Cibis Batik Festival Hadirkan Pesona Batik Nusantara



“Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman” begitulah penggalan lirik lagu yang begitu legendaris dari Koes Plus. Lagu yang menceritakan betapa Indonesia merupakan negeri yang sangat kaya raya.

Dimana salah satu letak dari kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia adalah dari kain batiknya. Ya, Indonesia memiliki kain batik yang sangat unik dan indah-indah banget, bahkan di setiap daerah di Indonesia ini memiliki corak dan ragam batik yang berbeda-beda, dan itu menandakan betapa luar biasanya budaya Indonesia.

Untuk itu, kita sebagai warga negara Indonesia harus menjaga batik kita agar tidak punah dimakan zaman ataupun dikalim menjadi milik warga negara lain. Makanya, kita harus selalu bangga menggunakan batik di berbagai kesempatan.

Ya, batik merupakan warisan leluhur yang harus kita jaga dan rawat dengan baik. Terlebih kini batik sudah diakui secara resmi oleh Unesco dengan menetapkannya batik sebagai warisan budaya milik Indonesia dalam kategori warisan budaya tak benda pada 2 Oktober 2009 silam.

Kini pemerintah pun sudah menetapkan bahwa setiap tanggal 2 Oktober menjadi hari batik nasional, dan meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mengenakan batik setiap tanggal tersebut, sebagai bentuk penghargaan terhadap batik yang merupakan warisan budaya bangsa yang harus terus kita lestarikan.

Dan saya pribadi pun sangat senang banget mengenakan batik, karena batik adalah identitas bangsa kita yang harus terus kita jaga. Dan saya pun senang banget untuk terlibat dalam berbagai acara yang berhubungan dengan batik, seperti beberapa waktu yang lalu saya mendapat undangan untuk menghadiri acara Cibis Batik Festival.

Cibis Park Gelar Cibis Batik Festival

Dan sebagai bentuk dukungan dalam melestarikan batik sebagai kekayaan bangsa, maka beberapa waktu yang lalu Cibis Park pun menggelar Cibis Batik Festival dalam rangkaian peringatan hari batik nasional pada tahun 2019 ini.

Dalam gelaran perdananya ini, Cibis Batik Festival mengangkat tema "Pesona Batik Nusantara" yang berlangsung selama tanggal 2 – 4 Oktober di area kawasan Cibis Park yang terletak di jalan TB Simatupang – Jakarta Selatan.
Bapak Achmad Umar selaku President of Director PT Bhumyamca Sekawan
Kebetulan saya hadir di hari pertama digelarnya Cibis Batik Festival yang bertepatan dengan pembukaan acara ini. Dimana acara ini diawali dengan sambutan dari Bapak Achmad Umar selaku President of Director PT Bhumyamca Sekawan yang mengungkapkan bahwa “Peringatan hari batik nasional yang kita peringati hari ini, tanggal 02 Oktober 2019 merupakan peringatan untuk kita semua, sebagai generasi muda agar selalu bisa melestarikan budaya warisan leluhur.”

Dan beliau pun mengungkapkan bahwa budaya batik merupakan budaya asli Indonesia. Hal ini bisa kita lihat di semua daerah, dari Sabang sampai Merauke memiliki desain batik yang beragam dan berbeda satu sama lainnya sebagai pesona batik nusantara.

Bahkan kini batik itu bukan hanya berbentuk baju batik saja, kini batik kreasinya semakin berkembang dan hadir dalam berbagai bentuk produk lain yang tak kalah menarik, seperti sandal batik, sepatu batik, celana batik, bahkan celana dalam batik pun mulai ada, makanya kita pun harus bangga menggunakan batik.

“Dan Unisco sudah meresmikan batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia tanggal 02 Oktober 2009 sehingga di tanggal tersebut dijadikan hari batik nasional. Begitu juga hari ini, kita berkumpul untuk melihat pagelaran seni budaya dan festival batik yang diselenggarakan oleh Cibis Park yang disupport oleh Dinas pariwisata DKI Jakarta. Semoga melalui acara ini, kita bisa semakin mencintai batik dan melestarikan keberadaan batik Indonesia dengan selalu bangga menggunakan batik sebagai warisan budaya bangsa,” Ujar Bapak Achmad Umar.
Bapak Indra Alam Firmansyah dari Dinas pariwisata DKI Jakarta
Dan senada dengan itu, Bapak Indra Alam Firmansyah dari Dinas Pariwisata DKI Jakarta mewakili Bapak Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta menyampaikan bahwa batik telah menjadi ciri atau identitas budaya bangsa Indonesia, batik menjadi simbol kekayaan bangsa Indonesia.

