ASUS Meluncurkan Zenbook SPACE EDITION Bertema Luar Angkasa


Pada zaman sekarang, di era teknologi yang terus berkembang pesat ini, keberadaan laptop seakan tidak bisa dipisahkan dari aktivitas sehari-hari, bahkan laptop sudah menjadi bagian dari kebutuhan hidup masyarakat masa kini, terutama untuk urusan bekerja dan juga belajar.

Maka dari itu, tidak heran bila dari hari ke hari, permintaan masyarakat akan laptop pun semakin banyak, seiring dengan semakin banyaknya masyarakat yang mulai menggantungkan banyak kegiatannya menggunakan laptop, baik untuk bekerja, belajar hingga menikmati hiburan.

Dan menanggapi kebutuhan masyarakat akan ketersediaan laptop yang canggih serta mampu memenuhi berbagai keinginan masyarakat ini, maka ASUS tidak pernah berhenti untuk terus menghadirkan berbagai inovasi untuk menciptakan laptop berkualitas terbaik,  termasuk dengan menghadirkan laptop yang mengusung tema luar angkasa.


ASUS Meluncurkan Laptop Bertema Luar Angkasa

Baru-baru ini, tepatnya pada tanggal 15 September 2022 kemarin, ASUS secara resmi kembali meluncurkan produk laptop inovasi terbarunya, yaitu Zenbook 14X OLED SPACE EDITION (Zenbook SPACE EDITION) di Indonesia yang bertempat di The Ballroom Djakarta Theater – Jakarta Pusat.

Jujur, saya pribadi belum pernah dengar ada laptop yang mengusung konsep bertemakan luar angkasa seperti ini. Maka ketika mendapat kesempatan untuk bisa hadir pada acara peluncuran laptop Zenbook 14X OLED SPACE EDITION ini saya sangat antusias banget.

Dan benar saja, sejak awal masuk, desain tempat acaranya pun disulap ala luar angkasa, sehingga mempu menghadirkan atmosfir yang sangat unik dan berbeda bagi para undangan yang hadir, kita seolah diajak untuk menikmati nuansa luar angkasa yang menarik.

Desain dari pintu masuk hingga ruang acara peluncuran laptop ini bertema luar angkasa

Ya, desain tema acara ini sejalan dengan tujuan diluncurkannya laptop Zenbook 14X OLED SPACE EDITION untuk memperingati 25 tahun laptop pertama ASUS yang berhasil terpilih sebagai perangkat pendukung di stasiun luar angkasa.

Jadi ceritanya, pada tahun 1997 laptop pertama ASUS P6300 lahir, kemudian pada satu tahun setelahnya, yaitu di tahun 1998, laptop ASUS ini terpilih sebagai perangkat pendukung untuk misi yang digunakan di stasiun luar angkasa MIR.

Dalam misi tersebut, ternyata laptop ASUS ini mampu bertahan di lingkungan gravitasi mikro yang penuh dengan radiasi kosmik selama 600 hari tanpa masalah. Makanya, laptop P6300 ini dapat dikatakan sebagai tonggak sejarah bagi ASUS yang hingga saat ini terus mengedepankan inovasi serta kualitas di setiap produknya.

Kehadiran laptop Zenbook Space Edition ini untuk memperingati 25 tahun laptop ASUS yang berhasil dibawa ke luar angkasa

Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Bapak Jimmy Lin selaku Regional Director ASUS Southeast Asia bahwa “Zenbook SPACE EDITION bukan sembarang laptop, melainkan sebuah perangkat edisi spesial yang hadir untuk memperingati 25 tahun laptop pertama ASUS yang berhasil dipilih sebagai perangkat pendukung di stasiun luar angkasa selama 600 hari.”

Maka dari itu, kehadiran laptop Zenbook SPACE EDITION ini benar-benar dibuat dengan sangat spesial, karena laptop ini sekaligus menjadi bukti konsistensi ASUS terhadap inovasi serta kualitas laptop terbaik untuk menunjang berbagai aktivitas penggunanya.

Dan ada banyak keistimewaan yang dihadirkan dalam laptop Zenbook 14X OLED SPACE EDITION ini sehingga membuatnya mampu bekerja secara prima karena dibekali dengan beragam spesifikasi unggulan yang mempuni.


Spesifikasi Unggulan Zenbook 14X OLED SPACE EDITION

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa laptop Zenbook SPACE EDITION ini adalah produk yang sangat spesial dan juga merupakan perangkat monumental yang sudah dibekali fungsi, teknologi, fitur, serta durabilitas terbaik di kelasnya.

