Liburan Seru dari Pulau Bidadari Hingga Atlantis



Bagi saya traveling sejenak di sela aktivitas itu perlu banget, supaya hidup ini tak terasa selalu monoton yang itu itu saja. Iya dong, membosankan banget rasanya kalo waktu kita hanya digunakan untuk kerja melulu, berlibur juga diperlukan agar hidup ini terasa lebih berwarna. 

Saya pernah baca di sebuah situs online, bahwa pergi berlibur sejenak itu sangat bagus untuk kesehatan kita loh. Bahkan dikatakan kalo orang yang senang traveling itu jauh dari stress, pikiran kita jadi lebih fresh sehingga lebih kreatif dan semangat saat kembali bekerja.

Dan saya setuju dengan hal itu. Makanya saya pun selalu menyempatkan diri untuk pergi traveling walau hanya sejenak. Ya, tidak perlu pergi jauh-jauh, cukup yang dekat saja, yang penting kita benar-benar bisa menikmati liburan tersebut dengan senang hati dan rasa suka cita.

Dan beberapa waktu yang lalu, saya memutuskan pergi berlibur bersama teman-teman saya dari Kamadig, dan kami memilih destinasi berlibur masih di sekitaran kota Jakarta. Dimana tujuan kami adalah berlibur di Ancol Taman Impian yang terletak di utara Kota Jakarta.

Ya, Ancol Taman Impian layak menjadi tujuan wissata, karena di sini menghadirkan berbagai atraksi wisata dengan berbagai tema yang bisa kita pilih sesuai keinginan kita. Sebut saja ada Dunia Fantasi, water park Atlantis Water Adventure, edutainment park Ocean Dream Samudra, Oceanarium Sea World Ancol, taman terbuka hijau Allianz Ecopark dan berbagai atraksi menarik lainnya. 

Namun selain semua destinasi rekreasi tersebut, Ancol juga menjadi "Stay cation, One Stop Holiday" karena telah menyiapkan fasilitas bermalam yang eksotis dan merupakan satu-satunya yang langsung berada di pinggir pantai serta resort yang berada di Kepulauan Seribu. Kedua penginapan ini tentu bisa menjadi pilihan untuk staycation yang menyenangkan untuk berlibur bersama keluarga atau pun bersama teman-teman.

Dan berhubung liburan kami ini waktunya tidak panjang, hanya dua hari satu malam saja, maka kami akhirnya hanya memilih beberapa destinasi berlibur di kawasan Ancol ini, di antaranya mengeskplore Pulau Bidadari, Mengujungi Pasar Seni, Bermalam di Putri Duyung Resort, dan bermain air sepuasnya di Atlantis.

Mengunjungi Pulau Bidadari

Pulau Bidadari, namanya begitu tersohor, namun baru kali ini saya akhirnya bisa menginjakan kaki di pulau nan cantik ini. Ya, saya dan rombongan berangkat dari Pelabuhan Marina Ancol menggunakan kapal cepat, dan ternyata jarak tempuhnya lumayan cepat, sekitar 20 menit saja sudah sampai di sini.
Pulau Bidadari menawarkan pemandangan indah dengan suasana yang tenang
Kedatangan kami disambut dengan begitu meriah oleh pihak Pulau Bidadari Resort, ada persembahan tarian penyambutan bernuansa Betawi disertai penyalaan petasan, dan juga kami disuguhkan minuman bir pletok dingin sebagai welcome drinknya. Sungguh penyambutan yang menyenangkan. :)

Selanjutnya kami diajak keliling mengitari Pulau Bidadari, dan ternyata banyak hal menarik yang saya temui di sini. Bukan hanya suasana pulau yang tenang dan asri, namun di sini juga ada banggunan bersejarah, yaitu benteng Menara Martello yang di bangun sekitar abad XIX yang digunakan untuk mengawasi dan melindingi pulau onrust pada masa itu.
Benteng Martello di Pulau Bidadari
Meski yang tersisa hanya bagian dasar dari benteng Martello ini, namun tampak benteng ini dulu didesain dengan sangat baik, terlihat dari kontruksi bangunannya yang memiliki pondasi yang begitu kuat dengan beberapa kerangka bangunan yang tampak sangat kokoh.