Makanya, tidak hanya pada tanggal 02 Oktober saja kita menggunakan batik, karena batik sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia, dan kini hari jumat secara tidak langsung telah menjadi hari batik bagi pegawai pemerintahan atau pun swasta.

Dulu batik merupakan barang mewah, hanya dimilik oleh orang-orang tertentu, seperti keluarga kerajaan, dan proses pembuatan batik sendiri bukanlah pekerjaan yang mudah, membatik mengajarkan banyak hal tentang kehidupan, pemusatan fikiran, hati yang bersih, dan kesabaran sehingga bisa menghasilkan motif batik yang bagus.

Setiap goresan canting memilik makna dan nyawa tersendiri bagi para pendahulu kita, begitu banyak makna dari setiap ukiran batik yang dibuat dengan sepenuh hati. Untuk itu, kita harus melestarikan batik sebagai kekayaan bangsa dengan selalu bangga menggunakan batik.
Pemotongan pita oleh Bapak Achmad Umar dalam peresmia
Batik telah menjadi budaya kearifan lokal di setiap daerah di Indonesia yang mampu mengikuti tren, namun kita tetap harus bersama-sama menjaga batik, agar tidak keluar dari norma-norma asli budaya Indonesia.

Terlebih saat ini, di tengah berkembangnya zaman dan teknologi, batik pun kini terus berkembang di Indonesia. Mulai dari proses pembuatannya, motif atau coraknya, serta model penggunaannya sudah sangat beragama, bahkan kini masyarakat sudah sangat akrab dengan batik sebagai pakaian sehari-hari yang menunjang gaya hidup masa kini.

Dan kini untuk mendapatkan batik semakin mudah, tesedia di puluhan mall yang tersebar di Jakarta, sehingga sangat memungkinkan kita untuk bisa mendapatkan batik yang kita inginkan dengan mudah, bahkan tak sedikit juga sekarang orang yang menjajalkan batik secara online.

Dan di akhir sambutannya, Bapak Indra menyampiakan “Terima kasih kepada Cibis Park yang telah menyelengarakan Cibis Batik Festival yang pertama kalinya ini, semoga acara ini bisa menajdi agenda rutin setiap tahunnya dan menjadi sarana pengembangan batik di Indonesia, dan memberikan dampak yang positif pada perkembangan batik di setiap penyelenggaraannya, sehingga mampu menggerakan perekonomian pelaku usaha khususnya UKM.”   

Aneka Kegiatan di Acara Cibis Batik Festival

Senangnya kami bisa ikut hadir dalam acara Cibis Batik Festival

Gelaran Cibis Batik Festival ini merupakan rangkaian dari peringatan hari batik nasional yang bertepatan dengan 10 tahun perayaan hari batik nasional dengan mengangkat tema "Pesona Batik Nusantara" yang bertujuan untuk mengajak masyarakat pada umunya, khususnya para pegawai yang ada di area Cibis Buniness Park untuk turut melestarikan batik dan selalu bangga mengggunakan batik.

Selain itu, acara Cibis Batik Festival ini sekaligus sebagai ajang bertemu dan silaturahminya para perusaan dan karyawan yang bekerja di area Cibis Business Park ini. Dimana acara ini berlangsung dengan kosep out door di area taman dengan di kelilingi tanaman hijau, serasa seperti pesta kebun.
Suasana tampak asri dengan banyak pohon hijau yang tumbuh subur di sini
Dan untuk memeriahkan acara Cibis Batik Festival ini, maka Cibis Park menghadirkan beragam acara seru yang kental dengan sentuhan budaya Indonesia, seperti:

1.      Gelaran Pameran Batik Nusantara
Sesuai dengan tema acaranya batik, maka di acara ini banyak berdiri booth-booth yang memajang batik dengan aneka motif dan juga aneka model dengan berbagai kreasi batik yang benar-benar beragam, sehingga membuat batik benar-benar terlihat kekinian dan semakin berkelas.

Ya, tampak batik yang hadir di festival ini begitu unik-unik, sehingga membuat saya begitu terpaku saat melihat beberapa motif batiknya yang begitu indah yang dihadirkan di festival ini, dan jujur rasanya pengen saya borong semua.