Hal ini juga yang diungkapkan oleh Rizky Febian dan juga Tasya Kamila yang hadir dalam acara peluncuran ini. Dimana mereka berdua sebelumnya sudah mencoba menjajal laptop Zenbook 14X OLED SPACE EDITION ini terlebih dulu untuk mendukung berbagai kegiatan mereka.

Laptop ini memiliki banyak keunggulan yang bisa menunjang segala aktivitas penggunanya 

Dimana kehadiran laptop Zenbook 14X OLED SPACE EDITION ini mampu menawarkan banyak keunggulan menarik yang bisa memudahkan segala aktivitas penggunanya dalam berbagai situasi dan kondisi apapun nantinya.

Nah, berikut ini beberapa keunggulan dari laptop Zenbook 14X OLED SPACE EDITION yang sangat mencuri perhatian saya, yaitu sebagai berikut:

1. Memiliki desain kotak serbaguna dan ramah lingkungan
Berbeda dari kemasan laptop pada umumnya, kehadiran laptop Zenbook 14X OLED SPACE EDITION ini dibekali dengan kotak penjualan yang sudah didesain dengan sangat istimewa sehingga pada saat kita unboxing laptop ini, maka kita akan menemukan berbagai keunikan yang seru.

Menariknya lagi, desain kotak kemasan ini juga mengedepankan konsep daur ulang sehingga ramah lingkungan, bahkan kotak kemasan Zenbook SPACE EDITION ini dapat digunakan oleh penggunanya sebagai kotak untuk penyimpan charger dan juga sebagai penyangga laptop sekaligus.

Laptop ini memiliki desain kotak serbaguna dan dilengkapi dengan beragam pernak-pernik eksklusif - Foto by ASUS

Selain itu, Zenbook SPACE EDITION ini juga hadir dengan beragam pernak-pernik eksklusif yang membuatnya semakin sempurna, seperti ASUS Pen 2.0 untuk memaksimalkan fitur touchscreen-nya, serta laptop sleeve dengan desain antariksa yang unik.


2. Memiliki bodi yang ringan namun tangguh
Kehadiran laptop Zenbook SPACE EDITION ini benar-benar spesial, hal ini terlihat juga dari tampilan desain bodi laptop ini, dibuat menggunakan bahan aluminium berbalut warna eksklusif Zero-G Titanium seperti halnya yang digunakan pada desain stasiun luar angkasa serta dilengkapi ukiran kode morse yang memiliki arti khusus.

Dan sebagai refleksi sebuah wahana antariksa yang tangguh, Zenbook SPACE EDITION sendiri dibalut oleh bodi berbahan aluminium yang tangguh serta ringan. Dimana laptop ini hanya memiliki berat sekitar 1.4 kg saja sehingga sangat memudahkan untuk dibawa bepergian.

Menariknya lagi, laptop ini sudah mengantongi sertifikasi ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H). Dan tak hanya itu, Zenbook SPACE EDITION juga menerima sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar US Space System Command (SMC-S-016A). Dimana di dalam sertifikasi tersebut dijelaskan salah satunya bahwa Zenbook SPACE EDITION dapat beroperasi di lingkungan pada suhu -24⁰C hingga 61⁰C, serta tahan terhadap guncangan ekstrim berfrekuensi 20 – 2.000Hz.


3. Memiliki fitur eksklusif bernama ZenVision
Laptop Zenbook SPACE EDITION ini, benar-benar dirancang dengan begitu detail dan canggih. Hal ini terlihat juga dari adanya fitur eksklusif bernama ZenVision yang dipasang pada balik layarnya, sehingga membuat tampilan laptop ini menjadi begitu berbeda dari laptop lainnya.

Jadi, fitur ZenVision ini merupakan layar OLED monochrome yang berukuran 3.5-inci dan berfungsi layaknya jendela pada stasiun luar angkasa yang dapat menampilkan beragam hal seperti status penggunaan, animasi eksklusif, hingga dapat dikustomisasi untuk menampilkan informasi pengguna beserta QR code.

Adanya fitur ZenVision membuat laptop ini tampak makin menarik - Foto by ASUS

Bahkan bisa dibilang, keberadaan fitur ZenVision ini berfungsi sebagai fasilitas untuk menunjukan atau memperkenalkan diri kita sebagai sosok pengguna laptop edisi spesial ini lebih jauh, sehingga membuat Zenbook SPACE EDITION memiliki sentuhan yang semakin personal.


4. Dibekali layar terbaik berteknologi ASUS OLED
Dan juga yang menarik dari laptop Zenbook 14X OLED SPACE EDITION ini karena sudah dibekali layar berteknologi ASUS OLED yang merupakan teknologi layar laptop terbaik yang dapat membuka cakrawala penggunanya tanpa batas.

