, AXA Mandiri unit Syariah juga secara berkelanjutan akan melakukan literasi dan edukasi mengenai manfaat asuransi syariah kepada masyarakat. 

Dimana bentuk nyata perusahaan dijalankan secara rutin bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk mengadakan kegiatan literasi dan edukasi kepada kaum muslim di Indonesia melalui program “Satu Juta Umat Mandiri” yang telah mengedukasi para dai dan daiah di berbagai kota besar di Indonesia ini, agar dapat terus berlanjut dan berkontribusi terhadap peningkatan dan perluasan literasi keuangan yang dikelola secara syariah dan mampu meningkatkan penetrasi asuransi syariah di Indonesia.

Jadi, kini bagi kita yang ingin berwakaf tidak lagi susah ya teman-teman, karena sekarang kita bisa dengan mudah memanfaatkan fitur wakaf melalui asuransi jiwa syariah dari AXA Mandiri Syariah ini untuk bermanfaat bagi sesama dan menyiapkan amal jariyah untuk menuju kampung akhirat.

Saatnya berwakaf, 
Berwakaf itu mudah, 
Berwakaf itu bahagia dunia - akhirat!

14 comments:

  1. Sekarang mak sdh ngga ragu lagi utk berasuransi.Apalagi saat ini ada produk asuransi yg bs sekaligus berwakaf. Dunianya dpt, akheratpun dpt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Maak, ini bagus buat kita untuk punya bekal untuk hidup di dunia terlebih nanti di akhirat.

      Delete
  2. Ternyata berwakaf bukan hanya dengan tanah ya, selama ini aku masih cuek Mas dengan asuransi, tapi setelah aku tahu produk asuransi syariah AXA ini aku jadi tertarik karena bisa sekaligus beramal tuk akhirat nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mba Uci sekarang berwakaf bukan hanya dengan tanah atau bangunan tapi bisa lewat asuransi juga. Jadi jangan cuek lagi ya sama aduransi supaya bisa sekalian berwakaf. hehehe

      Delete
  3. Berarti wakaf nggak harus berupa masjid atau tanah kosong lagi, ya. Makin mudah, nih. Setelah baca ini aku jadi pengen wakaf.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mba Nunik, sekarang berwakah bisa melalui asuransi jiwa syariah, jadi makin mudah ya.

      Delete
  4. Peluncuran ini bisa memberikan masyarakat peluang dalam menebar kebaikan ya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, menabar kebaikan bagi sesama dan juga sebagai bekal untuk hidup di akhirat kelak.

      Delete
  5. Bener kak, baca ulasanmu ini aku makin paham deh bahwa investasi itu ga meluli soal dunia tapi juga akhirat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar kak, investasi akhirat perlu juga kita lakukan sebagai bekal karena hidup di akhirat lebih kekal nantinya.

      Delete
  6. Alhamdulillah ya sekarang ada fitur wakaf pada Asuransi AXA Mandiri Syariah, jadi siapa saja bisa berwakaf.

    ReplyDelete
  7. Fitur wakaf ini memang membantu juga untuk membantu kita agar mudah memutuskan berwakaf dengan menggunakan AXA Mandiri

    ReplyDelete
  8. Sekarang yang berbasis syariah sudah banyak yang dipilih sama masyarakat ya Kaa, jadi pas banged siy hadirnya program wakaf ini.

    ReplyDelete
  9. Iya benar-benar memudahkannya, wan. Siapa saja Insaallah jadi bisa berwakaf kalau begini

    ReplyDelete