Navya Arma - Mobil Listrik Tanpa Supir Hadir di Indonesia


Dulu, tak pernah terbayangkan dalam benak saya bahwa sebuah mobil bisa melaju tanpa supir, saya pikir hal tersebut sangat mustahil bisa terjadi, kecuali hanya ada dalam cerita film-film fiksi semata. Namun siapa yang menyangka, bahwa perkembangan teknologi bisa mewujudkan semua itu menjadi sesuatu yang nyata.

Kini, autonomous electric vehicle ini benar-benar ada, bukan hanya ada luar negeri saja, namun mobil jenis ini pun sudah ada di Indonesia. Dimana mobil otonom berarti kendaraan yang bisa beroperasi tanpa perlu pengemudi. Kendaraan yang dimaksud adalah sebuah mobil listrik bernama Navya Arma.

Kehadiran autonomous electric vehicle seperti ini bagi saya pribadi melihatnya sebagai sesuatu yang luar biasa menarik, menunjukan bahwa perkembangan sistem transportasi cerdas (intelligent transport system) benar-benar telah terwujud di Indonesia. Terlebih pemerintah melalui Kementerian Perhubungan pun telah mendukung hal ini dengan meresmikan kehadiran kendaraan jenis otonom Bernama Navya Arma ini di Indonesia.

Nah, dengan adanya dukungan dari pemerintah seperti ini, tentu ini telah menjadi langkah awal untuk semakin memperkenalkan mobil listrik otonom ini kepada masyarakat luas, yang kelak mungkin akan digunakan sebagai transportasi massal bagi warga Indonesia.

Apalagi kita tahu, bahwa penggunaan kendaraan listrik otonom seperti ini memiliki sejumlah kelebihan jika dibandingkan dengan kendaraan konvensional berbahan bakar fosil. Seperti rendahnya emisi karbon yang dihasilkan sehingga lebih ramah lingkungan, dan juga dapat menurunkan tingkat kecelakaan yang diakibatkan oleh kesalahan manusia, mengurangi kemacetan dan juga lebih tepat waktu.


Spesifikasi Mobil Listrik Otonom Navya Arma

Mobil listrik otonom yang bernama Navya Arma ini sendiri sejatinya merupakan kendaraan buatan perusahaan asal Perancis bernama Navya, dimana perusahaan yang didirikan pada tahun 2014 ini memang fokus pada pengembangan mobil otonom, dan sejauh ini baru Navya Arma yang diproduksi secara massal.

Dan menariknya, kehadiran Navya Arma didesain sebagai kendaraan penumpang dalam bentuk bus namun berukuran mini. Dan bentuknya pun cukup unik dan sangat berbeda dari kendaraan pada umumnya, karena desain kendaraan yang satu ini memiliki tampang yang sama persis untuk bagian depan dan juga bagian belakangnya.

Dengan keunikannya ini, siapa pun yang melihat mobil ini pasti bingung untuk menentukan mana bagian depan dan belakang Navya Arma. Tapi keunikan desain kendaraan ini bukannya tanpa alasan ya, karena kesamaan desain bagian depan dan belakang ini dilakukan lantaran kendaraan ini bisa berjalan maju atau mundur seperti KRL.

Navya Arma memiliki bentuk yang unik namun aman dan nyaman

Selain itu, Navya Arma ini juga dibekali dengan keunikan yang lain, kendaraan otonom ini memiliki radius putar yang sangat kecil, yaitu hanya sekitar 4,5 meter saja, sehingga kendaraan ini bisa bergerak dengan lincah dan juga meliuk-liuk di jalan raya karena keempat roda Navya Arma yang bagian depan dan juga belakang bisa berbelok secara bersamaan loh.

Dan untuk menjalankan mobil ini sendiri menggunakan motor listrik yang bertenaga hingga 25 kW, serta mendapat sokongan daya dari baterai lithium ion berkapasitas 33 kWh, sehingga bila diisi penuh maka kendaraan ini bisa digunakan mencapai 9 jam operasional.

Selain itu, Navya Arma ini juga sudah dilengkapi dengan beragam sensor mulai dari pemanfaatan GPS (Global Positioning System), sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis. Data-data ini kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi, yang tertanam di dalam mobil ini.