Selain itu, yang juga saya suka dari pulau seluas 6 hektar ini adalah banyak sekali spot foto yang bagus-bagus, sepertinya hampir di semua lokasi memiliki daya pikat untuk dijadikan lokasi foto-foto. Makanya kalo ke sini siapin batrai kameranya full bila kalian senang mengabadikan banyak moment. Hehehe
Banyak spot foto bagus di Pulau Bidadari
Dan di pulau ini tersedia tempat menginap berupa cottage dengan beragam ukuran dan model bangunannya. Ada yang berkapasitas untuk 2 orang, 4 orang, 6 orang hingga 24 orang pun tersedia di sini dengan total ada 43 Cottage dengan harga yang bervariasi bagi yang ingin bermalam di sini.
Beberapa contoh cottage di Pulau Bidadari
Dimana cottage di Pulau Bidadari ini mengusung konsep “Gateway To Batavia” yang kental dengan unsur budaya Jakarta tempo dulu dan dipadukan dengan teknologi sehingga membuat kita yang menginap di sini bisa merasakan nuansa masa lampau namun tetap nyaman dengan dukungan fasilitas, seperti kamar berAC, wifi, Water heater shower.

Selain itu, di Pulau Bidadari ini juga menyajikan banyak paket perjalanan wisata yang tentunya memanjakan wisatawan diantaranya adalah One Day Tour, Island Hopping (Kelor, Khayangan, Onrust), Snorkeling, bersepeda, banana boat, jetski, kano, dan sejumlah aktivitas lainnya seperti memancing dan berenang di pantai.

Jadi buat teman-teman yang membutuhkan liburan yang seru tetapi tidak jauh dari Jakarta maka bisa memilih berlibur di Pulau Bidadari yang indah ini. Tak perlu bermalam juga nggak apa-apa, sebab teman-teman bisa memilih paket One Day Tour hanya 350 ribu per orang yang sudah termasuk biaya kapal, asuransi, welcome drink dan makan siang. Asyik bukan? :)

Menikmati Sore di Pasar Seni Ancol

Usai menikmati keindahan Pulau Bidadari dalam One day tour, maka sore harinya kami diajak untuk menyambangi Pasar Seni di Ancol. Dimana Pasar Seni ini sudah berdiri sejak tahun 1977 dan telah menjadi bukti sejarah yang penting bagi perkembangan seni budaya di Indonesia, khususnya di Jakarta.
Pasar Seni Ancol tampil semakin keren
Dulu, peletakan batu pertama Pasar Seni Ancol ini dilaksanakan di Bulan Juli 1977 oleh Bapak Ali Sadikin yang saat itu menjadi Gubernur DKI Jakarta, dan kemudian diresmikan oleh Gubernur H. Tjokropanolo pada tanggal 17 Desember 1977.

Dimana kehadiran Pasar Seni ini sebagai wujud nyata kepedulian Ancol bagi perkembangan seni budaya Indonesia dan kelangsungan kerja para seniman berbakat di Jakarta. Untuk itu, keberadaan Pasar Seni telah menjadi wadah berkumpul dan lahirnya ide-ide dari tokoh-tokoh seni budaya Indonesia.

Sungguh kepedulian Ancol ini sangat mulia, karena telah mewadahi para seniman dengan meyediakan tempat khusus bagi para seniman untuk berkarya dengan aman, nyaman dan tenang di kawasan yang resmi dan diakui oleh pemerintah ini.
Pasar Seni Ancol di tahun 2019 ini tampil dengan konsep yang berbeda dan kekinian
Dan di tahun 2019 ini, Pasar Seni akan hadir dengan konsep yang baru dengan berbagai konsep menarik supaya Pasar Seni semakin maju, berkembang dan aktif lagi. Untuk itu, ada banyak program yang bisa ditemui di Pasar Seni, seperti ada pameran seni rupa, seni pertunjukan, musik, film, kuliner, forum diskusi, edukasi dan juga untuk menjadi wadah pengembangan insan kreatif Ibu Kota.

Bukan itu saja loh, di Pasar Seni ini juga akan dikembangkan berbagai budaya Betawi sebagai budaya asli Jakarta melalui acara-acara seni budaya dan edukasi bagi para pengunjung yang datang ke sini, sehingga budaya Betawi bisa tetap lestari di zaman modern ini. 

