Bayar Belanjaan Semakin Cepat dan Aman dengan Visa Contactless



Setiap di penghujung akhir bulan, saya pribadi kerap pergi ke supermarket untuk berbelanja bulanan, berbagai kebutuhan pribadi hingga rumah tangga akan saya beli untuk memenuhi berbagai kebutuhan keluarga selama sebulan ke depan.

Ya, kegiatan belanja bulanan ini sekaligus sebagai ajang jalan-jalan dan refreshing, maka tak heran saya bisa betah berlama-lama menjajal rak demi rak produk yang ada, mulai dari memang mencari produk yang saya butuhkan, sampai hanya sekadar kepoin berbagai produk yang terlihat unik dan lucu yang ada.

Namun kemarin, saya baru merasakan bagaimana rasanya berbelanja yang terburu-buru, benar-benar tak ada santainya sama sekali, justeru saya selama belanja merasa tegang dan panik, saya benar-benar diuber-uber waktu yang sangat singkat untuk mendapatkan berbagai barang yang saya butuhkan, maklum saya lagi mengikuti Shopping Race Challenge.
     

Shopping Race Challenge

Jujur, mengikuti ajang shopping race challenge seperti ini baru saya rasakan sekali seumur hidup saya. Asli, kegiatan ini benar-benar memompa jantung berdetak lebih cepat, dan rasa panik benar-benar tdak bisa ditawan, lantaran waktu yang tak pernah bisa diajak kompromi untuk berhenti meski sejenak.

Jadi, kemarin (28/09), saya bersama lima blogger lain diundang oleh PT Visa Worldwide Indonesia untuk mengikuti ajang shopping race challenge ini. Dimana kami berenam dibagi menjadi tiga kelompok untuk saling beradu belanja dalam ajang shopping race challenge yang berlangsung di Transmart Carrefour Cempaka Putih – Jakarta Pusat.
Tim 2: Saya & Mba Ruri mengikuti shopping race challenge yang seru bangat
Kebetulan untuk menyelesaikan tantangan shopping race challenge ini, saya satu tim dengan Mba Ruri. Ya, namanya juga challengce maka sudah pasti ada tantangannya. Nah, dalam shopping race challenge ini, kami ditantang untuk mencari berbagai barang dengan beberapa kriteria berikut ini.
  • Membeli bahan-bahan untuk mempersiapkan sarapan sehat
  • Membelikan hadiah ulang tahun pernikahan untuk orang tua
  • Membelikan kado ulang tahun untuk sepupu yang berusia 12 tahun
  • Memelikan sesuatu barang untuk memanjakan diri sendiri
Jadi, kami ditantang untuk mencari beragam produk dengan empat kriteria di atas dalam kurun waktu yang singkat, kami hanya dikasih waktu maksimal 10 menit untuk berbelanja, namun total belanja tidak boleh lebih dari Rp500 ribu rupiah.

Melihat kriteria produk yang harus dicari di atas terasa sangat mudah, namun pada kenyataannya benar-benar sulit, selain karena harus berpacu dengan waktu, kami juga harus benar-benar memikirkan harga dan relevansi dari berbagai barang yang kami pilih harus sesuai dengan fungsi yang diberikan.  

Alhamdulillah, kami bisa menyelesaikan pembelian produk sesuai dengan waktu yang ditentukan, pas 10 menit kami sudah di depan kasir. Namun, kami benar-benar dibuat dag-dig-dug selama petugas kasirnya menghitung jumlah belanjaan kami, takut jumlah belanjaan kami melebihi total Rp500 ribu.

