5 Instalasi Seni Keren di teamLab Future Park Jakarta

tempat instagramable di Jakarta

Benar kata orang bijak, bahwa tak selayaknya kita menghabiskan seluruh waktu yang kita miliki hanya untuk mengurusi pekerjaan dan juga orang lain saja. Kita sendiri pun layak untuk memberikan perhatian bagi diri sendiri untuk sejenak santai menikmati hidup ini.

Ya, tubuh kita punya hak untuk dimanja, diberikan waktu khusus untuk merasakan “me time” supaya tubuh kita bisa lebih santai menjalani hari, sehingga bisa menikmati hidup ini dengan lebih menyenangkan dan hati menjadi bahagia.

Saya pun setuju dengan hal tersebut, bahwa tubuh saya pun punya hak untuk sejenak santai menikmati waktu tanpa memikirkan pekerjaan ataupun urusan orang lain. Untuk itu, kemarin saya senang bangat saat mendapat undangan untuk menghadiri acara peresmian pembukaan pameran seni teamLab Future Park yang diadakan di Gandaria City – Jakarta Selatan karena di acara ini saya bisa puas bermain dan foto-foto sesuka hati saya. Sungguh seruuuu!

Apa itu pameran teamLab Future Park?

teamLab Future Park merupakan sebuah pameran seni interaktif yang menggunakan teknologi digital dengan mengusung konsep kreasi kolaborasi yang memadukan seni, ilmu, pengetahuan, teknologi, desain dan alam.

Untuk menghadirkan pameran ini melibatkan banyak orang dari berbagai latar belakang disiplin ilmu dan spesialisasi yang berbeda-beda, seperti: seniman, programer, insinyur, animator, ahli matematika, dan juga arsitek.

Nah, maka dengan kerjasama semua pihak ini, maka hadirlah pameran yang berasal dari Jepang ini dengan konsep yang luar biasa ini. Dimana pemaran ini akhirnya mampu memberikan kita pengalaman kreatif dan memungkinkan kita sebagai pengunjung untuk berkolaborasi dan menciptakan karya seni baru.
Hadir dalam acara peresmian pembukaan teamLab Future Park di Gandaria City (Kiri - Kanan): Ibu Mervi Sumali selaku CEO SGE Live - Mr. Akitae Matsumoto selaku CEO teamLab Kids - Ibu N. Anie Puspitasari selaku Chief Marketing Officer Narada Aset Manajemen (18/06/19). 
Bahkan diakui oleh Mr Akitae Matsumoto selaku CEO teamLab Kids mengatakan bahwa “Dengan teknologi digital yang digunakan oleh teamLab, beragam instalasi seni dapat berevolusi tanpa batas dan bergerak bebas, mengubah aktivitas kreatifitas individu menjadi aktivitas kreatif kolaboratif sehingga dapat memberikan pengalaman hubungan antar manusia yang harmonis dan kooperatif.”

Dan yang menarik dari pameran ini, kita sebagai pengunjung bukan hanya menikmati pameran seperti pada umumnya, namun kita bisa ambil bagian untuk terlibat juga, yaitu kita bisa ikut menciptakan karya baru yang bisa langsung juga kita lihat dan rasakan keseruannya.

Jadi dengan kehadiran pameran teamLab ke Jakarta ini, maka kita tak perlu lagi pergi jauh-jauh ke negara lain, seperti Tokyo atu Singapura untuk bisa menikmati dan mengeksplorasi kreativitas tanpa batas bersama seluruh anggota keluarga melalui instalasi digital interaktif seperti ini.

teamLab Future Park Hadirkan 5 Instalasi Seni Interaktif

Pameran seni kelas dunia 'teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives' ini menyajikan 5 karya instalasi yang bakal memanjakan kita untuk bermain dan berinteraksi langsung di pameran ini, karena kita akan diajak bermain-main dengan semua persemabahn yang ada.

Pameran 'teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives' ini terdiri dari 5 karya instalasi interaktif yang menempati area seluas 2.000 meter persegi yang terletak di lantai dua Gandaria City – Jakarta Selatan.