Dengan adanya pembaharuan yang kini dilakukan di Pasar Seni Ancol, maka diharapkan nantinya bisa  menjadi wadah bagi perkembangan seni budaya di Indonesia, sekaligus sebagai titik temu bagi para pelaku seni internasional dari penjuru dunia.
Banyak karya seni yang indah di Pasar Seni Ancol
Selain itu, kini Pasar Seni juga menjadi tempat pendidikan kreatif bagi anak-anak dan keluarga dengan menggalakan program rutin REKREASI setiap hari Sabtu jam 09.00-12.00 dengan biaya hanya Rp. 50.000 (semua kelas) sehingga anak-anak dan keluarga bisa mengikuti berbagai kelas seni dan kerajinan sambil piknik di kawasan Ancol ini. Nah, adapun kelas-kelas yang bisa diikuti di antaranya adalah:
  • Membatik Betawi
  • Merajut
  • DIY Mainan Robot
  • Hand Lettering
  • Mix Media art
  • Kolase
  • Membuat keramik
  • Craft membuat tempat pensil
  • Craft menghias topeng
  • Craft membuat kalung
  • Na├»ve painting
  • Stone painting
  • Grafiti
  • Dan lain sebagainya
Dan kemarin, kami pun saat berkunjung ke Pasar Seni ini sempat mengikuti kelas mewarna ranting dan juga membuat keramik yang merupakan barang kerajinan dari tanah liat. Ternyata sungguh seru mengikuti kelas ini, kita bisa mengekspresikan segala imajinasi kita dalam mewarnai dan membuat keramik sesuai yang kita inginkan.
Belajar mewarnai dan membuat keramik di Pasar Seni Ancol ternyata seru
Menurut saya program-program ini bisa dinikmati oleh semua umur, bukan anak-anak saja, tapi orang dewasa juga bisa loh, jadi ke sini rame-rame bersama keluarga, teman-teman atau pun murid-murid di sekolah pasti akan sangat senang mengikuti rangkaian kelas yang ada di sini.

Dan yang paling menarik juga, di Pasar Seni ini banyak sekali spot foto yang bagus-bagus, hampir di semua sudutnya memiliki lokasi yang bagus buat kita mengabadikan momen seru selama berada di Pasar Seni Ancol ini. Jika penasaran buruan datang dan buktikan sendiri ya guys. :)

Bermalam di Putri Duyung Resort

Selama ini, saya main ke Ancol belum pernah mampir ke Putri Duyung Resort, apalagi menginap di sana. Dan Alhamdulillah banget kemarin akhirnya saya bisa juga bermalam di Putri Duyung Resort yang ada di kawasan Ancol Taman Impian ini.

Yups, Putri Duyung Resort Ancol ini memiliki 131 unit cottage dengan berbagai ukuran dan kapasitas yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Dan kebetulan saya menginap di Cottage Kerang No. 3 dengan tipe kamar Deluxe Suite berkapasitas dua orang yang luas ini.
Cottage Kerang di Putri Duyung Resort Ancol
Bukan hanya luas dan berAC, kamar ini sangat bersih dan didukung oleh berbagai fasilitas yang sangat lengkap. Seperti kamar tidur yang bersih, kamar tamu yang besar, kamar mandi dengan fasilitas mandi yang lengap, lemari pakaian dan laci-laci yang banyak, televisi yang bisa diputar-putar, meja rias yang besar, tersedia kulkas dan juga dispenser disertai teh dan kopi sachet yang bisa digunakan untuk membuat minuman panas atau dingin sesuka hati.   

Selain itu, yang saya juga suka saat menginap di sini adalah karena banyak sekali colokan listrik, ada di berbagai sudut, termasuk di sisi tempat tidur, sehingga kita tidak akan rebutan colokan saat handphone atau laptop kita kehabisan batrainya.
Kamarnya nyaman dengan fasilitas yang lengkap
Dan yang paling saya suka saat menginap di Putri Duyung Ancol ini adalah view yang ditawarkannya, dimana kamar yang kami tempati memiliki view yang langsung menghadap ke laut, sehingga memberikan pemandangan yang indah setiap kali kita berdiri di dekat jendela kamar.  