Dan benar saja, total belanjaan kami melebihi dari lima ratus ribu rupiah, yaitu Rp504.100 jika saya tidak salah ingat. Hiks! Namun sebenarnya, tim kami yang kelebihan belanjanya paling sedikit dibandingkan kedua tim lainnya loh. tapi tetap saja, kami semua dinilai gagal. :D
Alhamdulillah tim kami juara 2 Shopping race challenge
Setelah selesai belanja maka setiap tim harus mempresentasikan barang belanjaannya di depan juri, apakah setiap barang benar-benar bisa mewakili empat kriteria barang yang tadi diminta oleh panitia atau tidak. Dan Alhasil, tim kami berhasil meraih juara dua. Alhamdulillah. :)

Namun yang paling menarik selama acara shopping race challenge ini adalah saat kami membayar belanjaan, dimana kami bisa dengan cepat, mudah dan aman membayar belanjaan tanpa keribetan sama sekali karena kami menggunakan Visa Contactless.

Apa itu VISA Contactless?

Visa Contactless cukup sekali tap - Credit by express.co.uk
Visa Contactless adalah metode pembayaran dengan menggunakan kartu khusus berlogo Visa yang sudah didukung dengan teknologi pembayaran contactless sehingga memungkinkan kita untuk bisa bertransaksi lebih cepat, aman dan nyaman.
 
Dengan menggunakan Visa contactless maka kita hanya perlu “tap” kartu Visa tanpa perlu menggesekkan kartu pada mesin EDC (Electronic Data Capture), memberikan PIN atau pun membubuhkan tanda tangan saat berbelanja.

Diakui oleh Bapak Kelvin Tanu Utomo selaku Director Consumer Product & Digital Solutions Visa yang mengungkapkan bahwa bahwa Visa contactless menggunakan teknologi wireless jarak dekat, sehingga memungkinkan kita tab kartu dengan jarak 4cm pada mesin EDC dengan waktu kurang dari 0,5 detik untuk membaca kartu.
Bapak Kelvin Tahu Utomo selaku Director Consumer Product & Digital Solutions Visa Indonesia
Bapak Kelvin menjelaskan bahwa menggunakan Visa Contactless itu cukup cepat, aman dan nyaman
Meskipun sangat mudah untuk digunakan, namun Visa contactlesss ini tetap terjamin keamanannya. Selain karena kartu nggak berpindah tangan saat bertransaksi, platform Visa contactless ini juga sudah menggunakan teknologi chip khusus untuk mencegah penipuan dengan cara duplikasi kartu, selain itu chip akan melindungi data-data dan keamanan transaksi yang kita lakukan.

Selain itu, untuk penggunaan Visa contactlesss dengan nilai transaksi di atas Rp1.000.000 maka baru kita perlu membutuhkan tanda tangan atau PIN untuk transaksi tersebut, sehingga uang kita akan tetap terjaga.

Melihat hal ini, saya pribadi sangat suka dengan kehadiran Visa contactlass ini, karena metode pembayaran seperti ini saya rasa memang jauh lebih mudah dan praktis sehingga waktu tidak terbuang percuma lantaran kelamaan di kasir karena proses pembayaran yang ribet.

Manfaat Menggunakan VISA Contactless

Dan seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju dan modern seperti sekarang, maka tuntutan gaya hidup dengan segala hal yang serba mudah, cepat, dan praktis memang selalu diminati oleh masyarakat, begitu pun dengan inovasi pembayaran berbasis non tunai ini.

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, Visa contactless hadir sebagai solusi penggunaan uang digital yang lebih praktis. Selain itu juga sebagai upaya dalam menunjang terciptanya masyarakat non-tunai, sehingga perlahan tapi pasti masyarakat akan beralih pada penggunaan uang tunai ke non-tunai dalam bertransaksi.
Kini pergi belanja tidak perlu repot bawa banyak uang tunai, cukup dengan Visa Contactless saja
Dan Bapak Kelvin mengungkapkan bahwa saat ini, semakin banyak masyarakat Indonesia yang memiliki akses terhadap pembayaran non tunai sehingga kini banyak yang semakin percaya diri bepergian tanpa tunai.

Hal ini juga didukung oleh hasil studi Consumer Payment Attitudes 2018 yang dirilis Visa dengan melibatkan delapan negara di Asia Tenggara, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filiphina, Myanmar, Kamboja dan juga Indonesia pada beberapa tahun belakangan, terakhir tahun 2017 silam.