Dengan menggunakan teknologi digital yang mengusung konsep kreasi kolaborasi atau co-creation maka lahirlah 'teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives' dengan 5 instalasi interaktif sebagai berikut:
  1. Animals of Flowers, Symbiolic Lives
tempat instagramable di Jakarta Selatan

Instalasi yang satu ini akan mengajak kita untuk merasakan sensasinya bermain dengan bunga-bunga dan juga binatang yang tampil di ruangan tersebut, dimana ketika kita menyentuh binatang maka bunga-bunga akan menyebar, dan katika bunga sudah tersebar maka binatang pun akan menghilang.
                                                                                           
2.       Graffiti Nature: Lost, Immersed and Reborn
Di sini kita sebagai pengunjung akan diminta untuk menggambar mahluk hidup sesuai dengan yang kita inginkan. Dimana mahluk hidup yang kita gambar tersebut akan menjadi bagian dalam ekosistem seni di pameran ini, misalnya: bila kita menggambar binatang maka akan memakan binatang yang lain dan jumlahnya akan bertambah, namun bila ada binatang yang tidak makan atau dimakan oleh binatang lain, dia akan mati.
tempat hits instagramable di Jakarta

tempat instagramable di DKI Jakarta

Dan ketika hanya berdiri dan diam di ruangan ini, maka bunga akan bermekaran di kaki kita, dan kupu-kupu akan berkumpul di tempat yang terdapat banyak bunga, namun jika kita berjalan maka bunga tersebut akan ikut terpencar dan buaya-buaya akan mati apabila sering diinjak gambarnya di lantai.

3.       Sliding through the Fruit Field
Masuk ke instalasi ini kita akan diajak mengenang kenangan masa kecil kita, yaitu kita akan diajak bermain seluncuran di atas atas papan seluncur dengan aneka gambar buah-buahan yang memenuhi seluncuran ini sehingga bikin suasana meluncur menjadi semakin seru.
tempat instagramable bermain bersama keluarga di Jakarta

Saya saat main di sini saya tak cukup satu kali, saya mencoba meluncur berkali-kali saking serunya bermain selucuran ini, dan semakin seru saat kita seluncuran rame-rame dengan teman-teman ataupun anggota keluarga sambil berteriak seru-seruan. Hehehe

4.       Sketch Aquarium
Main ke instalasi yang ini juga tak kalah seru loh, dimana kita sebagai pengunjung di sini akan diajak untuk memilih dan mewarnai gambar binatang laut sesuai dengan yang kita inginkan, bahkan kita bisa memberi nama kita pada binatang yang kita warnai tersebut.
tempat instagramable untuk bermain di Jakarta

Nah, setelah selesai mewarnai, gambar tersebut akan discan dan akan tampil gambarnya di aquarium menjadi hidup dan bisa berenang sangat nyata. Bahkan kita bisa memberi makan pada hewan-hewan lain yang ada dengan menyentuh kantong makanan yang ada di layar aquarium tersebut.

5.       Light Ball Orchestra
Nah, di ruangan ini juga asyik bangat loh, kita akan bertemu dengan bola-bola besar yang bisa berubah-ubah warna dengan sangat menarik dan suaranya menjadi orkestra jika kita gelindingkan ke sana ke mari.
tempat hits di Jakarta

Begitu juga dengan bola-bola yang ada di langit-langit, jika kita menyentuh satu bola maka bola-bola di sekiatarnya akan terpengaruh sehingga warnanya akan berubah juga ke seluruh ruangan karena mereka saling terkait satu sama lainnya.

Nah gimana teman-teman, seru-seru bukan instalasi yang ada di sini? Dan mungkin alasan itulah yang melatar belakangi Sorak Gemilang Entertainment (SGE) Live membawa teamLab asal Jepang ini ke Jakarta dalam skala yang lebih besar karena mampu menghadirkan keseruan yang menakjubkan.


Bahkan diakui oleh Ibu Mervi Sumali selaku CEO SGE Live mengungkapkan bahwa “Kami sangat bangga dapat menghadirkan teamLab ke Jakarta. Pameran seni semakin menjadi primadona di Indonesia, hal ini terlihat dari antusiasme masyarakat yang sangat tinggi di setiap event seni di tanah air.”

