Upaya NVRO Dalam Menangani Sampah di Indonesia


Sampah adalah salah satu permasalahan sosial yang terus menjadi sorotan hingga saat ini, karena keberadaanya memang mampu membawa banyak dampak yang buruk bila tidak dikelola dengan baik, karena sampah dapat mencemari lingkungan, mengancam kesehatan, hingga menyebabkan bencana alam.

Dan keberadaan sampah kini terus meningkat dari hari ke hari, bahkan menurut data pada tahun 2020 yang lalu, tercarat ada sebanyak 67,8 juta ton timbunan sampah yang berada di Indonesia, sungguh jumlah yang sangat banyak bukan?

Dan ternyata, sumber terbesar sampah di Indonesia ini dihasilkan dari sampah domestik atau sampah dari aktivitas rumah tangga. Hal tersebut juga disebutkan pada data nasional tahun 2018, bahwa ada 62 persen sampah yang dihasilkan dari aktivitas rumah tangga.

Melihat hal ini, maka sangat penting bagi kita untuk bijak dalam menangani masalah sampah ini, dimulai dari pemilahan jenis sampah, membuang sampah pada tempatnya, ataupun mendaur ulang sampah yang ada, agar bisa digunakan kembali.

Namun menurut data Statistik Lingkungan Hidup Indonesia yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa hingga sejauh ini, ternyata hanya 1,2 persen rumah tangga yang melakukan proses mendaur ulang sampah yang digunakannya.

Dari sini kita bisa melihat, bahwa masih banyak sampah yang belum ditangani dengan baik pengelolaannya, sehingga hal ini bisa memicu hadirnya berbagai permasalahan yang serius bila tidak segera ditangani dengan bijak, dan ini semua adalah tanggung jawab kita bersama.


NVRO Hadir Untuk Bantu Penanganan Sampah di Indonesia

Manyadari pentingnya penanganan permasalahan sampah ini, maka PT Enviro Visi Nuswantoro (NVRO) yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pendidikan karakter (character building) melalui pengolahan sampah domestik (waste management) terpanggil untuk ikut berkontribusi mengatasi masalah ini.

Untuk itu, pada tanggal 31 Agustus 2022, bertempat di Flix Cinema Astha, NVRO mengadakan acara press conference dengan menghadirkan para petinggi dari NVRO untuk memaparkan seperti apa upaya dan sepak terjang yang sudah dan akan dilakukan oleh NVRO dalam menangani masalah sampah ini.

NVRO hadir untuk membantu penanganan sampah di Indonesia

Dan hadir dalam acara ini, ada Bapak Kirdianto Hrisikesa Putra selaku Chief Executive Office of PT. Enviro Visi Nuswantoro, adajuga Bapak Kresno Suci Arinugroho selaku Chief Operation Officer of PT. Enviro Visi Nuswantoro, selanjutanya ada Bapak Hapsoro Renaldy selaku Chief Technical Officer of PT. Enviro Visi Nuswantoro, kemudian hadir juga Bapak Evans Alexander selaku Chief Communication of PT. Enviro Visi Nuswantoro, serta ada juga Mba Alexandra Tania selaku Corporate Secretary of PT. Enviro Visi Nuswantoro.

Kehadiran NVRO memang bisa dibilang tergolong baru, namun perusahaan yang berdiri pada awal bulan Januari 2022 dan terdaftar secara resmi pada tanggal 8 April 2022 berbentuk Perseroan Terbatas (PT) ini memiliki tujuan yang mulia dalam upaya penanganan sampah yang ada.

Diakui oleh Bapak Kirdianto Hrisikesa Putra selaku Chief Executive Office of PT. Enviro Visi Nuswantoro bahwa kehadiran NVRO adalah salah satu wujud kepeduliannya terhadap peningkatan jumlah sampah di dunia, yang naik dalam jumlah signifikan dan tidak dikelola dengan baik, sehingga menimbulkan banyak masalah sosial, lingkungan, kesehatan, dan lain sebagainya.

Untuk itu, NVRO yang mengandung arti New Vision to Recreate Order ini juga memiliki makna dalam Bahasa Indonesia yang berarti visi baru untuk menciptakan ulang keteraturan. Dan sekaligus, kehadiran NVRO adalah sarana untuk menciptakan ulang keteraturan di dunia, terkait pembangunan karakter dan pelestarian lingkungan.

Makanya, Bapak Kirdianto menuturkan bahwa “Fenomena ini, khususnya di banyak negara dunia ketiga dengan fasilitas penganganan sampah yang masih terbatas, ternyata berhubungan dengan kebiasaan serta karakter manusia di negara tersebut.”

Dan Enviro Visi Nuswantoro ini memiliki tujuan yang mulia, karena hadir dengan pandangan baru, memiliki visi ke depan yang sangat jelas, yaitu untuk mewujudkan sebuah mimpi besar Nusantara yang mampu membawa perubahan dan kebaikan, yang dimulai dari karakter dan pengelolaan kembali lingkungan di sekitar kita, yaitu dimulai dari lingkar terkecil, menuju ke perubahan global.


Beberapa Upaya NVRO Dalam Menangani Sampah

Dalam mewujudkan perubahan dan kebaikan terkait penangan sampah yang ada memang tidak semudah membalikan telapak tangan, butuh kerjasama semua pihak, mulai dari pemerintah sebagai pemegang kekuasaan dan pembuat aturan, hingga masyarakat untuk saling bekerjasama dalam penanganan masalah sampah ini.