Dimana kriteria respondent yang terlibat dalam studi ini merupakan pria dan wanita yang berusia 18-65 tahun dengan penghasilan pribadi bulanan di atas Rp3 juta per bulan dengan total respondent sebanyak 4.000 orang dari total delapan negara tersebut.

Dari hasil studi tersebut menunjukkan jumlah konsumen yang melek digital semakin bertumbuh di Asia Tenggara dan mengindikasikan masyarakat Indonesia semakin menyadari manfaat pembayaran non tunai dan tertarik dengan masa depan tanpa tunai, sehingga mayoritas masyarakat Indonesia terlihat semakin siap untuk menghadapi masa depan tanpa tunai.

“77% masyarakat Indonesia memperkirakan akan semakin sering menggunakan pembayaran non tunai dalam jangka waktu 12 bulan ke depan, dan 41% meyakini bahwa Indonesia akan mewujudkan masyarakat tanpa tunai dalam kurun waktu tiga tahun.” *Studi Visa Consumer Payment Attitudes

Melihat hasil studi tersebut, saya pribadi pun menilai bahwa kehadiran pembayaran non tunai memang akan menjadi pilihan yang banyak digemari oleh masyarakat. Ya, seperti hadirnya Visa contactless ini menjadi sesuatu hal yang menarik karena mampu memberikan kemudahan dan juga keamanan bagi kita saat berbelanja.
Pembayraan belanjaan semakin cepat, aman dan nyaman dengan Visa Contactless

Dan setelah kemarin saya mencoba sendiri membayar balanjaan menggunakan metode Visa Contactless ini, maka ada beberapa manfaat yang saya rasakan, yaitu sebagai berikut:

1.       Mempercepat proses pembayaran saat belanja
Kehadiran metode contactless pada fitur Visa contactless memungkinkan proses membayar belanjaan di kasir jauh lebih cepat dan praktis. Kita hanya perlu tap kartu, tak perlu membuang waktu untuk memasukkan PIN atau tanda tangan pada bukti pembayaran, kecuali untuk nilai transaksi lebih dari Rp 1 juta. Praktis bukan?

Maka dengan semakin cepatnya proses pembayaran ini tentu akan mengurangi antrian yang panjang di kasir. Hal ini tentu menyenangkan baik bagi kita sebagai pembeli maupun pihak penjual dalam bertransaksi, karena waktu bisa dimanfaatkan sebaik mungkin, tanpa harus terbuang percuma hanya sekadar menunggu antrian.

2.       Transaksi lebih aman
Meskipun kartu Visa contactless memberikan kemudahan, namun prosedur keamanannya sangat diperhatikan bangat. Untuk itu, Visa contactless sudah dilengkapi dengan strip magnetik dan chip berantena mikro yang hanya bisa terbaca oleh mesin pembaca kartu khusus sehingga berbelanja menggunakan Visa contactless dijamin aman.

Ya, dengan hadirnya Visa contactless ini, maka keamanan bertransaksi tak hanya pada fisik kartu saja, tetapi juga pada proses transaksinya, sehingga bisa dikatakan bahwa keamanan Visa contactless ini berlapis loh.

Dan untuk transaksinya sendiri juga lebih aman, karena setiap kita berbelanja dengan nilai transaksi kurang dari Rp 1 juta, maka kita hanya perlu menempelkan kartu pada mesin EDC yang tersedia. Namun, apabila nilai transaksi lebih dari Rp 1 juta, maka kita akan diminta untuk memasukkan PIN atau membubuhkan tanda tangan pada bukti pembayaran sebagai salah satu cara menjamin keamanan kita bertransaksi.

3.       Mengurangi kerepotan membawa uang tunai
Membawa uang tunai dalam jumlah cukup banyak ketika ingin berbalanja tentu sangat merepotkan. Selain itu, membawa uang dalam jumlah banyak juga berisiko tidak aman, karena bisa mengundang tindak kejahatan seperti copet bahkan rampok.