Selain itu, saat menginap di sini kita pun akan mendapatkan breakfast dengan beragam menu yang enak-enak yang bisa dinikmati sepuasnya. Mulai dari aneka buah segar, kue-kue enak, bubur, sereal, dan aneka menu makanan berat dengan lauk yang sangat beragam. Benar-benar puas deh.
Beberapa fasilitas yang ada di Putri Duyung Resort
Kemudian, kita pun bisa menikmati berbagai fasilitas seperti New pirates ship kiddy pool yang merupakan kolam renang dengan konsep kapal bajak laut bagi anak-anak, New infinity pool dengan view laut, playground bagi anak-anak, sepeda gratis, tempat bermain basket, dan juga board games park secara cuma-cuma.

Jadi sungguh sangat membahagiakan sekali bermalam di Putri Duyung Resort ini, karena kita benar-benar dimanja dengan segala fasilitas dan suasana yang menyenangkan, sehingga membuat kita bisa merasakan berlibur dan menginap yang seru di sini.

Main air sepuasnya di Atlantis

Siapa yang senang bermain air? saya yakin pasti banyak yang senang basah-basahan, termasuk saya akan langsung ngacung jika ditanya demikian. Iya, bermain air sambil mandi itu seru banget loh. Dan kemarin saya dan teman-teman saya menutup acara liburan kami dengan bermain air sepuasnya di Atlantis Water Adventures.
Bermain air sepuasnya di Atlantis
Yups, Atlantis Water Adventures merupakan sebuah kawasan permainan air yang berada di kawasan Ancol. dimana kawasan ini diresmikan pada tanggal 28 Juni 1974 oleh Gubernur DKI Jakarta Bapak Let.Jend Marinir Ali Sadikin pada masa itu. 

Dimana kawasan Atlantis Water Adventures ini dibangun di atas lahan seluas 7 hektar dengan mengusung konsep peradaban dan kota-kota kuno di wilayah Mediterania yang lenyap akibat letusan gunung api dan gempa bumi.
Atlantis didesain dengan konsep kota kuno di Mediterania namun dikelilingi tumbuhan hijau yang rimbun
Makanya saat bermain air di sini, kita akan disuguhkan kawasan dengan nuansa kota kuno namun sejuk, karena banyak pepohonan yang rimbun di kawasan ini. Selain itu, di sini kita pun akan diajak untuk merasakan petualangan ke dunia yang hilang dengan mengarungi sembilan jenis kolam dan ragam permainan wahana yang menyenangkan sekaligus juga menantang.

Yups, di sini ada wahana Asthatirta, Apollo Pool, Elephant Pool, Dragon Slide, Antile River, Crazy ‘The Highest Longest Slide’, Dragon Race, Skybox dan Poseidon Wave yang menawarkan sensasi bermain air dengan tantangan dan keseruan yang berbeda-beda. Semua layak dicoba supaya tidak penasaran. hehehe
Beberapa contoh wahana yang ada di Atlantis ini
Dan berkunjung ke kawasan Atlantis Water Adventures ini semakin seru karena sudah didukung oleh berbagai fasilitas yang lengkap, seperti: toilet, mushola, ruang bilas (pria/wanita), ruang shower, tempat makan, toko souvenir, serta ada penyewaan ban bagi pengunjung yang tidak bisa berenang, dan juga tersedia loket untuk penitipkan barang.

Nah, untuk menikmati segala wahana yang ada di Atlantis Water Adventure ini kita hanya bayar tiket masuknya sebesar Rp. 94.000 untuk weekday, dan Rp. 150.000 untuk weekend. Namun perlu diingat untuk weekday dibuka mulai jam : 08:00 - 18:00 WIB, sedangkan weekend dibuka lebih awal mulai 07:00 - 18:00 WIB.

Sedikit saran saja buat teman-teman yang mau main ke sini, pastikan menggunakan pakaian renang yang nyaman supaya bisa menjajal berbagai wahana yang ada. Selain itu, untuk bermain di sini sebaiknya datang saat weekday dan hadir lebih awal saja agar bisa lebih menikmati semua wahana yang ada di sini sepuasnya.

*****

Yeeey sungguh liburan yang sangat menyenangkan. Untuk itu, saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang terlibat dalam liburan seru yang kami nikmati ini, terutama kepada Kamadig, Pulau Bidadari, Pasar Seni, Putri Duyung Resort, dan juga Atlantis Water Adventures yang sudah menciptakan liburan singkat yang seru namun sangat berkesan.

Semoga di lain waktu segala keseruan ini bisa diulang lagi. Sampai jumpa kembali! :)   

No comments:

Post a Comment