Dan untuk harga berbagai batik yang ada di sini sangat beragam, dimana kisarannya mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Namun seperti pepatah bilang "ada harga ada rupa", dan harga ini memang masih tergolong wajar, bila kita melihat kualitas batik yang dihadirkan di pameran ini memang batik-batik berkualitas terbaik.
Aneka pilihan Batik yang memamerkan pesona batik nusantara di Cibis Batik Festival

Hal ini sekaligus membuka mata kita, bahwa batik zaman sekarang itu semakin bagus-bagus dan memang sangat layak untuk dikenakan dalam berbagai kesempatan, karena kini batik sudah hadir dalam berbagai bentuk yang bukan hanya berbentuk baju saja, namun kreasi batik kini sudah disulap dalam berbagai kreasi lain, seperti tas batik, dompet batik, sepatu batik, sandal batik, dan berbagai kreasi lainnya.

Maka dengan adanya acara ini sekaligus mengangkat pesona batik nusantara untuk semakin dikenal dan dicintai oleh masyarakat khususnya anak-anak millennial, dan juga membantu para pengrajin batik atau UKM batik untuk tumbuh dan berkembang meraih pasar yang semakin luas sehingga secara ekonomi pun pendapatan terus meningkat.

2.      Belajar Membuat Batik
Selain melihat batik yang sudah jadi seperti di atas, di acara ini juga tersedia juga tempat untuk pengunjung yang ingin belajar membatik. Ya, di sini pengunjung bisa belajar membatik secara sederhana dengan pola-pola yang juga sederhana sebagai pemula.
Membuat batik itu butuh fokus dan kesabaran dalam membuatnya
Namun dari belajar membuat batik ini, kita jadi semakin sadar dan paham, bahwa untuk membuat batik itu tidaklah mudah, butuh kesabaran, konsentrasi, kreativitas dan juga waktu yang tak sebentar agar bisa menghasilkan kain batik yang indah.

Makanya, melihat begitu rumitnya membuat batik, sudah selayaknya kita belajar untuk menghargai batik sebagai kekayaan bangsa yang begitu berharga, dan kita pun harus bangga untuk selalu mengenakan batik sebagai identitas bangsa Indonesia.

3.       Persembahan Musik Gambang Kromong
Selain ada pameran batik, acara Cibis Park ini juga menghadirkan musik Gambang Kromong dari Betawi, musik tradisional yang juga menjadi kekayaan budaya bangsa. Musik Gambang Kromong ini juga patut kita lestarikan agar tidak punah dimakan zaman.

Dimana Gambang Kromong sendiri merupakan kesenian musik tradisional hasil akulturasi budaya antara budaya Tionghoa dan Indonesia yang memadukan alat musik Gamelan dan alat musik dari Tionghoa seperti sukong, tehyan, dan kongahyan. Dan nama Gambang Kromong sendiri diambil dari nama kedua alat musik yang di mainkan yaitu gambang dan kromong. 
Persembahan Musik Gambang Kromong
Dalam persembahannya, Gambang Kromong ini tidak hanya ditampilkan secara orkes dalam mengiringi penyanyi saja. tetapi kesenian musik tradisional ini juga digunakan untuk mengiringi berbagai kesenian Betawi lainya seperti tarian tradisional Betawi.

Dan jujur, saya sangat terbuai dengan alunan musik yang dihasilkan oleh Gambang Kromong ini, alunan musiknya sangat khas dan terdengar unik, sungguh sebuah persembahan musik yang sangat indah, sehingga patut kita lestarikan dengan baik.

Ya, kita tahu sendiri, zaman sekarang aneka musik modern hadir menghiasi berbagai media yang ada, sehingga tidak bisa dipungkiri, bahwa anak-anak zaman sekarang lebih mengenal musik dari negara lain (Barat, Korea, dll), dan semakin sulit menemukan aneka musik tradisional seperti Gambang Kromong ini.

Namun di hari Batik Nasional ini kita bisa menikmati dan bersuka cita dalam alunan musik Gambang Kromong yang begitu syahdu ini. Makanya saya pribadi sangat salut dengan Cibis Park yang telah menghadirkan musik Gambang Kromomg ini sehingga kita bisa diajak bernostalgia dalam alunan musik daerah Betawi yang begitu istimewa ini.

Semoga di tahun mendatang, semakin banyak musik daerah lain juga yang turut dihadirkan oleh Cibis Park dalam acara serupa ini, sebagai langkah merawat musik daerah dari kepunahan akibat dilibas oleh berbagai musik modern yang bermunculan di zaman sekarang.