Dan NVRO sendiri memiliki berbagai upaya dalam membantu menangani masalah sampah ini, dimana upaya ini diyakini bisa menjadi terobosan baru dalam penanganan sampah yang ada, yaitu:

1. NVRO Goes to School
Salah satu upaya dalam penanganan masalah sampah ini adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa membuang sampah pada tempatnya, meskipun sudah disediakan tempat sampah sekalipun.

Kebiasaan membuang sampah secara sembarangan ini ternyata disebabkan oleh karakter masyarakat yang kurang tertib. Untuk itu, NVRO hadir ingin membentuk karakter masyarakat yang dimulai dari anak-anak sekolah, karena mengedukasi anak-anak jauh lebih mudah dibandingkan mengedukasi orang tua.

Untuk itu, Bapak Kirdi menuturkan bahwa “Kami memiliki program NVRO Goes to School, dimana pada program ini kami fokus kepada pembangunan karakter anak-anak di sekolah dan mengedukasi pengolahan sampah. Program ini akan dijalankan ke seluruh sekolah yang terpilih di Indonesia.”

NVRO hadir ke sekolah-sekolah untuk menggelar pendidikan karakter tentang sadar sampah

Jadi bisa dibilang, bahwa kebiasaan membuang sampah pada tempatnya ternyata lebih terkait dengan kecerdasan atau kematangan karakter, bukan kecerdasan akademik. Makanya NVRO merasa sangat penting untuk membangun karakter yang baik pada anak-anak sekolah, sebab pendidikan karakter yang ditanamkan sejak dini merupakan salah satu upaya untuk membentuk perilaku sadar sampah.

Hal itu juga yang ditegaskan oleh Bapak Nugi selaku Chief Operation Officer of PT. Enviro Visi Nuswantoro bahwa “Kami sengaja memilih sekolah-sekolah sebagai wadah utama dalam pelaksanaan program character building ini, karena kami percaya anak-anak ini akan menjadi duta yang bisa menjaga lingkungannya sesuai dengan motto kami Let’s Build a Better Place to Live, Let’s Start now.”

Dan belum lama ini, NVRO pun sudah menyelenggarakan NVRO Goes to School di SMA 12 Tangerang Selatan. Dalam hal ini, NVRO melakukan seminar pembentukan character building dan pengolahan sampah, termasuk pengenalan konsep 3R (Reduce, Reuse dan Recycling).

Dalam menyelenggarakan program NVRO goes to school ini, nantinya NVRO akan melakukan pendampingan selama 3 bulan berturut-turut bagi sekolah-sekolah terpilih dalam membentuk karakter yang baik bagi para siswa dalam pengelolaan sampah.


2. NVRO menyelenggarakan kompetisi NFT
Selain memberikan edukasi dan pembangunan karakter pada sekolah-sekolah, NVRO juga ternyata menggunakan cara unik dalam penggalangan dana operasional yaitu dengan menyelenggarakan kompetisi NFT (Non-Fungible Token).

Dalam penyelenggaraan kompetisi NFT ini, NVRO memberikan kebebasan, karena tidak hanya untuk foto saja yang dilombakan, namun beragam karya lain pun bisa dilibatkan dalam hal ini, termasuk seperti lukisan hingga puisi pun bisa diikutkan dalam kompetisi ini.

Dan nantinya, hasil karya NFT ini akan dijual atau dilelang di market place OpenSea, dan hasil dari penjualan ini sebagian akan masuk mendanai program program NVRO, dan para pencipta hasil karya pun berhak mendapatkan royalti atas penjualan NFT tersebut.

Diungkapkan oleh Bapak Kiribi bahwa “Akan ada 100 NFT yang akan dilelang di OpenSea nantinya, dari ke 100 NFT ini kami menargetkan dana yang terkumpul total senilai 1 milyar sampai dengan 10 milyar.”

Lebih lanjut beliau menambahkan bahwa galang dana melalui NFT ini juga sebagai wadah promosi mengenai kegiatan donasi sosial lingkungan, sehingga upaya ini dinamakan Sosio NFT yang pertama kalinya di Indonesia.

NVRO akan menyelenggarakan kompetisi NFT untuk mendanai penanganan sampah

Selain itu, NVRO juga memiliki beberapa program yang akan diterapkan dalam waktu dekat. Selain ada NVRO goes to school, nantinya akan ada juga program NVRO goes to kampong, Seminar Online (Mino Talks), Point Center NVRO untuk penampungan sampah yang didapat dari sekolah dan perumahan, serta akan ada juga NVRO Services B2B.

Nah dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh NVRO ini, maka kita berharap, semoga langkah baik ini bisa membawa kesadaran pada kita bersama untuk turut peduli dengan masalah sampah yang ada saat ini, sehingga masalah sampah bisa ditangani dengan baik, agar pengelolaannya bisa lebih bijaksana dan tidak menimbulkan masalah nantinya.

Dan penanganan masalah sampah ini sejatinya adalah pekerjaan kita bersama tanpa terkecuali, maka dari itu, mari kita bersama-sama mulai disiplin dalam mengelola sampah, mulai dari diri kita pribadi masing-masing, mulai dari hal-hal kecil, seperti membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya, dan juga memilah serta mendaur ulang sampah yang ada agar bisa digunakan kembali.

Percayalah, bila sampah bisa ditangani dengan baik, maka bukan hanya lingkungan saja yang menjadi bersih dan sehat, namun taraf ekonomi kita pun bisa semakin makmur nantinya. Makanya, ayo bersama kita peduli dan kelola sampah dengan bijaksana ya. :)


No comments:

Post a Comment