Kemenkes Gelar Healthies Run 5K



Sehat itu segalanya, sebab tanpa sehat, maka semua yang ada di dunia ini akan terasa kurang nikmat jadinya.  Untuk itu, merawat kesehatan itu penting sekali untuk selalu kita lakukan, mulai dari menjaga pola makan yang bergizi, istirahat yang cukup, dan juga olahraga secara rutin.

Nah, ngomong-ngomong tentang olahraga ini banyak sekali ragamnya yang bisa kita pilih sesuai dengan minat dan kesukaan kita. Namun salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan oleh semua orang tanpa batasan umur adalah olahraga lari atau jogging. 

Ya, olahraga lari merupakan olahraga yang tidak membutuhkan lapangan khusus, bahkan tidak membutuhkan peralatan khusus untuk melakukannya, kita bisa melakukan olahraga lari ini dimana saja dan kapan saja dengan mudah.

Meskipun olahraga lari ini sangat mudah dilakukan, namun begitu banyak orang yang masih malas melakukannya, termasuk saya pribadi, kesibukan kerap dijadikan alasan untuk selalu menundanya sehingga lupa untuk melakukannya.

Namun kemarin (06/10/19) saya akhirnya ikut olahraga lari lagi, kebetulan saya diajak oleh Komuunitas Blogger Crony untuk ikut dalam acara lomba lari Healthies Run 5K yang digelar oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam menyambut hari kesehatan nasional.
Ikut Healthies Run 5K sangat seru
Dimana acara ini bertujuan untuk mempublikasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) kepada masyarakat agar semakin banyak masyarakat yang sadar betapa pentingnya hidup yang sehat, salah satunya melalu aktivitas fisik, supaya kita terhindar dari berbagai macam penyakit tidak menular yang kini mulai banyak menyerang masyarakat.

Dan acara fun run ini dilaksanakan di Kantor Kemenkes – Jl. Rasuna Said – Jakarta Selatan yang dimulai tepat pukul 06.30 WIB yang diikuti oleh sekitar 1.000 peserta yang terdiri dari perwakilan kementerian/lembaga, komunitas, hingga masyarakat umum ini.

Untuk kegiatan fun run ini start dari gedung kemenkes lalu mengitari kawasan Mega Kuningan dan kembali lagi finish di gedung kemenkes. Namun sebelum lari, para peserta diminta untuk melakukan pengecekan kesehatan terlebih dahulu, begitu juga dengan saya, tensi saya lumayan tinggi, mungkin efek begadang beberapa hari belakangan ini.

Meski begitu, selama mengikuti fun run ini, saya tidak merasakan sesak nafas atau lelah yang berlebihan, karena sesuai konsepnya, maka saya melakukan olahraga lari ini dengan fun, yaitu diselingi dengan berjalan jika sudah lelah berlari, dan Alhamdulillah sampai juga di garis finish.

Rasanya bahagia banget bisa sampai garis finish, serasa lulus dari sebuah ujian rasanya. Dan saya semakin merasa bahagia saat diberikan medali sebagai bukti saya bisa sampai di garis finish, dan ini satu kebanggaan buat saya pribadi.

Iya, jujur saya sangat bangga dengan diri saya sendiri karena saya bisa ikut lari sejauh 5K ini tanpa merasakan berbagai kendala dan bisa sampai di finish dengan baik. Sebab sejujurnya, saya pribadi termasuk orang yang jarang ikut lomba lari seperti ini, makanya bahagia bangat bisa menyelesaikan fun run ini dengan baik.
Yeeeey senangnya bisa sampai finish dan dapat medali :)
Dan saya jadi semangat untuk ikut fun run semacam ini jika nanti ada lagi, ternyata seru juga rasanya, apalagi jika larinya secara ramai bersama teman-teman yang seru, jarak 5K terasa menjadi sangat dekat jadinya, apalagi sepanjang jalan kami isi dengan saling cerita dan ketawa-ketawa. Asli seru banget!

Namun selain kita bisa merasakan keseruan, namun dengan rutin melakukan olaharaga lari seperti ini juga mempunyai manfaat yang bagus bagi kesehatan kita, yaitu:
  1. Bermanfaat untuk kesehatan jantung. Sebab dengan olahraga lari, maka bisa memperkuat otot-otot jantung dan juga jantung bisa bekerja lebih efisien, yaitu membantu memompa darah lebih cepat di jantung dan mencegah risiko penyakit jantung.
  2. Bermanfaat mengurangi stress. Pada saat berlari tubuh kita akan melepaskan endorfin, yaitu sekelompok hormon yang membuat kita merasa menjadi lebih senang dan bahagia sehingga akan mengurangi stres dan ketegangan makanya tubuh terasa segar kembali.
  3. Bermanfaat untuk tulang. Nah, dengan rutin berlari, maka hal ini bagus untuk memperkuat tulang sehingg bisa membantu mencegah cedera yang berhubungan dengan tulang.
  4. Mengembangkan otot. Dengan melakukan olahraga lari secara rujin bisa juga membantu mengencangkan otot sehingga membuat tampilan tubuh kita menjadi ramping dan kencang dengan otot yang berkembang dengan baik.
  5. Bagus untuk pernafasan. Melakukan olahraga lari pun ternate bisa membuat sistem pernapasan kita untuk bekerja secara efisien karena bisa meningkatkan kapasitas paru-paru untuk menyerap lebih banyak oksigen dan membantu meningkatkan kapasitas daya tahan otot-otot pernapasan.
Banyak juga bukan manfaat olahraga lari ini? Makanya tidak ada salahnya menjadikan olahraga lari ini sebagai olahraga rutin yang wajib kita lakukan setiap saat, supaya kualitas hidup kita semakin sehat dan juga bugar tentunya.
para peserta usai lari kemudian ikuttan zumba
Nah, setelah semua peserta sampai garis finish, maka dilanjutkan dengan acara zumba bersama, dan ini juga sangat seru, terlebih pemilihan lagu yang mengiringi zumba begitu up-beat sehingga membuat kita semakin semangat ikut bergerak mengikuti insturktur zumbanya.
Pelepasan balon oleh Ibu Nila
Lalu acara dilanjutkan dengan pelepasan balon oleh Ibu Nila Djuwita F. Moeloek selaku dan Menteri Kementerian Kesehatan yang juga didampingi oleh Bapak Oscar Primadi selaku Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI yang menandai suksesnya acara fun run ini.

Dan tidak lupa ada juga acara  penyerahan hadiah kepada para pelari tercepat, yaitu 3 pelari laki-laki dan juga 3 pelari perempuan. Selain itu, ada hadiah juga untuk pelari tertua dan juga termuda, bahkan juga ada 2 hadiah bagi peserta lari dengan kostum terunik. Dan acara ditutup dengan pengundian doorprize bagi seluruh peserta.
Selamat untuk para pemenang ya
Sungguh acara yang sangat menyenangkan fun run ini, semoga acara ini bisa sering diadakan oleh Kemenkes di masa-masa yang akan datang dengan target peserta yang lebih banyak lagi sehingga semakin banyak pula masyarakat yang ikut bergerak aktif untuk meraih kesehatan hidup yang lebih baik lagi.

Mens sana in corpore sano.
Di dalam Tubuh Yang Sehat Terdapat Jiwa Yang Kuat.
  

1 comment: