AXA Mandiri Syariah Ikut Berkontribusi Dalam Pembangunan Khadijah Learning Center



Hidup kita di dunia ini hanya sementara, maka dari itu, kita pun harus mempunyai persiapan yang baik untuk kehidupan yang kekal di akhirat kelak. Sebab segala kemewahan dunia tak akan pernah bisa kita bawa mati, kecuali amal ibadah kita.

Nabi Muhammad SAW bersabda “Apabila anak cucu Adam itu mati, maka terputuslah semua amalnya, kecuali tiga perkara, yaitu: shodaqoh jariyah, anak yang sholeh yang memohon ampun untuknya (ibu dan bapaknya) dan ilmu yang berguna setelahnya.” (Diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra).

Untuk memiliki ketiga perkara ini, tentu kita harus mempersiapkannya dengan baik, karena memang tidak mudah untuk menjalankan ketiga perkara ini, butuh perjuangan dan usaha yang maksimal, karena godaannya juga tak main-main.

Ibu Srikandi Utami menjelaskan bahwa Asuransi AXA Mandiri Syariah memberikan banyak manfaat
Namun kemarin saat berkunjung ke Khadijah Learning Center yang berada di Mekar Jaya, Serpong – Tangerang Selatan ini, saya mendapatkan pencerahan tentang bagaimana meraih shodaqoh jariyah yang dijelaskan oleh Ibu Srikandi Utami selaku Chief of Sharia AXA Mandiri.

Ya, untuk menyiapkan amal jariyah kita bisa melakukannya dengan mudah, salah satu caranya dengan bergabung dengan Asuransi AXA Mandiri Syariah, karena asuransi yang satu ini bukanlah asuransi biasa, karena menawarkan beberapa manfaat sekaligus, baik untuk dunia hingga akhirat.

Dimana dengan bergabung dengan Asuransi AXA Mandiri Syariah ini maka ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan sekaligus, di antaranya:
  • Tolong menolong dengan sesama muslim lainnya (peserta)
  • Menyediakan warisan untuk keluarga
  • Menyediakan dana masa depan sesuai dengan perencanaan keuangan
  • Menumbuhkan rasa kasih sayang kepada sesama muslim / peserta dan pihak-pihak yang terlibat
  • Amal jariyah
Maka dengan adanya Asuransi AXA Mandiri Syariah yang kita miliki, ternyata kita pun bisa menikmati manfaatnya sebagai amalan jariyah, karena sebagian dana kita akan digunakan untuk membantu sesama dan kemaslahatan umat.

Dimana kemarin (24/10/19), saya turut menyaksikan secara langsung PT AXA Mandiri Financial Services Unit Syariah (AXA Mandiri Syariah) yang diwaliki oleh Ibu Srikandi Utami secara simbolis menyerahkan sebagian dana surplus underwriting kepada Dompet Dhuafa yang diterima oleh Bapak Yuniarko selaku Direktur Mobilisasi Wakaf Dompet Dhuafa.
AXA Mandiri Syariah menyerahkan bantuan sebanyak 300 juta secara simbolis kepada Dompet Dhuafa
Ya, penyerahan dana surplus underwriting yang diserahkan oleh PT AXA Mandiri Financial Services Unit Syariah (AXA Mandiri Syariah) kepada Dompet Dhuafa ini bertujuan untuk membantu pengadaan ruang pelatihan keterampilan kecantikan beserta fasilitasnya di Khadijah Learning Center.

Untuk itu, Ibu Srikandi Utami dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa,”Tentunya kami berharap bahwa dana surplus underwriting ini dapat digunakan secara optimal untuk membantu mengembangkan keterampilan kaum dhuafa perempuan agar dapat mencapai potensi maksimalnya.”

Lebih lanjut Beliau pun menuuturkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk nyata kontribusi AXA Mandiri Syariah dalam pengembangan masyarakat, yang juga sejalan dengan tujuan perusahaan, yakni memberdayakan masyarakat agar memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Dan hal ini bukan yang pertama dilakukan oleh PT AXA Mandiri Financial Services Unit Syariah (AXA Mandiri Syariah), belum lama ini pun, AXA Mandiri Syariah juga menyerahkan sebagian dana surplus underwriting kepada Islamic Dakwah Fund (IDF) pada bulan September yang lalu.

AXA Mandiri Syariah pada tahun 2018 lalu juga telah memberikan perlindungan kepada masyarakat Indonesia melalui lebih dari 58 ribu polis asuransi. Sedangkan dari sisi pendapatan kontribusi, di tahun 2018 AXA Mandiri Syariah mencatatkan pendapatan kontribusi sebesar lebih dari Rp 464 miliar. 

Diakui oleh Ibu Srikandi bahwa “Melalui jumlah polis asuransi yang tercatat sepanjang tahun 2018 lalu, AXA Mandiri Syariah optimis akan senantiasa memperbarui kualitas dan layanan kami, serta meningkatkan literasi dan edukasi terkait asuransi, sehingga akan semakin banyak masyarakat yang terlindungi.”
Pembangunan Khadijah Learning Center sebagai wadah pemberdayaan kaum perempuan
Kini, AXA Mandiri Syariah menyerahkan bantuan kepada Dompet Dhuafa untuk Khadijah Learning Center yang akan menjadi pusat pendidikan wirausaha di bawah pengelolaan Dompet Dhuafa yang khusus memberikan pelatihan keterampilan bagi kaum dhuafa perempuan di daerah Tangerang Selatan dan sekitarnya. 

Dan diakui oleh Ibu Srikandi bahwa menurut data terbaru Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tangerang tahun 2018 menyatakan bahwa jumlah penduduk prasejahtera kota Tangerang masih tinggi, yakni mencapai lebih dari 923 ribu jiwa. 

Dan untuk mengentaskan hal tersebut, maka pemerintah berupaya dengan melakukan program pemberdayaan masyarakat pedesaan dan pesisir, pemberian modal dan pendampingan kepada masyarakat dan bantuan pangan non-tunai (BNPT). 

Maka dari itu, AXA Mandiri Syariah pun turut berkontribusi secara aktif terhadap upaya pemberdayaan masyarakat tersebut dan berharap agar pengadaan ruang pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi dan kualitas hidup para kaum dhuafa, khususnya kaum dhuafa perempuan, sehingga dapat sukses dan mandiri secara finansial.

Untuk itu, Khadijah Learning Center ini akan menyediakan fasilitas ruang kelas keterampilan kecantikan, yang akan digunakan untuk melatih peserta didik agar mahir merias wajah hingga menata rambut. Pelatihan lain bagi kaum dhuafa perempuan tersedia mulai dari kelas keterampilan memasak, kerajinan tangan, tata busana, hingga keterampilan mengasuh lansia.

Dimana keberadaan Khadijah Learning Center ini akan menampung kaum perempuan yang putus sekolah, perempuan korban kekerasan, serta kaum Muslimah yang ingin memperdalam agama dan mengembangkan kemampuan berwirausaha.

Sungguh kehadiran Khadijah Learning Center ini tujuannya sungguh mulia ya, semoga saja nantinya semakin banyak kaum perempuan yang akan terbantu melalui wadah ini sehingga para perempuan bisa semakin mandiri melalui wirausaha dan semakin sejahtera hidupnya.
Bapak Yuniarko menyampaikan apresiiasinya kepada AXA Mandiri Syariah dan para nasabahnya atas sumbangan yang disalurkan melaluui Dompat Dhuafa
Dan atas bantuan ini, maka Bapak Yuniarko selaku Direktur Mobilisasi Wakaf Dompet Dhuafa menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada AXA Mandiri Syariah dan para nasabahnya dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

”Kami sangat mengapresiasi dan akan terus mendukung inisiatif AXA Mandiri Syariah dalam memajukan kualitas hidup masyarakat dan akan memanfaatkan bantuan yang diberikan dengan sebaik-baiknya demi kemaslahatan umat khususnya kaum dhuafa di Indonesia.” Ujar Bapak Yuniarko.

Dan ternyata inisiatif pengadaan ruang pelatihan kecantikan ini merupakan kelanjutan dari rangkaian kegiatan penyaluran sebagian dana surplus underwriting AXA Mandiri Syariah tahun 2018 sejumlah lebih dari Rp. 876 juta yang telah diserahkan secara simbolik kepada BAZNAS pada bulan September lalu. 

Kemudian dana tersebut disalurkan melalui BAZNAS kepada tiga lembaga pengelola zakat, infaq dan sadaqah yakni Islamic Dakwah Fund (IDF) untuk pembangunan hunian sementara bagi para Dai di Palu, Mandiri Amal Insani untuk pengadaan air bersih di beberapa wilayah di Indonesia dan Dompet Dhuafa untuk pembangunan komplek pendidikan wirausaha khusus kaum dhuafa.

Ya, apa yang dilakukan oleh AXA Mandiri Syariah melalui berbagai macam produk asuransi Syariah, seperti Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah dan Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera Syariah telah memenuhi kebutuhan perlindungan yang tentunya bebas dari riba bagi keluarga muslim. 

Dan Ibu Srikandi menegaskan bahwa “Selain meningkatkan pelayanan dan pilihan perlindungan, kami juga terus mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya memiliki asuransi. Dengan demikian kami berharap bahwa semakin banyak masyarakat yang memahami pentingnya memiliki asuransi, maka akan lebih banyak keluarga Indonesia yang terlindungi.”

Jadi, pada dasarnya kini memiliki asuransi AXA Mandiri Syariah bukan saja memberikan perlindungan saat kita hidup di dunia, namun juga sebagai amal jariyah saat nanti kita di akhirat melalui berbagai bantuan dana kita yang disalurkan oleh AXA Mandiri Syariah seperti untuk membanun Khadijah Learning Center ini.

Ya, dengan dimanfaatkannya Khadijah Learning Center untuk membantu sesama, tentu dana seluruh nasabah AXA Mandiri Syariah yang terlibat dalam pembanguunan ini akan bernilai sebagai amal jariyah yang pahalanya akan terus mengalir hingga akhirat kelak.

Jadi ini menunjukan kepada kita, bahwa asuransi AXA Mandiri Syariah benar-benar bisa menjadi investasi masa depan yang baik, tak akan membuat kita merugi, karena manfaatnya bisa kita rasakan di dunia hingga di akhirat kelak. Mudah-mudahan. Aamiin...


1 comment:

  1. investasi dunia akhirat...mantap ya! sekarang makin banyak asuransi dan produk keuangan syariah!

    ReplyDelete