Maka dari itu, kendaraan listrik tanpa supir ini mempunyai kemampuan akselerasi, navigasi, hingga dapat mendeteksi kondisi lingkungan sekitar dan marka jalan dengan baik, termasuk mampu mengatur kecepatan kendaraan dan juga bisa menghindari kendaraan-kendaraan lain yang melintas di sekitarnya.

Meskipun tanpa supir, mobil Navya Arma ini bisa melaju dengan aman di jalan raya

Dan untuk kendaraan ini secara dimensi memiliki ukuran 4,7 meter dengan lebar 2,1 meter, dan tinggi 2,6 meter. Sedangkan untuk ukuran kabinnya memiliki kapasitas penumpang hingga sebanyak 15 orang, dengan format 11 penumpang duduk dan 4 penumpang lainnya berdiri.

Untuk setiap kursi sudah dilengkapi dengan safety belt untuk menjaga keselamatan, karena kendaraan ini memiliki kemampuan akselerasi yang cukup powerful, sehingga bila terjadi pengereman mendadak sekalipun, para penumpang yang duduk tetap bisa dalam posisi aman.

Selain itu, suasana dalam kendaraan Navya Arm aini juga sangat nyaman, selain memiliki pencahayaan yang baik melalui jendela-jendelanya yang besar, suhu dalam kabin mobil ini juga sangat adem karena sudah dibekali dengan Air Conditioner (AC).


Cara Naik Navya Arma Mobil Tanpa Supir

Gimana teman-teman, ada yang penasaran dan ingin menaiki Navya Arma mobil tanpa supir ini?

Untuk saat ini, mobil listrik otonom Navya Arma ini belum digunakan sebagai angkutan perkotaan secara luas ya, sebab utilisasinya masih dalam cakupan terbatas di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD City), Tangerang – Banten saja, tepatnya

Dan kehadiran mobil tanpa supir ini ternyata diinisiasi oleh Sinar Mas Land sebagai pengelola BSD City yang bertujuan awalnya untuk membantu mobilitas masyarakat di dua titik lokasi, yakni Q Big BSD dan kawasan perkantoran BSD Green Office Park. Namun kini, kita bisa mencoba menaiki mobil ini di kawasan mall The Breeze.

Buat yang mau mencoba naik mobil tanpa supir ini bisa datang ke The Breeze ya

Jadi buat teman-teman yang ingin merasakan keseruan naik mobil tanpa supir ini bisa langsung datang ke mall The Breeze dan melakukan rangkaian tata cara sebagai berikut ya:
  • Pertama harus terlebih dulu mendownload aplikasi One Smile yang sudah terdapat di Google Playstore ataupun Apple Appstore.
  • Setelah mendownload aplikasi One Smile tersebut, selanjutnya mengisi survey yang ada di dalam aplikasi atau langsung pada saat di The Breeze untuk mendapatkan tiket berupa barcode.
  • Selanjutnya, tujukan barcode tersebut kepada petugas sebagai syarat untuk naik Navya Arma.
Semudah itu loh caranya, namun ketika kita menaiki kendaraan ini, kita tidak boleh membawa banyak barang bawaan, tidak boleh merokok dan berbagai peraturan lainnya, silahkan dibaca terlebih dahulu syarat dan ketentuannya sebelum naik ya.

Oh iya, untuk naik Navya Arm aini juga ternyata ada syarat minimal tinggi 120 cm, dan selama dalam kendaraan diwajibkan untuk selalu menggunakan sabuk pengaman dan mengikuti arahan dari petugas pendamping selama melakukan perjalanan dari awal sampai selesai.

Dan untuk jam operasional Navya Arma ini sendiri yaitu dari jam 10.00 - 12.00 dan 13.30 - 17.00 saja ya. Tempat pemberhetiannya pun tidak boleh semabarangan, karena sudah ditentukan dalam system komputernya. Jadi, kita naik dan turunnya pada tempat yang sudah ditentukan oleh petugasnya.

So, buat teman-teman yang penasaran dan pengen mendapatkan pengalaman menaiki mobil tanpa supir ini, maka bisa segera meluncur ke Mall The Breeze ya supaya bisa merasakan sendiri betapa serunya menikmati perjalanan meskipun tanpa ada sang pengemudi. Selamat mencoba! 😊


No comments:

Post a Comment