4.       Pementasan Tarian Lenggang Metropolitan
Menariknya lagi, Cibis Park juga menghadirkan tarian daerah yang diberi nama Lenggang Metropolitan dalam acara Cibis Batik Festival ini, sehingga acara ini benar-benar kental bernuansa budaya asli Indonesia.

Dimana tarian lenggang metropolitan ini dipersembahkan oleh lima orang perempuan dengan mengenakan pakaian yang sangat cantik dengan corak dan warna yang sangat cerah, sehingga mengundang semua mata untuk tertuju padanya.
Pementasan Tarian Lenggang Metropolitan
Tarian lenggang metropolitan ini semacam tarian penyambuatan untuk tamu-tamu istimewa, makanya dalam persembahannya, para penari menari dengan gerakan lincah yang menggambarkan keceriaan dan keluwesan gerak tubuh, kaki dan tangan para penari yang bergerak secara dinamis mengikuti hentakan musik Gambang Kromong yang mengiringinya.  

Hadirnya persembahan tari dalam acara ini bukan saja membuat acara ini semakin semarak dan meriah, tetapi sekaligus mengangkat kesenian tari tradisional untuk tetap bisa dikenal oleh anak-anak muda zaman sekarang, dimana tari tradisional tidak kalah kerennya dari tarian / dance ala anak-anak zaman sekarang.

5.       Fashion Show Batik Indonesia
Dan yang tak kalah menarik di acara ini adalah pertunjukan fashion show yang menampilkan aneka karya batik dan kain etnik nusantara lainnya. Dimana sangat terlihat bahwa batik dan kain nusantara memang mampu menghadirkan tampilan seseorang menjadi semakin memesona.

Ya, dalam balutan batik dan kain etnik nusantara ini, para model yang berlenggok ini tampak begitu berbeda, dimana para perempuan terlihat semakin cantik, dan para model laki-laki pun terlihat semakin gagah.
Beberapa foto saat fashion show di acara Cibis Batik Festival
Selain para model utama yang berlenggang, tak ketinggalan juga ada Bapak Achmad Umar, Bapak Indra Alam Firmansyah dan juga para tamu undangan lainnya turut menjadi model dadakan dengan memarkan batik yang dikenakannya.

Jadi, melalui fashion show ini terlihat, bahwa batik dan kain etnik milik Indonesia begitu sangat istimewa dan sangat indah ketika dikenakan, makanya tidak ada alasan bagi kita khususnya anak-anak muda untuk malu menggenakan batik dan kain etnik nusantara, karena kita akan tetap terlihat keren dan stylish kok. :)
Fashion show spesial dari Bapak Umar, Bapak Indra dan para tamu undangan
Selain menampilkan keseruan di atas, Cibis Park juga membagikan aneka doorprize, games dan juga tersedia aneka kuliner. Dan tidak lupa Cibis Park juga meramaikan dunia maya, dengan menggelar lomba foto di instagram dan lomba menulis di blog terkait keseruan penyelenggaraan acara Cibis Batik Festival ini.

Dimana dengan adanya lomba foto di instagram dan lomba Blog ini, maka diharapkan gaung acara ini semakin terdengar luas di dunia maya, sekaligus untuk mengajak masyarakat luas, khsusnya anak-anak muda agar semakin cinta menggenakan batik produk asli Indonesia.

Melihat begitu serunya rangkaian acara ini, saya berharap acara Cibis Batik Festival ini bisa digelar rutin di tahun-tahun mendatang dengan menghadirkan lebih banyak lagi batik dan kain etnik dari seluruh nusantara dengan konsep acara yang tidak kalah meriah dari gelaran saat ini.
 

Mengenal Cibis Park Lebih Dekat

Selain menceritakan keseruan acara Cibis Batik Festival yang sudah saya paparkan di atas, maka saya pun ingin juga membagikan sedikit cerita tentang seperti apa sebenarnya konsep Cibis Park saat ini dan rencananya ke depan. 

Seperti yang diakui oleh Bapak Achamd Umar, bahwa Cibis Park ini memiliki konsep perkantoran yang sangat berbeda, yaitu dirancang untuk menyambut tren masa depan dengan mengembangkan sebuah konsep baru perkantoran di Indonesia yang bukan sekadar jadi tempat kerja, tapi juga akan menyiapkan hunian dan juga tempat bermain.