Dan jujur, saya sangat menikmati euforia bermain di semua instalasi ini, rasanya bahagia bangat karena kita benar-benar menyatu dengan pamerannya. Dan saya pun yakin, bahwa anak-anak kecil pun pasti akan kegirangan bila diajak bermain di sini. J

Harga tiket pameran teamLab Future Park

Untuk itu bagi teman-teman yang ingin main ke sini maka bisa bangat loh untuk mengajak teman-teman dan seluruh anggota keluarganya termasuk anak-anak untuk main di sini, karena datang ke pameran ini kita akan merasakan sensasi yang berbeda dari pameran lainnya.

Dan untuk menikmati pameran teamLab Future Park yang akan berlangsung dari tanggal 20 Juni 2019 sampai 20 Desember 2019 mendatang ini memiliki harga tiket sebagai berikut:
  • Promo: Soft opening (20 Jun – 19 Jul 2019) untuk pembelian tiket dengan kartu debit atau kartu kredit BCA dengan harga Rp. 135.000 (weekday) dan Rp. 150.000 (weekend).
  • Reguler: untuk pembelian tiket tanpa kartu debit atau kartu kredit BCA dengan harga Rp. 150.000 (weekday) dan Rp. 175.000 (weekend).
Dan untuk schedule bermain di pameran teamLab Future Park ini tersedia 8 slot waktu yang dibuka mulai jam 10.00 – 22.00 WIB. Dan untuk mendapatkan tiket bermain di sini maka kita bisa langsung membelinya secara online di www.sgelive.com atau bisa beli tiket langsung membeli di ticket booth Gandaria City.

Tips datang bermain di teamLab Future Park

Datang ke pameran interaktif teamLab Future Park ini sungguh sangat menyenangkan, karena kita diajak bermain dan juga berinteraksi langsung dengan segala objek yang dihadirkan dalam pameran ini.
tempat instagramable kekinian yang hits di Jakarta

Dan untuk semakin seru menikmati bermain dan foto-foto di pameran yang keren ini, maka ada beberapa tips yang ingin saya bagikan, yaitu:
  1. Kenakanlah baju warna putih: Datang ke sini sebaiknya jangan menggunakan baju yang gelap ataupun memiliki banyak motif, karena itu akan tumpang tindih dengan cahaya dan banyaknya gambar yang ada di pameran ini. Untuk itu, menurut saya sangat aman bila kita mengenakan baju warna putih karena sifatnya putih akan mudah menyatu dengan objek gambar yang berwarna-warni di sini sehingga sangat bagus saat difoto.
  2. Pakailah sepatu yang nyaman dan mudah dilepas: Oh iya, datang ke sini sebaiknya menggunakan alas kaki yang nyaman dan mudah dilepas, namun jangan menggunakan sandal karena takutnya terlepas dan akan sulit mencarinya karena kondisi suarangan yang remang. Yups, sebaiknya menggunakan sepatu model flat shoes yang mudah dilepas karena ada beberapa instalasi yang mengharuskan kita untuk melepas alas kaki.
  3. Bawalah tas yang kecil: Saat main ke sini sebaiknya hindari membawa barang yang banyak dan tas yang besar, karena di beberapa instalasi, kita diwajibkan untuk menitipkan tas yang kita bawa. Maka bawalah barang secukupnya sehingga muat di tas yang kecil.
Oh iya, buat teman-teman yang perempuan, sebaiknya menghindari menggunakan rok dan sebaiknya menggunakan celana panjang saat ke sini, karena supaya lebih aman dan bebas bergarak, terutama saat bermain seluncuran di Sliding through the Fruit Field.

Okay teman-teman, semoga segala informasi ini memberikan gambaran buat teman-teman tentang pameran teamLab Future Park ini, dan dengan sedikit tips di atas, teman-teman juga semoga semakin seru bermain dan menikmati semua instalasi seni interaktif yang ada ya.

tempat instagramable kekinian di Jakarta

Dan percayalah, jangan pernah datang sendirian untuk bermain ke teamLab Future Park ini, karena nggak bakal seru, makanya ajak teman-teman dan juga anggota keluarga, supaya kalian bisa menikmati keseruan ini bersama-sama. Have a nice day!

   

No comments:

Post a Comment