Ya, layar sentuh Zenbook SPACE EDITION ini sendiri menggunakan resolusi 4K (16:10) dan telah dilengkapi dengan beragam fitur, teknologi serta inovasi sehingga menghasilkan layar yang mampu menampilkan visual dengan warna yang sangat kaya, detail dan akurat.

Hal ini terjadi karena ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. Bahkan ASUS OLED juga mendukung teknologi HDR dan telah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black, sehingga dapat menampilkan kualitas visual dengan warna dan akurasi terbaik, serta mampu menampilkan warna hitam dengan sempurna.

Layar laptop ini menggunakan teknologi ASUS OLED dengan resolusi 4K

Selain itu, layar Zenbook SPACE EDITION ini sudah mendukung 4096 pressure-level, dan dilengkapi dengan fitur ScreenXpert yang inovatif, sehingga membuat pengalaman penggunaan layar sentuh yang lebih interaktif. Ditambah lagi, rasio layar pada Zenbook SPACE EDITION ini dapat menghadirkan ruang kerja lebih luas sehingga penggunanya dapat beraktivitas secara lebih produktif.


5. Layarnya sudah dibekali fitur Eye Care
Bukan hanya gambar yang detail dan akurat saja yang mampu dihadirkan oleh layar laptop ini. Namun ternyata, laptop ini juga sudah dilengkapi fitur eye care yang memungkinkan spektrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata dikurangi secara drastis tanpa mengorbankan kualitas visual.

Makanya, kehadiran inovasi ini ternyata mampu membuat ASUS OLED dapat mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berbahaya untuk kesehatan mata dalam jangka panjang. Terlebih ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker, sehingga laptop ini tidak hanya tangguh, tetapi juga dapat melindungi kesehatan mata penggunanya.


6. Memiliki memori dan prosesor yang gahar
Laptop Zenbook SPACE EDITION ini benar-benar idaman, karena laptop dengan desain modern ini telah ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel® Core™ H-Series yang mengusung prosesor powerful yang biasanya digunakan di laptop gaming.

Dan varian tertingginya menggunakan prosesor 12th Gen Intel® Core™ i9-12900H yang memiliki konfigurasi 14 core dan 20 thread (6 P-core dan 8 E-core) dengan TDP hingga 45W sehingga membuat laptop Zenbook SPACE EDITION dapat tampil sebagai laptop modern yang powerful untuk mendukung berbagai aktivitas penggunanya.

Selain itu, dalam prosesor ini pun sudah terintegrasi chip grafis Intel® Iris® Xe yang dapat menghadirkan performa grafis mumpuni tanpa menguras banyak daya baterai. Bahkan menariknya, Chip grafis ini juga telah dibekali dengan hardware encoding serta berbagai teknologi grafis modern lainnya untuk memenuhi kebutuhan komputasi sehari-hari.

Laptop ini memiliki memori dan prosesor yang canggih - Foto by ASUS

Tak hanya itu, supaya performa laptop ini semakin optimal, maka Zenbook SPACE EDITION ini pun dibekali dengan memori LPDDR5 4800MHz berkapasitas hingga 32GB. Sementara untuk penyimpanan datanya menggunakan PCIe 4.0 SSD berkapasitas 1TB sehingga membuat laptop ini dapat selalu diandalkan untuk berbagai aktivitas, termasuk mampu multitasking serta menjalankan aplikasi yang membutuhkan performa komputasi ekstra secara lebih gesit tanpa waktu loading yang panjang.


7. Memiliki sistem pendingin yang optimal
Laptop SPACE EDITION ini memang dirancang agar mampu bekerja dengan performa yang maksimal dalam berbagai kondisi. Maka dari itu, laptop ini pun dibekali dengan sistem pendinginan khusus yaitu ASUS IceCool Technology.

Nah, sistem pendingin ini memanfaatkan dua kipas serta dua jalur udara keluar untuk mendinginkan semua komponen penting yang ada di dalam laptop ini secara optimal. Keberadaan sistem pendingin ASUS IceCool Technology bukan hanya untuk mendinginkan prosesor saja, namun komponen penting lainnya juga seperti VRM.

Dengan adanya kombinasi spesifikasi hardware yang powerful dan juga didukung oleh sistem pendingin yang mumpuni seperti ini, sehingga membuat Zenbook SPACE EDITION tampil dengan performa yang kencang seperti halnya roket yang mengangkasa.