Cibis Park ini memiliki lahan seluas 12 hektar dengan lokasi yang strategis karena bisa diakses dari ruas jalan TB Simatupang dan juga jalan Cilandak KKO sehingga memungkinkan kita untuk mengakses lokasi ini dengan mudah dan cepat.
Kawasan Cibis Park akan menghadikan konsep yang nyaman sebagai tempat Kerja, Tinggal dan Bermain
Dan saat ini sudah dibangun kawasan Cibis Nine dengan tinggi 16 lantai, dan sudah langsung diisi oleh berbagai perusahaan multinasional seperti Mercedes Benz, HSBC dan Epson. Bahkan menariknya menjadikan Cibis Nine sebagai head office perusahaan tersebut.

Selain itu, lantai 11 Cibis Nine ini juga sudah tersedia ruang kantor Matrix Smart Suite, yakni ruang kantor bergaya urban dan modern dengan fasilitas lengkap yang cocok bagi para startup business untuk mengembangkan bisnis atau usaha mereka.

Bahkan Cibis Nine ini juga memiliki fasilitas yang lengkap, seperti The Veranda F&B area, tempat parkir sepeda lengkap dengan ruang loker dan ruang mandi, ruang menyusui, serta ruang ibadah yang nyaman di setiap lantainya.

Kawasan Cibis Park dibangunan dengan tata ruang yang modern dan kekinian yang juga dikelilingi lingkungan yang hijau nan asri, sehingga beberapa waktu yang lalu Cibis Nine berhasil memperoleh sertifikasi green building LEED Platinum dalam kategori Core and Shell.
Desain rencana pengembangan kawasan Cibis Park ke depan
Selain membangun kawassan Cibis Nine tersebut, nantinya di atas lahan 12 hektar ini akan terdiri total  9 tower, dengan 7 tower untuk kantor, dan 2 tower apartemen dengan total keseluruhan luasan gedung mencapai 400 ribu meter persegi dan populasinya sekitar 40 ribu orang.

Selain itu, Cibis Park ini juga akan dilengkapi dengan gedung parkir, fasilitas olahraga, dan fasilitas pendukung ritel, dan F&B yang keseluruhan mengusung konsep “Green, Urban and Modern” dengan konsep bangunan yang menawarkan taman terbuka pada beberapa sudut di lantai tertentu.

Jadi, nantinya kawasan Cibis Park ini akan hadir dengan konsep yang benar-benar lengkap mulai dari open space, kawasan terintegrasi antara hunian dan taman bekerja, fasilitas lengkap indoor dan outdoor, aksesibilitas, kemudahan sistem penyewaan, taman-taman hijau, serta area luas yang memuat banyak komunitas untuk berkumpul secara ramai-ramai.
Desain tata letak Cibis Park ke Depan dengan konsep didominasis ruang terbuka hijau
Ya, nanti Cibis Park akan menjadi tempat yang nyaman dan asyik, karena sebagian besar area Cibis Park ini akan dijadikan kawasan terbuka. Dimana perbandingannya sekitar 30 persen saja yang akan dibangun, dan 70 persen lainnya akan dibiarkan terbuka dan hijau sehingga akan membuat kawasan ini lebih sejuk dan asri.

Selain itu, nantinya juga semua tower akan terkoneksi, dan semua yang berada di kawasan Cibis Park akan disediakan kendaraan atau publik transportasi, dan juga akan disediakan tempat berjalan yang nyaman sehingga tidak akan kepanasan dan kehujanan.  Untuk memudahkan pegawai yang bekerja di Cibis Park ini juga diberikan fasilitas shuttle bus menuju berbagai lokasi di Jabodetabek.

Sungguh konsep yang akan dihadirkan oleh Cibis Park ini nantinya benar-benar sangat istimewa dan berbeda dari kawasan lain yang sudah ada di Jakarta saat ini. Makanya saya pribadi sudah tidak sabar menanti kehadiran kawasan Cibis Park secara utuh yang bisa menunjang 3 aktivitas sekaligus yaitu Work, Live and Play! :)

1 comment:

  1. Aku tuh masih belum kesampaian untuk membatik lho. Bakalan bangga deh udah pakai batik trus bisa bikin motif batik di atas bahannya, wiih kapan ya? Hmm... Acaranya keren banget ya, yang jadi model2 catwalknya para karyawan di Cibis Park. Semoga di tahun2 berikutnya ada Pesona Batik Nusantara lagi yang lebih meriah. Btw, ga sabar nungguin semua toernya jadi. Pasti megah sekali all in one ya semua ada di Cibis Park...Kita bisa live, work, play dll wiiiih :)

    ReplyDelete