Maka dengan adanya kartu Visa contactless ini, dompet kita akan terasa lebih ringan, karena tak perlu menyimpan dan membawa banyak uang tunai yang banyak lagi. Bukan hanya itu saja, dengan kita menggunakan kartu Visa contactless maka kita tidak perlu kerepotan dalam membayar dengan uang pas saat belanja, dan juga tidak diribetkan untuk menghitung uang kembalian karena takut kasir salah hitung.

Kehadiran metode pembayaran dengan Visa Contactless ini sangat menyenangkan karena memang lebih mudah dan cepat. Meskipun begitu, kita tetap nggak boleh lengah dalam menjaga kartu Visa contactless yang kita punya dari kemungkinan penyalahgunaan kartu tersebut.

Nah, jika kartu Visa contactless kita tiba-tiba hilang atau dicuri, maka kita harus segera melaporkannya ke Bank yang menerbitkan kartu Visa Contactless tersebut untuk melakukan proses pemblokiran agar kartu kita tidak disalahgunakan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

Cara  Mendapatkan Visa Contactless

Melihat manfaat yang ditawarkan oleh Visa Contactless ini maka saya pun percaya banyak orang yang tertarik untuk menggunakan metode pembayaran ini dalam melakukan berbagai transaksi belanja karena memang jauh lebih praktis.

Nah, mungkin banyak yang masih bertanya, bagaimana sih cara mendapatkan kartu Visa contactless ini? jadi buat teman-teman yang ingin punya kartu Visa contactless ini, maka bisa langsung menghubungi Bank-Bank yang bekerjasama dengan Visa seperti Bank Mandiri, BNI, Bank Mega, Jenius, Standard Chartered, dan lain sebagainya  untuk membuatnya.

Sebab, pembuatannya bukan lewat Visa, sebab pada dasarnya Visa bukanlah penerbit kartu kredit, bukan juga bank atau pemberi pinjaman. Namun Visa sendiri merupakan perusahaan teknologi pembayaran global yang menghubungkan konsumen, pelaku usaha, institusi keuangan, dan pemerintah di lebih dari 200 negara dan teritori dengan menyediakan layanan pembayaran elektronik sehingga tak lagi menggunakan tunai ataupun cek.
Buat teman-teman yang ingin punya kartu Visa Contactless juga bisa lengsung menghubungi bank terdekat
Dimana penggunakan Visa Contactless ini bukan hanya berlaku dalam negeri saja, namun juga hingga ke luar negeri, selama marchent tempat kita berbelanja sudah menggunakan metode pembayaran yang juga sudah menerapkan teknologi Visa contactless ini.

Dan diakui oleh Bapak Kelvin bahwa Visa berkomitmen untuk selalu menghadirkan teknologi pembayaran dan keamanan digital terbaru, baik seperti Visa Contactless sekarang ini, bahkan juga akan menghadirkan Visa Token Service, agar kita sebagai konsumen dan pelaku usaha di Indonesia dapat semakin percaya diri saat bertransaksi. 

Fyi, Visa Token Service merupakan teknologi terbaru dari Visa yang menggantikan informasi pemegang akun yang sensistif, seperti 16 digit nomor kartu dengan token dari pencuri, penipu atau pun hacker. Dan Visa Token Service ini mendukung transaksi online, in-store, dan mobile in-app.

Ya, kehadiran berbagai inovasi yang berikan oleh Visa ini, tentu saja sejalan dengan visi dari Visa itu sendiri yang ingin menjadi cara yang terbaik untuk membayar dan dibayar bagi siapa pun dan di mana pun sehingga membuat hidup kita semakin mudah pastinya. 

Jadi, buat teman-teman yang pengen bertansaksi yang cepat, aman dan nyaman sudah saatnya mengguunakan Visa contactless. Cukup sekali tap, bayar belanjaan langsung kelar seketika. Everywhare you want to be. Happy Shopping! :) 


No comments:

Post a Comment