8. Ditunjang konektivitas yang lengkap
Hadirnya laptop Zenbook SPACE EDITION pun ternyata sudah dibekali dengan fitur penunjang aktivitas komputasi modern, yaitu konektivitas yang lengkap. Dimana laptop ini sudah dilengkapi dengan berbagai port mulai dari USB 3.2 Gen2 Type-A, HDMI 2.1 TMDS, serta 3.5mm combo audio jack dan microSD card reader.

Selain port tersebut, laptop ini juga telah dibekali dengan dua port Thunderbolt™ 4. Dimana port dengan interface USB Type-C tersebut tidak hanya memiliki kecepatan transfer data yang tinggi, tetapi juga mendukung fitur DisplayPort dan USB power delivery yang dapat dihubungkan ke monitor eksternal menggunakan USB Type-C dengan dukungan resolusi hingga 8K.

Bahkan menariknya, laptop Zenbook SPACE EDITION ini tidak akan kesulitan dalam mengisi daya baterainya, karena ternyata daya baterainya dapat diisi menggunakan charger serta power bank USB Type-C sehingga bisa membantu meningkatkan mobilitas penggunanya.


9. Keyboard yang nyaman
Kemunculan laptop Zenbook SPACE EDITION ini tidak hanya tampil dengan desain yang sangat tangguh saja, tetapi juga mampu menghadirkan kenyamanan saat digunakan karena sudah dibekali dengan teknologi keyboard ASUS ErgoSense.

Laptop ini memiliki keyboard ASUS ErgoSense yang nyaman - Foto dari ASUS

Teknologi keyboard ini memang dirancang secara khusus agar aktivitas mengetik menjadi lebih nyaman, karena ASUS ErgoSense memiliki jarak antar tombol yang tepat untuk mengetik, serta tombol permukaannya dirancang agar jari dapat menyentuh secara lebih akurat.

Bahkan, keyboard ASUS ErgoSense juga memiliki jarak tekan yang tepat, yaitu sejauh 1,4mm, sehingga memungkinkan penggunanya bisa mendapatkan pengalaman mengetik terbaik, serta juga memiliki touchpad berukuran besar dengan permukaan yang dirancang khusus agar penggunanya dapat mengontrol laptop ini secara lebih nyaman sekaligus akurat.

Tidak hanya itu, touchpad Zenbook SPACE EDITION juga dilengkapi dengan NumberPad 2.0, yaitu fitur yang memungkinkan touchpad berubah menjadi numpad hanya dengan satu sentuhan. NumberPad 2.0 membuat input angka menjadi lebih mudah pada laptop super ringkas seperti Zenbook SPACE EDITION.

Selain menawarkan beragam keunggulan tersebut, laptop Zenbook 14X OLED SPACE EDITION ini juga dibekali dengan spesifikasi lainnya yang tak kalah menarik seperti ringkasan pada tabel berikut ini. 


Sungguh begitu banyak spesifikasi unggulan yang dihadirkan oleh laptop Zenbook SPACE EDITION ini, sehingga membuatnya benar-benar bisa menjadi laptop idaman bagi setiap orang. Terlebih laptop ini hadir dengan berbagai inovasi terbaru dan futuristik bertemakan luar angkasa yang menakjubkan.


Harga Laptop Zenbook 14X OLED SPACE EDITION

Kehadiran laptop Zenbook 14X OLED SPACE EDITION ini benar-benar didesain dengan sangat baik dalam berbagai aspek melalui berbagai fitur yang dimilikinya seperti yang sudah dijelaskan di atas. Maka tidak heran bila laptop ini menjadi incaran bagi banyak orang, termasuk bagi para blogger, konten kreator, gamers, dan juga pekerja lainnya.


Nah, dengan begitu banyak keunggulan yang ditawarkannya tersebut, maka laptop Zenbook 14X OLED SPACE EDITION ini dibandrol dengan harga seperti berikut ini:
  • Intel® Core™ i9-12900H Processor 2.5 GHz (up to 5.0 GHz, 6P+8E cores) dengan memory 32GB Rp30.999.000
  • Intel® Core™ i7-12700H Processor 2.3 GHz (up to 4.7 GHz, 6P+8E cores) dengan memory 16GB Rp26.999.000
Dan menurut saya, harga tersebut tentulah sepadan dengan begitu banyak keunggulan yang ditawarkannya. Untuk itu, bagi teman-teman yang ingin memiliki laptop Zenbook 14X OLED SPACE EDITION ini, maka bisa segera menghubungi official store dari ASUS Indonesia secepatnya ya, agar bisa mendapatkan laptop futuristik bertema luar angkasa yang merupakan laptop premium edisi spesial ini. :)

No comments:

Post a Comment